Membuat Kopi Sendiri di Rumah

Saat ini ngopi menjadi bagian dari gaya hidup yang sedang booming di Indonesia. Di mana-mana dibangun kedai kopi yang senantiasa penuh dari waktu ke waktu. Namun bagaimana dengan Anda yang sibuk dan tidak sempat nongkrong di kafe? Buat kopi sendiri di rumah menjadi pilihan.

Kali ini Info Bintaro merekomendasikan perangkat buat kopi dari  Mori Glassware. Brand berkualitas ini  dibuat dengan keahlian meniup kaca dan dibentuk dengan tangan dengan sangat hati-hati dan teliti.

Sudah melalui proses pengujian yang seksama, brand ini merupakan glassware yang tahan panas. Terbuat dari bahan borosilikat yang bisa tahan panas dengan suhu antara -4F ke 300F, jadi bisa diletakkan di atas api dengan keadaan terisi. Di samping itu seluruh koleksi Mori glassware terbuat dari 20% bahan daur ulang yang tidak hanya cantik tapi juga ramah lingkungan. Memiliki desain elegan dengan dua dinding kaca borosilikat menyebabkan Anda tidak akan langsung merasakan minuman panas/dingin saat disentuh dengan tangan.

Berikut ini adalah 3 perangkat pembuat kopi yang wajib Anda miliki.

ORA DRIP COFFEE MAKER . Produk ini cocok untuk membuat kopi panas. Pertama-tama Anda dapat meletakkan kopi giling di dalam filter lalu seduh dengan air panas. Tunggu beberapa menit sebelum kopi siap. Dengan adanya saringan dari stainless, Anda tidak memerlukan saringan kertas lagi.

CARLA COLD BREW JUG. Perangkat ini cocok dipakai untuk membuat iced coffee (kopi dingin). Anda dapat meletakkan kopi giling di dalam filter lalu rendam dalam air dingin dan tunggu beberapa jam sebelum kopi siap. Bisa disiapkan malam sebelumnya untuk diminum keesokan paginya. Anda pun dapat menggunakan perangkat ini untuk metode cold brew coffee. Yakni memakai metode “perendaman” selama minimal 8 jam. Untuk menyeduh (brewing), yang digunakan umumnya adalah air biasa dengan suhu ruang atau dengan air dingin. Ini jugalah yang membedakan cold brew dengan kopi biasanya.

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui manfaat dari Cold Brew. Kopi yang diseduh dengan air panas akan mengandung minyak kopi yang asam (biasanya tidak begitu terasa saat kopi masih panas, tapi jika sudah dingin akan terasa asam). Dengan cara pembuatan kopi dengan air dingin ini, kopi tidak pernah terkena paparan (suhu) panas sehingga tidak ikut mengekstraksi keasaman dari kopi, sehingga yang didapat adalah rasa dan aroma kopi yang nikmat. Selain itu, hasil cold brew pun cenderung dirasa lebih ringan dan istimewa. Level gilingan kopi yang umumnya dipakai dalam metode ini adalah medium-hingga-kasar. Jug ini juga digunakan untuk membuat teh dan minuman yang diinfuse dengan buah-buahan.

KAOLIN COLD DRIP. Perangkat ini cocok untuk membuat iced coffee dengan metode cold drip yang dibuat dengan metode tetesan. Alat untuk cold  drip biasanya terdiri dari (minimal) 2 tabung utama, satu tabung yang berada paling atas untuk tempat ekstraksi kopi (yang akan diteteskan) dan satu tabung bagian bawah untuk menampung hasil seduhannya.  Caranya dengan meletakkan kopi giling di dalam filter lalu letakan es di tabung atasnya dan tunggu beberapa jam sebelum kopi siap. Bisa disiapkan malam sebelumnya untuk diminum keesokan paginya. Manfaat dari cara Cold Drip yakni tidak menggunakan air panas agar tidak mengekstraksi keasaman dari kopi).

Apa bedanya dengan Cold Brew? Bedanya adalah dengan cold drip, kita tidak bisa mematok seberapa lama minimal waktu ekstraksi, namun lebih kepada seberapa cepat tetesan cairan kopi akan mengalir. Bisa dibilang, ekstraksinya selesai begitu kopi pada tabung bagian atasnya habis.  Karena memakai sistem dripping, cold drip pun dirasa lebih intens dan sedikit lebih kuat dari cold brew. Level gilingan kopi yang dipakai umumnya adalah coarse (kasar).

Nah, bila Anda mau mendapatkan produk-produk berkualitas seperti di atas, Silahkan berkunjung ke Gramedia World Bintaro yang ada di kawasan Emerald Bintaro. Di sana sedang berlangsung pameran ‘Gramedia Kitchen Appliances Big Sale’. Ada banyak barang menarik mulai dari alat-alat masak, alat-alat rumah tangga dan tas-tas lucu. Disc Up to 20%-50%. Event ini berlangsung  pada tanggal 4-31 Oktober 2017

Info lebih lanjut:
Gramedia World Emerald Bintaro
CBD Emerald Lantai 1 Blok CE/B-02,
Jl. Boulevard Bintaro Jaya
Bintaro Jaya Sektor 9
Telp: 021 2221 1460

 

(EGS)