Tips Memilih Makanan Sahur Yang Tepat di Bulan Puasa

Minumlah Air Putih Yang Cukup

Awalilah sahur dengan meminum segelas air putih. Kita akan tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Maka minum air putih yang cukup di saat buka dan sahur menjadi hal yang wajib, agar tubuh kita tidak dehidrasi atau kekurangan cairan. Dan yang tidak kalah penting, agar Anda tidak merasa haus saat berpuasa.

Pilihlah Makanan Berkarbohidrat Kompleks Untuk Menu Utama

Memilih makanan berkarbohdrat kompleks untuk sahur seperti nasi merah, roti gandum, gandum utuh, biji-bijian, serta buah dan sayuran bisa menjadi pilihan menu utama Anda. Makan-makanan ini mampu membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena karbohidrat kompleks dicerna lebih lama jadi mampu menghasilkan cadangan energi lebih lama dan memperlambat sistem pencernaan Anda. Di sisi lain karbohidrat kompleks juga dapat membantu tubuh menyerap air lebih efisien sehingga mencegah Anda dari dehidrasi.

Pilihlah Makanan Berserat dan Kaya Protein

Mengonsumsi serat dan makanan kaya protein sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan. Serat di dalam makanan mampu mencegah level gula yang naik turun yang menyebabkan timbulnya rasa lapar. Selain itu, makanan yang kaya serat juga mampu merangsang hormon penyebab rasa kenyang di otak. Protein akan memberikan Anda gizi dan vitamin yang cukup. Baik dari ikan, daging atau protein nabati.

Hindari Makanan Berminyak atau Gorengan

Saat sahur, hindari mengonsumsi makanan yang berminyak atau gorengan. Karena makanan-makanan ini akan berat dicerna oleh tubuh. Selain itu, makanan berminyak akan membuat tenggorokan kita kering dan menyebabkan Anda cepat merasa dehidrasi.

Sebisa Mungkin Untuk Tidak Menghangatkan Makanan Sisa Berbuka Puasa

Seberapa sering Anda menghangatkan makanan sisa buka puasa untuk menu makanan sahur? Jika pernah atau bahkan sering, usahakan menguranginya. Karena makanan yang sudah dihangatkan atau melalui proses pemasakan berkali-kali akan mengurangi kandungan vitamin dan gizi pada makanan tersebut. Padahal pada saat puasa, tubuh kita sangat membutuhkan nutrisi dari makanan pada saat sahur. Jadi usahakan untuk mengonsumsi makanan yang segar atau baru dimasak saat sahur, agar kandungan gizi dan nutrisinya dapat kita peroleh seutuhnya.

Usahakan Untuk Menghindari Makan Makanan Yang Manis-Manis

Saat sahur, kita dianjurkan untuk menghindari makanan yang manis-manis. Karena makanan yang manis, hanya cocok untuk berbuka puasa yang berguna mengembalikan energi kita. Sedangkan untuk sahur, makanan manis membuat Anda merasa cepat haus dan lapar. Sebagai gantinya, Anda bisa memakan buah-buahan segar yang kaya vitamin untuk tubuh Anda.

makanan_sehat

 

sumber: http://www.irvanyale.com

Leave a Reply