Workshop Peluang Usaha Membuat Aksesori Mobil Bersama Katharina Gosal

Untuk memberikan ide bisnis kepada masyarakat, Gramedia Emerald menyelenggarakan Workshop yang bertajuk Peluang Usaha Membuat Aksesori Mobil dengan menampilkan Katharina Gosal sebagai ‘coach’. Workshop ini berlangsung pada Sabtu, 18 Februari 2017 di Lantai 2 Gramedia Emerald, CBD Bintaro Sektor 7, dari pukul 13.00. Workshop ini sendiri merupakan bagian dari program untuk mempromosikan buku berjudul Membuat Aneka Aksesori Mobil – Disertai Perincian Biayanya, yang ditulis oleh Katharina Gosal, yang diterbitkan oleh Gramedia Asri Media. Rencananya workshop ini akan berlangsung di berbagai toko buku Gramedia.

workshop_peluang_usaha_membuat_aksesori_mobil_gramedia_emerald_info_bintaro

Langkah Catharina Gosal dalam dunia jahit menjahit tidaklah mudah. Walaupun ia telah mengikuti kursus jahit menjahit dan desain semenjak kelas 6 SD, namun ia harus melalui sebagian perjalanan hidupnya sebagai karyawan yang bekerja di bank dan terakhir sebagai pialang saham di sebuah bank swasta di Jakarta.

Walaupun harus berbagi waktu dengan pekerjaannya sebagai karyawan bank, namun kesukaan Catharina pada dunia jahit menjahit tidaklah surut. Ia sempat menjalankan usaha di bidang makanan. Sayangnya usaha ini tidak dapat diteruskan. Akhirnya ia menyadari bakat dan minatnya sesungguhnya adalah di bidang jahit menjahit. Kesungguhannya di bidang jahit menjahit bermuara pada tahun 2000, dimana ia mendirikan PT. Leonsehati Indonesia Gemilang, sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai mainan anak-anak, utamanya boneka dan memasarkan ke berbagai toko dan outlet terkemuka di Indonesia.

Dari berbagai suka duka menjalankan bisnis yang dialaminya, ia melihat banyak kekurangan dalam hal ide desain dari pelaku-pelaku bisnis pembuatan mainan anak-anak. Dengan kesukaannya pada tulis menulis, ia lantas menulis buku-buku seri kreasi membuat boneka yang didasarkan keinginannya untuk berbagi dan memberikan kemajuan bagi industri pembuatan mainan di tanah air. Ia berharap Indonesia bukan hanya mampu membuat mainan berdasarkan order dari negara-negara lain, namun mampu mengkreasikann berbagai mainan yang memiliki daya jual.

Untuk mengikuti workshop ini, peserta membayar Rp. 120.000 dan mendapatkan buku, bahan dan alat, sertifikat dan snack box. Pada workshop ini, Chatarina mengajarkan cara pembuatan sarung tissue mobil yang berbahan kain velboa, nylex dan flanel. Dalam penjelasannya, Chatarina berharap setelah mengikuti workshop ini, para peserta dapat memulai usaha pembuatan berbagai aksesori mobil. Sarung tissue mobil hanya satu contoh dari berbagai aksesori mobil yang dapat dibuat. Penjelasan detil dari berbagai produk yang dapat dikreasikan bisa didapatkan pada buku yang ditulis Chatarina Gosal.

workshop_peluang_usaha_membuat_aksesori_mobil_gramedia_emerald_info_bintaro_1

Setelah diberikan sedikit penjelasan, masing-masing peserta memperoleh pola-pola yang tercetak pada kertas. Tugas dari para peserta adalah menggunting pola-pola itu sebelum dipindahkan pada kain-kain yang diberikan pada setiap peserta. Chatarina dengan dibantu beberapa stafnya menjelaskan dengan sabar setiap hal kepada para peserta workshop. Para peserta yang semuanya wanita kemudian mulai mengerjakan tugas yang diberikan. Detil dari sarung tissue mobil yang terdiri dari 2 bahan kain dengan bahan yang berbeda, membutuhkan sedikit ketelitian dan kehati-hatian. Namun karena dilakukan pendampingan secara langsung, peserta tidak mengalami hambatan berarti.

Workshop ini berakhir pada pukul 17.00 dan menyisakan pengetahuan dan keyakinan diri dari setiap peserta untuk berani memulai bisnis pembuatan aksesori mobil ini.

 

(ES)

Leave a Comment