Apa Yang Paling Banyak Dicari Orang Indonesia di GOOGLE?

Banyak peristiwa penting yang terjadi di tahun 2017, yang membuat kita terus bertanya. Namun bukan hanya untuk mengetahui apa yang terjadi, tapi untuk mengetahui apa yang bisa kita lakukan sebagai manusia dan membuat dunia menjadi lebih baik. Berikut adalah ulasan tentang Year In Search 2017.

Seperti sebelum-sebelumnya, menjelang akhir tahun, Google Indonesia merilis daftar Year in Search 2017 berisi sepuluh pencarian terpopuler di Tanah Air sepanjang tahun 2017.

Year in Search 2017 meliputi pencarian peristiwa, tokoh, atau berita oleh netizen Indonesia yang menciptakan tren penelusuran tertinggi di mesin pencari Google.

“Pencarian-pencarian inilah yang menghasilkan trafik dan rasa penasaran paling besar di kalangan orang Indonesia,” ujar Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen, ketika berbicara dalam acara pengumuman Year in Search 2017 di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Daftar Year in Search 2017 di Indonesia didominasi oleh konten berbau lokal. Di urutan pertama bertengger pencarian terkait lagu Surat Cinta untuk Starla, disusul pencarian tentang film Pengabdi Setan dan Setya Novanto.

Product Communications Head Google Indonesia, Putri Silalahi, menuturkan bahwa ada dua kriteria yang digunakan oleh Google dalam menentukan pencarian terpopuler.

Pertama adalah pencarian yang menimbulkan lonjakan sangat tinggi di trafik search engine dalam waktu singkat, misalnya tentang tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto.

Kriteria kedua adalah pencarian yang konsisten menimbulkan ketertarikan di kalangan netizen sepanjang Januari hingga awal Desember 2017.  Putri mencontohkan Surat Cinta untuk Starla yang duduk di posisi teratas.

“Pengguna terus-menerus mencari hal yang berkaitan dengan Surat Cinta untuk Starla, baik soal lagunya, liriknya, hingga filmnya,” ujar Putri. Lagu Surat Cinta untuk Starla pertama kali diluncurkan di YouTube, kemudian dipasarkan di media sosial selama 5 bulan.

Daftar pencarian Google terpopuler di Indonesia sepanjang 2017 sebagai berikut:

  1.  Surat Cinta untuk Starla
    2.    Pengabdi Setan
    3.    Setya Novanto
    4.    Pilkada DKI
    5.    SEA Games
    6.    Jokowi Mantu
    7.    Ayam Geprek
    8.    Raja Salman
    9.    Sidang Ahok
    10.  Om Telolet Om

Selain Pencarian Terpopuler, ada delapan kategori lain yang dibagi-bagi berdasarkan tema, yakni Tokoh Terpopuler, Peristiwa Nasional Terpopuler, Selebriti Terpopuler, Lagu Terpopuler, Pencarian “Apa itu…” Terpopuler, Pencarian “Cara Menjadi… Terpopuler, dan Resep Terpopuler.

Hasil Years in Search Google Indonesia ini juga menunjukkan bahwa masyarakat terutama para millennial berusaha untuk mencari peluang untuk mendapatkan uang dari ranah digital.

Dalam kategori Cara Menjadi misalnya, banyak netizen yang ingin tahu cara untuk menjadi selebgram, YouTuber,  pengendara Go-Jek dan juga berbisnis online atau e-commerce.

“Kami juga melihat adanya ketertarikan dari segi ekonomi, tentang kesempatan ekonomi yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan internet,” terang Keusgen.

Fakta menarik lainnya, masyarakat Indonesia aktif menggunakan Google untuk menemukan peluang baru ekonomi kreatif. Rasa ingin tahu netizen yang tinggi terhadap tren makanan juga menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis kuliner. Jika beberapa tahun lalu kue cubit menjadi tren penelusuran Google, tahun ini giliran ayam geprek.

Simak video berikut.

Apakah Anda bisa menebak tahun depan kira-kira apa yang paling banyak di-google?

 

(EGS)