Pendidikan

Zenius untuk Guru Hadir Membantu Guru Hadapi Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh

Pendidikan sebagai salah satu sektor yang paling terpengaruh oleh pandemi Covid-19, kini mengalami perubahan yang signifikan terutama dalam adopsi pendidikan digital yang seyogyanya bisa memakan waktu bertahun-tahun. Data dari Kemendikbud mencatat sebanyak 97,6 persen sekolah sudah melakukan pembelajaran jarak jauh, dengan 46 persennya masih mengharuskan guru memberikan pengajaran dari sekolah dengan siswa berada di rumah.

Keterbatasan akses masih menjadi kendala utama, terutama mendapati kondisi di lapangan, tidak semua siswa memiliki fasilitas memadai di rumah. Guru dan sekolah dituntut untuk mampu beradaptasi dengan berbagai tantangan agar dapat memastikan pembelajaran tetap berlanjut untuk 43,5 juta pelajar Indonesia. Untuk itulah, bertepatan di Hari Pendidikan, Zenius sebagai  pelopor layanan belajar daring di Indonesia, kembali menunjukkan komitmen kuatnya dalam upaya pemberdayaan guru-guru di Indonesia melalui program ‘Zenius untuk Guru’. Sebuah program yang didedikasikan membantu para guru menjalankan perannya sebagai garda pendidikan di masa-masa sulit ini.

Amanda Witdarmono, Chief of Teachers Initiatives Zenius Education mengatakan, “Kami mencoba memfasilitasi rekan-rekan guru terutama yang berada di daerah untuk dapat lebih fasih memanfaatkan teknologi dalam proses pengajaran (pedagogi) jarak jauh dan mencoba memberikan jalan keluar bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses. Beberapa inisiatif telah kami lakukan dan kedepannya akan terus kami tingkatkan demi mewujudkan Indonesia Tetap Belajar.”

Saat kebijakan pembelajaran jarak jauh dicanangkan pemerintah, Zenius dengan sigap membentuk forum komunitas guru, dalam Grup Facebook dan Telegram yang kini memiliki 390 orang anggota yang tersebar di seluruh Indonesia, meliputi Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara, dan diharapkan terus bertambah. Para guru dibebaskan bertanya, berbagi mengenai kesulitan yang mereka dapati, dan berdiskusi dengan tim Zenius. Platform ini juga memfasilitasi agar sesama guru dapat memberikan dukungan sosial-emosional satu sama lain, untuk menghadapi tekanan ekstra yang diberikan pada mereka untuk menyampaikan pembelajaran di saat krisis sambil tetap mendukung kebutuhan emosional siswa.

Selain itu, setiap minggunya, Zenius mengadakan sesi live sharing tanya jawab interaktif untuk guru melalui akun YouTube Zenius dan live chat. Akses untuk bergabung dalam komunitas guru ini bersifat terbuka dan gratis. Sesi tersebut membahas berbagai hal termasuk pelatihan mendasar membuat materi, menyusun jadwal, dan panduan menggunakan platform Zenius, yang masih gratis akses dan kuota jika memakai provider Telkomsel, XL, Tri, dan IM3.

Solusi Atas Keterbatasan Akses

Memahami bahwa ketersediaan fasilitas masih belum merata bagi seluruh siswa, Zenius menawarkan solusi dengan menyediakan materi untuk rencana pembelajaran jangka panjang berbentuk file PDF secara gratis. Rekan-rekan guru dapat memakai materi dan latihan soal tersebut untuk dibagikan pada para siswanya dalam kurun waktu beberapa minggu sekali.

“Fleksibilitas menjadi kunci yang harus dimiliki guru pada masa sulit ini, baik dalam hal jadwal, batas waktu tugas, dan komunikasi dengan siswa. Di sinilah peran guru yang tidak dapat digantikan oleh teknologi. Apa yang disediakan guru bukan hanya transmisi materi pembelajaran, tetapi perhatian dan komunikasi dalam memfasilitasi kebutuhan siswa sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan, sambil tetap terus juga mengkomunikasikan keamanan dan kesehatan yang perlu dijaga selama masa pandemi ini,” tutur Amanda.

Saat ditanya mengenai permasalahan apa yang kerap dihadapi guru, Amanda mengatakan, “Selama kegiatan belajar jarak jauh ini, tantangan yang ada berkisar mengenai siswa yang tidak bisa konsentrasi dalam belajar dan saat ini cukup sulit melihat apakah siswa memahami topik-topik pembelajaran dari jarak jauh. Dalam ‘Zenius untuk Guru’ kami berbagi bagaimana guru dapat mengelola pembelajaran, mulai dari waktu pembelajaran, metode komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa, serta diskusi mengenai peluang lain yang bisa guru lakukan selama proses pembelajaran jarak jauh ini, seperti mendalami aspek keterampilan pada kurikulum.”

BACA JUGA  Yayasan Ruangguru dan Google.org Tingkatkan Literasi Digital, Ajak Siswa dan Guru Cerdas Berinternet

Agus Setiawan S.Pd, Guru Matematika kelas 7, 8, dan 9 di SMP Islam Darussalam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sebagai salah satu guru yang sudah mengikuti program ini mengatakan, “Kami sangat berterimakasih kepada tim Zenius atas inisiatif yang diberikan kepada guru-guru di seluruh nusantara. Dengan platform yang diberikan, kami dapat terhubung dengan guru di berbagai daerah dan saling berbagi informasi model pembelajaran yang cocok di lokasi masing-masing. Materi yang tersedia lengkap untuk semua tingkatan sekolah, terlebih seminar online dan tips yang dibagikan sangat memperhatikan pedagogi. Sebagai guru, inisiatif yang dilakukan ini membuat kami merasa profesi kami sangat dihargai.”

Agus juga menekankan bagaimana #GratisTotal dari Zenius sangat membantu guru dan terutama siswa mereka selama pembelajaran jarak jauh ini. “Kami harap inisiatif ini dapat menjangkau rekan-rekan kami di daerah lainnya sehingga mereka juga dapat terbantu seperti kami.” tambahnya.

Program ini tidak hanya membahas seputar pembelajaran jarak jauh, melainkan juga menjadi platform pemberdayaan para guru di Indonesia, tempat berbagi dan diskusi seputar isu pendidikan, dan ilmu pedagogi secara umum.

“Masa ini dapat menjadi kesempatan untuk insan pendidikan Indonesia menjadi semakin terberdayakan, kreatif, dan inovatif. Kami berharap bisa menjangkau lebih banyak lagi guru dan membantu meringankan beban mereka, sehingga mereka bisa fokus membantu siswa bisa belajar mandiri,” tutup Amanda.

(AB)

 

Baca Juga

  • Gojek & Halodoc Dukung Kebijakan Isolasi Mandiri BNPB, Perlambat Penyebaran Virus Korona (Covid-19)

    Gojek & Halodoc Dukung Kebijakan Isolasi Mandiri BNPB, Perlambat Penyebaran Virus Korona (Covid-19)

    Gojek dan Halodoc – kedua startup anak bangsa yang punya komitmen berada di garda terdepan meminimalisir penyebaran virus korona (COVID-19), kini, berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Kolaborasi tersebut berupa dukungan kebijakan isolasi mandiri guna menekan penyebaran COVID-19 melalui kampanye #dirumahsaja dan pelayanan telemedicine. Supaya sistem kesehatan Indonesia bisa berfokus pada pasien yang punya gejala […]
  • Tips Memilih Bulu Mata Palsu Sesuai Bentuk Mata

    Tips Memilih Bulu Mata Palsu Sesuai Bentuk Mata

    Fungsi bulu mata palsu pada dasarnya adalah membuat kesan mata tampak lebih besar dan terbuka. Selain itu bulu mata yang lentik membuat mata terlihat lebih dramatis dan cantik. Maka tidak heran banyak pengguna makeup yang terus menggunakan bulu mata palsu demi menunjang penampilan. Namun tidak sedikit orang yang salah memilih bulu mata palsu yang kurang […]
  • vivo Siap Perkenalkan Seri Terbaru di Indonesia

    vivo Siap Perkenalkan Seri Terbaru di Indonesia

    vivo siap menjangkau lebih banyak segmen konsumen muda dengan menghadirkan lini atau seri terbarunya di Indonesia dalam waktu dekat. Kehadiran seri terbaru vivo ini menjadi strategi pendekatan vivo untuk pasar Indonesia. Segmen ini akan menjangkau anak muda berenergik, dinamis dan kreatif, yang cenderung memilih smartphone yang stylish. Mengkonfirmasi kehadiran seri terbaru ini, General Manager for […]
  • 10 Kota Jadi Tujuan Selama Libur Lebaran

    10 Kota Jadi Tujuan Selama Libur Lebaran

    PT Angkasa Pura II mencatat terdapat 10 kota menjadi tujuan utama penumpang domestik selama libur lebaran. “Sepuluh kota itu adalah Surabaya, Denpasar, Kualanamu, Makasar,  Padang, Yogyakarta, Semarang, Palembang, Bandar Lampung dan Pekanbaru,” kata Senior Manager of Branch Communication and Legal Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno Hatta, Erwin Revianto di Tangerang, Jumat. Erwin mengatakan, kesepuluh Kota tersebut […]
  • Ada Klub Astronomi Amatir lho di Tangsel

    Ada Klub Astronomi Amatir lho di Tangsel

    Saat Info Bintaro meliput fenomena Super Blue Blood Moon di Sekolah Pembangunan Jaya, kami sempat berkenalan dengan beberapa mahasiswa UIN Jakarta yang menjadi pemandu bagi para siswa. Mereka merupakan anggota kelompok Pecinta Astronomi yang bernama Gamma Astronomy Club (GAC). Klub ini berawal dari perkumpulan mahasiswa yang menamakan diri Gabungan Mahasiswa Muslim Fisika UIN Jakarta atau biasa […]
  • ShopBack Buka Kantor Baru di Indonesia

    ShopBack Buka Kantor Baru di Indonesia

    ShopBack, platform cashback rewards serta kurator e-commerce resmi membuka kantor yang lebih luas di area Jakarta Barat, hari ini (21/9). Kantor baru ini nantinya akan mendukung strategi ShopBack untuk membangun fitur-fitur cashback rewards dan pencariaan kupon belanja. Fitur-fitur ini guna meningkatkan pengalaman belanja baik online dan offline pengguna di seluruh Indonesia. “Saya sangat senang dapat […]
  • Festival Budaya Nusantara Universitas Multimedia Nusantara

    Festival Budaya Nusantara Universitas Multimedia Nusantara

    Dalam rangka memperingati 10 tahun berdirinya, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menggelar Festival Budaya Nusantara. Acara yang bertujuan untuk melestarikan budaya tradisional Bangsa Indonesia ini berlangsung dari tanggal 11 – 15 September 2017 diisi dengan berbagai kegiatan, seperti bazaar produk tradisional dan kreatif, book fair, workshop, bedah buku, serta berbagai lomba. Berikut adalah suasana pada hari […]
  • Berikan Pengalaman Digital Terbaik, IM3 Ooredoo Berinovasi Luncurkan Layanan Pembelian Kartu Perdana Online

    Berikan Pengalaman Digital Terbaik, IM3 Ooredoo Berinovasi Luncurkan Layanan Pembelian Kartu Perdana Online

    IM3 Ooredoo meluncurkan layanan pembelian kartu perdana prabayar yang bisa dibeli secara online untuk semakin memudahkan pelanggan memenuhi kebutuhan hanya dalam beberapa klik, dan kartu dapat langsung diterima pada hari yang sama. Peluncuran ini sejalan dengan strategi LEAD Indosat Ooredoo sebagai operator telekomunikasi terdepan di Indonesia selalu berusaha untuk memberikan kepuasan dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. […]
  • Wine Pairing di Kampus Atma Jaya

    Wine Pairing di Kampus Atma Jaya

    Salah satu prestasi membanggakan diraih oleh salah satu mahasiswa pariwisata Indonesia yakni Andre Gilitasha yang berhasil meraih medali perak pada Worldskills Competition ke-44 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 15-20 Oktober 2017. Andre meraih medali perak pada bidang lomba restaurant services. Restaurant services menjadi salah satu aspek yang patut diperhatikan bila Indonesia ingin meningkatkan kunjungan turis […]
  • Samsung Umumkan Pemenang “Best Of 2018” Galaxy Apps Awards

    Samsung Umumkan Pemenang “Best Of 2018” Galaxy Apps Awards

    Samsung Electronics America, Inc. mengumumkan “Best of 2018” Galaxy Apps Awards yang pertama, memberikan pengakuan pada para kreator di balik aplikasi paling inovatif dan populer di Galaxy Apps Store. Di panggung Samsung Developer Conference, pemenang dari lima kategori menerima penghargaan ini dalam upacara penganugerahan khusus. Melalui “Best of 2018” Awards, Samsung menghargai kreator independen unggul […]
  • BFI RUN 2018: Usung Konsep Yang Lebih Segar Dengan Total Hadiah Hingga Rp250 Juta

    BFI RUN 2018: Usung Konsep Yang Lebih Segar Dengan Total Hadiah Hingga Rp250 Juta

    Jelang pelaksanaan lomba yang semakin dekat, PT BFI Finance Indonesia Tbk (“BFI Finance”) mengumumkan lokasi BFI RUN 2018 yang akan diselenggarakan di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang, pada Minggu, 8 April 2018, dengan total hadiah mencapai Rp250 juta. Rute baru lomba pun sudah disiapkan untuk keempat kategori lari, termasuk kategori 10K Corporate Challenge. Selain […]
  • Saudagar Kopi, Tempat Nongki Cantik di Bintaro

    Saudagar Kopi, Tempat Nongki Cantik di Bintaro

    Buat Anda penggemar kopi, wajib mampir ke Saudagar Kopi yang ada di Bintaro Sektor 9. Letaknya yang di seberang Masjid Raya Sektor 9, membuat cafe ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Hanya saja karena tempat parkir yang terbatas, disarankan Anda untuk memarkir kendaraan di lokasi ex Bintaro 9 Walk yang ada di belakang Masjid Raya […]
  • Cobain Bakso Keju Halal di PHX Bintaro

    Cobain Bakso Keju Halal di PHX Bintaro

    Bakso kini tak sekadar bulatan adonan daging sapi saja. Ada ragam isian yang bikin rasa bakso lebih mantap! Rasa gurih daging sapi pada bakso ternyata makin enak dipadukan dengan bahan makanan lain. Seperti cabai rawit yang pedas menyengat dan keju yang empuk gurih. Kali ini Info Bintaro mencicipi beberapa menu terlaris di BAKSO KEJU yang […]
  • Iflix dan Screenplay Films Akan Merevolusi Dunia Hiburan di Indonesia dengan Deretan Konten Baru untuk 2019

    Iflix dan Screenplay Films Akan Merevolusi Dunia Hiburan di Indonesia dengan Deretan Konten Baru untuk 2019

    iflix, layanan hiburan terkemuka di Asia Tenggara, berkolaborasi dengan Screenplay Films, studio film utama di Indonesia, hari ini mengumumkan deretan konten premium yang menarik untuk 2019, menawarkan pengguna di Indonesia katalog konten lokal terbesar untuk ditonton melalui streaming maupun diunduh, secara gratis. Ini adalah langkah terbaru iflix dalam menghadirkan lebih banyak film yang tayang langsung […]
  • Indonesia Ice Skating Open, Persiapan Atlet Menuju Skate Asia

    Indonesia Ice Skating Open, Persiapan Atlet Menuju Skate Asia

    Indonesia Ice Skating Open (IISO) untuk keempat kalinya digelar di BX Rink. Kompetisi ice skating yang telah menjadi agenda tahunan ini dilaksanakan pada tanggal 03 – 05 Februari 2017. Indonesia Ice Skating Open disebut menjadi kompetisi untuk mendukung kesiapan atlet menghadapi Skate Asia mendatang. IISO 2017 diikuti oleh 220 atlet dari berbagai cabang olahraga ice […]
  • Ingin Makan Masakan Jepang Anti-Mainstream? Di Toraya Tempatnya

    Ingin Makan Masakan Jepang Anti-Mainstream? Di Toraya Tempatnya

    Menu masakan Jepang mudah ditemui di mana-mana. Dari mulai kelas kaki lima hingga resto di hotel berbintang kita bisa menyantap kuliner dari negeri matahari terbit ini. Hal ini tidak mengherankan, karena kuliner Jepang relatif bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. Disamping itu juga, kuliner Jepang dianggap sehat karena banyak menggunakan bahan-bahan alami dan segar. Namun […]
  • Program Kesehatan Terpadu Balita dan Lansia oleh Hotel Santika Premiere Bintaro

    Program Kesehatan Terpadu Balita dan Lansia oleh Hotel Santika Premiere Bintaro

    Sebanyak 78 balita dan 21 lansia menjalani program kesehatan terpadu dan pemberian asupan sehat (Poswindu) dari Hotel Santika Premiere Bintaro bekerja sama dengan Kader Posyandu pada hari Kamis 04 Agustus 2016, di Posyandu Anggrek, RT06/02 Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Program ini merupakan aktivitas rutin yang diadakan setiap bulan oleh Hotel Santika Premiere […]
  • Foto : Food Markette, Di Sini Bukan Sekedar Tempat Makan

    Foto : Food Markette, Di Sini Bukan Sekedar Tempat Makan

    Jika kita menyimak berbagai tempat makan atau nongkrong yang ada di seputaran Bintaro, Serpong maupun wilayah Tangerang Selatan, tidak terhitung banyaknya tempat-tempat makan yang menawarkan berbagai pilihan menu. Namun jika kita mencari sebuah tempat untuk bersosialisasi sambil bersantai menikmati berbagai pilihan menu makanan dan minuman, sangat jarang kita bisa menemukan tempat seperti itu. Salah satu […]
  • The Real Challenges of Industry 4.0

    The Real Challenges of Industry 4.0

    Untuk ke-enam kalinya gelaran Indonesia Operational Excellence Conference & Award 2017 (OPEXCON17) diadakan oleh SHIFT Indonesia yang akan mengusung tema “The Real Challenges Of Industry 4.0”. Event ini diselenggarakan pada tanggal 11 Oktober 2017 di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Pada tahun ini Indonesia Operational Excellence Conference & Award (OPEXCON17) memfokuskan pembahasan mengenai tantangan pada […]
  • Sienta Pop Up Playground, Ajang Bertemunya Para Pecinta Anjing

    Sienta Pop Up Playground, Ajang Bertemunya Para Pecinta Anjing

    Anjing merupakan hewan peliharaan yang dikenal sebagai sahabat manusia. Tingkah lakunya yang lucu dan bersahabat membuat banyak orang yang menyukai anjing sebagai hewan peliharaan di rumah. Tidak heran dari waktu ke waktu pecinta anjing makin bertambah. Untuk menampung animo masyarakat pecinta anjing, Living World Alam Sutera dengan disponsori oleh Toyota Sienta mengadakan acara yang bertajuk […]

Tinggalkan Balasan