Rab. Okt 16th, 2019

Wisuda Unik Bertema Rote di Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Merupakan tradisi serta ciri khas bagi UMN untuk mengangkat tema kedaerahan dalam kegiatan wisudanya. Wisuda XII kali ini bertemakan adat dari daerah Rote, Nusa Tenggara Timur. Tata panggung dan seluruh dekorasi area kegiatan turut dibuat dalam nuansa daerah Rote. Tak hanya itu, UMN juga turut menampilkan tarian-tarian daerah serta lagu-lagu daerah NTT untuk menyemarakkan nuansa kedaerahan pada Wisuda XII UMN yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 2 Desember 2017.

Kaum wanita pada suku Rote biasanya mengenakan baju kebaya pendek dan bagian bawahnya mengenakan kain tenun sebagai pakaian tradisionalnya. Dilengkap dengan sehelai selendang menempel pada bahunya. Rambut disanggul dan memakai hiasan berbentuk bulan sabit dengan tiga buah bintang.

Sedangkan kaum pria Rote mengenakan kemeja berlengan panjang berwarna putih polos. Tubuh bagian bawah ditutupi oleh sarung tenun berwarna gelap, kain ini menjuntai hingga menutupi setengah betis. Di samping itu mereka memakai  Ti’i langga, yaitu penutup kepala yang berbentuk mirip dengan topi sombrero dari Meksiko. Ti’i langga ini  terbuat dari daun lontar yang dikeringkan

Tahukah Anda bahwa ada 8 macam baju adat di Nusa Tenggara Timur? Simak info lengkapnya di: https://tradisi-tradisional.blogspot.co.id/2017/04/8-baju-adat-nusa-tenggara-timur-ntt.html

Dalam Wisuda XII UMN kali ini terpilih 7 wisudawan terbaik yang mewakili 7 Program Studi (lihat foto). Mereka adalah Vannia Ferdina (Teknik Informatika), Bobby Fernando (Desain Komunikasi Visual), Gabrielle Agatha (Ilmu Komunikasi), Tommy Utomo Wijaya (Sistem Informasi), Davin Valerian (Akuntansi), Rivaldy Febriansyah (Manajemen), dan William Suyanto (Sistem Komputer). Vania Ferdina, wisudawan Program Studi Teknik Informatika keluar sebagai Mahasiswi Terbaik Universitas dengan IPK mencapai 3,99.

Prestasi luar biasa ini juga bertambah dengan prestasi yang telah dicapai oleh  Inkubator Bisnis UMN Skystar Ventures. Terpilih sebagai satu-satunya institusi dari Indonesia yang diundang oleh Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman, untuk menghadiri kegiatan konferensi kepemudaan terbesar di Timur Tengah, Misk Global Forum 2017. Kegiatan ini dilaksanakan pada 14-17 November 2017 di Riyadh, Saudi Arabia.

Skystar Ventures adalah tempat yang tepat bagi para start-up untuk berkembang. Simak liputannya di https://www.infobintaro.com/skystar-ventures-menjadi-tempat-yang-tepat-bagi-para-start-up/

Pada kesempatan kali ini, Skystar Ventures mendelegasikan tiga startup binaannya, yaitu Jobmine Indonesia, Dreambox, serta Youthmanual. Rahel Maharani (Jurusan Ilmu Komunikasi) yang juga merupakan wisudawan pada Wisuda XII, merupakan Founder dan CEO dari Jobmine Indonesia.

BACA JUGA  Tahun Baru Imlek 2018: Makna di Balik Shio Anjing Tanah

Jobmine Indonesia adalah salah satu portal yang membantu mempertemukan mahasiswa dengan perusahaan atau startup yang membutuhkan jasa freelance, part time, atau magang. Berbeda dengan portal lowongan kerja lain yang ada di Indonesia, Jobmine berfokus pada lowongan kerja bagi para mahasiswa dan mereka yang berpengalaman kerja maksimal 2 tahun. Simak liputannya di https://www.infobintaro.com/jobmine-start-up-digital-yang-keren-di-tangsel/

Universitas Multimedia Nusantara dalam acara Wisuda XII kali ini meluluskan 669 orang sarjana dan menghadirkan seorang aktivis kenegaraan Yudi Latif, yang baru-baru ini juga dilantik sebagai Kepala Unit Kerja Presiden bagian Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Mengusung tema “Sarjana Unggul dan Berkebangsaan”, Wisuda XII menjadi bentuk komitmen nyata Universitas Multimedia Nusantara dalam membekali lulusannya agar mampu memberikan karya terbaik untuk almamater, persada, dan sesama.

Dalam orasinya, Yudi menjabarkan akan pentingnya memiliki visi dalam berkenegaraan. “Negara sudah seharusnya memiliki visi, yaitu kebahagiaan negara harus dipenuhi dengan memberikan kebebasan, keadilan, dan kemakmuran. Perbedaan bukan pangkal pertikaian. Justru perbedaan itu yang menguatkan terciptanya ekosistem yang diferensiatif dan berkesinambungan”, tuturnya.

Selain itu, Ninok Leksono, Rektor UMN juga berpesan kepada alumnus UMN untuk terus menyalakan jiwa dan semangat Pancasila dalam karir dan kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. “Dengan berpegang pada nilai-nilai Pancasila, saya berharap wisudawan tidak tercerabut dari akar kebangsaannya. Sekalipun mungkin ada yang berkarir di luar negeri, dengan terus menghidupkan nilai-nilai Pancasila diharapkan wisudawan bisa terus bersemangat perikemanusiaan, persatuan, musyawarah dan berkeadilan”, papar Ninok

Tentang Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Universitas Multimedia Nusantara berdiri sejak 2007 atas prakarsa Dr. (HC) Jakob Oetama, Perintis Kompas Gramedia. Sebagai universitas berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), UMN menawarkan tujuh program studi yang mendapat sambutan baik dari masyarakat. UMN tidak hanya mendidik mahasiswanya untuk siap menjadi profesional atau tenaga riset (akademisi), namun juga mendidik untuk siap menjadi enterpreneur di bidang teknologi melalui program Skystar Ventures, bisnis inkubator UMN yang juga telah mendapat penghargaan inkubator terbaik dari Kemenristekdikti tahun 2016.

 

(BON)

BACA JUGA  Buka Puasa Bersama & Donasi Ramadhan PT. Tozy Sentosa dengan Petugas Kebersihan Kawasan Bintaro Jaya

 

 

Baca Juga