Dukung Persiapan Pelajar SMA Menuju Perguruan Tinggi, Ruangguru Selenggarakan Program Persiapan UTBK KejarKampusImpian

Hasil penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN) mengungkapkan bahwa 87% mahasiswa di Indonesia memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minatnya. Survei tersebut juga menemukan bahwa ‘salah pilih jurusan’ dapat berdampak pada studi. Hal ini diperkirakan karena siswa dihadapkan pada pilihan kampus dan jurusan tanpa memiliki gambaran mengenai alur dan opsi masa depan dari jurusan yang mereka pilih.

Saat menghadapi pilihan, siswa perlu dibekali dengan wawasan mengenai opsi yang ada, berikut dengan potensi masa depannya. Tidak heran bila saat ini banyak pekerja yang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan program studi kuliah yang telah mereka pilih dan jalani.

Risiko dari belajar yang tidak sesuai dengan minat adalah belajar tanpa memahami konteks, di mana siswa hanya menghafal. Pun nilai yang mereka dapatkan baik, namun hasil belajar tanpa pemahaman konteks belum tentu membekali pelajar dengan kemampuan penerapan ilmu yang baik. “Pada penghujung masa pendidikan SMA, siswa dihadapkan dengan begitu banyak tahapan dan pilihan yang perlu mereka pertimbangkan secara matang sebelum membuat keputusan. Bila mereka tidak memiliki gambaran mengenai tujuan akhir dari pilihan mereka, siswa dapat menjadi kurang termotivasi karena kurangnya pemahaman mengenai potensi dan arah masa depan mereka, padahal kampus dan pilihan program studi menjadi titik tolak awal penting dalam menentukan masa depan kita,” ujar Iman Usman, Pendiri dan Direktur Operasional Ruangguru.

“Dengan pemikiran tersebut, Ruangguru hadir untuk memberikan persiapan lengkap bagi siswa SMA sejak dini untuk mengambil keputusan penting dalam hidupnya, dalam menyongsong langkah pertama masa depan mereka. Ruangguru merancang program #KejarKampusImpian untuk membuka pandangan mengenai pilihan alur dan opsi masa depan mereka, dengan sekaligus mengasah kesiapan akademis dan mental siswa dalam menghadapi UTBK sebagai batu lompatan pertama sebelum melangkah menuju masa depan. Kami berharap bekal wawasan alur dan opsi masa depan yang ada, serta kesempatan untuk menggali minat diri, dapat membantu siswa dalam memilih program studi yang tepat bagi mereka, membangun motivasi, mendorong komitmen belajar dengan konteks, diterima di kampus impian, lulus dengan baik, sekaligus bekerja sesuai dengan minat dan program studi pilihan mereka,” lanjut Iman.

Setelah membantu 69% pengguna kelas 12 SMA diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan pada tahun 2020, kali ini Ruangguru merancang program #KejarKampusImpian untuk membuka pandangan agar siswa tidak hanya siap untuk menghadapi UTBK, sebagai salah satu jalur utama yang harus mereka tempuh agar dapat diterima di PTN pilihan, tetapi juga agar mereka dapat mengetahui apa yang mereka inginkan di masa depan dan mampu mengidentifikasi cara meraihnya. Siswa perlu memiliki pemahaman yang baik mengenai minat dan bakat mereka, sehingga dapat menentukan pilihan jurusan yang tepat, serta dapat menerapkan ilmu yang didapat saat kuliah dalam dunia kerja di masa depan.

Oleh karena itu, program #KejarKampusImpian terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan untuk memberikan pendampingan komprehensif dan holistik, yaitu:

Festival Cita-Cita: Webinar bersama para praktisi yang bertujuan untuk membuka wawasan ragam profesi masa kini dari berbagai industri serta proses yang dapat mereka tekuni untuk meraih masa depan pilihan mereka, sehingga membangkitkan minat dan motivasi siswa.

Kejar Kampus Talks: Sesi sharing secara live untuk berbagi wawasan mengenai kehidupan kampus, mulai dari cara mengenal diri dan memilih jurusan yang tepat, strategi persiapan kuliah sedari dini, keseruan jadi mahasiswa dengan gaya belajar yang berbeda, hingga beasiswa kuliah dan bahkan tentang gap year. Kegiatan ini diharapkan dapat membekali pelajar menuju kampus impiannya, dengan didampingi oleh mentor-mentor berpengalaman di bidangnya.

Kitab UTBK: Sebuah panduan belajar untuk mempersiapkan UTBK dengan berbagai layanan seputar UTBK pada aplikasi Ruangguru. Siswa dapat mempelajari tips dan strategi mengerjakan UTBK, kiat-kiat sukses UTBK, serta goal planner dan course plan

UTBK Experts: Kelas gratis berisi rangkaian webinar intensif yang membahas serba-serbi UTBK mulai dari soal UTBK, sampai strategi sukses UTBK untuk mempersiapkan pelajar menghadapi UTBK 2022 bersama para UTBK expert.

UTBK Club: Komunitas untuk para pejuang Kampus Impian dengan akses eksklusif untuk kegiatan-kegiatan seperti sesi Q&A bersama pendiri Ruangguru, kelas untuk mengenal profesi paling diminati di Festival Cita-Cita, dan info beragam pilihan jurusan dan kampus.

Tryout: Tryout UTBK Nasional 2021 gratis yang bisa diikuti oleh semua siswa kelas 12 se-Indonesia.

Periode pendaftaran untuk program #KejarKampusImpian melalui UTBK Experts dan Kejar Kampus Talks telah dibuka pada tanggal 3 November 2021. Pendaftaran tidak dipungut biaya apa pun. Seluruh peserta akan mendapat kesempatan untuk mengikuti tes minat dan kemampuan di aplikasi Ruangguru, dan sepuluh orang terpilih yang aktif dalam mengikuti rangkaian acara akan mendapatkan kesempatan untuk menerima layanan konseling gratis. Informasi lebih lengkap mengenai #KejarKampusImpian dapat diakses di kejarkampus.com.

(BON)

Leave a Reply