Diluncurkan Kagama Marketplace, Wadah UMKM Alumni Universitas Gadjah Mada

Kagama Marketplace merupakan wujud partisipasi aktif Kagama untuk mendorong perekonomian nasional berbasis kewirausahaan.

Perayaan Dies Natalis UGM ke 71 tahun ini dimeriahkan juga dengan peluncuran kagamart.id, Kagama Marketplace. Ini adalah platform digital yang mewadahi anggota Kagama yang memiliki bisnis barang atau jasa, sekaligus sebagai media komunikasi dan kolaborasi seluruh anggota Kagama yang saat ini berjumlah lebih dari 450.000 di seluruh penjuru dunia.

Acara peluncuran ini dilaksanakan pada 19 Desember 2020 setelah rangkaian acara Dies Natalis UGM yang dilaksanakan secara daring. Peluncuran Kagama Marketplace ini dihadiri oleh Ganjar Pranowo Ketua PP Kagama, Panut Mulyono Rektor UGM dan Teten Masduki Menteri Koperasi dan UMKM.

Ganjar Pranowo sebagai ketua PP Kagama secara langsung membuka dan memeragakan penggunaan Kagama Marketplace. “Kagamart.ID ini memang dibuat untuk wadah kumpul-kumpul sekaligus bersinergi seluruh alumni agar semakin migunani tumraping liyan (berguna bagi orang lain)” ujarnya.

Peluncuran Kagama Marketplace juga diapresiasi oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, “Saya berharap Kagama Marketplace dapat berpartisipasi aktif dalam mendorong perekonomian nasional berbasis kewirausahaan, memberi manfaat lebih luas kepada alumni UGM dan masyarakat luas”.

Rektor Universitas Gadjah Panut Mulyono Mada menyambut baik kehadiran Kagama Marketplace, “Saya sepenuhnya mendukung penuh peluncuran aplikasi ini sebagai wujud partisipasi aktif anggota Kagama dalam mendorong perekonomian nasional berbasis kewirausahaan”.

Hal senada diungkakan oleh Swasti Atika Ketua Komunitas Kagama Marketplace “Komunitas Kagama Marketplace ini diharapkan bisa mengeratkan tali silaturahmi Kagama yang tersebar di seluruh dunia melalui platform bisnis dan forum diskusi” ungkapnya.

Menurut Swasti Atika Kagamart.ID diluncurkan dengan harapan dapat menjadi platform yang memfasilitasi sinergitas alumni UGM untuk membangun Indonesia melalui kolaborasi yang memberikan dampak positif bagi alumni sendiri dan masyarakat secara luas.

“Konsep umum dari aplikasi ini adalah marketplace dengan basis alumni UGM. Banyak dari alumni UGM yang bergerak di bidang UMKM, aplikasi ini dibuat untuk mewadahi alumni UGM yang memiliki usaha baik barang maupun jasa yang 100% buatan lokal,” katanya.

Selain berbisnis, pengguna Kagama Marketplace, yang mempunyai tagline bahasa Jawa yang local wise, “Ngrejekeni, Mberkahi” ini menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi dan berjejaring dengan alumni UGM lainnya.

Tidak hanya itu, keuntungan bersih yang didapatkan dari proses transaksi melalui Kagama Marketplace akan disalurkan untuk beasiswa, dan kegiatan charity lainnya. “Donasi yang didapat berasal dari dua sumber. Berasal dari keuntungan bersih Kagama Marketplace, serta donasi langsung,” tambah Swasti Atika.

Tentang Kagama Marketplace

Kagama Marketplace adalah platform digital untuk mewadahi anggota Kagama yang memiliki bisnis barang atau jasa, sekaligus sebagai media komunikasi dan kolaborasi seluruh anggota Kagama yang saat ini berjumlah lebih dari 450.00 di seluruh penjuru dunia.

Melalui Kagama Marketplace ini bisnis anggota Kagama nantinya tidak hanya sekadar diakses oleh sesama anggota Kagama saja melainkan oleh siapapun secara online. Platform ini merupakan wujud partisipasi aktif Kagama untuk mendorong perekonomian nasional berbasis kewirausahaan.

Konsep umum:

  1. Marketplace dengan basis alumni yang kuat dan luas dari Universitas Gadjah Mada.
  2. Selain berbisnis, pengguna berkesempatan untuk bersilaturahmi, berkolaborasi dan bersinergi.
  3. Seluruh seller adalah anggota Kagama yang mempunyai industri/jasa/ produk yang benar-benar produksi dalam negeri.
  4. Bertujuan mendorong pergerakan ekonomi Indonesia berbasis kewirausahaan dengan jaringan alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.
  5. Sebagai pionir e-commerce yang menerapkan seluruh transaksi online dikenakan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  6. Akan menerapkan model bisnis untuk menanggung biaya operasional.
  7. Keuntungan bersih Kagama Marketplace akan disalurkan untuk beasiswa Sahabat UGM.

Tujuan:

  1. Menjadi platfotm yang dapat menjangkai alumni di mana saja.
  2. Menjadi jembatan kolaborasi dan sinergi di antara sesama alumni, alumni dengan UGM
  3. Memberi manfaat ekonomi lebih besar bagi alumni, UGM dan masyarakat
  4. Membuka akses kontibusi lebih luas dari alumni dan publik untuk UGM dan mahasiswa (dalam bentuk donasi dan CSR) *****(EGS)

 

Leave a Reply