Menandai Ulang Tahun yang ke-2, CIAYO Comics Lahirkan Lebih dari 1.000 Judul Komik Lokal

Genap dua tahun, CIAYO Comics telah menjadi platform komik digital terbesar asal Indonesia sejak 19 Desember 2016. Sebagai peringatan hari ulang tahun, CIAYO Comics menggelar acara pada tanggal 21 Desember 2018 di kantor CIAYO Corp yang bertempat di The Dragon Building, Jakarta Utara. Acara bertajuk CIAYO Comics Club #2 ini menjadi ajang kumpul para author komik lokal, partner dan vendor yang bekerjasama dengan CIAYO Comics.

Pada 2018 ini CIAYO Comics fokus untuk megembangkan konten dan meningkatkan loyalitas para author komik. “Tahun 2018 menjadi tahun untuk para author. Kami telah mengadakan roadshow ke 11 kota untuk membentuk komunitas komik digital dan membangun koneksi serta memperluas jangkauan baca komik di Indonesia,” ungkap Digital Marketing CIAYO Corp, Rajiv Akram. “Kami juga mengajak 50 author berlibur ke Bali pada 10-12 Desember 2018 sebagai bentuk apresiasi kami kepada mereka,” tambahnya.

Sampai pada tahun kedua, CIAYO Comics telah menjadi platform komik teratas di Indonesia dengan menyediakan komik-komik lokal untuk mengembalikan kejayaan komik lokal di Indonesia. Sampai akhir tahun 2018, CIAYO Comics telah memiliki lebih dari 1.000 judul komik official maupun challenge, bekerjasama dengan lebih dari 500 komikus lokal, ratusan komunitas serta studio komik dari seluruh Indonesia. Selama tahun 2018, jumlah pembaca CIAYO Comics mencapai 150.727.804. Jumlah ini meningkat signifikan sebesar 576 persen bila dibandingkan tahun 2017.  Jumlah ini akan terus meningkat, mengingat dunia kreatif khususnya komik meningkat pesat. Dikutip dari situs resmi Badan Ekonomi Kreatif, dunia kreatif menyumbang sekitar 1.000 triliun rupiah bagi devisa negara.

Genre komik romance menyumbang persentase pembaca tertinggi di CIAYO Comics dengan jumlah pembaca 42 persen selama tahun 2018 seperti Hana & Mr Arrogant dengan 92.500 subscriber dan Heartbeat dengan 91.200 subscriber. Genre komedi juga menjadi favorit pembaca di CIAYO Comcis, 63.200 subscriber pada komik Soul of Neko.

Head of Business Development CIAYO Corp Khrisnawan Adhie mengungkapkan bahwa di tahun 2019 CIAYO Comics masih dapat diakses gratis di lebih banyak platform. “Kami telah bekerjasama dengan BBM agar jangkauan CIAYO Comics lebih luas. Tahun 2019 kami menargetkan untuk bekerjasama dengan lebih banyak lagi platform besar yang mempunyai nilai brand lokalnya, salah satunya Kaskus,” ungkapnya.

Selain itu, CIAYO Comics akan lebih fokus menyediakan fitur-fitur dan kerjasama bertujuan untuk kenyamanan pengguna. Beberapa fitur seperti rewards untuk pembaca serta early access untuk komik baru. “Kami berharap dengan meningkatkan servis-servis tersebut, kami dapat memenuhi kenyamanan para pembaca komik, memberi kemudahan mengakses, serta dikenal di jangkauan yang lebih luas lagi. Kami targetkan tahun depan pembaca akan naik lagi 100 sampai 120 persen,” tutupnya.

(BON)