Cermati Fintech Group Meluncurkan Layanan Bank as a Service Melalui Partnership dengan BCA Digital dan Blibli

Cermati Fintech Group (CFG) meluncurkan penawaran produk platform teknologi Banking as a Service (BaaS) di Indonesia melalui kemitraan strategis dengan BCA Digital, bank digital terkemuka di Indonesia dan Blibli, e-commerce terkemuka di Indonesia. Integrasi layanan perbankan dalam sebuah e-commerce merupakan yang pertama di Indonesia yang dimungkinkan melalui pengembangan bersama antara BCA Digital, Blibli dan CFG.

Dengan integrasi Blu BCA Digital dalam Blibli, pengguna Blibli dapat menikmati rangkaian lengkap layanan perbankan Blu BCA Digital, mulai dari pembukaan rekening, transfer dana, pembayaran dalam aplikasi, dan lainnya menggunakan semua dalam kenyamanan aplikasi Blibli tanpa perlu mengunduh atau beralih ke aplikasi lain.

Cermati Fintech Group berinovasi untuk mengembangkan strategi embedded finance di Indonesia di mana layanan perbankan dapat tertanam dalam ekosistem aplikasi yang memungkinkan kemampuan aplikasi super melalui kemampuan Open API dan BaaS. Penawaran BaaS dari Cermati Fintech Group memungkinkan ekosistem online dan offline untuk menanamkan layanan perbankan selain layanan asuransi dan BNPL yang digunakan sebagai model layanan dalam ekosistem mereka.

Menambahkan layanan perbankan ke ekosistem dapat meningkatkan penggunaan tekfin, mengurangi user friction, dan meningkatkan loyalty pelanggan. Untuk mitra perbankan, teknologi BaaS kami menawarkan cara baru bagi bank untuk bermitra dengan ekosistem untuk menyediakan layanan perbankan yang disesuaikan dengan pelanggan tersebut.

Andhy Koesnandar, CEO Cermati Fintech Group, mengatakan, “Kami sangat bangga dapat bermitra dengan BCA Digital dan Blibli dalam meluncurkan layanan perbankan digital blu di dalam ekosistem Blibli yang merupakan ekosistem ecommerce terkemuka di Indonesia dengan memanfaatkan penawaran produk BaaS kami.

Pengembangan layanan perbankan, lewat partnership dengan BCA Digital, adalah perluasan kemitraan dengan Blibli yang sebelumnya kami dan Blibli telah meluncurkan Blibli Paylater, Paylater “as a service” lewat partnership dengan Indodana. Membangun teknologi platform untuk mengintegrasikan layanan perbankan digital terkemuka dari BCA Digital merupakan wujud komitmen kami untuk terus memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.”

Di kesempatan terpisah Kusumo Martanto, CEO dan Co-Founder Blibli menegaskan bahwa dalam mengembangkan ekosistem e-commerce, Blibli senantiasa menggandeng mitra dari berbagai industri. “Dengan blu yang terintegrasi di platform Blibli, maka kami adalah e-commerce pertama yang benar-benar terhubung secara menyeluruh dengan bank digital di Indonesia.

Kami percaya, bahwa dengan sinergi juga inovasi, ekosistem digital khususnya inklusi keuangan dapat mencapai potensinya, dan kolaborasi lintas industri antara BCA Digital yang didukung oleh layanan Baas Cermati Fintech Group, memperkuat strategi Blibli untuk memprioritaskan kepuasan pelanggan Customer Satisfaction First dan melayani generasi modern digital-savvy, yang selaras dengan semangat #KarenaKamuNo1.”

Iman Sentosa, Direktur IT & Operasional BCA Digital, mengatakan “Seiring dengan semakin eratnya fungsi bank digital dalam kehidupan sehari-hari, BCA Digital ingin punya andil untuk menghadirkan kemudahan dunia digital yang sesungguhnya. Inovasi yang dihadirkan Cermati Fintech Group berupa solution provider dan integrator, menjadi bagian essensial dalam mewujudkan ekosistem digital yang menghubungkan aplikasi mobile banking ‘blu’ hingga dapat terkoneksi secara seamless dengan platform ecommerce Blibli. Lewat kemitraan strategis ini, BCA Digital berkomitmen untuk terus menjadi pelopor dalam pemanfaatan teknologi dan mengembangkan platform yang dapat memenuhi kebutuhan holistik para digital savvy.”

(EGA)

Leave a Reply