Mengenal KB/TK Pembangunan Jaya

KB/TK Pembangunan Jaya (dulu bernama TK Kicau), mulai berdiri tahun 1992 di Bintaro Sektor 2. Saat ini menempati area seluas 6.400 m2 di Jalan Maleo, Bintaro Sektor 9.

Sekolah Pembangunan Jaya bertujuan membentuk siswa-siswi yang gemar belajar, kreatif, mandiri dan berbudi pekerti luhur. Menurut Surono, Kepala Sekolah KB/TK Pembangunan Jaya, memiliki visi untuk menjadi sekolah nasional unggulan. Di sini terdapat batas usia masing-masing level (per bulan Juli setiap tahunnya) yakni:

  • Kelompok bermain ( KB ) Junior : 1,7 tahun
  • Kelompok bermain ( KB ) Senior : 2,7 tahun
  • Taman Kanak-kanak ( TK ) A : 3,7 tahun
  • Taman Kanak-kanak ( TK ) B : 4,7 tahun

Kurikulum Sekolah dan Staf Pengajar

Sebagai sekolah nasional, sekolah ini memiliki bahasa pengantar Bahasa Indonesia dan menggunakan dua jenis kurikulum yakni kurikulum nasional yang ditetapkan Kementerian Pendidikan RI dan kurikulum unggulan Sekolah Pembangunan Jaya yang terdiri dari  Sustainable Eco Development, Liberal Arts dan Entrepreneurship. Juga terdapat program science di mana para siswa dapat ke laboratorium sciene SD-SMA Pembangunan Jaya.

Di samping kurikulum yang berkualitas, sistem pengajaran ini juga memiliki staf pengajar yang mumpuni. Mayoritas pengajar di KB/TK Pembangunan Jaya  merupakan sarjana S1 bidang Pendidikan. Dari 20 staf pengajar, terdapat  7 guru yang berlatar belakang berpendidikan S2.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Menurut Dadang Wibisono, Humas TK/SD Pembangunan Jaya, para siswa dapat memilih kegiatan ekstra kurikuler seperti renang, menari, menyanyi, bahasa inggris, musik/angklung juga kegiatan keagamaan yang diadakan setiap hari Jumat sesuai agama masing-masing.

Sebagai sekolah umum, Sekolah Pembangunan Jaya menghargai perbedaan agama sebagai kekuatan persatuan dan saling menghargai dengan mengakomodir 5 agama (Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha) dan menyediakan guru mata pelajaran agama sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing siswa.

Sistem Moving Class Bagi Siswa TK

Siswa TK A dan siswa TK B tidak berada di dalam satu kelas terus menerus. Mereka akan berpindah dari satu kelas ke kelas lain. Oleh karena itu dinamakan sistem moving class. Dengan sistem moving class, pembelajaran dibagi menjadi beberapa sentra pendidikan ( center of education ), yaitu sistem indoor dan outdoor.

Di sistem indoor, terdapat sentra teknologi dan informasi, untuk mengoptimalkan potensi dan pengembangan ranah kognitif anak. Juga terdapat sentra keluarga dan kebudayaan, untuk mengoptimalkan potensi dan pengembangan ranah afektif anak. Di sistem indoor juga dikembangkan sentra pembangunan, untuk mengoptimalkan potensi dan pengembangan ranah psikomotorik anak

Sedangkan di sistem outdoor terdapat 3 konsep yakni Liberal Arts berupa Olahraga, permainan, rumah ibadah, lalu konsep entrepreneurship di mana para siswa dilatih memproduksi suatu barang dan memamerkan hasil karyanya serta mengikuti big book fair. Lalu sistem outdoor ini juga mengajarkan konsep Sustainable Eco Development. Di sini para siswa diajar untuk berkebun seperti menanam sayur sawi atau bayam.

Konsep pengajaran outdoor ini sangat ditunjang oleh luasnya sekolah KB/TK Pembangunan Jaya. 1/3 dari luas sekolah merupakan lahan terbuka yang merupakan area bermain dan juga ditanami berbagai macam pepohonan yang rindang, layaklah jika KB/TK Pembangunan Jaya mendapat julukan sebagai “Hutan Kota TK Pembangunan Jaya“.

Dengan dilengkapi taman lalu lintas, miniatur rumah ibadah, pojok taman obat, green house, arena bermain luar ruang yang terpisah antara siswa KB dan siswa TK. Dengan demikian anak-anak dapat berkembang sesuai dengan tahapan perkembangan. Konsep ini sangat ditunjang oleh letak sekolah yang berada di kawasan perumahan yang membuat anak-anak terlindung dari ancaman lalu lalang kendaraan bermotor serta memberikan keleluasaan bagi orang tua untuk mengantar jemput anak-anak ke sekolah.

Kunjungan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany ke TK Pembangunan Jaya (8 April 2014) Dalam Rangka Menghadapi Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Jam pelajaran untuk kelas regular adalah jam 07.30-12.00 WIB. Di samping kelas reguler, KB/TK memiliki program full-day school yang terbuka bagi siswa siswi di luar KB/TK Pembangunan Jaya. Konsepnya semacam day care (tempat penitipan anak). Pada hari Senin sampai Kamis jam 12 hingga jam 4 sore sedangkan pada hari Jumat jam 11 hingga jam 15.00.

Informasi dan Pendaftaran:

KB/TK Pembangunan Jaya 1
Alamat: Jalan Maleo Blok JE, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten 15413
Telp 021 – 7486 4371, 22214101
Website: www.tkjayaschool.org

Facebook: KBTK Pembangunan Jaya Bintaro
Instagram: kb_tk_peje_bintaro

 

(EGS)