PTPN dan FHCI Gelar Webinar Dihadiri 1.000 Penggiat SDM BUMN dan Swasta

Holding Perkebunan Nusantara (PTPN) yang diwakili Direktur SDM Holding PTPN Wing Antariksa dan LPP Agro Nusantara yang dipimpin oleh Triaji Prio Pratomo pada tanggal 22 Juni 2020 menggelar acara mega-webinar yang diikuti oleh 1000 peserta mulai dari Direktur SDM BUMN dan swasta, serta penggiat SDM lainnya dengan tema Building Agility For The Next Generation Organizations menghadirkan pembicara utama Prof. Dave Ulrich yang dikenal sebagai pakar Human Capital dan pakar SDM global  pada Senin (22/6).

Deputi SDM Kementerian BUMN, Dr. Alex Denni menyampaikan bahwa dengan adanya teknologi seperti sekarang ini, proses pembelajaran dengan menghadirkan pakar dari belahan dunia menjadi lebih mudah. Sehingga tidak ada alasan bagi organisasi untuk berhenti belajar, sebaliknya terus mendorong proses pembelajaran yang dapat memunculkan terobosan dan kontribusi bagi kemajuan negeri.

Direktur SDM Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Wing Antariksa menambahkan harapannya melalui webinar ini sebagai perusahaan BUMN, Holding PTPN dapat menjadi perusahaan yang memiliki agility guna membangun organisasi yang berkapabilitas untuk menjadi perusahaan yang siap dengan perkembangan yang ada maupun di masa yang akan datang, serta memiliki daya saing secara global.

“Pasca pandemi perusahaan akan dihadapkan dengan perubahan-perubahan baik secara internal maupun eksternal. PTPN Group berinisiatif untuk mengembangkan sumber daya manusia, guna mempersiapkan para karyawan internal perusahaan menghadapi gejolak di situasi New Normal.” ujar Wing.

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang juga mendukung acara ini, diketuai oleh Herdy Harman menyampaikan saat ini semua organisasi sedang menghadapi ketidakpastian, paradoks, dan kompleksitas pada masa New Normal, sehingga perlu direspon dengan mindset, skillset, dan toolset organisasi yang berbeda dari masa lalu.

Sesuai dengan tema webinar kali ini, pembicara utama Dave Ulrich menyampaikan bahwa agility sebagai kemampuan untuk membentuk masa depan, mengantisipasi kesempatan, beradaptasi secara cepat dan selalu belajar.

“Agility memiliki empat karakteristik, yakni membentuk masa depan, mengantisipasi kesempatan yang akan datang, beradaptasi dengan cepat, dan selalu berlajar. Dengan mendorong diri kita untuk memiliki agility, seseorang dapat bertahan dan terus maju dalam situasi apapun.” jelas Dave.

Pada poin yang lain Dave juga memberikan beberapa tool yang dapat digunakan untuk menilai Agility secara umum. Selain itu Dave memberikan tips bagaimana melakukan transisi untuk menghadapi perubahan-perubahan tersebut. Dave menutup webinar dengan kalimat kunci bagaimana seorang pimpinan puncak bisa membantu membuat dan merencanakan agile organization yang lebih efektif.

Pada acara ini dibagikan beberapa giveaway, yaitu buku terbaru Dave Ulrich yang berjudul Reinventing the Organization, dan buku Learning 5.1 karangan Dr. Alex Denni dan Triaji Prio Pratomo. Acara webinar ini juga dimoderasi khusus oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu, putri keempat dari Sri Sultan Hamengkubuwono X.

(EGA)

Leave a Reply