The Baldys Berkolaborasi dengan Kampanye Nature X Youth Ajak Generasi Muda Sayangi Alam

Virtual Talkshow dan Press Conference bertajuk ‘Saya Sayangi Alam’ pada Selasa, 8 Desember 2020 digelar sebagai peluncuran kolaborasi The Baldys dan kampanye Nature x Youth (dibaca Nature and Youth Collaboration). Hadir sebagai narasumber antara lain The Baldys, Margareth Meutia dari Yayasan WWF-Indonesia, Bella Putri M sebagai perwakilan relawan digital Nature x Youth dan Christina Jennifer sebagai moderator.

The Baldys yang terdiri dari Papa Baldy, Mama Nola, Naura, Bevan, dan Neona melalui lagu ‘Sayang Sayang’, bercerita tentang menyayangi alam serta bersyukur akan hal-hal sederhana yang alam berikan untuk manusia. Hal ini membuat The Baldys tergerak berkolaborasi dengan Yayasan WWF Indonesia untuk menyampaikan pesan pada banyak orang pentingnya melestarikan bumi dan seisinya.

Selaras dengan lagu Sayang Sayang, kampanye Nature x Youth diinisiasi oleh Yayasan WWF Indonesia bertujuan untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang keanekaragaman hayati Indonesia. Generasi muda diharapkan mampu melestarikan sekaligus memanfaatkan keanekaragaman hayati secara bertanggung jawab, demi keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya di masa depan.

“Lagu ‘Sayang Sayang’ itu tentang menghargai segala sesuatu yang Tuhan berikan gratis ke kita, seperti alam, udara, orang tua, anak-anak, teman, Bumi, dan seisinya. Tugas kita adalah menjaganya dengan baik dan menikmatinya. Kami ingin lagu ini diterima dengan baik dan bisa dipahami isinya karena aku punya anak dan aku ingin anak-anakku hidup di masa Bumi ini tetap sehat. Anak-anak ini adalah generasi muda yang nantinya akan menjaga semuanya,” kata Mama Nola.

Margareth Meutia, Communication, Campaign & PR Team Yayasan WWF Indonesia menjelaskan “Yayasan WWF Indonesia mengapresiasi dan menyambut baik dukungan The Baldys dan Trinity Optima Production. Lagu ‘Sayang Sayang’ yang bercerita tentang betapa alam memberikan segala hal baik kepada manusia, sangat pas untuk memaknai pandemik yang sedang terjadi saat ini.”

“Kampanye Nature x Youth berupaya menyadarkan bahwa keanekaragaman hayati sangat lekat dengan keseharian manusia. Contohnya pangan, semua kuliner favorit adalah bagian dari keanekaragaman hayati. Bayangkan jika kluwek punah, rawon tak bisa lagi kita nikmati. Selain itu, identitas dan budaya juga erat kaitannya dengan keanekaragaman hayati seperti ikon kota Surabaya dengan patung hiu dan buaya-nya serta tarian burung Enggang suku Dayak Kalimantan Timur dan masih banyak lagi” sambung Margareth.

Dalam menyebarluaskan pesannya, The Baldys dan kampanye Nature x Youth melibatkan ratusan relawan milenial micro influencer untuk membuat beragam konten kreatif tentang keanekaragaman hayati dan ajakan menyayangi alam di berbagai platform popular, seperti Instagram, TikTok, dan Youtube. Masyarakat dapat berpartisipasi di kampanye Nature x Youth melalui hashtag #UnityinBiodiversity #NatureMatters #Connect2Earth untuk mendapatkan materi edukasi tentang keanekaragaman hayati.

Harapannya, seiring dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang keanekaragaman hayati maka meningkat pula kesadaran masyarakat untuk turut menjaga dan melestarikan alam Indonesia.

(EGA)

Leave a Reply