Kalbe Edukasi Kesehatan Mulut Perawatan Kawat Gigi di Tengah Pandemi

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) menyenggarakan edukasi kesehatan secara daring kepada media bertema “Perawatan Kawat Gigi di Tengah Pandemi” dengan narasumber drg. M. Fahrul Rozi, Sp.Ort. Acara ini merupakan webinar series ketiga dan terakhir terkait kesehatan mulut dalam mengedukasi masyarakat agar tidak takut mengunjungi dokter gigi di tengah pandemi saat ini khususnya pengguna kawat gigi dimana jika pengguna kurang berkonsultasi dengan dokter dan merawat gigi maka akan menyebabkan sariawan.

“Kalbe berkomitmen dalam meningkatkan kesehatan untuk hidup yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Indonesia salah satunya melalui edukasi kesehatan mulut yang harus diperhatikan di tengah pandemi COVID-19,” ujar Hari Nugroho, Head of External Communication & Stakeholder Relation PT Kalbe Farma Tbk. “Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapat pengetahuan bagaimana aturan baru ketika mengunjungi dokter gigi, apa efeknya jika tidak melakukan perawatan gigi, mengetahui cara melakukan perawatan gigi di rumah serta pemilihan pengobatan jika terkena sariawan secara tepat dengan bahan alami,” lanjut Hari.

“Di tengah pandemi COVID-19 banyak pasien pengguna kawat gigi (ortodonti) yang takut mengunjungi dokter gigi karena khawatir risiko penyebaran virus COVID-19 dan dianggap perawatan non emergensi terkecuali kawat yang tajam dan timbul sariawan,” ujar drg. M. Fahrul Rozi, Sp.Ort. “Sejalan dengan kondisi pandemi yang belum usai, perawatan ortodonti dianggap perawatan emergensi, karena dikhawatirkan terjadi pergerakan gigi yang tidak terkontrol, sehingga dikhawatirkan akan timbul penyakit mulut” tambah drg. Fahrul Rozi.

“Dalam pengobatan sariawan prinsip yang harus diperhatikan adalah kita harus mengatasi gejala dan mengatasi penyebabnya, untuk itu dalam pengobatannya kita harus memperhatikan obat sariawan yang ideal dan terbuat dari bahan alami,”ujar Vania Harista Product Manager PT Kalbe Farma Tbk. “Aloclair Plus merupakan obat sariawan ideal yang efektif buat lapisan pelindung untuk mengurangi nyeri, efek tahan lama, kerja cepat, aman jika tertelan, bahan aktif aman & tolerabilitas baik, tidak menimbulkan iritasi dan rasa perih dan mudah digunakan. Aloclair plus memiliki 3 jenis kemasan yang tepat mengatasi sariawan pada bayi, anak serta orang dewasa yaitu Aloclair Plus Gel 8 mL, Aloclair Plus Spray 15 mL dan Aloclair Plus Mouthwash 60 mL, “ lanjut Vania.

Ditengah pandemik COVID-19, perawatan gigi tetap harus dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang cukup ketat. Menurut WHO hampir 75% negara anggota mengatakan layanan gigi telah terganggu seluruhnya atau sebagian selama pandemi. Oleh sebab itu proteksi personal untuk dokter gigi dan perawat gigi sangat penting selama pandemi. Ruangan praktek dokter gigi juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan selama pandemi.

Aloclair memiliki kandungan Aloe Vera sebagai antiinflamasi, antiseptik, analgesik dan pembalut luka, Sodium Hyaluronate sebagai jaringan ikat, melembapkan, dan mempercepat penyembuhan luka, Glycyrrhetinic Acid mengadung ekstrak akar licorice sebagai antiinflamasi, dan Polyvinylpyrrolidone merupakan zat yang tidak diserap tubuh, disetujui FDA, dan mampu membentuk lapisan pelindung yang tahan lama.

Sebelumnya, Kalbe telah menyelenggarakan rangkaian edukasi kesehatan melalui daring terkait kesehatan mulut bertema “Kenali Gejala dan Penyebab Sariawan” dengan narasumber dr. Herwanto, Sp.A dan bertema “Membedakan Sariawan Biasa dan Kanker Mulut” dengan narasumber dr. Rusmawati, Sp.PM untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mulut.

(EGA)

Leave a Reply