GrabHealth Adakan Tes Gratis untuk Mitra Pengemudi Grab dan Tenaga Kesehatan

Seluruh dunia kini sedang memerangi penyebaran virus COVID-19. Presiden Jokowi pun telah menginstruksikan untuk segera meningkatkan kapasitas tes COVID-19 di Indonesia. Menanggapi hal ini, GrabHealth powered by Good Doctor, sebagai platform kesehatan digital di Indonesia, berinisiatif memberikan rapid test dan PCR test secara gratis kepada tenaga kesehatan sebagai profesi yang paling rentan terpapar virus, serta kepada mitra pengemudi dan pengantaran Grab yang memiliki peran penting dalam pergerakan perekonomian Indonesia.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye #BaikBersama yang dilaksanakan Good Doctor sebagai bentuk komitmen berkelanjutan dari perusahaan dalam melawan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Fase pertama program ini dimulai hari ini dengan memberikan rapid test kepada 1000 tenaga kesehatan serta mitra pengemudi dan pengantaran Grab. Bagi mereka yang mendapatkan hasil positif melalui rapid test, kemudian akan menjalani pengujian PCR untuk konfirmasi lebih lanjut. Semua tes ini diberikan secara gratis dan GrabHealth maupun Good Doctor akan memperluas penyediaan jumlah tes gratis ini di fase yang akan datang.

“GrabHealth powered by Good Doctor telah ditunjuk menjadi mitra resmi pemerintah, yakni Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam memerangi wabah COVID-19. Terhitung sejak dimulainya pandemi secara global di bulan Februari hingga saat ini, kami telah meningkatkan kapasitas pelayanan sebanyak lebih dari 4x lipat, mulai dari tanya jawab online, penyebaran edukasi COVID-19, hingga layanan skrining risiko via telekonsultasi. Kami ingin terus berkontribusi sesuai dengan kebutuhan negara. Mulai hari ini, kami memperluas layanan dalam penyediaan rapid test dan PCR test gratis untuk mereka yang paling membutuhkan, yaitu para tenaga kesehatan di garis depan perjuangan melawan COVID-19, serta mitra pengemudi dan pengantaran Grab yang masih beraktivitas dalam menyediakan layanan-layanan penting bagi masyarakat. Tentunya untuk memastikan kelayakan berdasarkan tingkat risiko infeksi, semua peserta tes akan melalui skrining terlebih dahulu dalam platform kami. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung inisiatif ini, terutama kepada Solidaritas Berantas COVID-19 (SBC) dan mitra yang berkontribusi dalam pengadaan PCR test gratis untuk tenaga kesehatan,” Jelas Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia.

GrabHealth powered by Good Doctor menyediakan rapid test gratis ini untuk mitra pengemudi GrabCar maupun GrabBike di area Jakarta. Sedangkan rapid test dan PCR test COVID-19 akan diberikan untuk para tenaga kesehatan. Layanan gratis ini dimulai sejak 15 April hingga 30 April, terbuka untuk seluruh mitra pengemudi Grab dan tenaga kesehatan di area Jakarta.

Sebelum melakukan tes, tenaga kesehatan dan mitra pengemudi dapat masuk ke aplikasi Grab dan mengakses layanan GrabHealth untuk berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor di jam yang telah ditentukan. Konsultasi ini penting sebagai skrining menentukan tingkat risiko COVID-19. Hanya mereka yang berisiko sedang atau tinggi yang dapat mengikuti program rapid dan PCR test gratis ini. Seluruh biaya pengadaan alat dan pelaksanaan rapid test dan PCR test ditanggung sepenuhnya oleh Grab, Good Doctor dan SBC (Solidaritas Berantas COVID-19).

Penyelenggaraan rapid test dilakukan secara drive-through, sehingga tenaga kesehatan maupun mitra pengemudi Grab yang akan mengikuti tes diharuskan untuk datang ke lokasi dengan menggunakan kendaraan, seperti motor atau mobil. Sedangkan untuk PCR test akan dilakukan dengan sistem walk-in atau datang langsung ke rumah sakit yang telah ditentukan.

Good Doctor dan Grab Indonesia memastikan semua tahap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan arahan pemerintah untuk menjaga jarak fisik (physical distancing). Semua staf yang terlibat dalam proses rapid test dan PCR test ini pun akan menggunakan alat pelindung diri (APD) untuk keselamatan sesama.

Dalam pelaksanaan tes, Good Doctor bekerjasama dengan RS Brawijaya sebagai tim pelaksana rapid test dan juga SBC yang didukung oleh Lab Mikrobiologi Klinik FKUI, RS Haji Jakarta dan RS Islam Jakarta Pondok Kopi sebagai penyedia PCR testing bagi tenaga kesehatan.

“Keamanan dan kesehatan yang selalu menjadi prioritas utama kami kini menjadi jauh lebih penting dibanding sebelumnya. Grab Indonesia tetap berkomitmen untuk melindungi keselamatan dan kesehatan mitra pengemudi, tim medis, dan pelanggan semaksimal mungkin. Untuk itu, pelaksanaan rapid test dan PCR test ini dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan Grab Indonesia demi melindungi kesehatan dan keamanan mereka. Sejak diberlakukannya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai tanggal 10 April 2020 lalu, mitra pengemudi Grab masih beroperasi demi mendukung mobilitas penduduk 3 DKI Jakarta dan sekitarnya. Lebih dari itu tim medis, sebagai ujung tombak penanganan pasien COVID-19, tetap memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien. Dengan saling mendukung, kami yakin kita dapat melawan pandemi ini bersama.” Jelas Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

drg. Oscar Primadi, MPH. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan, “Dalam hal pencegahan dan penanganan virus COVID-19, pemerintah baik KEMENKES di dalamnya tidak bisa bekerja sendiri dan telemedicine startup menjadi mitra penting dan ujung tombak yang dapat membantu memutus rantai penyebaran COVID-19 di garda terdepan. Kami mendukung penuh program rapid dan PCR test gratis yang diberikan GrabHealth powered by Good Doctor sebagai kontribusi besar dan langkah penting mengidentifikasi risiko para driver dan tenaga kesehatan. Dengan melakukan screening rapid test bagi mitra pengemudi Grab dan tenaga kesehatan, maka bisa membantu pemerintah dalam melakukan pemetaan penyebaran pandemi dan menyiapkan langkah-langkah pencegahan dengan lebih terarah, efektif, dan efisien karena saat ini kita berlomba dengan waktu.”

Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN dan Koordinator Tim Telemedicine Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menambahkan, “Kami sangat mengapresiasi inisiatif Good Doctor Technology Indonesia dan Grab Indonesia dalam melaksanakan rapid test COVID-19 untuk driver dan tenaga kesehatan, karena kedua profesi ini memikul tugas besar selama situasi krisis pandemi COVID-19. Demi melayani masyarakat, hampir seluruh aktivitas driver dan tenaga kesehatan menempatkan mereka dekat secara fisik dengan pelanggan atau pasien. Untuk itu rapid test ini memiliki peran penting dalam memastikan keamanan mereka demi menekan laju penyebaran virus COVID19”.

“Solidaritas Berantas COVID-19 (SBC) sejak awal merebaknya pandemi sangat peduli dengan proteksi bagi tenaga kesehatan dan staf rumah sakit karena berisiko tinggi terpapar selama bertugas. Solidaritas Berantas COVID-19 merupakan salah satu inisiatif dari berbagai organisasi dan jaringan sipil dan individu. Peran SBC melengkapi upaya pemerintah dalam penanganan COVID-19. SBC berkolaborasi dengan GrabHealth dan Good Doctor dalam menyediakan fasilitas skrining dan testing bagi tenaga kesehatan. Informasi lebih lanjut mengenai program kerja SBC dapat diperoleh melalui Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) sebagai Sekretariat Bersama SBC,” jelas Arifin Panigoro, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI & Penggagas SBC.

Sejak awal pemerintah Indonesia menyatakan perang melawan pandemi COVID-19, Good Doctor telah mengambil bagian di garda depan sebagai mitra pemerintah. Berbagai inisiatif dan layanan diberikan Good Doctor demi mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia, seperti membantu call center Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan tanya jawab masyarakat mengenai COVID-19, skrining risiko infeksi COVID-19 melalui sistem telekonsultasi dengan mitra dokter yang siaga 24/7, serta menyebarkan konten edukasi pandemi COVID-19 di aplikasi GrabHealth powered by Good Doctor maupun di media sosial. Selama bulan Maret sendiri, konsultasi seputar COVID-19 mengalami peningkatan sebanyak 16x lipat dibandingkan bulan sebelumnya.

Langkah terbaru yang diwujudkan Good Doctor Technology dan Grab Indonesia adalah dengan memberikan rapid test dan PCR test gratis untuk mitra pengemudi dan tenaga kesehatan. Seluruh Inisiatif gabungan ini diharapkan menjadi ajakan bagi seluruh kalangan masyarakat agar menyatukan suara dan langkah, bergotong royong menekan laju penyebaran COVID-19.

Ke depannya, Good Doctor akan terus bekerja erat dengan lembaga pemerintah maupun pihak terkait lainnya, untuk meminimalisir penyebaran COVID19. Hal ini merupakan bagian dari inisiatif #BaikBersama yang merupakan wujud upaya Good Doctor untuk bersama memerangi COVID-19 karena Good Doctor meyakini bahwa pandemi ini bisa dilawan dengan sinergi dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta termasuk juga masyarakat.

GrabHealth powered by Good Doctor tersedia secara gratis di aplikasi Grab untuk smartphone Android dan iOS. Konsultasi kesehatan dengan dokter umum di Good Doctor tidak dikenakan biaya atau gratis, sementara konsultasi dengan dokter spesialis mulai dari Rp10.000.

Pengguna juga bisa mendapatkan produk dan alat kesehatan di Health Mall, yang telah bekerja sama dengan lebih dari 1000 mitra apotek terpercaya, termasuk Century, K24, Griya Farma, dan rekanan farmasi lainnya. Layanan lain berupa pembuatan janji temu dokter di rumah sakit/ klinik yang bermitra juga sudah dapat diakses pengguna.

Layanan Good Doctor sudah dapat diakses pengguna Grab di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Sukabumi, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, Surabaya, Bali, Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, dan Manado.

(BON)

Leave a Reply