Ice Skating Olahraga Bermain Yang Menyenangkan

Saat ini, beberapa pusat perbelanjaan  di Jakarta dan Tangerang  Selatan sudah dilengkapi dengan arena untuk bermain ice skating. Di antaranya adalah Bintaro Exchange Mall yang memiliki fasilitas bernama BX Rink. Seperti kita ketahui bersama, ice skating  merupakan salah satu cabang olahraga yang suka dilombakan dalam Olimpiade Musim Dingin.

Kiara, dari Oasis Centre Arena

Ice skating akan melatih keseimbangan tubuh. Memang tidak mudah menjaga keseimbangan saat berdiri di lapangan es yang licin. Sadar atau tidak, kesulitan itu akan membuat kita belajar menjaga keseimbangan tubuh.  Di samping itu olah raga ini dapat menguatkan otot kaki.

Saat bermain ice skating, otot kaki kita akan bekerja sedikit lebih keras karena harus menjaga keseimbangan dan bergerak. Dengan demikian ini akan membantu membangun, melatih, dan menguatkan otot kaki kita. Dan juga olah raga ini memampukan kita melenturkan persedian dan meningkatkan kekuatan tubuh. Istimewanya rasa senang yang muncul saat bermain ice skating bisa menghilangkan stres yang ada di tubuh dan kepala kita, lho, teman-teman.

Nah, satu event olah raga ice skating ini baru saja digelar di BX Rink, Bintaro Exchange Mall. Indonesia Ice Skating Open (IISO) yang diselenggarakan ketujuh kalinya diadakan di BX Rink, Bintaro Exchange Mall, Tangerang Selatan berlangsung  19-22 Februari lalu. Terdapat 420 atlet dari 4 negara yang ikut yakni Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand.

Para peserta pertandingan berasal dari 11 ice rink di Asia Tenggara yakni, BX Rink Bintaro, Sky Rink Jakarta, Oasis Centre Arena, Gardenice Rink Bandung, Bali Ice Skating Arena, Blue Ice Skating Rink Malaysia, Ice Scape Ice Rink Malaysia, Malaysia National Ice Skating Stadium, Imperial World Ice Skating Arena Thailand, The Rink Ice Arena Thailand dan SM International Skating Rink Filipina.

Sejarah Figure Skating

Di luar negeri, istilah ice skating lebih dikenal sebagai figure skating.Ini adalah cabang olahraga Olimpiade yang melombakan kemahiran olahragawan berseluncur dalam nomor perlombaan perorangan, berpasangan, atau beregu. Di gelanggang seluncur es, olahragawan memperagakan kemahiran berseluncur sambil berputar-putar, melompat dan berputar di udara, serta berbagai gerak kaki sambil diiringi musik. Olahragawan seluncur indah berlomba mulai dari lomba setempat, senegara, antarbangsa, hingga Olimpiade Musim Dingin.

Uni Skating Internasional (ISU) yang didirikan tahun 1892 adalah badan induk yang mengatur skating indah dan skating cepat di seluruh dunia. Kompetisi internasional yang diakui ISU adalah Olimpiade Musim Dingin, Kejuaraan Dunia Skating Indah, Kejuaraan Dunia Skating Indah Junior. Kejuaraan Skating Indah Eropa, Kejuaraan Skating Indah Empat Benua, dan Grand Prix Skating Indah ISU.

Skating indah berhubungan erat dengan seni pertunjukan. Pada akhir kompetisi sering diadakan ekshibisi skating indah yang mempertontonkan kemahiran atlet dalam berseluncur. Selama masih berkarier atau setelah mengundurkan diri, atlet skating indah sering tampil dalam pertunjukan atau ekshibisi skating es.

Dalam bahasa Inggris, istilah figure skating berasal dari perlombaan menggambar pola pada permukaan es dengan mengenakan sepatu skating. Pisau sepatu skating menggores permukaan es, dan membentuk pola-pola sesuai dengan gerakan yang dilakukan atlet. Pola yang dibuat di permukaan es disebut figure (gambar).

Atlet diharuskan menggambar pola-pola wajib, mulai dari gambar sederhana hingga rumit, misalnya: gambar angka 8, putaran (loop), huruf C berlawanan (counter C), dan tanda kurawal (bracket). Setiap gambar yang telah dibuat harus diulang. Gambar yang kedua kali harus dibuat persis di atas gambar yang sudah dibuat.

Wasit menilai kemahiran dalam mengulang gambar yang sama, dan postur tubuh sewaktu menggambar. Walaupun nomor perlombaan figure telah dihapus pada tahun 1990, cabang olahraga ini dalam bahasa Inggris tetap disebut figure skating.

Perkembangan Figure Skating di Indonesia

Menurut Wiwin Darmawan Salim, Direktur Kompetisi IISO 2020 perkembangan figure skating di Asia Tenggara, khususnya Indonesia sangat menggembirakan.

“Jumlah peserta yang naik signifikan, persaingan pada kejuaraan ini dinilai cukup ketat. Apalagi, ada atlet dari negara tetangga yang juga turun pada kejuaraan yang diikuti atlet dari usia 4 tahun hingga 46 tahun itu.”Selain atlet dari Indonesia, kejuaraan ini juga diikuti atlet dari Malaysia, Filipina dan Thailand. Seharusnya, Singapura juga ikut andil dalam turnamen tahun ini. Sayang, karena merebaknya virus corona, Singapura tak ingin mengambil risiko,” katanya menambahkan.

(Searah jarum jam): Medali IISO 2020, Poster IISO 2020, tim Oasis Centre Arena, tim BX Rink

Pria yang juga Manager BX Rink itu menambahkan pada kejuaraan ini ada tiga kelas yang dilombakan, yaitu figure skating, ice hockey dan short track speed skating. Kelas tersebut juga dibagi dalam beberapa nomor. Figure skating terbagi dalam beberapa event yaitu stoking, solo comp, artistic, jump & spin, dan banyak event lainnya. Sedangkan ice hockey lebih mempertandingan kemampuan dari masing-masing individu seperti speed race, puck control, shooting target. Selanjutnya pada pertandingan short track speed skating, peserta akan berpacu satu sama lain untuk mencapai garis finish dengan tetap menjaga kecepatan dan keseimbangan.

“IISO merupakan salah satu ajang pembelajaran untuk atlet-atlet muda Indonesia. Kompetisi seperti ini dapat dijadikan tolak ukur untuk menuju kompetisi yang lebih besar. Saya berharap para atlet dapat mengambil kesempatan ini untuk bertemu dengan teman baru dan belajar banyak hal baru dari atlet senior,” ujar Wiwin.

BX Rink

Dengan luas arena sebesar 1.320 m2, BX Rink memberikan pengalaman kompetisi yang luar biasa, meluncur di atas ice skating rink terbaik di Indonesia. Dilengkapi dengan sistem suara dan cahaya yang berkualitas serta menyediakan boneka penguin es yang menjadi pemandu putra putri Anda yang baru belajar ice skating. Percayalah anak Anda akan menjadi insan yang tangguh seperti kata bijak berikut ini: “Everybody falls, but the only thing that really matters, is that you get back up again, stronger than ever before, and that you never stop fighting.”

Ingin berlatih ice skating? Yuk, meluncur ke BX Rink di Bintaro Xchange Mall Lt.UG No.3A yang beralamat di CBD Boulevard Bintaro Jaya, Sektor VII, Tangerang Selatan, Indonesia – 15227

Baca Juga:

BX Rink, Arena Ice Skating Kebanggaan Warga Bintaro
Tempat Nongkrong di Bintaro Bintaro Jaya Exchange Tawarkan Keseruan Bermain Ice Skating
Mengisi Liburan Anak Dengan Program School Holiday di BX Rink
Mengenal Zamboni Ice Resurfacing Equipment, Membuat Pekerjaan Resurfacing Menjadi Lebih Mudah

Info lebih lanjut, hubungi telp (+6221) 2986-4888

Instagram: https://www.instagram.com/bxrink/
Facebook: https://www.facebook.com/bxrink
Twitter: https://twitter.com/bxrink
Youtube: https://www.youtube.com/user/BXrink
Website: https://bxrink.com/

#IISO2020 #IISO20 #IISOMoment

(EGS)

Leave a Reply