Creative Gen, Semangat Membangun Generasi Kreatif, Informatif dan Positif

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) bekerjasama dengan Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika) mengadakan acara seminar Creative Gen pada hari Jumat, 29 September 2017, dengan tema Generasi Kreatif, Informatif dan Positif. Acara yang diadakan di Aula Universitas Pembangunan Jaya tersebut berlangsung dua setengah jam mulai pukul 09.00 – 11.30.

Acara seminar ini merupakan bagian dari program sosialisasi Gen Posting atau Generasi Positive Thingking yang dicanangkan oleh Kementerian Kominfo. Seminar ini turut dihadiri oleh Rektor UPJ, Leenawaty Limantara Ph.D dan Tenaga Ahli Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Dr. Ismail Chawidu, M.Si.

Acara seminar ini menarik minat 250 mahasiswa UPJ untuk datang, karena sesi sharing yang dikemas dalam bentuk talkshow dengan menghadirkan lima pembicara ahli dalam bidang kreatif. Sesi pertama, Ir. Iwan Eka S, M.Sc (Asisten Deputi Nilai dan Kreativitas Budaya Kominfo) berbicara tentang konsep Revolusi Mental dan bagaimana generasi muda bisa mengekspresikan diri secara kreatif, informatif dan positif.

Berikutnya, pembicara Rully Nasrullah atau yang biasa disapa Kang Arul (Blogger, Penulis Buku dan Dosen) berbagi tips tentang bagaimana mengimplementasikan konsep Revolusi Mental melalui penyebaran konten pada media komik dan media sosial.

Sesi selanjutnya, pembicara Arsheilla Levana (Marketing Communication Manager WebTVAsia), Filo Sebastian (Youtuber) serta Alika Islamadina (Penyanyi dan Selebgram) juga turut berbagi pengalamannya dalam mengemas konten kreatif, positif dan diminati generasi muda. Sebagai penutup, Alika melantunkan sebuah lagu sekaligus mengakhiri seminar Creative Gen hari ini.

Pelaksanaan seminar ini memiliki satu misi utama yaitu menyebarluaskan nilai-nilai Revolusi Mental kepada generasi muda, khususnya mahasiswa UPJ. Mahasiswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai Revolusi Mental ini dengan menciptakan konten yang kreatif, informatif dan positif dalam media digital. Media digital sangat dekat dengan generasi muda sebagai wadah untuk mengekspresikan diri mereka dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk turut serta menyebarkan konten-konten yang positif di media digital.

Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya. Program Studi Ilmu Komunikasi didirikan berdasarkan Surat Keputusan Pendirian Program Studi Nomor: 38/D/O/2011 pada tanggal 25 Februari 2011. Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki dua minor utama yang menjadi fokus pembelajaran mahasiswa yaitu minor broadcast journalism dan public relations.

 

(Divisi Hubungan Masyarakat – Melisa Arisanty, M.Si)