Etalase

Budidaya Lobster Air Tawar di BFC Mini Farm

Lobster merupakan salah satu menu yang termasuk eksklusif di berbagai restoran. Tidak banyak resto yang menyajikan lobster di daftar menunya. Hal ini tidak terlepas dari pasokan lobster yang tidak banyak, belum lagi harga menunya yang tidak murah, Bila Anda penggemar lobster di Bintaro, Anda cukup beruntung karena sangat mungkin lobster yang Anda santap berasal dari peternakan lobster yang ada di Bintaro sendiri: BFC Mini Farm, sehingga pasokan selalu terjamin.

Bintaro Fish Center (BFC) Mini Farm berlokasi di Jl. Kavling Baitis Salmah No.123, RT.03 / RW.07, Sawah Baru, Bintaro. Lokasinya tidak begitu jauh dari Pasar Modern Bintaro, Sektor 7. Dari Pasar Modern Anda tinggal berkendaraan lurus ke arah Jl. Palem Indah. Kira-kira 50 meter dari pertigaan arah menuju Perumahan Palem Indah, Anda berbelok ke kiri, masuk ke Jl. Kavling Baitis Salmah. Dari situ Anda tinggal mengikuti jalan yang ada, menempuh jarak sekitar 700 meter sampai tiba di BFC Mini Farm.

BFC Mini Farm didirikan oleh Cuncun Setiawan yang sama sekali tidak memiliki latar belakang ilmu peternakan atau perikanan. Cuncun lulus sebagai Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Indonesia (ITI) pada tahun 2000. Selepas dari bangku kuliah, ia memilih untuk menjadi wirausaha ketimbang karyawan, sesuatu yang sangat aneh di mata sebagian orang yang mengenalnya saat itu. Ternyata jiwa wirausaha telah dimilikinya semenjak ia di bangku SD dengan berjualan biji karet dan alat tulis yang terus berlanjut sampai ia menyelesaikan kuliahnya.

Usaha budidaya lobster air tawar ini pun tidak muncul begitu saja. Ia mengawali bisnisnya dengan berbisnis ikan cupang. Ikan cupangnya bahkan sampai diekspor ke berbagai negara, seperti Amerika dan Kanada. Ia mulai melirik bisnis lobster pada tahun 2002. Awalnya ia membudidayakan lobster hias asal Papua di kolam-kolam yang dibangunnya di lahan milik orang tuanya.

Setelah usahanya berjalan beberapa waktu lamanya, ia melihat adanya kebutuhan lobster konsumsi untuk berbagai menu di restoran. Sayangnya kebutuhan ini tidak diimbangi dengan pasokan yang memadai. Tidak heran, menu lobster yang saat itu didominasi dengan lobter laut berharga cukup tinggi dan hanya bisa dinikmati segelintir orang. Cuncun melihat potensi lobster air tawar dapat menjadi alternatif yang berharga lebih murah. Dari situ, ia mulai belajar mengembangbiakkan lobster air tawar secara otodidak. Tentunya, berbagai kegagalan cukup sering ia dapatkan, sampai akhirnya ia menemukan metode yang dikembangkannya sendiri, sehingga lobster bisa menjadi besar dalam waktu yang lebih singkat.

Pada awalnya ia memelihara lobster dari mulai telur sampai menjadi lobster dewasa yang siap panen. Namun seiring meningkatnya permintaan lobster hasil budi dayanya, Cuncun mulai kewalahan memenuhi permintaan dari berbagai resto pelanggannya. Cuncun pun mulai memikirkan alternatif dengan sistem kemitraan dengan menggandeng masyarakat yang ingin berbisnis budi daya lobster. Sistem kemitraan inilah yang berlaku sampai dengan saat ini.

Saat ini BFC Mini Farm memiliki mitra peternak lobster air tawar mencapai ribuan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Lobster-lobster ini kemudian ludes dibeli puluhan restoran yang rutin mengambil lobster-lobster siap konsumsi. Walaupun ia telah dibantu oleh mitra-mitranya yang berjumlah ribuan, nyatanya kebutuhan yang ada masih tetap tinggi, untuk itu BFC Mini Farm membatasi jumlah pesanan lobster dari masing-masing restoran.

Menurut Hara, staf BFC Mini Farm, BFC Mini Farm menerapkan sistem terbuka, artinya siapapun dapat menjadi mitra BFC Mini Farm sekalipun ia tidak memiliki latar belakang dan pengetahuan budi daya lobster air tawar. Namun Hara lebih menyarankan, usaha ini dilakukan oleh para pensiunan, karena berdasarkan pengalaman para orang tua lebih memiliki ketelatenan dalam mengurus lobster-lobster, disamping waktunya pun lebih banyak.

Untuk menjadi mitra, tentunya syarat utamanya adalah memiliki lahan yang cukup untuk melakukan budi daya lobster dan ketersediaan air tawar yang kualitasnya baik. Calon mitra akan mendapatkan training pelatihan cara melakukan budi daya. Setelah itu mitra dapat membawa sepasang indukan lobster (jantan dan betina) dan 3 pasang calon indukan yang berkualitas bagus.

BACA JUGA  Penuhi Minat Tinggi Pengguna Terhadap Produk Elektronik, Shopee Hadirkan 4.4 Mega Elektronik Sale

Tidak hanya itu, mitra pun akan mendapatkan pakan lobster yang cukup untuk 3 bulan. BFC Mini Farm juga siap melakukan pengecekan lingkungan kolam tempat hidup lobster jika diminta oleh calon mitra, seperti air dan faktor-faktor lainnya dengan membawa peralatan pengecekan. Sehingga bila hasil pengecekan ditemukan kondisi-kondisi yang tidak memadai, BFC Mini Farm dapat memberikan masukan untuk perbaikan-perbaikannya.

Prinsip tugas mitra adalah memelihara indukan dan bakal indukan sehingga dapat bertelur kemudian menghasilkan benur (anakan lobster). Benur-benur ini kemudian dibeli oleh BFC Mini Farm untuk dibesarkan sampai dengan ukuran tertentu. Setelah itu lobster-lobster ini dilepas kembali kepada mitra-mitranya untuk dibesarkan sampai menjadi lobster dewasa yang dapat mencapai ukuran sampai 6,5 kg. Barulah kemudian lobster-lobster ini dilempar kembali ke BFC Mini Farm untuk disalurkan ke restoran-restoran langganannya.

Tidak hanya mengembangkan lobster, BFC Mini Farm juga membudidayakan berbagai hewan, seperti ikan, penyu air tawar, landak mini, kelinci, sampai dengan ular sanca batik. Hewan-hewan ini merupakan tambahan saja sifatnya, dan baru dimulai beberapa tahun belakangan ini karena adanya permintaan dari pengunjung-pengunjungnya.

BFC Mini Farm juga menyediakan sarana edukasi bagi anak-anak berupa program Wisata Edukasi BFC Mini Farm. Program ini menyediakan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar dan mengenal berbagai hewan yang ada di BFC Mini Farm, sekaligus berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut. Program ini tersedia bagi rombongan murid sekolah. Sekolah-sekolah yang pernah mengikuti program ini ternyata tidak hanya sekolah-sekolah yang berada di sekitar Bintaro, bahkan dari berbagai sekolah di seputaran Jabodetabek.

Tertarik jadi mitra? Hubungi saja BFC Mini Farm setiap hari dari pukul 08.00-17.00 melalui 0812 8098 908, atau melalui email : lobsterairtawar001@yahoo.com. Untuk mengakses informasi, dapat membuka website http://www.bfcminifarm.com.

 

(BON)

 

 

Baca Juga

  • Jangkau Pelanggan, Adira Insurance Buka Kantor Representatif Baru di Pusat Perbelanjaan

    Jangkau Pelanggan, Adira Insurance Buka Kantor Representatif Baru di Pusat Perbelanjaan

    Guna mewujudkan pelayanan yang menjangkau seluruh Pelanggan, Adira Insurance buka kantor representatif di Gajah Mada City Walk (15/08). Hal ini merupakan kantor representatif pertama Adira Insurance yang berada di pusat perbelanjaan. Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance, menegaskan, “Keberadaan kantor pemasaran ini untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan akan informasi terkait Asuransi Adira. Tidak hanya itu, […]
  • Masjid Istiqlal, Masjid Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

    Masjid Istiqlal, Masjid Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

    Tanggal 22 Februari dikenal sebagai hari Istiqlal. Masjid Istiqlal (arti harfiah: Masjid Merdeka) adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di bekas Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas), di pusat ibukota Jakarta. Di seberang Timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Imam besarnya adalah Prof. […]
  • Foto : Taman Santap Rumah Kayu Bandar Lampung, Pleasant, Always Green

    Foto : Taman Santap Rumah Kayu Bandar Lampung, Pleasant, Always Green

    Ingin bersantap dengan nuansa yang berbeda? Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Bandar Lampung, Anda bisa mampir ke resto satu ini: Taman Santap Rumah Kayu Bandar Lampung. Resto ini merupakan salah satu tempat makan favorit di Bandar Lampung. Selain di Bandar Lampung, Taman Santap Rumah Kayu juga bisa ditemukan di Gading Serpong, Tangerang dan Taman Impian Jaya […]
  • MDIS Tawarkan Beasiswa Dibidang Teknik

    MDIS Tawarkan Beasiswa Dibidang Teknik

    The Management Develoment Institute of Singapore (MDIS) menawarkan program beasiswa senilai 6000 dolar Singapura bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana dibidang teknik. “Calon mahasiswa dapat memilih spesialisasi dibidang teknik yang dibagi dalam dua kelompok besar yakni mekanikal dan elektrikal,” kata Direktur Senior Bidang Komunikasi MDIS, Jesline Wong di Hotel Pullman Central Park Jakarta, […]
  • Yang Kangen Masakan Manado, Resto Amurang Tempatnya

    Yang Kangen Masakan Manado, Resto Amurang Tempatnya

    Mencari tempat makan yang menyajikan masakan Manado di Bintaro terhitung gampang-gampang susah. Sebab walaupun masakan Manado termasuk populer dan punya banyak penggemar, namun mencari tempat makan masakan Manado yang pas bisa dikatakan cukup sulit. Di beberapa lokasi memang ada gerai makan yang menjual masakan Manado, namun kebanyakan masakan Manado yang disajikan di situ pilihannya tidak […]
  • Grab dan Puskopau Hadirkan Layanan Transportasi Online Resmi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo

    Grab dan Puskopau Hadirkan Layanan Transportasi Online Resmi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo

    Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, bersama Pusat Koperasi Angkatan Udara (Puskopau) Lanud Adi Soemarmo, hari ini mengumumkan kerja sama strategisnya dalam memperkuat akses transportasi bagi penumpang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Solo. Grab menjadi perusahaan ride-hailing pertama yang secara resmi bekerja sama dengan otoritas bandara di Solo untuk memudahkan mobilitas wisatawan dalam […]
  • Sinar Mas Land Hadirkan Nuansa Liburan pada Klaster Caelus Berkonsep Resort di BSD City

    Sinar Mas Land Hadirkan Nuansa Liburan pada Klaster Caelus Berkonsep Resort di BSD City

    Sinar Mas Land melalui BSD City kembali meluncurkan hunian mewah terbaru di Kawasan Greenwich BSD City tahap kedua Klaster Caelus. Mengusung konsep resort bintang lima bernuansa liburan, Klaster Caelus menghadirkan kenyamanan, kemewahan dan privacy dalam sebuah hunian. Inovasi ini diwujudkan oleh BSD City untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan hunian yang terintegrasi langsung dengan alam dalam […]
  • Didukung Layanan Antar ke Rumah, Vivo Luncurkan Y50

    Didukung Layanan Antar ke Rumah, Vivo Luncurkan Y50

    Sebagai perusahaan teknologi yang berbasis konsumen, vivo terus bergerak memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya pada masa seperti ini. vivo secara resmi menghadirkan seri-Y terbaru, yaitu vivo Y50 yang mengusung memori RAM dan ROM dengan kapasitas besar serta desain Ultra O Screen untuk pengalaman visual terbaik. “Berfokusnya kegiatan kerja, belajar-mengajar ataupun meeting di […]
  • Pertemuan Pemimpin ASEAN dan ASEAN-BAC Dukung Penguatan Ekonomi Digital

    Pertemuan Pemimpin ASEAN dan ASEAN-BAC Dukung Penguatan Ekonomi Digital

    Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan, Indonesia bersama Pemimpin ASEAN lainnya menyambut baik rekomendasi ASEAN-BAC untuk pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19, terutama mengenai penguatan kerja sama ekonomi digital. Hal tersebut disampaikan Mendag Agus usai mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mewakili Presiden RI dalam pertemuan ASEAN Leaders’ Interface with ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) secara […]
  • Rasane Bintaro Sajian Seafood ala Restoran

    Rasane Bintaro Sajian Seafood ala Restoran

    INFOBINTARO – Kalau disuruh memilih, kamu lebih suka makan seafood di kaki lima atau di restoran? Buat yang memilih menikmati hidangan seafood di restoran, kamu harus coba Rasane Bintaro yang menyediakan berbagai hidangan seafood. Di restoran ini kamu akan menemukan hidangan dengan kepiting yang berasal dari perairan bagian timur Indonesia seperti dari Kalimantan dan Papua. […]
  • Rayakan Ulang Tahun Jakarta dengan Produk Lokal Favorit Asli dari Ibukota

    Rayakan Ulang Tahun Jakarta dengan Produk Lokal Favorit Asli dari Ibukota

    Bulan Juni selalu menjadi waktu yang istimewa bagi Kota Jakarta. Di bulan inilah Ibu Kota Indonesia merayakan ulang tahunnya. Di usianya yang sudah mencapai 492 tahun ini, Jakarta tidak hanya berkembang menjadi sebuah kota modern yang megah secara fisik namun juga marak dengan beragam hasil karya masyarakatnya. Tidak sedikit hasil kreasi asli warga Jakarta yang […]
  • Tempat Nongkrong di Bintaro : Waroeng Zuta BarBalap

    Tempat Nongkrong di Bintaro : Waroeng Zuta BarBalap

    INFOBINTARO – Mencari tempat nongkrong di Bintaro yang asik dan mengenyangkan? Maka jawabannya adalah Waroeng Zuta Barbalap. Yap, ini adalah tempat nongkrong yang menyediakan berbagai menu mulai dari makanan ringan hingga berat. Waroeng Zuta Barbalap Sering Jadi Tempat Nongkrong di Bintaro Malam Hari Kedai ini sering dijadikan sasaran hang out oleh warga Bintaro khususnya mereka […]
  • Belajar Fotografi dengan Kamera HP Bersama Dik Doank

    Belajar Fotografi dengan Kamera HP Bersama Dik Doank

    Pada hari Minggu, 11 September 2016, Kandank Jurank Doank mengadakan acara yang bertajuk Belajar Fotografi Menggunakan Kamera Hp. Acara yang menampilkan Dik Doank sebagai pembicara sekaligus pengarah acara ini bertujuan untuk membuka wawasan bahwa kita bisa membuat foto-foto yang berkualitas walaupun menggunakan kamera Hp. Acara ini juga diisi oleh penampilan dari grup band asal Tasikmalaya yang […]
  • 17 Pendiri Startup Indonesia Selesaikan Program eFounders Fellowship dari Alibaba Business School dan UNTAD

    17 Pendiri Startup Indonesia Selesaikan Program eFounders Fellowship dari Alibaba Business School dan UNTAD

    Pekan ini Alibaba merampungkan program eFounder Fellowship angkatan ke-8 di Hangzhou, Tiongkok yang diiikuti oleh 38 pendiri startup dari berbagai negara di Asia Tenggara, dengan 17 di antaranya berasal dari Indonesia. Para partisipan datang dari berbagai latar belakang industri, seperti e-commerce, fintech, logistik, pariwisata, juga maha data. Secara kolektif, perusahaan-perusahaan startup ini mempekerjakan lebih dari […]
  • Trafi, Sekarang Naik Angkutan Umum Jadi Lebih Mudah

    Trafi, Sekarang Naik Angkutan Umum Jadi Lebih Mudah

    Permasalahan kemacetan di Jakarta dan sekitarnya, pada waktu belakangan ini semakin menjadi-jadi. Bila dulu kemacetan lalu lintas terjadi pada jam-jam sibuk tertentu, saat ini kemacetan bisa terjadi bahkan pada tengah malam. Bila kita cermati, sumber kemacetan bersumber dari semakin banyaknya kendaraan bermotor baik mobil mau pun sepeda motor. Di sisi lain, buruknya sarana transportasi umum […]
  • Nasi Kebuli Ibu Syeha, Salah Satu Jawara Kuliner Bintaro Sektor 9

    Nasi Kebuli Ibu Syeha, Salah Satu Jawara Kuliner Bintaro Sektor 9

    INFOBINTARO (IB) – Banyak sekali ragam kuliner Bintaro sektor 9 namun yang direkomendasikan IB kali ini nampaknya akan agak sedikit berbeda. Nasi Kebuli Bu Syeha adalah salah satu kuliner enak menurut Info Bintaro. Kantin Ibu Syeha Kuliner Bintaro Sektor 9 Di Pagi Hari Seperti pada judul bahwa Ibu Syeha ini merupakan salah satu kantin kuliner […]
  • Sensasi Kenyamanan Riding dan Bertualang Jakarta – Bogor dengan Vespa GTS Super 150 Terbaru

    Sensasi Kenyamanan Riding dan Bertualang Jakarta – Bogor dengan Vespa GTS Super 150 Terbaru

    PT Piaggio Indonesia menggelar acara riding Jakarta – Bogor dengan Vespa GTS Super 150 terbaru. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa rekan-rekan media dengan total jarak tempuh 77,4 kilometer, dimulai dari titik temu di daerah Kemang, Jakarta Selatan melewati Bogor dan berakhir di Cisarua. Kegiatan riding ini memberikan kesempatan kepada rekan-rekan media untuk merasakan sensasi kenyamanan […]
  • Sambut Hari Raya, Traveloka Mudahkan Momen Silaturahmi Ramadan & Lebaran Para Penggunanya

    Sambut Hari Raya, Traveloka Mudahkan Momen Silaturahmi Ramadan & Lebaran Para Penggunanya

    Traveloka, perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking terdepan untuk destinasi lokal dan internasional, memahami bahwa bulan suci Ramadan dan Lebaran adalah momen yang paling dinanti oleh mayoritas umat muslim di Indonesia. Momen ini seringkali digunakan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga dan teman. Sufintri Rahayu, Public Relations Director Traveloka, mengungkapkan, “Traveloka memahami pentingnya […]
  • Lion Air Group Menawarkan Layanan Rapid Test Covid-19 Rp 95.000

    Lion Air Group Menawarkan Layanan Rapid Test Covid-19 Rp 95.000

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan informasi terkini mengenai layanan terbaru yakni menawarkan metode uji kesehatan skrining awal dan cepat (Rapid Test Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)) khusus kepada penumpang Lion Air Group. Biaya Rapid Test Covid-19 adalah Rp 95.000 […]
  • Berbagai Fasilitas KB/TK Pembangunan Jaya

    Berbagai Fasilitas KB/TK Pembangunan Jaya

    KB/TK Pembangunan Jaya adalah sebuah sekolah di Bintaro yang bertujuan membentuk siswa-siswi yang gemar belajar, kreatif, mandiri dan berbudi pekerti luhur. Untuk mewujudkan tujuan-tujuan itu, sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Jaya ini memiliki 2 kurikulum yaitu kurikulum nasional dan kurikulum unggulan Sekolah Pembangunan Jaya yang terdiri dari  Sustainable Eco Development, Liberal Arts dan Entrepreneurship. […]

Tinggalkan Balasan