Sen. Okt 14th, 2019

Mengintip Latihan Aikido di Aikido Familia Graha Bintaro

Pada waktu belakangan ini tingkat kejahatan makin meningkat seiring makin bertambahnya jumlah manusia memperebutkan sumber kehidupan yang semakin sulit. Kejahatan makin banyak jenisnya, pelaku-pelaku kejahatan selalu menemukan cara untuk melaksanakan aksi. Kejahatan bisa terjadi dimana-mana, kapan pun. dan menimpa siapa saja termasuk buah hati Anda.Sebagai orang tua, tentunya Anda memiliki tugas untuk mempersiapkan putra/i Anda agar siap untuk menghadapi kerasnya kehidupan, salah satu alternatifnya adalah dengan membekali mereka dengan ilmu bela diri.

Ilmu bela diri berfungsi melatih anak agar siap secara fisik dan mental dalam menghadapi serangan fisik yang tiba-tiba terjadi, dengan latihan bela diri yang teratur, anak akan dapat mengantisipasi jika terjadi suatu serangan kepada dirinya dan menghindarkan dirinya menjadi korban kejahatan. Dengan ilmu bela diri juga, anak dapat berlatih mengontrol emosinya dan menjadi pribadi yang rendah hati wala pun meyakini dirinya memiliki kekuatan yang dapat digunakannya. Di samping itu ilmu bela diri juga merupakan olah raga yang berpengaruh signifikan terhadap kesehartan tubuh si anak. Manfaat lainnya, dengan berlatih bela diri, anak dapat memiliki kegiatan yang positif untuk mengisi waktu luangnya.

aikido_familia

Disamping manfaat-manfaat di atas, belajar bela diri juga bisa memiliki manfaat lain, misalnya prestasi. Namun tentu Anda sepakat bahwa inti utama berlatih bela diri adalah sesuai dengan namanya yaitu untuk membela/melindungi diri. Salah satu jenis ilmu bela diri yang hanya menekankan untuk melindungi diri adalah Aikido. Kali ini Info Bintaro berkesempatan untuk melihat latihan yang dilakukan oleh Aikido Familia di Graha Bintaro.

Aikido Familia mengambil tempat latihannya di Familia Club House, Perigi. Lokasi club house ini berada pada 3 cluster yaitu Graha Bintaro, Althia dan Mahagony Park. Untuk mencapai club house ini cukup mudah, Anda tinggal mengambil arah ke Graha Raya melalui jalan Boulevard Bintaro Jaya. Setelah berbelok memasuki Jalan Graha Bintaro, Anda tinggal berbelok ke kanan lagi  setelah melewati pertigaan jalan Boulevard Bintaro. (baca juga : Mau Menunggang Kuda? Tidak Usah Jauh-Jauh, Ke Branchsto Saja)

familia Club houseTempat latihan Aikido Familia berada di sebuah ruangan yang nyaman pada bagian depan di sayap sebelah kiri dari Familia Club House. Jadwal latihan yang tersedia adalah hari Sabtu pukul 07.30 – 09.30 untuk kelas remaja dan dewasa, serta hari Minggu yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas anak-anak pada pukul 08.30 – 09.30 dan kelas remaja dan dewasa pada pukul 09.30 – 11.30. Pengkategorian kelas anak-anak adalah anak-anak yang berumur 7-12 tahun, sedangkan di atas 12 tahun dikategorikan sebagai remaja dan dewasa. Rentang usia dari siswa Aikido Familia mulai dari yang termuda 7 tahun sampai yang tertua 42 tahun. Sebetulnya tidak ada batasan usia untuk berlatih Aikido, asalkan secara fisik cukup kuat, siapa pun dapat berlatih Aikido, seperti yang disampaikan oleh Sensei Fredy, pelatih pada Aikido Familia yang juga seorang pemegang sabuk hitam Aikido.

BACA JUGA  Cleveland Cycle Werks, Tunggangannya Para Pecinta Motor Sejati

aikido_familia_2

Mayoritas siswa dari Aikido Familia yang telah berdiri sejak tahun 2012 ini adalah anak-anak usia sekolah 7-12 tahun, dengan jumlah siswa mencapai sekitar 18 orang.

Setiap latihan Aikido, diawali dengan upacara (Rei), yang kemudian disambung dengan pemanasan (Taisho) sekitar 10-15 menit, barulah masuk pada latihan intinya. Pada latihan inti, siswa diajarkan gerakan-gerakan dasar untuk menghindarkan serangan lawan. Aikido adalah ilmu bela diri yang bersifat defensif, sehingga serangan lawan tidak dihadapi dengan frontal, namun dihindarkan. Tenaga dari lawan dimanfaatkan dengan teknik-teknik tertentu untuk membuat lawan terkunci dan tidak dapat menyerang kembali. Latihan yang dilakukan tidak melulu menggunakan tangan kosong, namun juga diselingi dengan menggunakan tongkat. Seperti diketahui, Aikido berakar dari 3 beladiri asal Jepang, yaitu Jujutsu, yang mengandalkan bantingan dan kuncian, Kenjutsu, yang mengandalkan pedang dan Bojutsu, yang mengandalkan tongkat. Pada latihan Aikido penggunaan pedang digantikan dengan menggunakan tongkat. Namun penggunaan tongkat pun dilakukan dalam konteks mempertahankan diri, bukan untuk menyerang. Dengan prinsip bahwa Aikido adalah bela diri yang bertujuan untuk perdamaian, Aikido tidak pernah dipertandingkan seperti pada umumnya cabang bela diri lain.

aikido_familia_1

Setiap siswa berlatih baik dengan menggunakan tangan kosong mau pun menggunakan tongkat. Namun latihan menggunakan tongkat ditujuakan bagi siswa dengan tingkat lanjut. Pada latihan yang menggunakan bantingan dan kuncian, siswa berlatih dengan cukup aman karena tempat latihan Aikido menggunakan matras untuk menghindarkan siswa dari cedera. Dalam berlatih pun, keselamatan siswa pun sangat diperhatikan, hampir tidak pernah ada siswa Aikido yang mengalami cedera, apalagi cedera yang cukup fatal saat berlatih, sehingga Aikido sangat tepat sebagai olah raga bela diri bagi kesehatan.

BACA JUGA  Tips Liburan Akhir Tahun: Aman Membeli Tiket Pesawat "Online"

Ingin berlatih bela diri yang aman dan juga menyenangkan? Daftar saja pada Aikido Familia, dengan menghubungi Sensei Fredy (0877 8111 o880 atau 0812 9170 0972).

aikido_familia_3

 

(ES)

 

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan