Berita Utama

WWF-Indonesia Percayakan AWS Sebagai Penyedia Cloud untuk Mengakselerasi Program Penyelamatan Orangutan dari Kepunahan

Amazon Web Services, Inc. (AWS), anak perusahaan dari Amazon.com, hari ini mengumumkan terbangunnya kolaborasi dengan World Wildlife Fund for Nature Indonesia (WWF-Indonesia), organisasi nirlaba yang berada di dalam jaringan WWF global, guna mengakselerasi upaya mereka dalam menyelamatkan satwa orangutan di Indonesia dari kepunahan.

Layanan machine learning dari AWS mendukung WWF-Indonesia dalam memantau hingga mengevaluasi ukuran dan tingkat kesehatan populasi orangutan yang tinggal di habitat asli mereka. Dengan teknologi ini, kegiatan survei yang dilakukan oleh WWF-Indonesia kini bisa menjangkau hingga ke teritori yang lebih luas dengan sumber daya yang lebih sedikit, mengurangi biaya operasional, sehingga biaya yang ada bisa disalurkan untuk pos-pos pembiayaan lain yang mendukung upaya konservasi biodiversitas di Indonesia.

Orangutan diketahui sebagai salah satu primata paling cerdas. Mereka memiliki kemampuan untuk menyusun sesuatu, menggunakan peralatan, serta tinggal dalam koloni yang masing-masing memiliki ciri berbeda. Populasi primata tingkat tinggi di Indonesia dan Malaysia saat ini terancam oleh aktivitas manusia yang telah menerobos ke habitat kehidupan mereka, seperti perburuan liar, perusakan habitat, serta perdagangan satwa liar yang dilindungi.

Menurut WWF, populasi orangutan di Kalimantan saat ini berkurang hingga lebih dari 50 persen dalam kurun waktu 60 tahun terakhir. Habitat-habitat mereka juga mengalami penurunan jumlahnya hingga 55 persen dalam kurun waktu 20 tahun belakangan. Orangutan sebagian besar tinggal di pepohonan dan hidup secara soliter. Ini menjadi tantangan bagi para pegiat konservasi untuk mencacah populasi orangutan yang masih tersisa secara akurat.

Sejak 2005, WWF-Indonesia telah melakukan assessment terhadap kesehatan populasi orangutan. Mereka juga telah membangun konservasi habitat mereka seluas 568.700 hektar di Taman Nasional Sebangau di Kalimantan Tengah, Indonesia. Sebelum itu, proses assessment dilakukan secara langsung di lapangan oleh ahli dan komunitas relawan.

Setiap hari, mereka melakukan pencarian jejak populasi, mengambil foto, mengunduh gambar-gambar ke komputer yang terdapat di basecamp, hingga mengirimkan data tersebut kembali ke kota untuk proses analisis lebih lanjut oleh ahli-ahli konservasi WWF. Proses-proses tersebut dahulu dilakukan secara manual. Butuh waktu hingga tiga hari untuk menganalisis ribuan foto yang terkirimkan. Proses seperti ini rentan akan terjadinya kesalahan karena besarnya data yang diolah secara manual.

Dengan teknologi AWS, WWF-Indonesia kini bisa mengumpulkan foto secara otomatis dari tiap-tiap ponsel pintar maupun kamera-kamera yang diaktifkan oleh gerakan yang dipasang di setiap basecamp. Foto-foto tersebut kemudian bisa diunggah ke Amazon Simple Storage Service (Amazon S3) untuk keperluan analisis.

Penggunaan teknologi, seperti Amazon SageMaker, layanan machine learning yang terkelola sepenuhnya mendukung saintis data dan pengembang untuk melakukan pengembangan, pengujian, dan penggelaran beragam model machine learning secara cepat dan mudah dalam skala besar.

Dengan teknologi AWS, WWF-Indonesia bisa memangkas waktu begitu signifikan untuk tiap-tiap proses analisis, dari yang sebelumnya memakan waktu hingga tiga hari, kini untuk menuntaskan proses tersebut hanya dibutuhkan waktu kurang dari sepuluh menit saja.

Tingkat akurasi dan spesifisitas dalam tiap proses analisis juga meningkat, seperti pengukuran rasio gender dan umur, tingkat viabilitas tiap-tiap populasi. Teknologi AWS mendukung mereka dalam memantau kondisi setiap satwa secara akurat dan cepat, apakah mereka sedang hamil, sakit, atau mengalami luka yang membutuhkan perawatan segera. Teknologi machine learning yang diadopsi oleh WWF-Indonesia punya peran yang berarti, terutama dalam meningkatkan akurasi dan pemanfaatan data populasi orangutan. Teknologi ini sangat membantu, terlebih dengan jumlah ahli konservasi yang terbatas seperti situasi saat ini.

WWF-Indonesia, berencana untuk mengekslorasi lebih lanjut pemanfaatan layanan machine learning lainnya, seperti Amazon Rekognition, yakni layanan imaji dan gambar untuk mendukung ditingkatkannya kecepatan dan akurasi pada proses identifikasi dan pelacakan populasi-populasi orangutan yang ada.

“Sebagai organisasi nirlaba, kami selalu berupaya untuk menemukan solusi agar mampu bekerja lebih cerdas dan dapat mengoptimalkan sumber daya secara lebih efektif supaya setiap misi konservasi yang kami lakukan dapat terlaksana dengan lebih baik. Dengan menggunakan teknologi AWS, seperti Amazon SageMaker dan Amazon S3, kami mulai membuat peranti yang dapat diakses oleh para surveyor di lapangan, bahkan bagi mereka yang punya keahlian dan kapasitas terbatas, sehingga mereka dapat mengidentifikasi satwa liar di habitat aslinya dengan tingkat akurasi yang tinggi. Dengan penggunaan teknologi yang cermat dan tepat guna, inovasi ini akan membantu ahli di bidang biologi dan konservasi dalam memantau perilaku satwa liar sepanjang waktu secara efektif dan juga efisien dari segi biaya. Dengan demikian, kami dapat mengalokasikan sumber daya yang ada secara lebih optimal untuk meningkatkan upaya pemantauan dan berinvestasi lebih untuk upaya-upaya konservasi,” kata Aria Nagasastra, Finance and Technology Director WWF-Indonesia.

Aria menambahkan, “Kolaborasi antara WWF-Indonesia dan AWS dalam pendayagunaan solusi teknologi mutakhir yang inovatif mendukung ditingkatkannya upaya-upaya konservasi keanekaragaman hayati di Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

“Mendukung pemberdayaan organisasi-organisasi nirlaba melalui pemanfaatan teknologi cloud dalam membangun dunia yang lebih baik merupakan salah satu prioritas yang menjadi misi AWS,” ujar Peter Moore, Regional Managing Director for Asia Pacific and Japan, Worldwide Public Sector, Amazon Web Services. “Kami merasa terhormat dapat mendukung akselerasi proses konservasi populasi orangutan yang dilakukan oleh WWF-Indonesia. Ini sekaligus merupakan wujud komitmen kami dalam mendukung misi mereka menyelamatkan spesies-spesies yang terancam punah di seluruh dunia melalui inovasi-inovasi yang mereka terapkan pada produk dan layanan yang dihadirkan oleh AWS.”

(AB)

 

Baca Juga

  • Bila Anda Memutuskan Resign Sesudah Lebaran

    Bila Anda Memutuskan Resign Sesudah Lebaran

    Sudah menjadi sebuah rahasia umum, waktu terbaik untuk mengundurkan diri dari tempat kerja adalah setelah libur Lebaran. Pada masa ini, biasanya banyak karyawan mengundurkan diri dan mencari perusahaan baru untuk bekerja. Meski begitu, keputusan mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan tetap harus dipertimbangkan dengan matang. Misalnya apakah pekerjaan Anda saat ini benar-benar membuat stress? Simak tips […]
  • Menhub Jamin Keamanan Jalur Mudik Merak-Bakauheni

    Menhub Jamin Keamanan Jalur Mudik Merak-Bakauheni

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan jaminan keamanan bagi para pemudik yang akan menggunakan jasa penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry baik dari Merak ke Bakauheni maupun sebaliknya. “Kami sudah tinjau Bakauheni serta sudah meminta kepolisian untuk mengamankan jalur mudik 24 jam non stop, sehingga masyarakat yang berpergian ke Sumatra baik pagi, siang, atau malam tetap […]
  • Aneka Lomba Dalam Rangka Hari Pahlawan di Living World

    Aneka Lomba Dalam Rangka Hari Pahlawan di Living World

    Dalam rangka memperingati hari Pahlawan, Digikidz Indonesia lembaga kursus komputer dan art anak-anak mengadakan DigiFest 2017 pada hari Sabtu, 25 November 2017 jam 10.00-19.00 di Living World, Alam Sutera. Ada beragam lomba yang digelar seperti robot, wedo, NXT, desain poster, art dan fashion show dengan tema “Pahlawan Indonesia”.Tak ketinggalan juga ada Squishy décor. Putra putri […]
  • Polygon Hadirkan Kembali Seri Sepeda Gravel Pertama di Indonesia

    Polygon Hadirkan Kembali Seri Sepeda Gravel Pertama di Indonesia

    Di tengah tren bersepeda yang meningkat, pertengahan tahun 2020 menjadi momentum bagi banyak pabrikan sepeda dalam memenuhi kebutuhan pasar yang terus merangkak naik. Momen ini membuat pabrikan sepeda berlomba untuk menarik minat konsumen dengan merilis produk  andalan mereka masing-masing. Tidak terkecuali bagi Polygon, yang di bulan Juli ini kembali merilis seri teranyar-nya, Bend R. Bend […]
  • Anda Harus Memahami Ini, Jika Akan Membeli Ban Kendaraan

    Anda Harus Memahami Ini, Jika Akan Membeli Ban Kendaraan

    Jika anda memiliki rencana untuk mengganti ban kendaraan kesayangan anda dalam waktu dekat, anda perlu mengetahui mengenai angka-angka yang tertera pada ban. Jika anda membeli ban, tentunya si penjual berusaha untuk menjual ban yang paling menguntungkannya, bukan yang paling anda butuhkan. Anda sebagai konsumen harus kritis dengan penawaran yang diberikan. Mari kita simak beberapa hal […]
  • Wuling Tawarkan Program Spesial untuk Confero dan Confero S

    Wuling Tawarkan Program Spesial untuk Confero dan Confero S

    Wuling Motors (Wuling) meluncurkan program promosi dan penjualan di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Berbagai program promosi dirancang untuk menyajikan penawaran terbaik bagi pelanggan yang membeli seri Confero. Wuling menyediakan program lengkap baik promosi, penjualan, purna jual, serta sesi test drive yang seluruhnya dihadirkan untuk mendukung Confero dan Confero S, The Real Spacious […]
  • Rekomendasi Oppo A Series untuk Konsumen Berjiwa Muda

    Rekomendasi Oppo A Series untuk Konsumen Berjiwa Muda

    Smartphone kini bukanlah lagi menjadi barang mewah, pasalnya kini setiap generasi, baik tua maupun muda rata-rata sudah menggunakan ponsel cerdas untuk mendukung aktivitas keseharian mereka. Berbagai tipe dan harga yang ditawarkan oleh produsen smartphone pun kini kian ramah bagi kantong konsumen. Mulai dari harga 2 jutaan rupiah, kini konsumen sudah bisa memiliki smartphone dengan tingkat […]
  • PT Piaggio Indonesia Kembali Menghadirkan Penawaran Spesial Live More with New Spirit untuk Pembelian Piaggio dan Vespa

    PT Piaggio Indonesia Kembali Menghadirkan Penawaran Spesial Live More with New Spirit untuk Pembelian Piaggio dan Vespa

    Sepanjang tahun 2020, PT Piaggio Indonesia telah memberikan beragam penawaran spesial untuk mendukung dan menjawab kebutuhan para konsumen. Menyambut bulan Juli, PT Piaggio Indonesia kini kembali menawarkan kemudahan bagi para pecinta Piaggio dan Vespa untuk memiliki skuter khas Italia dalam program spesial “Live More with New Spirit”. Program ini dihadirkan untuk memanjakan konsumen memberikan suntikan […]
  • Restaurant di Bintaro dengan Cita Rasa Khas Korea

    Restaurant di Bintaro dengan Cita Rasa Khas Korea

    INFOBINTARO (IB) – Sejenak beranjak dari kuliner tradisional yang banyak ditawarkan dalam artikel sebelumnya, kali ini IB ingin memperkenalkan restaurant di Bintaro yang menawarkan sajian khas Korea. Ada apa saja yang mereka sajikan, mari kita simak baik-baik. Menikmati Hidangan Korea Berkualitas di BBQ Indonesia Adalah BBQ Indonesia salah satu Korean resto di Bintaro dengan lokasi […]
  • Lamudi.co.id Diakusisi EMPG, Grup Portal Properti dengan Valuasi Unicorn

    Lamudi.co.id Diakusisi EMPG, Grup Portal Properti dengan Valuasi Unicorn

    EMPG, salah satu grup portal properti terkemuka di wilayah Timur Tengah, Asia Selatan dan Asia Tenggara secara resmi mengakuisisi Lamudi Global, grup portal properti yang memiliki cabang di Indonesia, Filipina, dan Meksiko. CEO EMPG Imran Ali Khan mengatakan, “Kami dengan senang menyambut tim Lamudi Global ke keluarga EMPG. Lamudi Global membawa banyak pengalaman dan pengetahuan […]
  • Peluncuran Trade Expo Indonesia 2020

    Peluncuran Trade Expo Indonesia 2020

    Dihadiri oleh Agus Suparmanto, Menteri Perdagangan RI (kedua dari kiri), Roslan Perkasa Roeslani, Ketua KADIN Indonesia (ketiga dari kiri). Peluncuran pameran virtual TEI ke–35 berlangsung secara virtual pada hari Senin (21/9). Mengusung tema “Sustainable Trade in the Digital Era”, Pameran Virtual TEI ke-35 ini merupakan salah satu langkah strategis Kementerian Perdagangan untuk terus mendorong ekspor […]
  • Buka Puasa Bersama & Donasi Ramadhan PT. Tozy Sentosa dengan Petugas Kebersihan Kawasan Bintaro Jaya

    Buka Puasa Bersama & Donasi Ramadhan PT. Tozy Sentosa dengan Petugas Kebersihan Kawasan Bintaro Jaya

    Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, rahmat, dan keampunan. Bulan Ramadhan juga adalah bulan ibadah yang sangat dianjurkan kepada umat Islam untuk berbuat amal kebajikan sebanyak-banyaknya, karena pada bulan Ramadhan akan dilipatgandakan nilai pahala ibadah. Oleh karena itu, pada bulan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk berbagi dan bersedekah, karena setiap amal yang dilakukan di […]
  • Grab Hadirkan Hospital Cash Cover, Produk Asuransi Proteksi Pertama dari Grab untuk Pengguna Indonesia

    Grab Hadirkan Hospital Cash Cover, Produk Asuransi Proteksi Pertama dari Grab untuk Pengguna Indonesia

    Grab Financial Group (GFG), platform fintech terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan peluncuran Hospital Cash Cover (Proteksi Rawat Inap), produk proteksi rawat inap pertama untuk para pengguna, yang bekerja sama dengan PT Asuransi Simas Jiwa di Indonesia. Asuransi Hospital Cash Cover ini sekarang telah tersedia dan dapat diakses melalui aplikasi Grab sebagai solusi yang […]
  • Aviary Bintaro Merayakan Natal Bersama Warga Panti Asuhan/Werdha Pniel Bintaro

    Aviary Bintaro Merayakan Natal Bersama Warga Panti Asuhan/Werdha Pniel Bintaro

    Di akhir tahun, hotel Aviary Bintaro menyelenggarakan kegiatan sosial di antaranya kunjungan ke panti asuhan/werdha Pniel yang berada di kawasan Pondok Jaya, Bintaro. Acara yang diadakan pada tanggal 18 Desember lalu juga dilaksanakan dalam rangka merayakan Natal bersama warga panti. Serangkaian acara dilaksanakan di sana. Mulai dari permainan yang diambil dari Alkitab hingga bernyanyi dan […]
  • Foto : Kemeriahan Senior Festival 2017 di Bintaro

    Foto : Kemeriahan Senior Festival 2017 di Bintaro

    Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI) menggelar salah satu bagian dari rangkaian acara Festival ASLI tahun 2017, pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017 di Bintaro Entertainment Center (BEC). Festival ini diselenggarakan di tiga tempat yang berbeda yakni pertama kali pada tanggal 8 April 2017 di RUKUN Senior Living – Sentul Bogor, dilanjutkan pada tanggal 22 Juli […]
  • Xiaomi Luncurkan Redmi 7A di Indonesia

    Xiaomi Luncurkan Redmi 7A di Indonesia

    Xiaomi memperkenalkan smartphone Redmi terbaru yang merupakan lanjutan dari seri Redmi A, yaitu Redmi 7A, dengan tujuan untuk terus menghadirkan teknologi inovatif melalui produk-produk berkualitas dengan harga yang sebenarnya. Kehadiran seri ini menegaskan komitmen Xiaomi untuk mengubah kehidupan masyarakat melalui penggunaan teknologi. Perjalanan seri Redmi A di Indonesia dimulai dari Redmi 4A sebagai smartphone Xiaomi […]
  • Apresiasi Nasabah Milenial, BNI Syariah Gelar Customer Online Gathering

    Apresiasi Nasabah Milenial, BNI Syariah Gelar Customer Online Gathering

    BNI Syariah menggelar program nasional Customer Loyalty Gathering dengan tema Milenial Buktikan Cintamu dengan Berqurban. Acara dengan format webinar ini merupakan pertama kali diselenggarakan untuk nasabah milenial BNI Syariah di Jabodetabek, Cilegon, Lampung, dan sekitarnya. Hadir dalam kesempatan ini Pendakwah, Ustadz Hanan Attaki, Lc; Pengusaha Brand Muslimah Jilbab Arfa, Asysyifa Fathi Rabbani dan Ali Ghuraisah; […]
  • Grab Delivery Doodles, Sulap Gambar Jadi Pesanan Makanan Berkat Teknologi Kecerdasan Google

    Grab Delivery Doodles, Sulap Gambar Jadi Pesanan Makanan Berkat Teknologi Kecerdasan Google

    Kehabisan ide untuk mengusir rasa bosan anak-anak selama #dirumahaja? Kini, pesan makanan dapat menjadi salah satu kegiatan seru untuk dilakukan bersama anak-anak. Grab Delivery Doodles menggunakan teknologi Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) untuk menyulap gambar makanan favorit anak-anak menjadi pesanan makanan sesungguhnya yang diwujudkan melalui layanan GrabFood, dengan bantuan kecerdasan buatan Google. Mulai dari kue, pizza, donat, […]
  • Lion Air Tawarkan Rute Baru Instagramable “Yogyakarta ke Tarakan”

    Lion Air Tawarkan Rute Baru Instagramable “Yogyakarta ke Tarakan”

    Kabupaten Kulonprogo di Yogyakarta menyuguhkan hamparan hijau perbukitan Menoreh sekilas pesona bagian barat Jogja. Berada di Kulon Progo, travelers bisa menjelajahi tempat memukau karena keasrian masih terjaga, antara lain Goa Kebon Krembangan, Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah, Wisata Hutan Mangrove Jembatan Api-api, Ayunan Langit Watu Jaran, Rafting Kalibawang dan masih banyak lagi. Bagi pehobi belanja, […]
  • Sisterhoodgigs Movement – Live in Harmony Concert, Konser Musik Tanpa Asap Rokok

    Sisterhoodgigs Movement – Live in Harmony Concert, Konser Musik Tanpa Asap Rokok

    Untuk menyambut ulang tahun ke-2 berdirinya, Sisterhoodgigs Movement, sebuah komunitas musisi wanita tanah air yang memiliki kepedulian dalam hal sosial kemanusiaan menyangkut eksistensi wanita akan mengadakan satu event yang bertajuk Live in Harmony Concert pada Jumat, 28 Oktober 2016, mulai pukul 16.00-23.00 dengan mengambil tempat di District 7, Bintaro Sektor 7 (baca juga: Nongkrong, Makan, Live Music […]

Tinggalkan Balasan