HERO GREEN ACTION : RW GAUL menuju Indonesia Tanpa Sampah

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati pada 21 Februari yang lalu, Pada hari ini, Sabtu 25 Februari 2017, PT Hero Supermarket Tbk melalui salah satu unit bisnis GIANT, kembali membuat program peduli lingkungan, bertajuk RW Giant Aksi Untuk Lingkungan (GAUL) yang ditandai oleh penandatanganan komitmen “RW GAUL – Komitmen Bersama Menuju RW Tangerang Selatan Tanpa Sampah” oleh Natalia Lusnita, Senior General Manager CR & Corporate Communication PT Hero Supermarket Tbk beserta perwakilan dari LabTanya, RW 08 Kelurahan Pondok Betung, RW 02 Kelurahan Jaya, Caping (Camar Pinguin yang merupakan salah satu Komunitas warga di Bintaro) pada acara Festival Caping Tanpa Sampah yang diselenggarakan di Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

rw_gaul_seremoni_info_bintaro
(Tengah) Natalia Lusnita, Senior GM CSR & Corporate Communication PT Hero Supermarket Tbk, beserta perwakilan warga seusai penandatanganan komitmen RW GAUL (Giant Aksi Untuk Lingkungan) dan (Ki-ka) disaksikan oleh M. Taher Rochmadi, Kepala Bappeda Kota Tangerang Selatan, Dedi Budiawan, Staff Ahli Pembangunan dan Keuangan Tangerang Selatan, Wilma Chrysanty, Co-Founder Lab Tanya dan Program Kota Tanpa Sampah, serta Perwakilan LabTanya di acara Festival Caping Tanpa Sampah.

“Hingga saat ini sampah masih menjadi permasalahan serius di tengah masyarakat. Tumpukan sampah yang semakin menumpuk di lokasi pembuangan akhir menggambarkan keterbatasan kita mengenai pengelolaan sampah yang masih sangat minim. Begitu juga dengan pemahaman dan upaya mencari alternatif jalan keluar pengelolaan sampah kerap kali belum dilakukan secara bijak. Tentunya untuk memulai langkah gerakan cinta lingkungan ini tidak akan terlaksana tanpa dukungan dari masyarakat dan juga dukungan dari para pelaku usaha. Menyadari hal itu, HERO Group sebagai perusahaan pioneer retail di Indonesia meresmikan program GAUL yang merupakan singkatan dari Giant Aksi Untuk Lingkungan: Menuju RW Tangerang Selatan tanpa sampah, yang merupakan upaya mendukung gerakan Kota Tanpa Sampah yang pada pelaksanaannya kami bekerjasama dengan LabTanya,”ungkap Natalia Lusnita di tengah acara.

LabTanya adalah ruang riset dan eksperimen berbasis perancangan, inisiatif dan bagian dari unit kerja studio arsitektur AWD (Adhi Wiswakarma Desantara). Salah satu inisiatif yang saat ini dikerjakan oleh LabTanya berjudul “Kota Tanpa Sampah”, inisiatif yang mendorong gagasan masa depan yang lestari.

Fokus dari program GAUL yang akan berlangsung selama 22 bulan ke depan ini adalah merubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat untuk mendalami persoalan sampah secara lebih menyeluruh dan menghubungkannya dengan pola/perilaku konsumsi serta produksi yang terjadi di dalam kehidupan rumah tangga misalnya: membawa kantong belanja/tempat minum/tempat makan sendiri, mengolah sampah organic menjadi kompos dan berbagai cara lainnya untuk mengurangi sampah.

rw_gaul_seremoni_info_bintaro_1
Perwakilan warga Kecamatan Pondok Aren mengikuti games memilah sampah pada acara Festival Caping Tanpa Sampah, di acara ini HERO Group juga meluncurkan program RW GAUL (Giant Aksi Untuk Lingkungan) sebagai komitmen Kepedulian sosial dalam pengurangan sampah yang dimulai dari tingkat RW di wilayah Tangerang selatan.

Sebagai langkah awal program GAUL, di tahun 2017 ini HERO Group memfokuskan di area terdekat dari kantor pusat HERO Group yaitu di Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan khususnya di lingkup Rukun Warga (RW) yang terpilih yaitu RW 08, Kelurahan Pondok Betung dan RW 02, Kelurahan Pondok Jaya. Kelompok warga dalam lingkup RW dipilih berdasarkan pertimbangan strategis serta keberlanjutan gerakan diantaranya intensitas dan efektifitas baik dari aspek teknis pendampingan maupun kualitas partisipasi dan pendalaman pengetahuan dan aksi dari setiap warganya.

“Melalui kegiatan ini, masyarakat di harapkan dapat mengerti bahwa impian untuk hidup di lingkungan yang bersih dan bebas sampah dapat terwujud apabila didukung dengan melakukan langkah-langkah sederhana yang dilakukan sejak sekarang. Karena HERO Group meyakini bahwa setiap langkah kecil menuju perubahan yang lebih baik akan berefek luar biasa jika dilakukan secara konsisten sehingga mampu menularkan semangat positif ke segala arah”, sambung Natalia Lusnita.

Selain Program GAUL, HERO Group juga akan melaksanakan program Rumah Kelola Sampah di Ciputat, sebagai bentuk lain dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan. Program – program tersebut merupakan bagian dari HERO GREEN ACTION yang terdiri dari rangkaian kegiatan kepedulian lingkungan HERO Group yang tidak hanya berfokus kepada sampah, tetapi juga kepada reforestasi, penanaman pohon dan juga keseimbangan ekosistem air.

rw_gaul_seremoni_info_bintaro_2
Arya Kusumo, Manager Corporate Social Responsibility PT Hero Supermarket Tbk menjelaskan tentang tujuan kegiatan Giant Aksi Untuk Lingkungan, Caping Kota Tanpa Sampah pada 25 Februari 2017.

Sekilas Tentang Hero Green Action

Hero Green Action merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hero Peduli, wadah tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) PT Hero Supermarket Tbk, yang aktif melakukan kegiatan-kegiatan penghijauan dan penghematan energi yang dilakukan di lingkungan internal maupun eksternal perusahaan. Hingga saat ini HERO Group telah memiliki program-program CSR lingkungan diantaranya adalah Giant Peduli Brantas (GIRAS) di wilayah Jawa Timur yang merupakan kegiatan berkelanjutan berupa penanaman bibit serta pemberian dukungan pelatihan terhadap komunitas sekitar Daerah Aliran Sungai Brantas, Jawa Timur, Care to Share sebagai program peduli ekosistem air yang dilakukan dengan penyebaran benih ikan di Situs Cagar Budaya Danau Tasikardi – Banten, Store Green Action yang merupakan kegiatan penghijauan rutin oleh seluruh gerai Hero Supermarket dan Giant terhadap sekolah dan lingkungan sekitar area toko, serta pengolahan sampah hasil operasional kegiatan seharihari untuk menjadi biogas yang berhasil dijadikan minyak sayur dan pupuk organik.

Leave a Reply