IBM Umumkan Terobosan Hybrid Cloud dan Kemampuan AI untuk Percepat Transformasi Digital di Ajang Think Conference 2021

IBM mengumumkan kemajuannya dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), hybrid cloud, dan quantum computing pada ajang Think Conference yang di mulai pada 12:00 di Armonk, New York pada tanggal 11 Mei 2021 lalu. Inovasi tersebut menegaskan peran IBM dalam membantu klien dan mitranya mempercepat transformasi digital mereka, kembali bekerja dengan lebih pintar, dan membangun ekosistem strategis yang dapat mendorong hasil bisnis yang lebih baik.

“Kami akan mengingat kembali tahun ini dan momen terakhir saat dunia memasuki abad digital dengan kekuatan penuh,” ungkap Arvind Krishna, Chairman dan CEO IBM. “Dengan cara yang sama seperti saat kami mengaliri listrik ke pabrik dan mesin pada abad yang lalu, kami akan menggunakan hybrid cloud untuk memasukkan AI ke dalam perangkat lunak dan sistem di abad ke-21 ini.

Dan satu hal yang pasti: hal ini adalah masa depan yang harus dibangun pada kolaborasi pondasi yang kokoh. Tidak ada yang bisa memahami hal ini lebih baik daripada IBM, yang merupakan salah satu alas an kami meningkatkan investasi dalam ekosistem mitra kami. Dikesempatan Think 2021 ini juga kami meluncurkan inovasi terbaru dari hybrid cloud dan AI – sebuah teknologi yang berfungsi sebagai blok bangunan arsitektur TI baru intuk bisnis,”

IBM berfokus penuh pada hybrid cloud dan AI karena kami memahami bahwa bisnis memerlukan jalur yang jelas dan dapat dipercaya untuk memodernisasikan sistem vital sebuah organisasi. IBM study baru dalam pengadopsian AI untuk bisnis mengungkapkan dorongan untuk memasukan AI kedalam proses bisnis menjadi satu hal yang mendesak selama pandemi ini.

Dari para profesional TI yang disurvei, 43 persen mengatakan bahwa perusahaan mereka telah mempercepat penggunaan AI mereka. Dan hampir setengah dari profesional TI global yang disurvei mengatakan bahwa mereka mengevaluasi sebagian besar penyedia AI pada akan kemampuan mereka untuk melakukan otomasi proses. Untuk itu IBM telah banyak berinvestasi dalam membangun kemampuan AI yang lengkap dan kuat untuk bisnis.

Kami telah membantu ribuan klien di setiap industri untuk mengubah bisnis mereka dengan kekuatan platform hybrid cloud dan AI kami. Inovasi berikut dirancang untuk membekali para perusahaan pada perjalanan digital mereka di tahap selanjutnya.

Kemampuan Baru Menyatukan Data dan AI

  • AI dapat Membantu Mengotomatisasikan Cara Pelanggan Mengakses, Menyatukan, dan Mengelola Data Di Mana Saja dengan Cloud Pak for Data: Kemampuan terobosan dalam Cloud Pak for Data menggunakan AI untuk membantu pelanggan mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diberikan 8x lebih cepat dari sebelumnya dan memerlukan setengah dari biaya gudang data lain. AutoSQL (Structured Query Language) mengotomatiskan cara pelanggan mengakses, mengintegrasikan, dan mengelola data tanpa harus memindahkannya, di mana pun data tersebut berada atau bagaimana data itu disimpan.

AutoSQL memecahkan salah satu masalah paling penting yang dihadapi pelanggan di mana mereka berupaya mengurangi kerumitan kurasi data untuk AI dan menghindari biaya memindahkan data yang tinggi, sementara juga memberikan wawasan tersembunyi untuk membuat prediksi berbasis AI yang lebih akurat.

Dengan peluncuran AutoSQL, IBM Cloud Pak for Data kini menyertakan gudang data cloud berkinerja tertinggi di pasar yang dapat berjalan mulus di semua lingkungan multicloud hybrid – termasuk cloud pribadi, di tempat, dan cloud publik apa pun. AutoSQL akan menjadi salah satu dari beberapa teknologi baru yang dirangkai ke dalam data fabric baru di Cloud Pak for Data.

Data fabric cerdas baru akan mengotomatiskan tugas manajemen data yang kompleks dengan menggunakan AI untuk menemukan, memahami, mengakses, dan melindungi data yang terdistribusi di berbagai lingkungan, sambil menyatukan sumber data yang berbeda di seluruh fondasi data umum. Untuk informasi lebih lanjut, baca blog: 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Cloud Pak for Data dan Data Fabric Baru.

  • Watson Orchestrate Membantu Para Profesional Melakukan Otomatisasi Pekerjaan untuk Meningkatkan Produktivitas: Watson Orchestrate adalah kemampuan AI interaktif baru yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas pribadi para profesional bisnis di bidang penjualan, sumber daya manusia, operasi, dan lainnya.

Tidak perlu menggunakan keahlian TI, Watson Orchestrate memungkinkan para profesional untuk memulai pekerjaan dengan cara yang sangat manusiawi, menggunakan alat kolaborasi seperti Slack dan email dalam bahasa yang alami. Solusi ini juga terhubung ke aplikasi bisnis populer seperti Salesforce, SAP dan Workday. Watson Orchestrate menggunakan mesin AI yang kuat yang secara otomatis memilih dan merangkai keterampilan yang telah dikemas sebelumnya yang diperlukan untuk melakukan tugas, dan terhubung dengan aplikasi, alat, data, dan riwayat dengan cepat.

Solusi ini dapat membantu pekerja lebih cepat dalam melakukan tugas rutin, seperti menjadwalkan rapat atau mendapatkan persetujuan, atau tugas yang lebih penting, seperti menyiapkan proposal atau rencana bisnis. Watson Orchestrated merupakan solusi berkemampuan AI dari IBM yang di disain untuk membantu pekerja lebih fokus dalam tugas yang strategis.

Dikembangkan oleh IBM Research dan sekarang tersedia dalam pratinjau sebagai bagian dari IBM Automation CloudPaks dan diharapkan tersedia untuk umum pada akhir tahun ini.

  • Maximo Mobile Merombak Pekerjaan Teknisi Lapangan: IBM telah meluncurkan Maximo Mobile, platform seluler yang mudah digunakan dengan solusi manajemen aset Maximo terkemuka dari IBM sebagai intinya. Maximo Mobile dirancang untuk merombak pekerjaan teknisi lapangan yang memelihara aset fisik seperti jalan, jembatan, jalur produksi, pembangkit listrik, kilang, dan lainnya.

Pertemuan baru yang intuitif memberi teknisi data operasional aset yang tepat pada waktu yang tepat. Bahkan di lokasi paling terpencil, pengguna dapat mengakses Watson AI dan pengetahuan organisasi yang mendalam untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dengan mudah. Kombinasi AI yang kuat, alur kerja cerdas, bantuan manusia jarak jauh, dan akses ke digital twins akan membekali para teknisi dengan pengalaman industri puluhan tahun secara langsung untuk operasi yang lebih aman dan efisien. Untuk informasi lebih lanjut, tonton videonya:

 

AI Baru Mengubah Cara Perusahaan Mengembangkan, Menerapkan, dan Mengoperasikan TI dan Memodernisasi Aplikasi

  • Project CodeNet Dataset Memajukan Pemahaman dan Penerjemahan Kode oleh AI: IBM Research merilis Project CodeNet, kumpulan data opensource berskala besar terdiri dari 14 juta sampel kode, 500 juta baris kode, dan 55 bahasa pemrograman, untuk memungkinkan pemahaman AI dan terjemahan kode.

Project CodeNet saat ini merupakan kumpulan data terbesar dan paling berbeda di kelasnya dan menangani tiga kondisi penggunaan utama dalam pengkodean saat ini: penelusuran kode (secara otomatis menerjemahkan satu kode ke kode lainnya, termasuk bahasa lama seperti COBOL); kesamaan kode (mengidentifikasi tumpang tindih dan kesamaan dari kode-kode yang berbeda); dan batasan kode (menyesuaikan batasan berdasarkan kebutuhan dan parameter khusus pengembang). IBM mempercayai ProjectCodeNet akan berfungsi sebagai kumpulan data tolok ukur yang berharga untuk terjemahan sumber-ke-sumber dan mentransisikan basis kode lama ke bahasa kode modern, membantu bisnis mempercepat penerapan AI mereka. Untuk informasi lebih lanjut, baca blog: Memulai AI untuk Kode: Memperkenalkan Project CodeNet.

  • Mono2Micro Membantu Menghilangkan Masalah Migrasi Cloud: IBM telah menambahkan kemampuan baru menjadi WebSphere Hybrid Edition yang membantu perusahaan dalam mengoptimalkan dan memodernisasi aplikasi mereka untuk hybrid cloud.

IBM Mono2Micromenggunakan AI yang dikembangkan oleh IBM Research untukmenganalisis aplikasi perusahaan besar dan memberikan rekomendasi tentang cara terbaik menyesuaikannya untuk perpindahan ke cloud. Solusi ini dapat menyederhanakan dan mempercepat proses yang rawan kesalahan, yang dapat mengurangi biaya dan memaksimalkan ROI. IBM Mono2Micro adalah salah satu rangkaian produk dan layanan bertenaga AI IBM yang dapat mempercepat migrasi ke cloud. Untuk informasi lebih lanjut, baca blog: IBM Mono2Micro: Tiga Hal yang Perlu Anda Ketahui.

Merek Terkemuka yang Menggunakan Solusi IBM Hybrid Cloud dan AI

  • IBM Watson Assistant Mendukung Respon COVID untuk CVS Health: IBM bekerja sama dengan perusahaan layanan kersehatan terkemuka, CVS Health, untuk membantu perusahaan layanan kesehatan nasional menangani lonjakan volume panggilan sepuluh kali lipat ketika AS meluncurkan program vaksinasi Covid-19. IBM Global Business Services (GBS) dan CVS Health mengembangkan dan memberikan solusi layanan pelanggan menggunakan IBM Watson Assistant di IBM Public Cloud hanya dalam empat minggu.

Memasukkan AI dan pemrosesan bahasa alami ke dalam alur kerja yang kritis dari sistem layanan telepon pelanggan, CVS Health dapat dengan cepat dan secara akurat menjawab berbagai pertanyaan tentang COVID-19 mulai dari pemeriksaan, vaksin, hingga gejala, bukti vaksinasi, biaya, dan lainnya, membebaskan agen manusia dari tugas untuk menangani permintaan yang paling kompleks.

Seiring dengan berkembangnya panduan pemerintah, pembaruan cepat tim memungkinkan agen virtual menyesuaikan tanggapan berdasarkan status vaksin di seluruh 50 negara bagian AS. Sejak diluncurkan pada awal Januari, asisten suara virtual telah menangani jutaan panggilan – sebagian besar tanpa bantuan manusia – dan mengurangi durasi panggilan secara signifikan.

  • EY dan IBM membuat Pusat Keunggulan Layanan Keuangan untuk Hybrid cloud:EY dan IBM telah membentuk Pusat Keunggulan yang menawarkan solusi hybrid cloud terbuka baru yang dibangun dengan Red Hat OpenShift untuk IBM Cloud for Financial Services. Solusinya akan berfokus pada kepatuhan regulasi, kepercayaan dan keamanan digital, memanfaatkan teknologi IBM dan pengalaman EY bekerja dengan lembaga keuangan untuk mendorong transformasi digital dan mempercepat penggunaan cloud.

Mereka akan dirancang untuk memenuhi persyaratan organisasi layanan keuangan yang spesifik dan berkembang saat mereka bertransisi ke cloud dan mengubah proses bisnis. IBM Cloud for Financial Services menggabungkan standar peraturan dan kepatuhan dan menawarkan lingkungan yang sangat aman bagi lembaga layanan keuangan untuk bertransaksi dengan partner teknologi dan pelanggan mereka. Untuk informasi lebih lanjut, baca blog: EY dan IBM umumkan terbentuknya Center of Excellence untuk membantu mempercepat transformasi digital untuk institusi layanan keuangan.

Investasi Berkelanjutan dalam Ekosistem Mitra IBM

  • Manfaat Baru untuk Mendorong Kesuksesan Mitra: Sebagai bagian dari investasi $1 miliar untuk mendukung ekosistem mitranya, IBM meluncurkan kompetensi, pelatihan keterampilan, dan manfaat baru untuk memastikan mitranya berhasil di pasar yang semakin kompetitif. Sebagai contoh, IBM telah menciptakan kerangka kompetensi baru untuk memungkinkan para mitra mendemonstrasikan keahlian, validasi teknis, dan keberhasilan penjualan di area khusus seperti infrastruktur hybrid cloud, otomatisasi, dan keamanan. Mitra ekosistem IBM Tata Consultancy Services (TCS) telah mencapai kompetensi untuk membangun solusi AI industri dan manufaktur untuk ilmuwan data dan pengembang AI.

Untuk meningkatkan investasinya dalam mitra ekosistem, IBM juga memperluas ketersediaan Cloud Engagement Fund (CEF)-nya, ke semua jenis mitra, baik mereka yang membangun, melayani, atau menjual kembali teknologi IBM. CEF memberikan investasi melalui sumber daya teknis yang signifikan dan kredit cloud bagi mitra untuk membantu memigrasi beban kerja pelanggan ke lingkungan hybrid cloud. Kolaborasi IBM dengan Siemens Digital Industries Software hanyalah satu contoh bagaimana CEF membantu mitra IBM meningkatkan bisnisnya.

Melalui inisiatif bersama ini, Siemens akan menerapkan pendekatan hybrid cloud terbuka IBM, yang dibangun pada Red Hat OpenShift, untuk memperluas fleksibilitas penerapanMindSphere, solusi industri IoT-as-a-service dari Siemens. Untuk informasi lebih lanjut, baca blog: IBM Mengumumkan Manfaat Barunya dalam Mendorong Kesuksesan Mitra saat Pergerakan Ekosistem Dipercepat.

IBM Membawa Komputasi Kuantum Selangkah Lebih Dekat dengan Penggunaan Sehari-hari

  • Perangkat Lunak Qiskit Runtime Meningkatkan Kecepatan Pemrosesan Sirkuit Kuantum hingga 120x: IBM membuatnya lebih cepat dan lebih mudah bagi pengembang untuk menggunakan perangkat lunak kuantum dengan memperkenalkanQiskit Runtime. Perangkat lunak ini menggunakan container dan host di hybrid cloud, alih-alih menjalankan sebagian besar kodenya di komputer pengguna.

Bersama dengan peningkatan kinerja perangkat lunak dan prosesor, hal ini memungkinkanQiskit Runtime untuk meningkatkan kecepatan sirkuit kuantum, blok pembangun algoritma kuantum, hingga 120 kali lipat. Qiskit, kerangka kerja open-source yang dikembangkan IBM untuk komputasi kuantum untuk komunitas pengembang global, bertujuan untuk membuat komputasi kuantum dapat diakses oleh semua.

Dengan memperkenalkan Qiskit Runtime, IBM memungkinkan sistem kuantum untuk menjalankan kalkulasi kompleks seperti pemodelan kimia dan analisis risiko keuangan dalam hitungan jam, bukan beberapa minggu. Untuk menunjukkan kekuatan perangkat lunak, IBM baru-baru ini mendemonstrasikan bagaimana molekul litium hidrida (LiH) dapat dimodelkan pada perangkat kuantum dalam sembilan jam, yang sebelumnya membutuhkan waktu 45 hari.

Peningkatan semacam ini adalah kunci untuk menskalakan komputasi kuantum untuk kasus penggunaan baru. Untuk informasi lebih lanjut, baca blog: IBM Quantum Menghadirkan 120x percepatan beban kerja kuantum dengan Qiskit Runtime.

Pengumuman yang dibuat selama acara Think hari ini datang hanya beberapa hari setelah IBM meluncurkan dua chip nanometer pertama di dunia yang akan memungkinkan komputasi yang lebih cepat dan lebih efisien dariPusat Data ke tepi; Cloud Engine, platform front-end yang dapat membantu pengembang dengan cepat menerapkan aplikasi cloud-native tanpa harus memperoleh keterampilan baru atau mengonfigurasi kode yang kompleks; Spectrum Fusion, versi perangkat lunak penyimpanan dan perlindungan data IBM yang dikemas sepenuhnya yang dirancang untuk menyediakan cara yang efisien untuk menemukan data dari seluruh perusahaan; dan Aliansi IBM dengan Zscaler di Zero Trust di mana Layanan Keamanan IBM menggabungkan teknologi Zscaler dan keahlian IBM untuk membantu klien mengadopsi pendekatan end-to-end secure access service edge (SASE), menggabungkan otentikasi dan izin untuk memberikan peningkatan keamanan dan privasi.

(AB)

Leave a Reply