Satu Lagi Pilihan Resto Masakan Peranakan di Bintaro : Xiang Mee

Dalam bidang kuliner ada sebuah istilah yang sering kita dengar, yaitu masakan peranakan. Istilah ini mengacu pada perpaduan teknik memasak, bahan dan bumbu dari dua atau lebih budaya yang berbeda. Perpaduan itu terjadi karena adanya pengaruh dari budaya satu bangsa terhadap bangsa yang lain, termasuk kulinernya yang menghasilkan jenis masakan yang berbeda dengan masakan aslinya, walaupun di beberapa hal mungkin saja masih ada kesamaannya. Resep masakan itu kemudian diwariskan turun temurun sehingga menjadi satu ciri khas tersendiri.

Walaupun istilah masakan peranakan bisa terjadi antara berbagai bangsa, namun di masyarakat kita agaknya sudah tertanam bahwa masakan peranakan merupakan perpaduan antara masakan Melayu dan China.

Bagi penggemar masakan peranakan, pilihan tempat bersantap semakin bertambah dengan hadirnya sebuah resto yang menyajikan menu-menu peranakan, Xiang Mee.

xiang_mee_info_bintaro_1

Resto yang menempati lokasi yang sama dengan resto Caos Dahar ini (baca juga : Berbagai Pilihan Kuliner Solo dan Indonesia di Caos Dahar) di Lobby Graha Hero, CBD Bintaro Sektor 7 memang memiliki manajemen yang sama dengan Caos Dahar. Bila Caos Dahar mengkhususkan pada menu-menu khas Solo dan Jawa, Xiang Mee mengkhususkan pada menu-menu peranakan. Menu-menu peranakan yang dimaksud merupakan menu-menu yang sudah akrab dengan keseharian masyarakat Indonesia. Hal ini perlu disampaikan, karena ada juga menu-menu peranakan asal Malaysia. (baca juga : Perpaduan Kultur Dalam Kuliner: Resto Mama Malaka). Ambil contoh seperti Mee Ayam, Kwetiaw Goreng Seafood atau Siomay. Menu-menu ini merupakan menu-menu khas peranakan di Indonesia. Jam bukanya dari Senin-Jumat, pukul 07.00-21.00, untuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, Xiang Mee buka dari pukul 09.00-21.00.

Xiang Mee menyajikan berbagai kategori menu, seperti aneka mie ayam, aneka mie special jamur, nasi goreng, berbagai pilihan nasi dengan menunya, pangsit dan bakso, aneka menu mie/bihun/kwetiaw dan dimsum. Ada lebih dari 50 pilihan menu sesuai dengan selera Anda. Soal harga, harga menu-menu Xiang Mee relatif terjangkau, kalau boleh dikatakan murah.

Menariknya lagi, jika Anda datang bersama rombongan, dengan pilihan menu masakan peranakan dan tradisional Jawa dan nusantara, berbagai selera masing-masing orang dapat terakomodasi di satu tempat. Bayangkan, ada lebih dari 150 pilihan menu jika menu-menu Xiang Mee dan Caos Dahar digabungkan.

xiang_mee_info_bintaro
I Fu Mee

Seperti Caos Dahar, Xiang Mee juga menerima pesanan dalam jumlah besar untuk berbagai keperluan seperti katering, nasi box, arisan, dll. Khusus untuk arisan, tersedia paket khusus untuk 10 orang atau kelipatannya. Pesanan nasi tumpeng pun dapat dilayani. Untuk minimum order pesanan dalam jumlah besar ini adalah 50 orang dan pengorderan dilakukan selambat-lambatnya H-3, sedangkan khusus untuk nasi tumpeng H-2.

Saat ini pemesanan bisa dilakukan secara langsung ke nomor 021 – 2986 4941. Untuk informasi, silakan menghubungi 021 – 8493 5406.

Instagram :@xiangmee
Facebook : Xiang Mee

 

(ES)

Leave a Reply