Sosialisasi Amnesti Pajak KPP Pratama Pondok Aren

Program Amnesti Pajak yang diluncurkan pemerintah semenjak 1 Juli 2016 belum sepenuhnya dipahami oleh segenap anggota masyarakat. Hal ini tergambar dari belum sesuainya target pemerintah dengan realisasi dana masyarakat yang telah masuk melalui Amnesti Pajak sampai dengan saat ini. Di sisi lain, dalam komunikasi sehari-hari seperti di kantor, kampus, komunitas warga maupun di media sosial seperti di grup-grup Facebook, Whatsapp, BBM, Line, sering timbul pertanyaan-pertanyaan yang menggambarkan ketidaktahuan masyarakat, Tingkat pemahaman masyarakat memberikan andil yang sangat besar terhadap kesuksesan program ini, karena dari pemahaman yang baik diharapkan akan timbul kesadaran untuk mengikuti program Amnesti Pajak.

Melihat kenyataan ini, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pondok Aren yang wilayah kerjanya meliputi Kecamatan Pondok Aren, Kecamatan Ciputat, Kecamatan Ciputat Timur dan Kecamatan Pamulang melakukan strategi jemput bola dengan mendekatkan diri kepada masyarakat. Upaya ini dilakukan secara aktif dengan berbagai sosialisasi yang dilakukan oleh tim KPP Pratama Pondok Aren, seperti membuka booth Layanan Amnesti Pajak di Bintaro Xchange Mall pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 6 & & Agustus 2016, serta 13 & 14 Agustus 2016 (baca juga : Memahami Liku-Liku Amnesti Pajak : Layanan Amnesti Pajak KPP Pratama Pondok Aren).

tax_amnesty_info_bintaro_1
Layanan Pajak KPP Pratama Pondok Aren di Bintaro Xchange Pada Tanggal 6 Agustus 2016

Di samping Layanan Amnesti Pajak ini, KPP Pratama Pondok Aren juga melakukan sosialisasi secara rutin di kantor KPP Pratama Pondok Aren, di wilayah kampus STAN, Bintaro Sektor 5. Layanan ini terbuka bagi masyarakat yang ingin mengetahui apa itu Amnesti Pajak, apa manfaatnya dan bagaimana mekanismenya. Sosialisasi Amnesti Pajak ini berlangsung setiap hari Selasa, pukul 09.00-11.00 dengan bentuk presentasi kelas yang diakhiri dengan sesi tanya jawab. Masyarakat yang ingin dihitungkan berapa kewajibannya dapat bertanya langsung di Help Desk seusai acara sosialisasi ini. Menurut Kepala KPP Pratama Pondok Aren, Eddi Wahyudi, masyarakat yang tercatat sebagai wajib pajak di luar wilayah kerja KPP Pratama Pondok Aren pun dapat secara bebas bertanya kepada Help Desk, sebagai bentuk komitmen KPP Pratama Pondok Aren untuk melayani masyarakat.

kpp_pondok_aren_1
Sosialisasi Amnesti Pajak di KPP Pratama Pondok Aren, 16 Agustus 2016

Tidak hanya itu, KPP Pratama Pondok Aren pun membuka booth pada acara Car Free Day (CFD) yang berlangsung setiap minggu ke-3 setiap bulannya. Ada 6 Help Desk yang tersedia di booth KPP Pratama Pondok Aren. Masyarakat dapat bertanya langsung kepada staf-staf yang siap melayani di setiap meja. Layanan sosialisasi ini dilengkapi dengan panggung hiburan yang menghibur masyarakat yang lewat dengan lagu-lagu yang dimainkan oleh staf-staf KPP Pratama Pondok Aren sendiri.

kpp_pondok_aren_2
Layanan Amnesti Pajak di Car Free Day Bintaro, 21 Agustus 2016

Supaya program sosialisasi Amnesti Pajak ini semakin banyak diketahui masyarakat, Eddi Wahyudi menjelaskan, KPP Pratama Pondok Aren akan lebih memfokuskan pada upaya sosialisasi melalui komunitas-komunitas seperti karyawan-karyawan di perusahaan, komunitas warga, arisan-arisan ibu-ibu, acara kumpul-kumpul warga, dll. “Saya melihat sosialisasi yang dilakukan terhadap komunitas-komunitas ini sangat efektif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Staf-staf kami setiap hari sangat sibuk melayani permintaan sosialisasi dari komunitas-komunitas di berbagai tempat di wilayah kerja KPP Pratama Pondok Aren.” Jelas Eddi. Lebih jauh, Eddi pun membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin mendapat penjelasan mengenai Amnesti Pajak. “Silakan masyarakat menghubungi nomor telepon kami di 021 – 7388 9091, atau datang langsung ke kantor kami di alamat KPP Pratama Pondok Aren, Kampus STAN Bintaro Jaya, Jl. Bintaro Utama Sektor 5. Kami akan siap mendatangi lokasi-lokasi tempat sosialisasi yang diminta masyarakat.” tutup Eddi.

kpp_pondok_aren_3
Panggung Hiburan Booth Layanan Amnesti Pajak KPP Pratama Pondok Aren di Car Free Day Bintaro, 21 Agustus 2016

 

(ES)

 

 

 

Leave a Reply