Serbu Daging Sapi Asap di Se’i Sapi Kana, Graha Bintaro

Apa istimewanya daging asap khas dari Nusa Tenggara Timur? Kuliner Bintaro Se’i Sapi Kana yang baru dibuka tanggal 6 Juni 2020 lalu terletak di kawasan yang sangat strategis, tepat di sebelah Pompa Bensin Graha Raya. Menempati lantai atas dari mini market Indomaret dan di dekatnya ada tempat cuci mobil. Bila Anda datang di malam hari tentu Anda dapat menjumpai pengalaman dramatis melihat lalu lalang kendaraan di jalan utama Graha Raya. Beroperasi setiap hari dari jam 11 siang hingga 10 malam. Ini menambah lokasi kuliner Se’i Sapi Bintaro.

Ini menjadi alternatif baru bagi warga Bintaro yang ingin wisata kuliner setelah sekian lama ada di rumah di masa PSBB. Anda dapat bersantap bersama keluarga maupun sahabat. Di outlet ini telah diterapkan protokol kesehatan di mana diterapkan jarak aman antar meja. Tiap meja hanya untuk 2 orang.Dan ada tempat duduk yang diberi tanda silang, artinya tidak boleh diduduki untuk menjaga jarak aman.

Lalu semua karyawan/pelanggan yang akan masuk ke outlet, dicek suhu tubuh dan diberikan handsanitizer. Disediakan wastafel untuk cuci tangan dengan air & sabun begitu Anda tiba di outlet. Kuliner Bintaro ini menerapkan aturan ketat yakni tidak boleh ada pelanggan yang masuk ke outlet jika semua meja sudah terisi. Ini mencegah kerumunan di dalam outlet). Jangan khawatir, disediakan kursi tunggu di luar outlet.

Tempat kuliner Bintaro ini cukup luas dan dapat menampung sekitar 40 orang. Bila Anda tidak suka suasana panas atau gerah, jangan datang di siang hari karena matahari datang cukup leluasa ke dalam ruangan Sei Sapi Kana yang dikelilingi banyak dinding kaca.Buat Anda yang mager alias males gerak, bisa order via go food atau grab food. Sekarang lagi ada promonya lho.

Sekarang mari kita mengenal apa itu daging sei.

Pengasapan adalah salah satu teknologi yang telah dilakukan oleh nenek moyang masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk mempertahankan kualitas daging sapi atau babi. Se’i (bahasa daerah Rote) yang artinya daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang , lalu diasapi dengan bara api sampai matang.

Proses pembakaran menggunakan kayu kosambi yang tumbuh di NTT. Kayu inilah yang menyebabkan daging sapi berwarna merah dan harum. Simak cara pembuatan daging se’i di https://www.youtube.com/watch?v=NpB5Ohf1_uw

Se’i adalah makanan khas suku rote yang kemudian merambah selera masyarakat Nusa Tenggara Timur. Kemudian dikenal juga Se’i babi pertama di Teunbaun kurang lebih 40 KM atau 45 menit dari kota Kupang (terkenal dengan Se’i Baun) yang dikelola oleh Oni Ba’i (Gaspar Tiran) awalnya berjualan daging babi keliling pada tahun 1980-an pada 1997 merintis usaha Se’i babi yang mulai dikenal luas pada tahun 2000.

Produk daging Se’i memiliki keunikan dan spesifikasi , baik aroma warnanya yang merah maupun tekstur yang empuk dan rasanya yang lezat. Pengolahan Se’i juga bertujuan untuk memperpanjang daya tahan simpan serta meningkatkan nilai gizi dan nilai ekonomi daging sapi maupun daging babi, Se’i begitu populer dikalangan masyarakat Nusa Tenggara Timur bahkan sampai tamu dari luar negeri.

Bila di NTT, daging se’i kebanyakan terbuat dari daging babi, di Se’i Sapi Kana, hanya menyajikan menu yang halal seperti daging sapi dan ayam serta lidah sapi. Mengapa diberi nama Se’i Sapi Kana? Kana adalah singkatan dari Kaka-Nona, panggilan untuk laki-laki dan perempuan diambil dari bahasa NTT. Kita bisa baca sapaan Kaka-Nona ditulis di dinding outletnya.

Proses pembuatan dengan kayu bakar yang berjarak jauh, membuat bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas. Menurut Harun, pegawai operasional di Se’i Sapi Kana daging sapi yang digunakan di sana adalah daging sapi impor. Pernah mencoba menggunakan daging sapi lokal, namun dagingnya terasa kurang empuk. Daging sapi tersebut diasapi hingga 8 jam.

Menu utama

Ada tiga menu  utama di Se’i Sapi Kana. Pertama, Se’i Ayam dengan harga terjangkau hanya Rp. 15.000. Kedua, Se’i Sapi dengan harga Rp. 20.000 dan terakhir Se’i Lidah seharga Rp. 30.000. Jika Anda ingin porsi yang lebih besar dari porsi reguler, Anda dapat memesan porsi jumbo. Menu utama ini disajikan bersama kuah kaldu sapi yang gurih.

Tak hanya daging asapnya yang super lezat, pengunjung pun dapat memilih aneka sambal enak. Sambal matah, sambal rica rica, sambal lombok hijau, sambal lada hitam dan sambal lu’at. Rekomendasi buat yang tidak begitu suka pedas dapat memilih sambal lada hitam. Sedangkan yang paling pedas dan menjadi favorit pelanggan adalah sambal matah khas Sei Sapi Kana yang kering, dominan bawang merah dan cabe merah keriting. Sambal matahnya sama sekali tidak menggunakan minyak goreng.

Se’i Sapi Kana sangat memperhatikan kesegaran dari bawang merah mentah yang menjadi bahan sambal matah. Setiap beberapa jam sekali diganti dengan bawang merah yang baru dipotong-potong. Buat Anda yang tidak suka pedas, dapat memesan sambal lada hitam yang aman di lidah.

Info Bintaro mencoba daging se’i ini sangat tercium aroma asapnya. Istilah kerennya smoked beef-nya berasa banget. Sedangkan untuk menu se’i ayam tidak begitu terasa aroma asapnya.

Menu untuk 4-6 orang

Jika Anda suka makan bareng bersama keluarga atau teman-teman, dapat memilih menu ini. Cukup Rp. 80.000 untuk se’i ayam. Hemat bukan. Jenis sambalnya pun dapat dipilih.

Sambal lu’at khas NTT

Saat bersantap di sini, jangan lupa untuk mencicipi sambal lu’at khas NTT. Rasanya pedas, asam, manis, gurih dengan aroma daun kemangi, daun siba (yang hanya ada di NTT) dan jeruk nipis. Sambal ini biasa dimakan dengan daging se’i dan jagung bose, bubur jagung unik yang juga merupakan hidangan tradisional dari Nusa Tenggara Timur. Simak video pembuatannya di https://www.youtube.com/watch?v=uJSHgysk5yc

Nasi Jeruk

Keistimewaan dari nasi jeruk ini adalah wanginya yang menambah selera makan. Biasanya nasi daun jeruk ini diolah dengan santan, daun salam dan daun jeruk yang diiris tipis-tipis. Nasi ini nikmat disantap dengan tumis daun pepaya yang tidak pahit rasanya.

Minuman

Sebagai penutup santapan, Anda dapat memilih es jeruk, es teh, milkshake, teh tarik, fresh juice dan air mineral.

Franchise

Kuliner Bintaro ini merupakan franchise dari usaha Sei Sapi Kana yang ada di Jogjakarta. Sampai saat ini sudah ada 8 cabang di seluruh Indonesia. Cabang lain yang ada di Jakarta berada di kawasan Kelapa Gading. Mungkin ada tertarik untuk buka cabang serupa di tempat lain? Silahkan hubungi info kemitraan di bawah ini.

Info selanjutnya:

Sei Sapi Kana Graha Bintaro
Jl. Graha Raya Bintaro, Kav GB/GK 2-05, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Instagram: https://www.instagram.com/seisapikana.id/

Info kemitraan : 0812-4622-5615

(EGS)

Leave a Reply