Jangan Biarkan Covid-19 Menghentikan Semangatmu: Kembangkan Kreativitasmu di Hari Seniman Internasional

Menurunnya kreativitas adalah sesuatu yang lumrah terjadi, baik itu di tempat
kerja atau dalam kehidupan pribadi. Namun, sama halnya seperti meningkatkan kebugaran dengan berolahraga, Anda juga bisa mengasah kreativitas Anda sendiri dengan cara sederhana.

Untuk merayakan Hari Seniman Internasional yang jatuh pada tanggal 25 Oktober ini, ada tiga cara yang dapat Anda tiru dari para seniman dan untuk melatih otot-otot kreatif Anda:

Pertama, rapikan berbagai barang yang ada di sekeliling Anda untuk membuat pikiran lebih jernih, karena salah satu cara meningkatkan kreativitas adalah dengan mengatur ruangan. Untuk mengatur ruangan, Anda bisa memulainya dengan menggunakan Post-it® Flags dan Post-it® Super Sticky Notes untuk memberi label dan mengatur barang-barang. Saat ruangan sudah bersih, pikiran Anda pun akan menjadi lebih jernih.

Selanjutnya, keluarkan ide-ide Anda! Bahkan hanya dengan coret-coretan sederhana, dapat mengaktifkan bagian kreatif dari otak Anda dan dapat mengasah ingatan, yang mana akan sangat berguna untuk membantu Anda menemukan ide

Apakah Anda pernah merasa kesulitan dalam melakukan brainstorming secara efektif? Coba atur batas waktu untuk sesi brainstroming. Karena dengan adanya keterbatasan waktu akan memaksa kita mencari dan mengumpulkan berbagai informasi dengan cara berbeda untuk menghasilkan ide-ide baru dan kreatif, sehingga akan meningkatkan produktivitas sesi brainstorming tersebut.

Luangkan waktu selama 10 menit untuk menulis catatan sebanyak mungkin mengenai proses dari membuat sebuah proyek. Jika Anda menemukan cara yang menurut Anda sesuai dengan keinginan Anda, luangkan lagi waktu selama 10 menit untuk membuatnya, dan ulangi terus sampai Anda merasa puas dengan hasilnya.

Jika Anda merasa kurang kreatif selama pandemi, tentu saja Anda tidak sendirian. Sebuah studi global terhadap lebih dari 145.000 pekerja menemukan bahwa 29% pekerja melaporkan mereka tidak dapat melakukan pekerjaan kreatif secara bersama-sama ketika bekerja dari rumah.

Adanya alat bantu dalam melakukan brainstorming dapat membantu memecahkan berbagai tantangan. Misalnya, menggunakan aplikasi Post-it® yang dapat di diunduh secara gratis sebagai platform menulis dan berbagi catatan dengan tim Anda. Melalui fitur Brainstorm Session pada aplikasi ini, Anda dapat bertukar pikiran tentang ide, membuat catatan, dan mengaturnya di shared board secara real-time. Ide-ide ini kemudian dapat diekspor ke berbagai format untuk disortir dan disempurnakan.

Penting halnya untuk membebaskan kreativitas Anda di luar waktu kerja atau belajar. Karena untuk menjadi kreatif, Anda tidak membutuhkan mahakarya atau karya seni yang rumit. Misalnya, Anda bisa mulai dengan membuat penanda halaman buku atau bookmark sederhana berbentuk hewan rubah dengan menerapkan seni origami ini:

  1. Ambilah selembar Post-it® Notes.
  2. Dengan sisi perekat menghadap Anda, lipat dari sisi yang tidak ada perekat ke bawah sekitar 1/3 bagian.
  3. Lipat kembali menjadi dua.
  4. Lalu buka lipatannya.
  5. Dengan menggunakan garis yang tidak dilipat sebagai panduan, lipatlah secara diagonal mengikuti garis tengah vertikal di sisi kanan.
  6. Ulangi langkah yang sama pada sisi kiri.
  7. Kemudian balikkan Post-it® Notes dan lipat tepi kanan ke garis tengah vertikal untuk membuat titik.
  8. Lalu lipat tepi kiri ke garis tengah vertikal untuk membuat titik di sisi lainnya.
  9. Balik posisi Post-it® Notes-nya.
  10. Gunakan pena, dan gambarlah detail wajah seekor rubah
  11. Dan bookmark berbentuk rubah hasil buatan tangan Anda pun sudah selesai

Masih membutuhkan ide lainnya? Cobalah buat dekorasi dengan Post-it® Notes, atau kejutkan pasangan Anda dengan buket bunga yang Anda buat sendiri.

Masih ingin tips lebih banyak? Ada banyak ide yang dapat Anda coba di situs web Post-it®. Hanya dengan Post-it® Notes, Anda bisa mengembangkan kreativitas Anda sekreatif mungkin. Di Hari Seniman Internasional ini, bebaskan jiwa seni Anda dan biarkan kreativitas Anda berkembang!

(EV)

Leave a Reply