Hyundai IONIQ 5 Definisikan Ulang Gaya Hidup Mobilitas Listrik

Hyundai Motor Company meluncurkan, IONIQ 5, sebuah mid-size CUV, dalam acara peluncuran perdana global secara virtual. Sebagai model pertama di brand IONIQ Hyundai yang baru dan didedikasikan untuk battery electric vehicles (BEV), IONIQ 5 menjadi tolak ukur dalam mendefinisikan kembali gaya hidup mobilitas listrik yang didukung oleh fitur-fitur yang ramah lingkungan dan berkelanjutan serta inovatif.

IONIQ 5 dibangun sesuai dengan arsitektur BEV khusus dari Hyundai Motor Group yang disebut Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Sehingga, memungkinkan produk ini memiliki proporsi unik dari wheelbase yang memanjang. Melalui platform E-GMP ini, IONIQ 5 menawarkan desain interior yang inovatif dengan material ramah lingkungan di beberapa titik tertentu, performa yang kuat yang dipadukan dengan pengisian daya sangat cepat dan fungsi Vehicle-to-Load (V2L) serta fitur konektivitas canggih dan fitur pendukung pengemudi yang akan menawarkan pengalaman in-car terbaik namun tetap mengedepankan keamanan.

“IONIQ 5 dapat menghadirkan gaya hidup tanpa batas dan secara proaktif memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan selama perjalanan mereka,” ujar Thomas Schemera, Executive Vice President and Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor Company. “IONIQ 5 benar-benar merupakan mobil listrik pertama yang memberikan pengalaman baru dengan penggunaan ruang interior dan kecanggihan teknologi yang terdepan dan inovatif.”

Mempersembahkan era baru untuk desain EV

Desain progresif IONIQ 5 merepresentasikan sebuah langkah baru dari norma-norma desain sebelumnya yang mengeksplorasi kebebasan desain baru yang ditawarkan oleh sebuah platform khusus dari BEV. Dengan membangkitkan kembali keberanian Hyundai Pony, mobil produksi pertama dari Hyundai, IONIQ 5 menyoroti perjalanan 45 tahun Hyundai untuk menjadi bagian dari gaya hidup pelanggan, sehingga menciptakan benang merah dari masa lalu hingga sekarang dan masa yang akan datang. Kendaraan ini adalah definisi ulang dari desain yang tak lekang oleh waktu, sebuah tema yang akan berkembang seiring dengan bertambahnya jajaran lini produk dari brand IONIQ.

Desain eksterior IONIQ 5 yang unik ditandai oleh karakter yang terinspirasi dari profil Hyundai Pony dengan panjang wheelbase hingga 3.000 mm. Jarak sumbu roda yang dipanjangkan ini membutuhkan pendekatan yang lebih canggih untuk menerjemahkan proporsi baru ini ke dalam bentuk kendaraan EV yang kontemporer.

Bagian depan mobil dilengkapi dengan kap mesin bertipe clamshell pertama dari Hyundai yang meminimalkan celah panel untuk menghadirkan aerodinamika yang optimal. Bemper depan berbentuk V yang memikat dengan menggabungkan daytime running lights (DRL) yang memberikan ciri khas lampu unik pada IONIQ 5. Nuansa berbentuk pixel pada bagian lampu juga hadir di bagian belakang kendaraan.

Di bagian samping, gagang pintu otomatis memperlihatkan gaya permukaan yang mulus dan meningkatkan efisiensi aerodinamis. Bentuk depan dan belakang kendaraan menyatu di pintunya, menghadirkan contoh lain dari desain Parametric Dynamics Hyundai yang pertama kali terlihat pada all-new Tucson. Bentuk C-pillar yang kuat, yang terinspirasi oleh konsep EV ’45’ Hyundai, memberikan tampilan dari IONIQ 5 yang dapat dikenali dengan mudah dari kejauhan.

Pada bagian roda juga dioptimalkan untuk fungsi aerodinamis yang semakin menyoroti tema desain Parametrik Pixel dan dihadirkan dalam ukuran besar berdiameter 20 inci, sehingga menjadikan ukuran velg terbesar yang pernah dipasang pada produk EV dari Hyundai. Proporsi sempurna IONIQ 5 yang lengkap ini dioptimalkan mendukung platform E-GMP Hyundai.

“Memberikan pengalaman mobilitas baru untuk generasi berikutnya — hal inilah yang menjadi misi dari hari pertama kami memulai proyek ini, untuk terus melihat ke depan, namun tetap mempertahankan ciri khas yang fundamental dari Hyundai,” kata SangYup Lee, Senior Vice President and Head of Global Design Center Hyundai Motor Company. “IONIQ 5 adalah definisi baru tentang sebuah produk tanpa batas waktu, memberikan benang merah yang menghubungkan masa lalu kita dengan masa kini dan masa depan.”

Hyundai juga menghadirkan tema ‘Living Space’ yang tersebar di seluruh interior, terutama diwujudkan oleh konsep Universal Island, yaitu konsol tengah yang dapat dipindahkan serta  dapat digeser mundur sejauh 140 mm. Universal Island, dipadukan dengan lantai datar tempat baterai disimpan, memungkinkan lebih banyak kebebasan bergerak di dalam mobil.

IONIQ 5 juga dilengkapi dengan jok depan yang dapat diatur secara elektronik. Kursi dapat direbahkan ke sudut optimal, menawarkan perasaan tanpa bobot bagi penumpangnya. Hyundai juga mengurangi ketebalan jok depan hingga 30 persen, memberikan lebih banyak ruang bagi mereka yang duduk di baris kedua.

Beberapa titik penting yang ada di sisi interior IONIQ 5 seperti kursi, headliner, door trim, lantai dan sandaran tangan, telah menggunakan sumber materi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, seperti botol PET daur ulang, serat benang wol berbahan alami, kulit olahan ramah lingkungan, dan cat berbahan alami.

Pelanggan dapat memilih dari sembilan warna eksterior[1], termasuk lima warna yang terinspirasi oleh alam yang eksklusif tersedia untuk IONIQ 5. Sedangkan untuk sisi interiornya memiliki tiga pilihan warna.[2]

Pilihan sistem tenaga listrik untuk menyesuaikan kebutuhan setiap pelanggan

IONIQ 5 tersedia dalam beberapa konfigurasi power electric (PE) untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mobilitas setiap pelanggan, tanpa berkompromi dengan performa kendaraan. Pelanggan dapat memilih dari dua pilihan opsi ukuran baterai, 58 kWh atau 72,6 kWh[3], dan dua tata letak motor listrik, baik dengan motor belakang saja atau dengan motor penggerak bagian depan dan belakang. Semua variasi PE memberikan jangkauan yang luar biasa dan memberikan kecepatan tertinggi hingga 185 km/jam.

Pada pilihan jajaran motor listrik teratas terdapat opsi all-wheel drive (AWD) yang dipasangkan dengan baterai berukuran 72,6 kWh, menghasilkan output daya gabungan 225-kWh dan daya torsi hingga 605 Nm. Konfigurasi PE ini dapat melaju dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam waktu 5,2 detik.

Sedangkan untuk pilihan dengan penggerak dua roda (2WD) dan baterai 72,6 kWh, jarak tempuh maksimum IONIQ 5 dengan sekali pengisian daya akan menjadi sekitar 470~480 km[4], berdasarkan standar Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

Pengisian baterai ultra-fast dan fungsi Vehicle-to-Load (V2L) yang inovatif

Platform E-GMP dari IONIQ 5 dapat digunakan pada infrastruktur pengisian daya 400-V dan 800-V. Platform ini menawarkan kemampuan pengisian daya 800-V sebagai fungsi standar, bersama dengan pengisian daya 400-V, tanpa memerlukan komponen atau adaptor tambahan. Sistem multi-charging adalah teknologi pertama yang dipatenkan di dunia yang mengoperasikan motor dan inverter untuk meningkatkan 400 V menjadi 800 V untuk kompatibilitas pengisian daya yang stabil.

Apabila menggunakan pengisi daya listrik berkekuatan 350 kW, IONIQ 5 dapat mengisi daya dari 10 persen menjadi 80 persen hanya dalam waktu 18 menit. Menurut WLTP, pengguna IONIQ 5 hanya perlu mengisi daya kendaraan selama lima menit untuk dapat menempuh jarak hingga 100 km.

IONIQ 5 juga memberikan fungsi V2L yang inovatif, yang memungkinkan pelanggan untuk bebas menggunakan atau mengisi daya perangkat listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah, sehingga mobil ini dapat berfungsi sebagai pengisi daya listrik pada saat dalam perjalanan.

Fungsi V2L dapat memasok daya hingga 3,6 kW. Port V2L terletak di bawah kursi baris kedua, dan dapat diaktifkan saat kendaraan dalam keadaan menyala. Port V2L lainnya terletak di port pengisian daya di bagian luar kendaraan. Dengan menggunakan konverter, pelanggan dapat mengisi daya peralatan listrik berdaya tinggi. Port bagian luar dapat menyediakan tenaga bahkan pada saat kendaraan dalam keadaan mati.

Konektivitas inovatif dan fitur yang membantu pengemudi agar aman dan nyaman[5]

IONIQ 5 mengintegrasikan teknologi terdepan untuk pengalaman pengguna digital yang disempurnakan. Kokpit ganda yang lebar dan dapat dikonfigurasi, dilengkapi dengan layar infotainment sentuh berukuran 12 inci dan hoodless digital gauge cluster  12 inci yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Untuk pertama kalinya di Hyundai, IONIQ 5 menampilkan Augmented Reality Head-Up Display (AR HUD), yang mengubah kaca depan menjadi layar tampilan.

IONIQ 5 juga dilengkapi dengan Hyundai SmartSense terkini, yaitu sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut yang dapat memastikan keselamatan dan kenyamanan tingkat tinggi saat berkendara. IONIQ 5 adalah model Hyundai pertama yang menawarkan Highway Driving Assist 2 (HDA 2). Sistem bantuan mengemudi lainnya termasuk Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Driver Attention Warning (DAW), High Beam Assist (HBA), dan banyak lagi.

IONIQ 5 akan tersedia di beberapa negara  mulai semester pertama tahun 2021.

Spesifikasi IONIQ 5:

Spesifikasi dan fitur kendaraan dalam siaran pers ini dapat bervariasi bergantung pada negara / wilayah.

Dimensi
Wheelbase 3,000 mm
Panjang 4,635 mm
Lebar 1,890 mm
Tinggi 1,605 mm
Kargo
Muatan belakang 531 L / 1591 L (saat kursi baris kedua terlipat penuh)
Muatan depan Model Amerika Utara: 24 L (untuk AWD dan 2WD)

Model selain Amerika Utara: 57 L (2WD) atau 24 L (AWD)

Performa
Platform Electric-Global Modular Platform
Jarak tempuh maksimum

(berdasarkan WLTP)

470~480 km

(Saat memasangkan tipe 2WD dengan opsi baterai 72,6 kWh)

 

Jarak jauh

Baterai 72.6-kWh

(77.4-kWh untuk Amerika Utara)

AWD Power 225-kW (kombinasi depan dan belakang)
Torsi 605-Nm (kombinasi depan dan belakang)
0-100 km/h 5.2 detik
2WD Power 160-kW belakang
Torsi 350-Nm belakang
0-100 km/h 7.4 detik
 

Kisaran Standar

Baterai 58-kWh

AWD Power 173 kW (kombinasi depan dan belakang)
Torsi 605 Nm (kombinasi depan dan belakang)
0-100 km/h 6.1 detik
2WD Power 125 kW
Torsi 350 Nm
0-100 km/h 8.5 detik
Fitur-Fitur

(Silakan lihat bagian detail tambahan di bawah tabel untuk informasi lebih lanjut)

Infrastruktur Pengisian yang dapat digunakan 400 V dan 800 V (Tidak perlu adaptor tambahan)
Ultra-fast Charging Pengisian daya 10% sampai 80% dalam 18 menit

Pengisian daya 5 menit untuk jarak tempuh 100 km (WLTP)

Vehicle-to-Load Output maksimum 3.6 kW
Lokasi port Di dalam: Di bawah kursi baris kedua

Luar: port pengisian kendaraan

 

Infotainment

Layar Layar sentuh 12 inci untuk infotainment

Cluster pengukur digital 12 inci tanpa penutup

Bluelink® connected car services Pengaturan Profil Jarak Jauh

Pengaturan Penyalaan Jarak Jauh

Pemberitahuan Status Kendaraan

POI Send to Car menggunakan Waypoints

Peningkatan Kualitas Peringatan Pemeliharaan

Dynamic Voice Recognition

Fitur kenyamanan dan keamanan Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)

Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)

Safe Exit Assist (SEA)

Intelligent Speed Limit Assist (ISLA)

Driver Attention Warning (DAW)

High Beam Assist (HBA)

Surround View Monitor (SVM)

Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)

Parking Collision-Avoidance Assist (PCA)

Highway Driving Assist 2 (HDA 2)

Remote Smart Parking Assist (RSPA)

Warna yang tersedia
Eksterior: Gravity Gold Matte, Shooting-Star Grey Matte, Digital Teal-Green Pearl, Lucid Blue Pearl, Atlas White, Cyber Grey Metallic, Phantom Black Pearl, Galactic Grey Metallic (tidak tersedia di wilayah Amerika Utara), Mystic Olive-Green Pearl ( tidak tersedia di wilayah Amerika Utara)

Interior: Obsidian Black dan Dark Pebble Grey / Dove Grey, Dark Teal / Dove Grey, dan Terra Brown / Mud Grey (hanya tersedia di Korea)

Tambahan detail mengenai IONIQ 5:

Desain dan Faktor Ramah Lingkungan

Bahasa desain IONIQ 5 yang progresif terinspirasi dari konsep EV ’45’ dari Hyundai, yang memulai debutnya di 2019 International Motor Show Germany. Selain merefleksikan identitas desain ‘Sensuous Sportiness’  dari Hyundai, konsep ini juga menampilkan bodi bergaya monocoque dan interior futuristik yang dirancang untuk elektrifikasi dan teknologi otonom.

IONIQ 5 menyerupai konsep tersebut tetapi selangkah lebih baik, menawarkan jembatan menuju masa depan mobilitas listrik yang berteknologi maju, ramah lingkungan, dan menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan saat ini.

Sisi eksterior menampilkan proporsi unik dan wheelbase terpanjang di segmennya

Desain eksterior dari IONIQ 5 yang unik ditandai dengan nuansa garis-garis yang mulus dan tajam sehingga menciptakan tampilan yang ramping dan canggih. Permukaan dan bentuk mobil listrik murni yang digambarkan secara tepat memberikan tampilan bersudut, serta hampir geometris. Selain itu, desainer Hyundai mengintegrasikan lampu Parametrik Pixel mutakhir di bagian depan dan belakang. Elemen desain unik ini menunjukkan inisiatif Hyundai untuk menemukan kembali esensi mobilitas listrik secara mendasar dengan desain khusus mobil listrik yang akan mengantar ke model IONIQ masa depan.

Tipe bodi crossover dari IONIQ 5 menampilkan proporsi unik dan overhang pendek karena jarak sumbu roda yang memanjang. Memiliki ukuran panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.605 mm dengan wheelbase hingga 3.000 mm, IONIQ 5 menawarkan ruang seperti segmen D dalam midsize CUV.

Pelanggan dapat memilih dari sembilan warna eksterior, termasuk lima warna baru yang terinspirasi dari alam yang eksklusif untuk model tersebut. Hal ini termasuk dua opsi dengan hasil akhir Matte: Gravity Gold Matte dan Shooting-Star Gray Matte, juga Digital Teal-Green Pearl, Mystic Olive-Green Pearl serta Lucid Blue Pearl. Warna eksterior lain yang tersedia termasuk Atlas White, Galactic Grey Metallic, Cyber ??Grey Metallic dan Phantom Black Pearl.[6]

Interior yang luas dan dapat disesuaikan untuk kenyamanan seperti layaknya di rumah

IONIQ 5 memiliki perbedaan dari mid-size CUV lainnya, terutama yang memiliki mesin pembakaran internal dan sistem steer-by-wire yang konvensional, karena Electric-Global Modular Platform  (E-GMP) memiliki  lantai mobil rata  yang merupakan tempat baterai disimpan, sehingga memungkinkan untuk desain interior yang inovatif serta ruang kaki yang luas.

Wheelbase sepanjang 3.000 mm dari IONIQ 5, yang 100 mm lebih panjang dari SUV Palisade andalan Hyundai, menawarkan kelapangan untuk mobil penumpang besar dalam mid-size CUV. Dengan wheel-base yang panjang memungkinkan desainer Hyundai untuk menerapkan tema ‘Living Space’ ke sisi interior, dan bukan sekedar tema desain mobil yang konvensional.

Konsol bergerak “Universal Island” melengkapi fasia tengah dengan pemilih transmisi yang terletak di belakang roda kemudi. Konsol geser memungkinkan penumpang tidak hanya menikmati fleksibilitas yang lebih banyak, tetapi juga leluasa masuk dan keluar kabin di kedua sisi saat diparkir di tempat yang sempit. Penumpang baris kedua juga dapat menikmati fitur konsol tengah, seperti cup holder, fast wireless phone charger 15 W, dan port USB. Konsep dari Universal Island benar-benar mengubah konsol tengah, menawarkan fungsionalitas yang lebih besar daripada sekedar kotak penyimpanan statis.

Bagian atap mobil atau vision roof dari IONIQ 5 memberikan nuansa di sisi interior dengan nuansa yang luas dan terbuka karena ceiling dari IONIQ 5 terdiri dari satu panel kaca besar tanpa material pendukung lainnya.

IONIQ 5 menyediakan ruang bagasi sebesar 531 liter, yang dapat meningkat hingga hampir 1.600 liter saat jok baris kedua dilipat penuh. Untuk menambah keserbagunaan, kursi baris kedua dapat digeser ke depan hingga 135 mm dan juga dilipat dengan rasio 6: 4. Sementara itu, pelanggan dapat menikmati ruang penyimpanan tambahan dengan bagasi depan yang menawarkan kapasitas hingga 57 liter[7], yang sangat berguna untuk perjalanan yang lebih jauh, saat membawa bagasi tambahan.

Bersebelahan dengan digital gauge cluster adalah sisipan logam yang dapat mengakomodasi tray holder serbaguna. Selain itu, sistem infotainment dari IONIQ 5 adalah yang pertama mengintegrasikan tema desain baru yang disebut Jong-e Graphic User Interface (GUI) yang menawarkan berbagai pengaturan suasana interior, seperti lembut, halus, dan bersemangat.

Pelanggan dapat tetap merasa hangat selama musim dingin dengan memanfaatkan fungsi heated steering wheel and heated front seat.

Pelanggan dapat memilih dari tiga pilihan warna interior. Pilihan paket dasar termasuk Obsidian Black dan Dark Pebble Grey / Dove Grey, sedangkan paket warna opsional menawarkan Dark Teal / Dove Grey.[8]

Fitur EV ramah lingkungan dan berkelanjutan mengakomodasi gaya hidup tanpa batas

Penerapan dari IONIQ 5 yang mendukung tanggung jawab terhadap lingkungan tidak berhenti di elektrifikasi. Keberlanjutan (sustainability) adalah inti dari visi brand IONIQ, yang dapat ditemukan di seluruh bagian dari IONIQ 5 yang menggunakan material ramah lingkungan dan warna yang terinspirasi dari alam.

Berbagai titik utama dari sisi interior seperti kursi, headliner, door trim, lantai dan sandaran tangan, menggunakan material bersumber ramah lingkungan dan berkelanjutan, seperti botol PET daur ulang, serat dan benang wol alami, kulit olahan ramah lingkungan dengan bahan alami, dan  cat berbahan alami menggunakan ekstrak tumbuhan.

IONIQ 5 juga dilengkapi dengan solar roof ramah lingkungan, yang mendukung sumber tenaga listrik kendaraan dengan mengumpulkan energi dan mengalirkannya ke baterai, sehingga semakin meningkatkan efisiensi energi dan daya listrik yang digunakan. Solar roof dapat mencegah battery discharge sekaligus memberikan jarak tambahan ketika berkendara.

Performa

IONIQ 5 tersedia dengan berbagai konfigurasi power electric (PE) agar sesuai dengan kebutuhan mobilitas setiap pelanggan, tanpa kompromi terhadap performa kendaraan.

Di bagian teratas jajaran motor listrik adalah opsi all-wheel drive (AWD) yang dipasangkan dengan baterai 72,6 kWh[9], menghasilkan output daya gabungan 225-kWh dan torsi 605 Nm. Konfigurasi PE ini dapat melaju dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam 5,2 detik. Saat opsi AWD dipasangkan dengan baterai 58-kWh, dapat melaju dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik.

Pada opsi single-motor layout dengan penggerak motor belakang menawarkan torsi 350 Nm dan penggerak dua roda (2WD). Saat dipasangkan dengan baterai 72,6 kWh, konfigurasi PE ini mampu berakselerasi dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam 7,4 detik. Saat dipasangkan dengan baterai 58-kWh, mampu berakselerasi dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam 8,5 detik.

Selain itu, IONIQ 5 dapat menderek trailer dengan kapasitas hingga 1.600 kg

Fitur-Fitur Lainnya[10]

Konektivitas untuk pengalaman dalam mobil terbaik

Hyundai menawarkan versi terbaru dari layanan mobil yang terhubung bernama Bluelink® yang ditingkatkan serta menghadirkan berbagai fitur baru dan memungkinkan pelanggan untuk mengontrol mobil mereka dengan smartphone atau fitur pengenal suara supaya perjalanan mereka lebih nyaman dan menyenangkan. Fitur Bluelink terbaru ini termasuk Connected Routing, Last Mile Navigation dan fitur Profil Pengguna yang baru.

Aplikasi Bluelink dapat menampilkan jangkauan jarak dari kendaraan, status baterai, dan waktu pengisian daya saat dicolokkan ke stasiun pengisian daya umum maupun milik sendiri. Pelanggan dapat mengakses sistem manajemen baterai yang canggih untuk memilih waktu pengisian yang paling sesuai dengan jadwal atau anggaran mereka dengan memanfaatkan tarif listrik di luar jam sibuk atau off-peak rates.

Fitur berkemampuan Bluelink lainnya meliputi:

  • Manajemen Profil Jarak Jauh yang menyimpan pengaturan kendaraan yang dipilih di cloud Bluelink, dengan kemampuan untuk memperbarui profil dari jarak jauh, serta disesuaikan dengan preferensi pengemudi
  • Peningkatan untuk Remote Start yang menawarkan penyalaan fungsi pemanas dan pendinginan kursi dari jarak jauh serta posisi duduk pengemudi yang dapat diatur sebelumnya
  • Pemberitahuan Status Kendaraan – memberitahu pelanggan jika kendaraan dibiarkan dengan pintu tidak terkunci atau jendela yang terbuka.
  • POI Send to Car Now with Waypoints adalah kemampuan untuk menambahkan hingga tiga titik arah untuk dikirim ke kendaraan bersama-sama dan secara otomatis mengatur urutan tujuan
  • Peningkatan Peringatan Pemeliharaan – melacak interval perawatan dalam sistem multimedia, serta dengan kemampuan untuk mengatur ulang

Dengan Pengisian Daya Jarak Jauh atau Remote Charging, pengemudi IONIQ 5 dapat memulai dan menghentikan pengisian daya dengan menekan sebuah tombol pada aplikasi ponsel cerdas mereka. Selama di musim atau cuaca yang lebih dingin, Remote Climate Control memungkinkan pengguna menjadwalkan pemanasan awal IONIQ 5 saat terhubung ke sumber daya eksternal. Hal ini tidak hanya memastikan kenyamanan bagi penumpang selama berkendara, tetapi juga menghemat daya baterai yang mungkin diperlukan untuk memanaskan kendaraan di jalan.

Sistem Pengenalan Suara Dinamis atau Dynamic Voice Recognition IONIQ 5 menerima perintah sederhana via suara untuk mengontrol AC kabin, radio, membuka / menutup palka, pemanas roda kemudi, heated/cooled seats, dan fungsi lainnya dengan mudah. Sistem ini juga dapat membantu dengan berbagai Point of Interest (POI), status cuaca, dan pembaruan data pasar saham.

IONIQ 5 juga dilengkapi dengan sound system Bose premium. Delapan speakernya, termasuk subwoofer, ditempatkan secara strategis di seluruh kendaraan untuk high-quality listening experience.

Tampilan Head-Up dengan teknologi AR

Untuk pertama kalinya di Hyundai, IONIQ 5 menampilkan Augmented Reality Head-Up Display (AR HUD), yang pada dasarnya mengubah kaca depan menjadi layar tampilan. Pengemudi dapat memilih untuk menggunakan teknologi AR untuk memproyeksikan informasi yang relevan, seperti navigasi, fitur keselamatan dan area sekitar mobil ke garis pandang pengemudi di kaca depan. Hal ini memungkinkan pengemudi untuk memproses informasi dengan cepat sambil tetap memperhatikan jalan di depannya.

Sistem dukungan pengemudi yang memastikan tingkat keamanan dan kenyamanan tertinggi

Highway Driving Assist 2 (HDA 2) yang tertanam di IONIQ 5 memungkina mengemudi di jalan raya terasa lebih nyaman. Hal ini dikarenakan IONIQ 5’s menggunakan kamera depan, sensor radar, dan data navigasi. Hal ini mendukung HDA 2 untuk mengontrol kecepatan kendaraan sekaligus menjaga kendaraan tetap terpusat di jalurnya. Sehingga dapat membantu pengemudi saat mengubah jalur.

Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) dapat mendeteksi kendaraan, pejalan kaki atau pengendara sepeda yang datang dari arah depan dan dapat membantu menghindari  terjadinya tabrakan. Hal ini termasuk Junction Turning, Junction Crossing dan/atau Lane-Changing Oncoming. FCA dengan Junction Turning mengaktifkan rem jika mendeteksi lalu lintas saat pengemudi belok ke arah kiri di persimpangan. FCA dengan sensor Junction Crossing mendeteksi kendaraan yang mendekat dari samping saat pengemudi akan langsung melewati sebuah persimpangan. FCA dengan Lane-Change Oncoming mendukung perpindahan jalur menjadi lebih aman. Jika fitur FCA merasakan mobil yang mendekat dan melewati garis tengah saat pengemudi mengganti jalur, FCA secara otomatis membantu gerakan kemudi, jika tidak ada potensi bahaya kecelakaan sekunder. Jika potensi kecelakaan sekunder terdeteksi, FCA hanya akan mengeluarkan peringatan.

Fitur mengemudi semi-otonom lainnya termasuk Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), yang menyesuaikan kecepatan kendaraan agar sesuai dengan batas kecepatan, dan High Beam Assist (HBA), yang secara otomatis menyalakan dan mematikan lampu jauh agar tidak mengganggu pandangan pengemudi yang hendak melintas.

IONIQ 5 memiliki beberapa fungsi yang terkait dengan atensi pengemudi untuk memastikan keamanan setiap saat dengan mendeteksi apakah pengemudi mengantuk atau terganggu konsentrasinya. Driver Attention Warning (DAW) menampilkan tingkat atensi pengemudi dan memberikan peringatan ketika tanda-tanda pengemudi yang sedang tidak konsentrasi terdeteksi. DAW membunyikan peringatan jika kendaraan tetap berhenti dalam jangka waktu yang lama (seperti di rambu lalu lintas) dan pengemudi tidak bereaksi cukup cepat saat kendaraan di depan mulai bergerak.

Beberapa fungsi bekerja secara bersamaan untuk membantu menghindari tabrakan dalam berbagai situasi berkendara. Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) membantu menghindari tabrakan di sisi belakang kendaraan dengan menggunakan radar untuk mendeteksi kendaraan lain dan menerapkan pengereman ketika diperlukan. BCA sangat berguna dalam situasi seperti berpindah jalur atau keluar dari parkir paralel. Fungsi lainnya, Blind-Spot View Monitor (BVM), menggunakan kamera untuk menunjukkan pandangan pengemudi ke kiri dan kanan kendaraan di layar jika pengemudi mengindikasikan untuk berpindah jalur.

IONIQ 5 juga menjamin keselamatan penumpang kursi belakang dengan Safe Exit Assist (SEA), yang membantu menjaga pintu belakang tetap tertutup dengan mengunci pintu saat ada kendaraan yang datang dari belakang.

Berbagai fitur bantuan parkir membuat proses parkir dalam berbagai keadaan menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Remote Smart Parking Assist (RSPA) memungkinkan pengemudi untuk memarkir atau keluar dari tempat parkir dari jarak jauh serta dari luar kendaraan. Fitur ini berfungsi baik untuk parkir paralel maupun parkir lurus dan dapat diaktifkan melalui tombol yang ada di smart key.

Surround View Monitor (SVM) menggunakan serangkaian kamera yang ditempatkan secara strategis untuk memberi pengemudi pandangan 360-degree dari area di sekitar kendaraan, sehingga lebih mudah untuk parkir di area sempit. Reverse Parking Collision-Avoidance Assist (PCA) berfungsi untuk membantu menghindari tabrakan saat sedang bergerak mundur. Jika ada rintangan terdeteksi melalui kamera belakang atau sensor ultrasonik belakang, PCA akan menampilkan peringatan dan, jika perlu, mengerem secara otomatis. Demikian pula, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dapat menampilkan dan membunyikan peringatan, atau menginjak rem, saat mobil mendekat dari sisi kiri atau kanan dan pengemudi tidak berhenti.

Langkah ke Depannya dari Hyundai

IONIQ: Lebih banyak model yang akan hadir kedepannya

Brand IONIQ terbaru dari Hyundai mewakili komitmen kuat perusahaan terhadap keberlanjutan dan inovasi. Di bawah misi brand IONIQ, yaitu “Progress electrified for connected living”, Hyundai akan menawarkan pengalaman mobil listrik dengan fokus pada solusi ramah lingkungan yang dapat menyesuaikan dengan berbagai macam gaya hidup, agar dapat merealisasikan visi Hyundai yaitu ”Progress for Humanity”. Peluncuran dari IONIQ 5 adalah langkah awal dalam perjalanan Hyundai untuk pengembangan mobil listrik, untuk selangkah lebih dekat dalam mencapai tujuan Hyundai untuk mobilitas yang bersih dan ramah lingkungan.

Menyusul peluncuran IONIQ 5, Hyundai akan memperluas jajaran BEV-nya dengan IONIQ 6, yaitu sedan listrik, dan IONIQ 7, large-SUV listrik.

(AB)

Leave a Reply