Alibaba Group Luncurkan Festival Belanja Global 11.11 2020

Alibaba Group Holding Limited mengumumkan dimulainya Festival Belanja Global 11.11 (“11.11” atau “Festival Belanja”) dengan berbagai inovasi dan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan tren pelanggan yang terus berubah. Hal ini meliputi partisipasi platform gaya hidup digital Alipay; promosi dan jangkauan pembeli yang lebih besar; etalase belanja “double” yang bisa menaungi lebih banyak brand, produk, dan penawaran khusus; serta teknologi livestreaming untuk menghadirkan interaksi yang lebih seru bagi konsumen Tiongkok yang merupakan kelompok terbesar di dunia saat ini.

Bagi banyak brand, 11.11 adalah satu-satunya pendorong utama terbesar setiap tahunnya, tidak terkecuali tahun ini. Perhelatan tahunan ini akan terus mendukung para merchant dengan inovasi baru, consumer insight yang berharga, dan teknologi andal untuk memenuhi misi 11.11 saat pertama kali dicetuskan 12 tahun yang lalu.

Mendalami Engagement untuk Menggandakan Peluang “Double Opportunities”

Festival Belanja tahun ini memperluas konsep “single” menjadi “double”, yakni untuk memberdayakan para merchant agar dapat menggandakan jangkauan promosi produk mereka kepada konsumen di penjuru Tiongkok, tidak hanya sekali, namun dua kali.

Festival Belanja tahun ini akan menghadirkan periode belanja tambahan selama 1-3 November, sebelum acara utama tanggal 11 November, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para merchant, terutama brand baru dan usaha kecil, untuk memamerkan produk mereka dan berbagi cerita mengenai brand mereka saat pandemi.

Festival Belanja 11.11 telah menjadi salah satu acara peluncuran produk baru paling penting setiap tahunnya bagi berbagai brand. Tahun ini, lebih dari 2 juta produk akan diluncurkan, dua kali lipat dari jumlah produk yang diluncurkan tahun lalu.

“Inovasi merupakan inti dari Festival Belanja Global 11.11, dan kami berkomitmen untuk senantiasa memberdayakan para merchant dalam memanfaatkan peluang dan memicu pertumbuhan melalui ide dan inisiatif baru di tahun yang penuh tantangan ini. Pandemi ini telah secara fundamental mengubah preferensi belanja para pembeli dan mempercepat transformasi digital berbagai bisnis.

Melalui ekspansi ‘single’ menjadi ‘double’ kami, Festival Belanja Global 11.11 akan menawarkan berbagai peluang bagi para merchant online dan offline untuk dapat menjangkau pembeli serta menghadirkan pengalaman belanja yang lebih baik bagi para konsumen,” jelas Jiang Fan, President of Taobao and Tmall.

Pengalaman Festival Belanja tahun ini juga akan ditingkatkan oleh platform gaya hidup digital Alipay, yang mengumpulkan lebih dari 2 juta penyedia jasa lokal yang menawarkan berbagai promosi spesial di lebih dari 100 kota. Usaha mikro dan kecil offline di penjuru Tiongkok, seperti pedagang kaki lima dan toko serba ada lokal, akan dapat berpartisipasi dalam keseruan 11.11 melalui platform gaya hidup digital Alipay.

Pendorong Pertumbuhan Terbesar bagi Brand yang Berpartisipasi

Pada awal tahun ini, Alibaba meluncurkan Spring Thunder Initiative, sebagai upaya berkelanjutan untuk memberdayakan para merchant, dan 11.11 adalah salah satu upaya Alibaba untuk membantu merchant bertumbuh kembali.

Festival Belanja tahun ini akan menghadirkan lebih dari 14 juta produk dengan penawaran menarik dari lebih dari 250.000 brand di Tmall. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan pembeli di kota-kota kecil, kampanye Taobao Deals ‘RMB 1 Sales’ akan memberikan kesempatan bagi pembeli untuk membeli barang dengan potongan harga besar dan bebas ongkos kirim.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Tiongkok akan produk internasional, Tmall Global juga akan menghadirkan lebih dari 2.600 produk global bagi pembeli Tiongkok untuk pertama kalinya. Platform e-commerce lintas batas Alibaba, Kaola, juga akan berpartisipasi dalam 11.11untuk pertama kalinya, membawa berbagai produk dari 89 negara dan area.

Livestreaming dan Logistik sebagai Inti dari Festival Belanja

Livestreaming diperkirakan akan menjadi pusat perhatian pada Festival Belanja 11.11 tahun ini. Di samping sesi livestreaming yang dipimpin oleh berbagai livestreamer terkemuka, 400 eksekutif perusahaan dan 300 selebriti, sesi livestreaming individual juga akan diadakan. Taobao Live akan menawarkan berbagai jenis sesi mulai dari kosmetik, elektronik, mobil, dan properti.

Fitur baru seperti viewing properti online dan virtual test drive akan menghadirkan pengalaman yang lebih realistis dan imersif dalam membantu pembeli mengambil keputusan mereka. DAMO Academy Alibaba akan menggunakan teknologi artificial intelligence untuk meluncurkan liverstreaming host virtual pertamanya, sementara Fliggy akan memimpin livestream terkait travel.

Festival Belanja Tahun ini akan menyajikan kehadiran internasional terbesar sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. AliExpress kini telah beroperasi di 200 negara dan area di dunia. Lazada menjadi yang pertama untuk membawa konsep festival belanja di enam negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Festival belanja seperti 11.11 juga telah menjadi salah satu pendorong pertumbuhan industri utama dengan partisipasi usaha kecil menengah dalam acara terbesar LazMall, online mall terbesar di Asia Tenggara yang menaungi lebih dari 18.000 brand lokal dan internasional. Tahun ini, Lazada akan melanjutkan fitur shoppertainment-nya yang meliputi livestreaming, gim bagi pembeli, dan inovasi seperti voice search untuk mencari produk.

Teknologi dan infrastruktur logistik Alibaba yang kokoh adalah tulang belakang dari Festival Belanja 11.11. Dimana Cainiao akan menjalankan sekitar 700 penerbangan saat 11.11, dan lebih dari 50% pengiriman lintas batas tahun ini diperkirakan akan sampai dua kali lebih cepat daripada durasi pengiriman biasanya.

(BON)

Leave a Reply