Seberapa Penting Istirahat Siang Saat Bekerja?

Bekerja merupakan salah satu cara manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang, memenuhi kesejahteraan keluarga, memperoleh kehidupan yang layak serta memberi identitas diri. Di samping itu bekerja merupakan proses penciptaan atau pembentukan nilai baru pada suatu unit sumber daya, pengubahan atau penambahan nilai pada suatu unit alat pemenuhan kebutuhan yang ada.

Dengan kata lain, bekerja merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu yang menghasilkan alat pemenuhan kebutuhan yang ada seperti barang atau jasa dan memperoleh bayaran atau upah.

Saat bekerja, manusia membutuhkan energi yang positif dari tubuh agar pekerjaan tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Ketika tidak ada energi positif, pekerjaan yang seharusnya diselesaikan akan terbengkalai karena tidak adanya energi dari tubuh. Untuk menghindari hal-hal tersebut, pekerja membutuhkan istirahat sejenak. Hal ini dilakukan agar pekerja tidak mengalami stres kerja.

Baca Juga: Kesehatan Jantung, Kematian Mendadak, Olahraga dan Tidur

Stres merupakan kondisi dinamik yang didalamnya individu menghadapi peluang kendala, atau tuntutan yang terkait dengan apa yang sangat diinginkannya dan hasilnya dipersepsikan sebagai tidak pasti tetapi penting.

Stres kerja adalah kondisi ketergantungan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dari seseorang. Di sisi lain stres kerja merupakan reaksi-reaksi emosional dan psikologis yang terjadi pada situasi dimana tujuan individu mendapat halangan dan tidak bisa mengatasinya.

Setiap perusahaan memberikan jatah isitirahat siang untuk pekerja agar dapat mengembalikan stamina sehingga bekerja bisa menjadi maksimal. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, organisasi atau perusahaan biasanya akan memberikan kompensasi secara tidak langsung (indirect compensation)berupa istirahat on the job yang terdiri dari periode istirahat, periode makan, periode waktu cuti, hari-hari sakit, liburan, cuti, dan lainnya.

Berdasarkan uraian di atas, istirahat di siang hari menjadi hal yang penting. Istirahat dapat membantu kita untuk memberikan waktu bagi tubuh mengisi tenaga, sehingga dapat kembali produktif. Perusahaan seperti Google dan Facebook, bahkan memberikan ruang dan waktu untuk istirahat. Mari simak manfaat istirahat di siang hari:

  1. “Menyegarkan” otak. Saat tubuh lelah dan otak lelah, otak membutuhkan waktu beristirahat. Daya kerja otak akan meningkat setelah Anda beristirahat, walaupun hanya sekitar 15 menit. Dengan otak yang lebih segar, kita lebih bisa menghasilkan ide kreatif.
  2. Kinerja Jadi Lebih Baik. Tidur siang yang singkat dapat meningkatkan kinerja motorik. Tubuh yang sudah berisirahat akan lebih mudah berespon. Individu juga dapat bekerja dengan lebih fokus setelah beristirahat.
  3. Mengurangi kepenatan. Istirahat sejenak atau tidur siang singkat dapat membuat kita lebih tenang, dan mengurangi rasa lelah. Saat tidak lelah, tubuh akan lebih segar dan dapat beraktivitas dengan lebih baik. Individu juga dapat berpikir dengan lebih tenang dan tepat.

Nah, setelah kita tahu manfaat-manfaat positif dari tidur siang saat istirahat kerja, diharapkan para pekerja dapat memanfaatkan waktu istirahatnya dengan baik yang benar agar kinerja di tempat kerja tetap stabil dan produktif. Ayo pertahankan performa kerja dengan istirahat yang benar ya!

Tim Penulis:

Clara Moningka, Nindira Shadrina Ghassani, Sebian Salsabila
Program Studi Psikologi Fakultas Humaniora dan Bisnis
Universitas Pembangunan Jaya

 Daftar Referensi

Leave a Reply