Workshop Photo Story on Social Media

Di Café Shobu Nobu BXC, Sabtu, 20 Mei 2017 ada suasana yang lain dari biasanya. Ada 20 peserta yang asyik mengikuti workshop “Photo Story on Social Media”. Workshop ini diperuntukkan bagi mahasiswa, pelajar SMA & komunitas/klub foto serta media regional dan komunitas di area sekitar Tangsel. Para peserta workshop memiliki usia yang beragam, dari kaum muda sampai warga Bintaro yang telah memasuki usia pensiun.

Acara workshop ini terdiri dari beberapa bagian. Pertama adalah pengenalan tentang teori story telling dalam fotografi. Kemudian para peserta workshop dibagi menjadi 4 kelompok untuk melakukan hunting foto seputar BXC. Masing-masing kelompok mendapat 1 orang mentor. Bertindak sebagai mentor adalah para alumni PPG (Permata Photo Journalist Grant (PPG) yang diinisiasi oleh PermataBank yakni Yoppy Pieter & M. Fadli (Arka Project), Fernando Randy (Tabloid BOLA) dan Jessica Margaretha (Top Skor).

Dalam sesi pengenalan teknik bercerita (story telling) dalam fotografi dijelaskan bahwa ada 3 teknik yang utama yang lazim dikenal yakni series, diptych dan naratif.

Pertama, teknik series merupakan teknik yang diatur dengan pendekatan SINONIM VISUAL atau Elemen GAMBAR yang sama. Yoppy Pieter mempresentasikan beberapa foto Presiden Jokowi dengan berbagai latar belakang.

Teknik diptych merupakan teknik menyandingkan dua (atau lebih) foto untuk mendapatkan efek naratif. Teknik ini dapat membuat pembaca lebih aktif. Sanding/ Diptych juga berguna untuk memberikan perbandingan. Sebagai contoh ditayangkan beberapa pasang foto yakni foto anak-anak dan tempat tinggalnya di Jepang dan beberapa negara lain.

Terakhir, Yoppy Pieter menjelaskan tentang teknik naratif yang merupakan teknik yang diatur secara kronologis dengan memperlihatkan PERGERAKAN atau ASPEK SINEMATOGRAFIS. Ada foto potrait, foto landscape dan foto zoom /detail tentang obyek foto tertentu. Sebagai contoh ditayangkan foto-foto anak di Kepulauan Mentawai yang dikunjungi Yoppy pada tahun 2009.

Selanjutnya workshop diisi dengan sesi pengenalan Street Photography oleh Fernando Randy dari Tabloid Bola. Dengan mengikuti workshop ini para peserta diharapkan menjadi berani, dapat menjadi seorang storyteller yang baik dan dapat menginspirasi orang lain.

Pameran Foto “TRUST”

Di samping workshop, para pengunjung mal dapat menyaksikan pameran foto dengan tema TRUST di atrium utama Bintaro Jaya Xchange Mall (BXc) mulai tanggal 12-21 Mei 2017. Michael Rauner, Direktur Erasmus Huis menjelaskan, ”Melalui karya-karya foto bertutur ini, para peserta tidak hanya mengungkapkan interpretasi mereka terhadap makna kepercayaan (trust) tapi juga memaksa kita untuk merenungkan definisi kita sendiri akan konsep kepercayaan.

Dan inilah yang sebenarnya Erasmus Huis ingin capai: “Jurnalisme Foto yang menceritakan sebuah kisah tanpa batasan-batasan dan mengajak mereka melihat dan merenungkan tema “Trust” tersebut. Terlebih lagi di saat-saat ini berita-berita palsu dan subjektivitas mempengaruhi media (sosial) dan jurnalisme kita, maka sangat penting untuk menciptakan sebuah ruang di mana para jurnalis dapat meningkatkan kualitas mereka.” jelas Michael.

 

(EGS)

Leave a Comment