Yuk, Mampir ke Dam Dim Slurp di Lotte Mall Bintaro

DIM SUM (dalam dialek Cantonese) atau 點心 (dalam bahasa Mandarin) secara harafiah berarti sedikit dari hati atau menyentuh hatimu. Kata ini disunting dan frasa yi dian xin yi (一点心意) yang artinya sedikit tanda mata. Kemudian secara umum kemudian digunakan sebagai istilah untuk menyebut camilan ringan.

Dim sum sudah dikenali sebagai makanan popular sejak ribuan tahun lalu. Kebiasaan makan dim sum konon bermula pada periode Jalur Sutra (Asia Tengah ke Cina) dan Dinasti Han (206 SM) hingga Dinasti Yuan (Abad 14 M). Ketika itu para petani, buruh dan pedagang yang berbisnis di sepanjang Jalur Sutra kerap mampir di kedai teh pinggir jalan untuk minum teh pada sore hari. Kebiasaan ini sempat memudar pada abad ketiga gara-gara Tabib terkenal Hua Tuo mengatakan kebiasaan ngemil dim sum sambil minum teh bisa membuat badan jadi gemuk.

Orang Kanton (Guangdong/Kwangtung) di Cina Selatan tidak mengindahkan imbauan ini. malah menjadikan dim sum sebagai makanan tradisional yang dinikmati bersama teman-teman sambil minum teh. Dari sinilah muncul istilah yumcha dalam Bahasa Mandarin yincha(饮茶) yakni minum teh di kedai teh bersama teman-teman dekat sambil menyantap dimsum.

Tradisinya dim sum disajikan dalam wadah kukusan bambu agar tetap panas.Di Hongkong dim sum kerap dinikmati bersama dengan teh sambil main mahjong/maciok. Para pria lansia biasanya datang ke restoran dim sum atau kedai teh sambil membawa kandang burung kesayangan mereka.

Dim sum dibuat dan disajikan dengan memperhatikan keharmonisan warna, bentuk, rasa, aroma, kualitas bahan dasarnya, jenis masakannya dan bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan Dim sum dibagi atas 4 kategori yaitu dim sum kukus. ceker, acar, dan aneka masakan, dimsum goreng dan dimsum manis. Dianjurkan bagi penyuka dim sum memilih dim sum yang kandungan lemaknya rendah, namun kaya karbohidrat seperti Steamed Rice-roll dan bakpao kukus.

Dimsum Seafood Bintaro

Nah, buat penggemar dimsum di Bintaro, sekarang Anda punya satu pilihan lagi yakni Dam Dim Slurp. Terletak di Lotte Mall Bintaro Sektor 7. Dim sum Bintaro ini berlokasi di lantai 2, di depan supermarket Lotte dan Celebrity Fitness Bintaro. Kuliner ini buka sejak tanggal 30 Juni 2020 dengan jam operasional jam 11:00-20:00 kecuali hari Senin tutup. Kuliner Bintaro ini didirikan oleh 3 orang yang saling berteman yakni Michael Jonathan, Arif Karim dan Anto Sudharyanto. Menurut Michael Jonathan, dim sum Bintaro ini dijamin halal, tidak mengandung babi dan lard.

Dam Dim Slurp menjual 2 macam dim sum. Pertama, dim sum seafood (marinara) yang terdiri dari udang, cumi dan kepiting. Kedua adalah dim sum ayam dan beef (chickberm) yang terdiri dari ayam, irisan daging sapi serta jamur.

Selain menggoda selera, dim sum ini juga sehat kaya akan vitamin, protein & rendah kalori. Tak ketinggalan disantap bersama saus Dam Dim Slurp yang spicy.

Istilah marinara sebenarnya berasal dari Italia. Di sana, saus marinara mengacu pada saus yang dibuat dengan tomat, kemangi, dan oregano, tetapi juga terkadang zaitun, kaper, dan ikan asin; digunakan untuk spageti dan bihun, atau dengan daging atau ikan.

Bentuk dim sum sengaja dibuat kecil agar mudah disantap dalam satu kali suapan Bentuknya harus indah agar enak dinikmati bersama teh.

Minuman

Di samping menjual dim sum, kuliner Bintaro ini juga menyediakan aneka minuman kekinian yang biasa disebut milkshake, smoothies dan frappie dengan varian rasa coklat, hazelnut, green tea, strawberry dan mocca.

Mungkin Anda bingung membedakan apa bedanya milkshake, smoothies, frappie. Begini penjelasannya. Milkshake adalah minuman manis dan dingin dan sesuai dengan namanya, mengandung susu. Ini juga mengandung es krim dan mungkin mengandung perasa seperti konsentrat buah atau cokelat, yang juga dapat berfungsi untuk mempermanis minuman. Tidak ada manfaat kesehatan untuk milkshake, hanya saja rasanya enak!

Baca Juga: Cara Membuat Chocolate Milkshake

Awalnya, pada tahun 1880-an hingga awal 1900-an, milkshake mengandung alkohol. Anda akan jarang melihat salah satu dari mereka hari ini, dan jika Anda melakukannya, istilah milkshake tidak digunakan.

Umumnya orang membuat gaya minuman ini di rumah dengan blender hari ini. Blender berfungsi baik untuk mencampur minuman dan kadang-kadang memotong atau melumatkan beberapa bahan, misalnya es, buah, atau kacang.

Untuk membuat milkshake, kocokan tebal dan kaya rasa membutuhkan es krim, susu dan perasa. Bisa juga ditambahkan sedikit gula untuk rasa manis.

Biasanya di sebagian besar restoran bagus mereka disiapkan dengan tangan. Bahannya dicampur dan dikocok dengan tangan. Restoran makanan cepat saji dapat menggunakan mesin pencampur untuk mencampurkan campuran bahan bakar bersama dengan perasa. Sebenarnya ada banyak varian, misalnya, “malt” yang menggunakan susu malt. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia mereka sebenarnya sering dibuat tanpa es krim.

Selanjutnya smoothie yang mirip dengan milkshake. Smoothies jauh lebih mungkin mengandung buah, bubuk protein, suplemen herbal, sayuran, dan teh hijau. Mereka sering disebut-sebut sebagai sehat, dan memang mungkin banyak, sedangkan milkshake adalah kesenangan. Seringkali mereka mengandung yogurt, bukan susu. Kadang-kadang mereka digunakan sebagai pengganti makanan untuk menurunkan berat badan, atau sebagai suplemen makanan untuk kenaikan berat badan di antara binaragawan. Istilah ini berasal dari tahun 1960-an untuk mendeskripsikan minuman buah dan sayuran.

Baca juga: Manfaat Yogurt Bagi Tubuh

Berikutnya frappe hanyalah berupa milkshake tebal, dan istilah ini tampaknya paling umum di New England. Seringkali mereka dibumbui kopi dan disebut kopi frappe. Pada minuman frappe, minuman biasanya mengandung kopi, susu, gula dan es. Bahan-bahan itu dijus bersama demi membentuk frappe.

Frappe yang dijual komersil biasanya mengandung pelembut untuk membantu mengikat komposisinya. Mayoritas frappe tidak mengandung es krim, tapi lebih memakai sirup sebagai ciri khas kedai kopi.

Baca Juga: Orang Baik Minum Kopi Terbaik Di Upnormal Coffee Roasters

Meski keduanya memiliki cara olah yang sama dengan dicampur dan dihaluskan, di beberapa negara justru berbeda. Frappe yang identik dengan penggunaan kopi tidak sepenuhnya benar.

Di sekitar Boston, Amerika Serikat (AS), frappe sama dengan milkshake dibanding minuman kopi. Namun di Yunani, frappe beda dengan milkshake. Di sana, frappe merupakan minuman campuran kopi dan gula lalu dikocok dan ditambah es krim.

Tertarik dengan jenis-jenis minuman di atas? Silahkan meluncur ke Dam Dim Slurp Lotte Mal Bintaro. Harga minumannya sangat terjangkau mulai Rp. 18.000,-. Tak heran para minuman tersebut memiliki slogan “Minuman Borjuis, Harga Proletar”. Info Bintaro mencoba Mocha Frappie yang terdiri dari mocha yang dicampur dengan kopi, susu, gula dan es. Rasanya sangat menyegarkan. Sangat ideal untuk dikonsumsi di musim kemarau yang terik seperti saat ini. Buat mereka yang mager (males bergerak), nantikan kehadirannya sebentar lagi di grab food dan go food.

Info Lebih Lanjut:

Dam Dim Slurp
Lotte Mal Bintaro Lantai 2
Instagram: https://www.instagram.com/damdimslurp/
Facebook: https://www.facebook.com/damdimslurp/

(EGS)

Leave a Reply