Kepingin Makan Masakan Korea? The Bulgogi Tempatnya, Dijamin Kepingin Balik Lagi…

Bagi penggemar masakan Korea di Bintaro, tidak mudah menemukan gerai kuliner yang menyajikan menu-menu asal negeri ginseng tersebut. Memang di Indonesia masakan-masakan Korea belum setenar masakan-masakan dari Jepang, China, Eropa dan Amerika. Mungkin salah satu penyebabnya adalah nama-nama menunya yang masih relatif asing di telinga orang Indonesia. Padahal Korea memiliki segudang menu-menu masakan yang tidak kalah enak dari masakan-masakan berbagai negara di dunia.

Bila menu-menu Jepang banyak menggunakan bahan-bahan makanan laut (seafood), menu-menu masakan Korea kebanyakan menggunakan daging, terutama daging sapi. Bumbu-bumbu yang digunakan oleh berbagai masakan Korea tidak berbeda jauh dengan bumbu-bumbu masakan Indonesia. Bahkan beberapa menu Korea memiliki kemiripan dengan menu-menu Indonesia. Penggunaan bumbu-bumbu yang cukup ‘berani’ membuat menu-menu masakan Korea cukup pas dengan lidah orang Indonesia.

Salah satu dari sedikit resto yang menyajikan menu Korea di Bintaro adalah The Bulgogi. The Bulgogi terletak di Bintaro Plaza, menempati sisi bagian luar sebelah Timur. Lokasinya berdampingan dengan Bakmi GM dan D’Cost. Begitu kita melihat penampilan luar dari resto ini, kita akan terpesona dengan penampilannya yang dibuat bernuansa tradisional Korea. Dindingnya dari papan kayu yang dibiarkan apa adanya, dengan atap-atapnya menyerupai atap bangunan di Korea, serta lampion-lampion yang tergantung. Untuk sesaat mungkin kita lupa kalau kita sedang berada di Indonesia.

the_bulgogi_info_bintaro_1

Begitu kita memasuki bagian dalam resto ini, suasana Korea semakin kental dengan penggunaan kursi-kursi dan meja kayu tebal yang dipelitur dengan warna gelap. Lantainya pun dilapisi parquet berwarna gelap. Suasana teduh dan temaram terasa walaupun di bagian luar matahari sedang bersinar dengan terik. Lampion-lampion yang menyala bergantungan yang diselingi dengan penyedot asap yang bergantungan. Penyedot asap ini berfungsi menyedot asap dari menu-menu tertentu yang disajikan panas-panas dan mengeluarkan banyak asap/uap.

Resto The Bulgogi ini memiliki 2 bagian ruangan yang terpisah, bagian luar yang tidak ber-AC bagi yang ingin merokok, dan bagian dalam yang ber-AC, dengan dibatasi dinding kaca. Jangan kuatir, walaupun duduk di ruangan yang tidak ber-AC, kita tidak akan merasa gerah.

the_bulgogi_info_bintaro_2

Resto ini mengambil nama Bulgogi yang merupakan olahan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi pilihan. Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah rempah lain bergantung pada resep dan daerah di Korea. Menu Bulgogi ini merupakan salah satu menu andalan resto ini. Tidak hanya Bulgogi, beragam menu khas Korea yang sudah mendunia pun tersedia. Ambil contoh, seperti Woo Sam Gyeop, yang terbuat dari daging sapi perut dengan saus panggang khas Korea. Atau, Bul Gal Bi yang merupakan daging rusuk sapi panggang.

the_bulgogi_info_bintaro_4
Bul Gal Bi

Tidak hanya daging yang dipanggang, masakan Korea juga terkenal dengan beragam jenis sup-supan, seperti Yuk Gae Jang (sup daging sapi dengan sayuran). Kepingin mencoba menu yang mirip dengan sop buntut dari Indonesia? Anda harus memesan Gal Bi Tang yang terbuat dari daging punggung sapi. Sepintas penampilannya mirip dengan sop buntut. Tidak hanya sup-supan yang berbahan daging sapi, sup ayam pun tersedia. Seperti Sam Gae Tang, yang merupakan sup ayam dengan ginseng.

Untuk yang ingin menyantap sup yang dominan dengan sayuran, Anda bisa mencoba Son Du Bu (sup tahu khas Korea dengan sayuran), atau Kim Chi Ra Men (ramen Korea dengan Kimchi). Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Masakan Korea juga memiliki menu yang menyerupai nasi goreng di Indonesia, yaitu Kim Chi Bok Eum Bab. Ini merupakan menu nasi yang digoreng dengan campuran Kimchi dan telur mata sapi di atasnya.

Bagi Anda yang baru pertama kali mencicipi menu masakan Korea, Anda dapat memilih Bulgogi Set yang terdiri dari nasi putih 1 porsi, Bulgogi, Ojingo Twigim alias cumi goreng tepung, Ppottetto (kentang goreng), salad serta semangkok sup tofu dan bakwan Korea (Bindaeddeok). Dengan memilih menu ini, Anda dapat sekaligus merasakan beberapa menu Korea tanpa harus memesan satu per satu.

the_bulgogi_info_bintaro
Bulgogi Set

The Bulgogi dengan pilihannya menyajikan menu-menu masakan Korea ternyata menyajikan rasa yang perlu diacungi jempol. Berbagai menu-menu yang tersedia di sini dijamin akan membuat Anda kembali lagi. The Bulgogi buka dari pukul 11.00-21.30. Untuk pemesanan, hubungi 021 – 735 1844.

 

(ES)

 

Leave a Reply