Workshop “Kreasi Kreatif Kertas Koran Bekas”

buku_lynde_sitepu
Buku karangan Lynde Sitepu “35 Kreasi Kreatif Kertas dan Koran Bekas”

Kini semakin banyak bermunculan berbagai usaha kecil clan menengah yang bergelut di bidang pengolahan sampah. Omset yang diperoleh juga tidak sedikit, bisa ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Salah satunya adalah mengolah sampah berupa kertas dan koran bekas. Barang bekas yang dianggap limbah temyata dapat menjadi barang berguna, bahkan layak untuk dijual, dan secara tidak langsung kita menjaga kelestarian lingkungan karena membantu mengurangi jumlah sampah.

Selama 5 tahun, Lynde Sitepu penulis buku ini berkutat dan berkreasi dengan kertas bekas. la menyulapnya menjadi karya seni yang berfungsi. Bukunya yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama ini memberikan 35 ide kreasi dari kertas dan koran bekas, seperti tatakan gelas, jam dinding, pigura foto, wadah buah, tempat tisu, clan aneka tas jinjing yang membuat siapapun terpana akan keindahannya.

Pada hari Minggu kemarin, 19 Juni 2016 Lynde Sitepu berbagi keahliannya kepada 12 orang peserta workshop “Kreasi Kreatif Kertas Koran Bekas”  yang diselenggarakan menjelang buka puasa jam 14.30-17.00 di Gramedia Emerald Bintaro. Tidak hanya diikuti orang dewasa, workshop ini diikuti oleh beberapa anak. Dalam workshop ini para peserta diajak untuk menggunakan bahan-bahan yang tidak terpakai seperti kertas koran untuk menghias berbagai benda dengan teknik yang dinamakan ‘Decoupage’.

workshop_kertas_koran_bekas_gramedia_academy_bintaro_1

Dengan teknik yang berasal dari Perancis ini, peserta workshop diajarkan cara mendekorasi berbagai benda yang mungkin sudah tidak dipakai lagi menjadi karya seni indah dan bernilai jual tinggi. Sebagai informasi, di beberapa toko online terkenal di Indonesia dijual beberapa produk yang telah didekorasi dengan teknik Decoupage ini dengan harga yang relatif murah sampai mahal. Anda pasti tidak akan menyangka bahwa Ibu Lynde Sitepu ini dapat menghasilkan omset puluhan juta rupiah dalam sebulan hanya dengan koran-koran bekas ini.

workshop_kertas_koran_bekas_gramedia_academy_bintaro_2

Nah, apakah Anda tertarik mengikuti jejak entrepreneur ini?

 

(EGS)

Leave a Comment