Jum. Des 6th, 2019

21 Mini Warna Rainbow dari Pancake Duren Hasan

Baru-baru ini presiden Jokowi mengadakan acara nguduh mantu di Medan. Salah satu agenda tidak resminya adalah menikmati durian Medan. Apa sih istimewanya durian Medan? Durian Medan itu berasal dari beberapa wilayah di Sumatera Utara yang memang kondisi alamnya banyak ditumbuhi oleh pohon durian. Sedangkan kota Medan merupakan Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Utara. Memang sih wajar saja jika durian di wilayah Sumatera Utara dikenal dengan nama Durian Medan.

Beberapa wilayah yang menjadi sumber atau surganya durian Medan di Sumatera Utara adalah Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Nias,  Kabupaten Langkat, Kota Pematang Siantar, Kecamatan Kabanjahe, Kota Sibolga, Kecamatan Bahorok, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kota Padang Sidempuan, dan beberapa wilayah lainnya.

Istimewanya Duren Medan

Durian Medan nyaris ada sepanjang tahun. Memang di beberapa lokasi di atas hampir tidak ada yang sama waktu musimnya. Namun yang paling banyak memang dari wilayah Kecamatan Sidikalang.

Harga Durian Medan murah, jika dibanding durian impor seperti montong dan sejenisnya yang dikenal mahal. Rasanya mantap! Inilah yang menjadi alasan terkuat kenapa durian Medan dikenal oleh hampir semua masyarakat di Indonesia.

Asli hasil bumi Indonesia. Durian Medan umumnya tumbuh dan dirawat oleh masyarakat di pedesaan terutama yang berada di dataran tinggi Sumatera Utara. Pohon-pohon durian yang ada dirawat sedemikian rupa secara alami, tanpa rekayasa ilmiah. Sedangkan durian yang saat ini kita kenal ada yang namanya durian montong, durian warna-warni, dan sebagainya, sejauh yang kami tahu durian-durian tersebut sudah tercampur dengan hasil rekayasa kimia dalam penanaman dan pembudidayaannya.

Di kota Medan salah satu kedai duren yang terkenal adalah Ucok Durian di Medan. Simak di video ini: https://www.youtube.com/watch?v=uk_oNo-hQFU&feature=youtu.be

Pancake Durian

Karena begitu banyak orang yang menyukai durian, beragam makanan olahan dibuat. Mulai dari sambal durian yang disebut tempoyak, lempok durian, surabi durian, ketan durian, kopi durian hingga pancake durian (duren). Pancake durian menjadi salah satu makanan dari olahan durian yang paling terkenal. Daging durian yang creamy dipadukan dengan adonan tepung yang agak kenyal, membuat makanan yang satu ini selalu menjadi incaran para pelancong saat berkunjung ke kota yang terkenal dengan durennya, Medan. Simak cara pembuatan pancake durian di video berikut.

BACA JUGA  Resolusi 2018: Harus Bisa Memasak Beef Steak Lebih Enak!

Nah, daripada repot membuatnya, Anda bisa tinggal pesan ke Pancake Duren Hasan yang dimiliki oleh Faris Wafiq Hasan dan Salma. Keduanya merupakan mahasiswa jurusan komunikasi Universitas Pembangunan Jaya. Ide berjualan ini berawal waktu Faris pulang kampung ke Medan ketika Lebaran lalu. Semula Faris memasarkan via instagram miliknya dan instagram milik Salma. Ternyata banyak teman mereka yang memesannya. Sejak itulah mereka bertekad serius menjalankan bisnis ini sambil berkuliah.

Faris dan Salma memasarkan pancake duren yang didatangkan langsung dari Medan. Nama brand Pancake Duren Hasan diambil dari nama kakek Faris yang bernama Hasan.

Pancake yang dijual terdiri dari kemasan yang terdiri 4 hingga 21 potong. Harganya berkisar dari Rp. 20.000-Rp. 80.000. Ini lebih murah dibanding harga pasaran yang di atas Rp. 100.000. Yang istimewa adalah kulit pancake yang berwarna cerah dan menarik mata. Pancake yang lain kebanyakan memiliki kulit yang pucat dan tidak menarik untuk dilihat. Salah satunya yang laris adalah 21 mini rainbow. Lihat keindahan warna warninya di https://www.instagram.com/p/BZu0tx7FaSK/?taken-by=pancakedurenhasan

Para pelanggan Pancake Duren Hasan bervariasi dari mulai anak kost hingga keluarga. Buat anak kost, pesanan yang dipilih adalah yang kemasan kecil sedangkan kemasan besar/jumbo dipesan oleh para keluarga untuk arisan dan acara keluarga lainnya.

Pancake Duren Hasan pun menyanggupi pesanan dari luar kota seperti dari Jogja, Bekasi dan Lombok dengan minimum order tertentu.

Di samping rasanya yang mantap, saat Info Bintaro mencicipi pancake-nya terasa aroma pandan untuk kulit pancake yang berwarna hijau. Nah, buat Anda yang ingin wirausaha, saat ini juga terbuka kesempatan menjadi reseller dari Pancake Duren Hasan. Berminat?

Info lebih lanjut:
Pancake Duren Hasan
Ciledug
Line: @dvq2098o
Instagram: @pancakedurenhasan

 

(EGS)

 

 

Baca Juga