Bernostalgia Melalui Lidah, Lontong Balap Bioskop Ria Surabaya

Surabaya, Surabaya, oh Surabaya. Kota kenangan, kota kenangan takkan terlupa…

Itulah sepenggal lirik lagu berjudul Surabaya karya Titik Hamzah. Surabaya memang sering dianggap kota yang penuh kenangan. Berbagai peristiwa heroik pernah terjadi di kota tua ini dengan segala romantikanya. Tidak hanya kisah perjuangan para pahlawan saja yang membuat Surabaya menjadi penuh kenangan, berbagai bangunannya pun dikenal luas sampai dengan saat ini, salah satunya adalah Bioskop Ria.

Bioskop Ria termasuk salah satu bioskop yang pertama hadir di Indonesia. Sejarah panjang Bioskop Ria dimulai dari tahun 1920-an. Pada waktu itu nama Bioskop Ria belum dikenal melainkan Bioskop Rex. Bioskop ini pernah menjadi tempat favorit warga Belanda yang bermukim di Surabaya pada waktu itu maupun kaum pribumi kaya, sebagai tempat menikmati film-film terbaru. Pada tahun 1960-an, nama Bioskop Rex berganti menjadi Bioskop Ria bersamaan dengan bermunculannya berbagai bioskop di Surabaya. Sayangnya seiring dengan perkembangan zaman, era bioskop tradisional berganti dan Bioskop Ria yang berlokasi di Jl. Kombes M. Duryat, pada saat ini hanya tinggal nama.

Namun nama Bioskop Ria yang demikian terkenal tidak serta merta hilang, karena ada satu gerai kuliner yang mengabadikan nama Bioskop Ria, yaitu Lontong Balap Bioskop Ria Surabaya. Konon gerai kuliner ini mulai buka sejak tahun 1958 di area Bioskop Ria, Surabaya. Lontong Balap Bioskop Ria Surabaya ini sangat terkenal di Surabaya, walaupun di berbagai sudut Kota Surabaya kita dengan mudah dapat menemukan gerai kuliner yang menyajikan lontong balap. Di Bintaro, Lontong Balap Bioskop Surabaya bisa ditemukan di Pasar Modern Bintaro Blok KA-63.

Lontong balap merupakan makanan khas dari Surabaya. Lontong balap terdiri atas lontong, tauge, tahu goreng, lento, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lontong yang telah diiris lalu ditumpangi irisan tahu dan beberapa lento, kemudian ditumpangi kecambah/tauge setengah matang, setelah itu disiram kuah secukupnya, sambal dan kecap sesuai selera. Makanan ini dihidangkan berikut beberapa tusuk sate kerang.

Selain Lontong Balap, berbagai menu tersedia di sini. Sebut saja, Lontong Kikil Sapi, Rawon Iga Spesial, Soto Daging Madura, Nasi Bakmoy Ayam dan Tahu Petis dan juga Gado-Gado Sirem. Selain Gado-Gado Sirem, bisa dikatakan menu lainnya merupakan menu khas Surabaya/Jawa Timur. Untuk Gado-Gado Sirem tidak bisa dikatakan khas Surabaya karena gado-gado bisa ditemukan di berbagai daerah, mulai dari Jakarta sampai dengan Jawa Timur.

Saat pesanan kita datang, kita dapat menambahkan Sambal Petis, sambal khas Surabaya ini sangat nikmat dijadikan campuran menu-menu berkuah, seperti rawon, soto maupun nasi bakmoy, maupun dijadikan cocolan saat kita menikmati sate kerang atau telur asin yang tersedia di setiap meja, sebagai menu tambahan.

Sebagai teman santap Anda, Anda juga bisa memesan minuman. Walaupun berbagai minuman yang ada di daftar menu bukanlah minuman khas Surabaya, seperti Es Cincau Selasih, Es Capucino Cincau, Es Squash Nanas dan lainnya, namun tidak menjadi masalah karena keunikan kuliner Surabaya adalah pada menu-menu makanannya.

Nasi Bakmoy Ayam

Gerai Lontong Balap Bioskop Ria ini, buka dari pukul 07.00-15.00 setiap harinya. Untuk pemesanan berbagai acara dapat menghubungi 0816 1133 000, 0816 705 430. Selain itu, pemesanan juga dapat dilakukan melalui aplikasi GoFood.

 

(ES)

Leave a Reply