Apakah Anda Memiliki Resiko Menderita Osteoporosis?

Osteoporosis adalah tulang yang keropos, dengan apa pun penyebabnya dan terjadi pada kebanyakan orang usia lanjut. Ini merupakan suatu penyakit yang menyeluruh pada tulang, karena berkurangnya kepadatan tulang dan kelainan susunan jaringan tulang. Pada osteoporosis, tulang menjadi tipis dan rapuh sehingga lebih mudah patah.

Simak video berikut ini.

Penyebab Osteoporosis

Ada beberapa penyebab osteoporosis. Misalnya pada wanita keadaan menopause di mana terjadi kekurangan hormon estrogen sehingga dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis. Di samping itu beberapa penyakit seperti autoimum, kanker, penyakit tiroid dan beberapa penyakit kronik serta proses penuaan juga dapat menjadi penyebab osteoporosisv Pengobatan dengan obat golongan steroid juga patut diwaspadai. Asupan kalsium dan vitamin D yang rendah dapat menyebabkan Anda menderita osteoporosis. Demikian pula dengan merokok, mengkonsumsi alkohol dan kurang olahraga.

Gejala Osteoporosis

Osteoporosis seringkali tidak memberikan gejala apapun. Namun, bila tubuh bertambah pendek dan membungkuk atau terjadi patah tulang akibat trauma ringan, maka kita harus berhati-hati terhadap kemungkinan adanya osteoporosis.

Pemeriksaan Osteoporosis

Osteoporosis dapat dicegah, oleh karena itu perlu diketahui sedini mungkin. Untuk mengetahui tingkat kepadatan tulang sebelum muncul patah tulang, beberapa cara dapat dilakukan untuk mengukur kepadatan tulang. Alat yang paling sering digunakan adalah Dual Energy X-Ray Absorptionmetry atau yang dikenal dengan DXA. Angka kepadatan tulang yang didapat dari pengukuran ini disebut dengan kepadatan mineral tulang (bone mineral density). Ada pula cara sederhana mengukur kepadatan tulang. Simak video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=qCpGgxhou_4. Anda juga dapat melakukan tes kepadatan tulang ini di outlet KALCare yang ada di Bintaro Exchange Mall lantai 1.

Pencegahan Osteoporosis

Anda dapat melakukan tindakan pencegahan osteoporosis. Di antaranya dengan memenuhi kebutuhan kalsium per hari sebesar minimal 1.000 mg pada pria usia 50-70 tahun dan minimal 1.200 mg per hari pada wanitia di atas usia 51 tahun serta pria di atas usia 71 tahun. Anda pun dapat mengontrol berat badan dengan olahraga yang cukup dan teratur untuk meningkatkan kekuatan tulang dan otot serta meningkatkan kekuatan dan keseimbangan agar tidak mudah jatuh. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin D. Berhenti merokok dan menghindari alkohol. Tindakan preventif lainnya adalah mengukur tinggi badan secara berkala dan menghindari penggunaan obat golongan steroid dalam jangka waktu lama.

BACA JUGA  Gerakan Stay Active: Tetap Aktif Bersepeda untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Suplemen Osfit

Saat ini di pasaran terdapat beberapa suplemen yang dapat membantu Anda mengurangi resiko osteoporosis. Di antaranya adalah suplemen Osfit yang diproduksi oleh Kalbe Farma. Osfit adalah suplemen kalsium yang dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral lainnya untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Dalam satu tablet Osfit mengandung kalsium karbonat sebanyak 625mg disertai dengan Vitamin D3 serta vitamin B6 dan B12, zinc, magnesium, boron, asam folat dan mineral yang lain.

Dengan mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari dapat mencegah terjadinya osteoporosis (keropos tulang) dan mencegah terjadinya patah tulang akibat osteoporosis. Kebutuhan asupan kalsium harian yang dianjurkan adalah 1000 – 1200 mg.

Informasi lebih lanjut:
KALCare
Bintaro Jaya Xchange Mall
Jam operasional: 10AM–10PM
Phone: (021) 2986-4769

 

(EGS)

Tags

Baca Juga