Sajian Spesial AirAsia Sambut Libur Natal dan Tahun Baru

AirAsia optimalkan armada dan tambah penerbangan untuk menghadapi puncak musim liburan Natal dan Tahun Baru 2020 yang diperkirakan akan dimulai pada tanggal 15 Desember 2019.

Menyambut liburan akhir tahun ini, AirAsia Indonesia mendatangkan 1 pesawat Airbus A320 tambahan lagi pada awal Desember 2019, menjadikan armada yang dioperasikan saat ini berjumlah 28 unit. Pesawat tambahan untuk mendukung rencana penerbangan tambahan (extra flight) rute Jakarta-Belitung 1 kali, Jakarta-Denpasar 4 kali, dan Jakarta-Surabaya 1 kali, dengan total kapasitas tambahan kursi tersedia sekitar 65 ribu untuk penerbangan hingga 5 Januari 2020.

AirAsia mulai melihat adanya lonjakan pemesanan rute domestik khususnya dari Jakarta ke Bali, Lombok, Yogyakarta, Surabaya, dan Sorong, serta dari Yogyakarta ke Medan yang okupansinya pada hari tertentu sudah mencapai di atas 90%. Tingkat okupansi tersebut masih berpotensi untuk terus meningkat hingga 1-3 hari sebelum keberangkatan, sehingga AirAsia mengimbau masyarakat supaya memesan tiket lebih awal untuk mendapatkan penawaran harga terbaik di musim padat ini.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, “AirAsia terus berkomitmen untuk menyediakan penerbangan terjangkau, terutama pada musim liburan Natal dan Tahun Baru ini. Kami mengimbau masyarakat untuk memesan tiket lebih awal supaya liburan bisa lebih hemat. Destinasi baru favorit kami di 2019 ini menanti untuk dijelajahi seperti Belitung, Labuan Bajo, dan Sorong. Bagasi gratis 15 kg yang kami tawarkan untuk penerbangan domestik juga cocok untuk pelanggan yang ingin menikmati penawaran diskon akhir tahun di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta, sehingga tidak perlu khawatir dengan excess baggage. Silakan cek di airasia.com atau aplikasi AirAsia dan bandingkan sendiri harganya.”

Sementara itu, peningkatan jumlah kedatangan dari luar negeri khususnya ke Lombok, Surabaya, Medan, Jakarta dan Bali sudah mulai terlihat sejak awal Desember 2019 dimana tingkat keterisian pada hari tertentu menunjukkan bahkan mencapai 100%, dan diperkirakan akan konsisten hingga menjelang akhir tahun.

Singapura, Bangkok, dan Kuala Lumpur masih menjadi destinasi AirAsia paling laris untuk liburan akhir tahun ke luar negeri. Hal ini sejalan dengan tren 5 rute teratas pencarian di airasia.com di sepanjang tahun 2019 di mana Jakarta-Kuala Lumpur menempati posisi pertama diikuti Jakarta-Bali, Jakarta-Singapura, Medan-Kuala Lumpur, dan Jakarta-Bangkok.

Bagi masyarakat yang masih bingung menentukan destinasi liburan akhir tahun, ada berbagai tempat menarik di Asia Tenggara yang bisa dikunjungi dengan harga terjangkau. AirAsia belum lama ini memperkenalkan “SNAP”, paket bundling penerbangan dan hotel antara lain ke Penang, Johor Bahru, Bangkok dan Kuala Lumpur selama 3 hari 2 malam, yang ditawarkan mulai dari Rp1,3 juta rupiah per orang yang tersedia di website dan aplikasi AirAsia hingga 15 Desember 2019 untuk perjalanan hingga 28 Februari 2020.

Imbauan AirAsia untuk liburan Natal dan Tahun Baru yang lebih nyaman

Untuk membantu masyarakat agar liburan Natal dan Tahun Baru ini lebih nyaman dan aman selama perjalanan, berikut beberapa hal yang perlu dicermati:

  • Perhatikan prakiraan cuaca di destinasi yang akan dikunjungi dan antisipasi potensi gangguan perjalanan akibat cuaca yang kurang baik. Alokasikan waktu tambahan saat merencanakan perjalanan.
  • Lalu lintas di tempat tujuan bisa jadi lebih padat saat musim liburan, pilih jadwal penerbangan yang paling sesuai dengan rencana perjalanan.
  • Perhatikan jenis barang yang dibawa. Barang-barang dengan pencatu daya seperti power bank, laptop, e-cigarette tidak diperbolehkan untuk dimasukkan ke dalam bagasi. Setiap barang berupa cairan, gel, dan aerosol harus dikemas dalam plastik tertutup untuk mencegah kebocoran akibat perbedaan tekanan udara.
  • Jika membawa makanan atau barang yang mudah rusak di dalam bagasi, mintalah penanda ‘Fragile’ kepada petugas agar barang Anda dapat ditangani dengan lebih baik.
  • Hindari menyimpan barang-barang berharga di dalam bagasi. Tandai koper untuk menghindari barang tertukar dan sertakan alamat email untuk memudahkan Anda dihubungi.
  • Anda diperbolehkan membawa tas berukuran kabin dan tas kecil ke dalam pesawat dengan total berat maksimal 7 kg. Simpanlah paspor, dompet, uang tunai, pulpen, dokumen perjalanan, barang-barang kebutuhan pribadi seperti obat-obatan, kacamata, telepon genggam, alat elektronik dan perlengkapannya di dalam tas kecil, dan pastikan selalu dalam pengawasan Anda sepanjang perjalanan. Hindari membawa barang berharga dan perhiasan berlebihan.
  • Jika bepergian dengan bayi, pesanlah kursi dengan ruang kaki lebih lega untuk kenyamanan Anda. Pada penerbangan tertentu terdapat fasilitas bassinet yang dapat dipesan saat pembelian tiket.
  • Pesan tiket lebih awal dan pesan pilihan makanan sekaligus saat pembelian tiket untuk menjamin tidak kehabisan makanan selama penerbangan, sehingga Anda dapat terus melanjutkan perjalanan ke tujuan setelah mendarat.
  • Nomor kursi Anda ditentukan secara otomatis berdasarkan urutan pengisian tempat duduk dan sangat bergantung pada ketersediaan kursi. Kami sangat memahami keinginan Anda untuk dapat duduk dengan teman seperjalanan atau keluarga, dan menyarankan untuk memesan tempat duduk sekaligus saat membeli tiket.
  • Untuk kemudahan Anda, AirAsia menyediakan pilihan paket tambahan Value Pack yang sudah termasuk jatah bagasi 20 kg, makanan, kursi standar, dan jaminan perlindungan dari keterlambatan, atau paket lengkap Premium Flex dengan tambahan pilihan kursi Hot Seat yang lebih lega, layanan bagasi ekspres, dan kesempatan 2 kali mengubah jadwal tanpa tambahan biaya.
  • Check-in melalui website atau aplikasi AirAsia dan cetak boarding pass lebih awal. Fasilitas check-in dan cetak boarding pass melalui kios hanya tersedia maksimal 1 jam sebelum jadwal keberangkatan. Pastikan gerbang keberangkatan Anda melalui papan informasi yang tersedia di bandara.
  • Upayakan tiba di bandara 3 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari ketidaknyamanan akibat terburu-buru dan kepadatan antrian untuk proses pemeriksaan keamanan, check-in bagasi, dan imigrasi.
  • Jika Anda membutuhkan alat bantu khusus seperti kursi roda atau lainnya, informasikan kepada kami saat pemesanan tiket untuk memastikan ketersediaan alat tersebut pada saat keberangkatan dan kedatangan.
  • Saat tiba waktunya masuk ke pesawat, perhatikan nomor zona tempat duduk yang tertera di boarding pass dan antrilah sesuai dengan nomor zona tersebut.
  • Saat di pesawat, segera matikan alat elektronik terutama telepon genggam dan perhatikan arahan dari awak kabin. Anda diharuskan mematikan dan menyimpan alat elektronik sebelum lepas landas dan saat persiapan pendaratan.
  • Saat pendaratan, tetap duduk hingga pesawat benar-benar berhenti dan tanda sabuk pengaman dipadamkan. Anda hanya diperbolehkan menyalakan telepon genggam saat sudah keluar dari pesawat.
  • Jika Anda duduk terpisah dari teman seperjalanan, pastikan Anda menunggu di luar pesawat untuk menghindari terhambatnya penumpang lain. Pastikan semua barang telah dibawa saat meninggalkan pesawat dan buanglah sampah yang masih tersisa di tempat sampah yang tersedia.
  • Jangan pernah tergoda untuk bercanda tentang bom. Menyampaikan informasi palsu tentang keberadaan bom di pesawat akan dianggap sebagai ancaman serius terhadap keselamatan penerbangan dan akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Dalam rangka menyemarakkan Hari Natal dan Tahun Baru, AirAsia menghadirkan menu Santan spesial yaitu ‘Chicken meatballs with mushroom stew and roasted vegetables’ serta merchandise Natal yang bisa didapatkan saat penerbangan dengan harga spesial. Berbagai kejutan dan persembahan spesial oleh awak kabin AirAsia juga akan hadir menyemarakkan penerbangan khusus Natal.

Seluruh manajemen AirAsia dan Allstars (karyawan AirAsia) di Indonesia berupaya dan berdoa untuk kelancaran operasional dan mengajak seluruh masyarakat untuk menikmati penerbangan selama musim liburan akhir tahun Natal dan Tahun Baru dengan aman dan nyaman bersama AirAsia.

Selamat Natal dan Tahun Baru.

(BON)

Leave a Reply