Allianz Indonesia Luncurkan Sekoci Amana Sebagai Solusi Aman Saat Pandemi

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) terus berkomitmen untuk memberikan perlindungan ke lebih banyak lagi masyarakat Indonesia dan senantiasa meningkatkan visibilitas produk melalui berbagai titik kontak (touch points). Hal ini terkait erat dengan tujuan perusahaan yang tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis, tapi juga fokus pada jumlah tertanggung yang dilindungi.

Menurut data OJK per bulan Agustus 2020, tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia masih di bawah angka 2% dari keseluruhan GDP/PDB. Allianz Life terpanggil untuk berpartisipasi memperluas jangkauan perlindungan dan layanan asuransi ke berbagai segmen masyarakat Indonesia, termasuk emerging consumer. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membangun strategi dan kerja sama dengan mitra bisnis perbankan dan koperasi.

Bisnis emerging consumer Allianz Life sebagian besar ditopang oleh produk asuransi jiwa kredit. Nasabah yang mendapatkan perlindungan asuransi jiwa adalah nasabah individual, maupun nasabah yang menggeluti bidang UMKM. Untuk kategori nasabah UMKM, produk perlindungan asuransi jiwa kredit lekat kaitannya dengan produk pinjaman yang dimanfaatkan untuk dukungan modal usaha.

“Kami meyakini bahwa sinergi yang baik dengan mitra bisnis perbankan, koperasi dan lembaga keuangan lainnya, akan mendukung perkembangan jalur distribusi Allianz Life untuk menjangkau segmen masyarakat yang lebih luas lagi. Kami telah menjalani bisnis asuransi mikro dan emerging consumer selama 14 tahun. Mengingat pentingnya perlindungan, khususnya terhadap kelangsungan bisnis yang dirintis di saat pandemi seperti saat ini, kami juga mengembangkan produk Sekoci Amana yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah emerging consumer,” kata Bianto Surodjo, Chief Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia.

Sekoci Amana adalah produk asuransi jiwa mikro yang dirancang secara basis Syariah dari produk asuransi jiwa mikro Sekoci yang sudah dipasarkan sejak tahun 2016 dan ditujukan untuk masyarakat konsumen mikro maupun emerging market dengan harga yang sangat terjangkau, proses administrasi yang mudah dipahami dan dibeli, serta pembayaran klaim yang cepat. Sesuai dengan namanya, Sekoci, produk ini diharapkan bisa menjadi sekoci atau perahu penyelamat bagi keluarga berpenghasilan terbatas agar tetap bertahan secara ekonomi saat tertimpa musibah melalui manfaat santunan jiwa bagi keluarga yang ditinggalkan.

Untuk menjawab kebutuhan akan perlindungan asuransi berbasis prinsip tolong-menolong antar sesama, Allianz Life kini memperkenalkan Sekoci Amana, produk asuransi jiwa mikro berbasis syariah. Sekoci Amana memberikan perlindungan asuransi jiwa dengan kontribusi terjangkau mulai dari Rp 6.000. Manfaat yang akan didapat oleh Peserta adalah pilihan santunan jiwa jika Peserta meninggal dunia karena sakit/alami hingga Rp18juta, pilihan santunan jiwa jika Peserta meninggal dunia karena kecelakaan hingga Rp 90juta, serta pilihan tambahan satu kali santunan tunai rawat jalan di rumah sakit akibat kecelakaan hingga Rp 300ribu.

Dengan demikian, keluarga Peserta asuransi yang ditinggalkan dapat tetap meneruskan bisnis UMKM demi kesejahteraan masa depan. Selain manfaat perlindungan tersebut, Peserta juga dapat berbagi kebaikan dengan peserta asuransi Sekoci Amana lainnya, karena kontribusi yang dibayarkan akan dikelola Allianz Life sebagai dana musibah yang akan diberikan kepada Peserta lain yang mengalami musibah terlebih dahulu.

“Prinsip asuransi syariah yang diterapkan pada produk Sekoci Amana, mengajak nasabah untuk memiliki perlindungan sekaligus berbagi kebaikan dengan sesama peserta. Sementara sinergi antara Allianz Life dan mitra bisnis seperti bank dan koperasi, akan membantu menjangkau lebih banyak masyarakat dan memberi mereka layanan keuangan yang dibutuhkan. Dalam hal ini, misalnya untuk akses produk keuangan seperti pinjaman yang dapat dilengkapi juga dengan perlindungan asuransi jiwa. Pada akhirnya, hal ini akan mendukung meningkatnya indeks inklusi dan literasi keuangan, serta penetrasi asuransi di Indonesia,” kata Bianto.

Peluncuran Sekoci Amana ini juga dibarengi dengan diadakannya Webinar yang digelar bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan dan sebagai bentuk kepedulian terhadap para pelaku bisnis & UMKM di Indonesia, serta wujud sinergi dengan mitra bisnisnya. Dalam kesempatan ini Allianz Life mengajak mitra bisnis yang berasal dari mitra perbankan, BPR, maupun Koperasi untuk berbagi mengenai berbagai tantangan yang dihadapi UMKM di tengah masa pandemi serta membahas mengenai fakta tentang masih rendahnya kesadaran literasi keuangan maupun berasuransi di kalangan para pelaku UMKM.

Hal ini menjadi tugas bersama baik Allianz Life maupun para mitra perbankan, BPR & Koperasi yang memberikan fasilitas pembiayaan kepada para pelaku UMKM tersebut untuk bersama-sama memberikan edukasi literasi keuangan dan bersinergi dalam mendistribusikan program/produk keuangan yang bersifat inklusif, salah satunya seperti produk Sekoci Amana, sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan dan memberikan keuntungan bagi kedua pihak. Melalui sinergi dan kolaborasi yang baik seperti ini tentunya akan bisa ikut membantu membangkitkan perekonomian Indonesia saat ini.

Dalam acara webinar yang digelar secara virtual pada 23 Oktober 2020 ini, hadir pula Ibu Susi Pudjiastuti sebagai salah satu tokoh penggiat UMKM dan memaparkan tentang pentingnya perlindungan asuransi bagi industri UMKM.

“Para pelaku UMKM harus kita dukung dan diberikan kemudahan untuk mendapatkan akses perlindungan, karena UMKM merupakan salah satu penyokong pilar ekonomi negara. Perusahaan besar seperti Allianz Indonesia diharapkan bisa melakukan inovasi dalam menyediakan produk dengan premi yang murah sehingga bisa terjangkau oleh para pelaku UMKM tersebut,” papar Susi.

Peluncuran produk terbaru Allianz Sekoci Amana dengan nilai kontribusi mulai Rp 6.000 untuk jangka waktu perlindungan selama tiga bulan ini diyakini bisa menjadi solusi bagi para pelaku UMKM dalam mendapatkan perlindungan dengan harga yang terjangkau, sesuai dengan strategi Allianz untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia (to insure more people).

Info selengkapnya mengenai produk Sekoci Amana dapat dilihat pada tautan laman web www.allianz.co.id/SekociAmana.

(AB)

Leave a Reply