RSIA Bunda Citra Ananda Bersama Halodoc Siap Melayani Vaksinasi Covid-19 Secara Drive Dhru bagi Warga Lansia Tangerang

Kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) di Tangerang Selatan sudah bisa melakukan vaksinasi COVID-19 secara drive thru di area parkir RSIA Bunda Citra Ananda Ciputat mulai hari ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari program pemerintah mengenai vaksinasi di Indonesia.

Pusat pelayanan vaksinasi COVID-19 dengan metode drive thru yang pertama kali diadakan di wilayah Ciputat ini dapat terwujud atas dukungan dari Kementerian Kesehatan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, dan Halodoc. Peresmian pemotongan pita dihadiri oleh pemerintah setempat beserta komisaris dan direksi BMHS (Bundamedik Healthcare System) serta Co-Founder Halodoc.

dr. Ivan Sini, selaku Komisaris Utama BMHS, sangat mendukung program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah yang dilakukan di seluruh rumah sakit di bawah naungan BMHS. “Sebagai bentuk komitmen dukungan BMHS bagi percepatan program vaksinasi dari pemerintah, kami hari ini meresmikan vaksinasi Covid-19 secara drive thru di lokasi parkir RSIA Bunda Citra Ananda.

Hal ini merupakan keberlanjutan sumbangsih RS Bunda dalam melayani masyarakat Indonesia yang pada Maret ini genap berusia 48 tahun.”

Program yang dilakukan perdana di Tangerang Selatan ini menyasar kelompok kategori lanjut usia (lansia) yang memiliki KTP Kota Tangerang Selatan. Beroperasi dari Senin hingga Jumat pukul 09:00 – 15:00 WIB, fasilitas vaksinasi dari RSIA Bunda Citra Ananda ini dapat mengakomodir hingga 200 vaksinasi per hari.

Dalam pelaksanaannya, lansia yang ingin mendapatkan vaksinasi bisa memanfaatkan layanan Halodoc untuk memesan jadwal vaksinasi yang tersedia mulai Kamis ini (25/03). Guna menghindari kerumunan dan memastikan kenyamanan pasien, calon penerima vaksin tidak dapat datang ke lokasi tanpa membuat janji dari aplikasi Halodoc dan harus membawa kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Co-Founder Halodoc Doddy Lukito mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh BMHS yang menunjuk Halodoc sebagai mitra pelaksana vaksinasi drive thru dari RS Bunda Citra Ananda. Dalam peranan kami menyediakan teknologi penjadwalan serta keahlian pengelolaan drive thru, Halodoc berharap dapat terus memperluas kontribusi kami dalam meyukseskan program pemerintah, khususnya dalam memudahkan akses layanan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat Indonesia.”

BACA JUGA  Kemendag Gandeng Tokopedia Tingkatkan Daya Saing Pasar Rakyat melalui Digitalisasi Pasar Rakyat

Pada praktiknya, layanan drive thru ini memiliki empat titik pemeriksaan. Pos 1 merupakan tempat validasi di mana staf di lapangan kembali menyocokkan identitas di aplikasi dengan identitas asli sehingga penerima vaksin juga akan dipastikan memiliki KTP kota Tangerang Selatan. Selanjutnya, calon penerima vaksin menuju ke Pos 2 untuk menjalani skrining dan pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah, saturasi oksigen dan suhu tubuh.

Jika petugas medis sudah memastikan kondisi kesehatan peserta memenuhi kriteria untuk divaksin, calon penerima akan melaju ke Pos 3 untuk divaksin. Bagi pengendara motor, petugas kesehatan akan meminta calon penerima vaksin turun dari kendaraannya. Lansia yang akan menerima vaksin disarankan membawa pendamping untuk menjaga keamanan mereka terutama terkait kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Tahap berikutnya, pada Pos 4 peserta diminta menunggu selama 30 menit untuk diobservasi ada tidaknya KIPI. Apabila KIPI terjadi, maka mereka harus membunyikan klakson kendaraan. Usai vaksinasi, peserta bisa mendapatkan sertifikat vaksin dan menanti informasi selanjutnya mengenai jadwal vaksinasi dosis ke-2.

Untuk mempercepat proses vaksinasi virus corona (COVID-19), Rumah Sakit Bunda juga siap membantu pemerintah dalam mensukseskan vaksinasi bagi program mandiri untuk perusahaan-perusahaan yang akan memvaksinasi karyawannya.

RS Bunda menyediakan berbagai layanan vaksinasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dari vaksinasi anak maupun dewasa yang didukung  fasilitas dan tenaga Kesehatan handal dan terpercaya.

(AB)

Baca Juga

Leave a Reply