GIIAS 2021 Dibuka, Para Produsen Berlomba Menghadirkan Mobil-Mobil Unggulan

Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2021 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di ICE BSD, Tangerang, Kamis (11/11/2021).

Dalam sambutannya, Airlangga menyambut baik penyelenggaraan GIIAS 2021 seiring dengan melandainya pandemi Covid-19 di Tanah Air. Hal ini pula yang membuat pemerintah mendukung penuh kegiatan otomotif besar tahunan ini. “Negara kita adalah yang terbaik dalam hal penanganan pandemi Covid-19 di ASEAN,” kata Airlangga dalam sambutannya.

Airlangga juga menyampaikan pesan dari Presiden RI Joko Widodo, terkait GIIAS. Yakni mengendalikan perekonomian dan penanganan Covid-19 secara berimbang.

Sehingga GIIAS 2021 bisa ikut memberi kontribusi terhadap kebangkitan perekonomian saat pandemi. Airlangga juga menegaskan kembali komitmen pemerintah dalam sektor otomotif. “Yaitu di antaranya dengan anggaran yang didukung pemerintah melalui PPnBm 2,99 triliun, dan realisasinya sudah 1,73 triliun yang dinikmati enam pabrikan,” ia menambahkan.

Airlangga juga menyampaikan bahwa peraturan pemerintah tentang emisi kendaraan bermotor terus diterapkan. Climate change atau perubahan iklim telah mendorong setiap negara berupaya mengurangi emisi. Di Tanah Air, untuk sektor otomotif dikenal bahan bakar B30 yang terbuat dari campuran biodiesel berbasis kelapa sawit sebanyak 30 persen dalam minyak solar.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam sambutannya menyatakan terima kasih kepada pemerintah atas dukungan terhadap penyelenggaraan GIIAS 2021 ini.

Juga, atas inisiatif pemerintah mengeluarkan intensif PPnBM DTP. “Berkat PPnBM, pencapaian industri otomotif kita mencatatkan hasil kenaikan cukup baik,” kata Nangoi.

Menurutnya, kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBm DTP, ada 36 model jenis kendaraan. “Yakni kendaraan yang diproduksi di Indonesia dengan local purchase lebih dari 60 persen,” katanya.

Ditambahkan Nangoi, pada periode Januari-Oktober 2021 dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020, tercatat kenaikan penjualan domestik hingga 68 persen.

Dari pemerintah, selain Menko Perekonomian, turut hadir pula Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Acara pembukaan GIIAS 2021 juga dihadiri pihak APM dan para pendukung utama industri otomotif. Astra Financial & Logistic kembali hadir sebagai Platinum sponsor GIIAS 2021.

Dukungan lainnya juga datang dari Pertamina, dan tahun ini OLX Autos memberikan dukungannya sebagai official trade in partner.

Selain itu Astra Honda Motor, Llumar, MLD Spot, Boson, dan BKleen Indonesia sebagai safety protocol partner juga turut mensponsori penyelenggaraan GIIAS 2021.

Pada GIIAS 2021 akan hadir jajaran kendaraan penumpang dan kendaraan komesial kenamaan dunia. Mereka adalah Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling.

Tidak ketinggalan pula berbagai merek kendaraan komersial seperti Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania, dan teknologi kendaraan listrik.

(EGA)

Leave a Reply