OCTO Mobile Permudah Masyarakat Investasi Sukuk Tabungan ST008

OCTO Mobile, Super App dari PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) yang dirancang sebagai one-stop mobile financial solution, memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi secara aman dan menguntungkan. Salah satu produk investasi yang kini ditawarkan melalui OCTO Mobile mulai 1 November hingga 17 November 2021 yaitu Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan Seri ST008.

Sukuk Tabungan Seri ST008 adalah produk investasi syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah bagi investor individu yang berstatus Warga Negara Indonesia. Instrumen ini memberikan imbal hasil menarik sebesar 4,80% dengan sistem floating with floor sebanyak 130 bps di atas suku bunga acuan.

Kupon akan dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulan hingga tenor jatuh tempo yang berakhir pada 10 November 2023. Adapun settlement akan dilakukan pada 24 November 2021 dan kupon pertama akan dibayarkan pada 10 Desember 2021.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan menyatakan, melalui fitur investasi yang lengkap di OCTO Mobile, nasabah bisa mengelola dana yang dimiliki agar lebih produktif, sehingga dapat memperoleh hasil dan manfaat yang menguntungkan.

“Sebagai mitra distribusi yang dipercaya Pemerintah untuk memasarkan Sukuk Tabungan Seri ST008, kami mengajak nasabah untuk memanfaatkan peluang berinvestasi yang mudah dan terjangkau ini. Dengan cara investasi yang praktis di OCTO Mobile dan mengalokasikan dana mulai dari Rp1 juta hingga Rp1 miliar, nasabah bisa berpartisipasi dalam membangun negeri pada proyek ramah lingkungan dan memitigasi dampak perubahan iklim,” kata Lani di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Sukuk Tabungan Seri ST008 merupakan instrumen investasi tanpa warkat yang tidak dapat diperdagangkan (non-tradable), serta tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo, kecuali pada periode early redemption. Early redemption merupakan salah satu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST008 oleh Pemerintah sebelum jatuh tempo. Fasilitas early redemption hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap mitra distribusi. Adapun jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk early redemption adalah 50% dari total kepemilikan.

Langkah mudah beli ST008 di OCTO Mobile

Untuk membeli ST008 melalui OCTO Mobile, nasabah dapat mengikuti langkah mudah berikut. Pertama, memilih menu Daftar dan Investasi. Kedua, masuk ke menu Beli Obligasi dilanjutkan dengan memilih SBN Ritel. Ketiga, nasabah dapat mengisi form pemesanan SBN Ritel dengan memilih ST008, melengkapi nominal pembelian, membaca memorandum informasi, serta menyetujui syarat dan ketentuan. Keempat, konfirmasi transaksi dengan pilih Bayar Sekarang dan memasukkan PIN OCTO Mobile. Pemesanan ST008 pun berhasil dilakukan.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk merasakan kemudahan berinvestasi dan membeli ST008 melalui OCTO Mobile namun belum memiliki rekening CIMB Niaga, maka bisa membuka rekening untuk pertama kali melalui OCTO Mobile. Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang. Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, maka nasabah dapat membeli ST008 dengan pertama-tama melengkapi profil risiko, melakukan pembuatan SID obligasi dan mengikuti langkah-langkah pemesanan di atas yang semuanya dapat dilakukan lewat OCTO Mobile.

(EGA)

Leave a Reply