Prasetiya Mulya Gelar Pelatihan Virtual – Strategi Investasi di Pasar Modal

Pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa memulai investasi sedini mungkin itu penting? Atau bahkan pernah iri oleh Raditya Dika dengan slogannya “financialfreedom sebelum umurnya yang ke 25”?

Pada saat pandemi seperti saat ini, kata investasi sudah kerap kali kita dengar terutama di media sosial. Investasi sendiri adalah salah satu kegiatan dengan menanamkan modal dengan mengharapkan mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. Pasca terjadinya pandemi COVID-19, ekonomi sebagian negara mengalami keterpurukan, termasuk Indonesia.

Terjun bebasnya IHSG yang mencapai titik terendah Rp3.937 pada Maret 2020 dan meningkat pasca kembalinya investor asing menjadi momentum tersendiri di pasar modal. Namun, tak disangka-sangka justru pasang surut inilah yang ternyata melahirkan generasi baru investor saham, melihat peningkatan antusiasme masyarakat yang teramat signifikan, terutama generasi muda untuk ikut terjun masuk ke dunia pasar modal.

Oleh karena tingginya antusiasme masyarakat terhadap pasar modal, Investment Club Prasetiya Mulya atau Prasmul hadir untuk menjadi wadah bagi kalian yang tertarik untuk memulai investasi agar dapat lebih mengenal dunia pasar modal, terutama saham. Investment Club kembali hadir di tahun 2021 dengan menyelenggarakan 8 acara berbeda yang menarik dan lebih interaktif dari tahun sebelumnya.

Investment Club akan membahas pentingnya berinvestasi hingga Total 8 acara yang diselenggarakan oleh Investment Club  meliputi, FINVEST merupakan seminar yang terdiri dari 3 sesi yang bertujuan untuk menambah literasi keuangan dari awal. Kemudian, SPM atau Sekolah Pasar Modal adalah kegiatan untuk mengetahui sudut pandang dari seorang manajer investasi yang bekerja di salah satu perusahaan pengelolaan aset.

Sedangkan, Investing Season adalah perlombaan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh secara nyata dalam pasar saham setelah mengikuti acara FINVEST dan SPM. Perlombaan ini dilakukan dengan memberikan akun demo dengan balance sebesar Rp100.000.000, kemudian peserta dengan total ekuitas paling tinggi di akhir periode akan menjadi pemenang dalam kompetisi ini.

Selanjutnya, terdapat sesi IC Talks yang pembawaannya lebih ke sesi sharing atau talkshow. Diadakan dengan 2 sesi, keduanya mengundang beberapa narasumber dengan latar belakang pekerjaan bidang keuangan. Setelah itu, acara eksternal berikutnya dilanjutkan dengan IC Conference.

Berbeda dari acara-acara sebelumnya, IC Conference memberikan nuansa baru dengan menghadirkan representatif dari lembaga pemerintahan untuk membahas seputar kebijakan yang ramai dibicarakan oleh masyarakat luas.

Sampai pada acara terakhir, yaitu Investment Fair yang merupakan pameran karir secara online atau virtual booth yang mendatangkan berbagai sekuritas atau perusahaan asset management. Dengan tema Pathways to Dream Career, diharapkan dapat menjadi jembatan antara partisipan dengan perusahaan dalam memberikan pengetahuan mengenai gambaran pekerjaan di berbagai divisi dalam bidang investasi.

Melalui acara yang diselenggarakan, pembelajaran dalam platform Youtube, dan juga grup diskusi, Investment Club Universitas Prasetiya Mulya bermisi untuk menjadikan masyarakat luas khususnya mahasiswa/mahasiswi Universitas Prasetiya Mulya dapat menjadi seorang ​smart investor ​yang mampu menentukan jenis investasi yang baik dan sesuai dengan target investasi setiap individu.

(EGS)

Leave a Reply