Rehat

Wisata Kuliner Sambil Menikmati Suasana Alam di Pasar Tahura

Siang itu terdengar teriakan beberapa anak-anak yang sedang mandi di bawah air terjun, ditingkahi suara gemericik air, sementara beberapa puluh meter dari situ terlihat beberapa keluarga sedang menikmati santapan di meja dan kursi kayu. Semilir angin yang berhembus di sela-sela kerindangan pohon membuat siang yang terik itu tidak terasa gerah. Itulah suasana di Pasar Tahura, sebuah obyek wisata bernuansa alam yang sedang naik daun beberapa waktu belakangan ini.

Berlokasi di Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rahman yang memiliki luas 22.000 hektar, Pasar Tahura yang dibuka bagi pengunjung setiap hari Minggu mulai pukul 07.00 – 15.00 ini berada di Desa Hurun, Kecamatan Hanura, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Kawasan wisata ini terus dikembangkan pemerintah Provinsi Lampung menjadi destinasi pariwisata dengan berbagai pembangunan sebagai ekowisata dan observatorium. Kawasan Tahura dibagi menjadi beberapa blok yaitu blok perlindungan, koleksi, pemanfaatan, tradisional, rehabilitasi dan blok khusus yang salah satunya menjadi lokasi Pasar Tahura.

Untuk menuju Pasar Tahura, dari pusat kota Bandar Lampung pertama-tama kita menuju kawasan wisata bahari Pesawaran melalui Teluk Betung, lalu terus ikuti arah jalan melewati kawasan Puri Gading, Pantai Duta Wisata hingga bertemu arah jalan menuju pantai Mutun. Dari situ Anda mengambil arah lurus hingga nanti bertemu rumah makan pindang IKA di sebelah kiri dan gapura Taman Hutan Raya di sebelah kanan, sekitar 50 meter dari rumah makan pindang IKA. Masuk lurus ke bagian dalam, melewati beberapa rumah warga hingga kemudian menemui gapura kawasan Youth Camp Tahura dan kawasan pasar Tahura di bagian dalam Youth Camp tersebut.

Untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini, pengunjung tidak perlu kuatir akan mengeluarkan banyak biaya. Contohnya, harga tiket masuk yang dibandrol untuk memasuki kawasan ini cuma 2500 per orang. Jika membawa kendaraan, ada tambahan biaya parkir yang juga murah, biaya parkir motor 2 ribu dan mobil 3 ribu untuk seharian.

Dulunya kawasan Pasar Tahura dikenal dengan nama Youth Camp. Dibuka pada awal 90-an, hingga tahun 2000 Youth Camp ini ramai sebagai tempat wisata alam dan petualangan. Namun seiring dengan berjalannya waktu pengunjung Youth Camp ini semakin menurun. Adalah komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lampung yang berinisiatif mengembangkan kawasan ini. Komunitas ini beranggotakan anak-anak muda yang aktif melakukan promosi pariwisata melalui media sosial seperti, Instagram, Facebook, Twitter, Path, dan masih banyak yang lainnya.

Youth Camp pun dikreasi ulang dengan disesuaikan dengan selera anak muda zaman now. Kawasan Tahura yang asri ‘dipoles’ menjadi tempat yang menarik. Spot-spot instragrammable dimunculkan, disesuaikan dengan keasrian alam yang ada di kawasan Tahura. Suasana rimbun Tahura dengan suguhan aneka kuliner khas Lampung dan nusantara dikombinasikan dengan hiasan-hiasan yang disukai anak muda kekinian menjadi nilai jual kawasan wisata yang ‘baru’ ini.

Bak gayung bersambut, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Indonesia tengah menggulirkan formulasi baru konsep wisata di tahun 2018 melalui destinasi digital. Konsep ini dipilih untuk mengakomodir kebutuhan generasi milenial di zaman now ini. Jadilah Pasar Tahura ditetapkan menjadi destinasi wisata bersama 6 pasar lainnya, yaitu Pasar Karetan Semarang, Pasar Pancingan Lombok, Pasar Mangrove Batam, Pasar Siti Nurbaya Padang, Pasar Baba Boentjit Palembang dan Pasar Kaki Langit Jogja. Konsep destinasi wisata digital ini diwujudkan dengan tersedianya fasilitas wifi berkecepatan tinggi di seantero kawasan itu secara gratis, sehingga pengunjung bisa puas berselfie ria dan mengupload pada sosmednya saat itu juga, satu hal yang amat digemari para generasi milenial.

Meski menghadirkan konsep baru, Pasar Tahura tidak melupakan keunggulan-keunggulan yang dimiliki kawasan ini. Yang ingin ber-adventure ke air terjun, disiapkan guide yang siap menemani. Air terjun yang memiliki ketinggian hingga 13 tingkat, bisa jadi salah satu rujukan pengunjung sambil berselfie.

Selain suasana alamnya yang menjadi ciri khas Pasat Tahura, pengunjung juga bisa menikmati hiburan yang dihadirkan oleh berbagai komunitas anak muda setiap minggunya sambil berbelanja cendera mata unik khas Lampung. Juga digelar permainan dan games yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Tidak ketinggalan edukasi terkait kekayaan hayati ada di kawasan sini.

Tak hanya itu, jika wisatawan ingin mencicipi berbagai kuliner dan jajanan tradisional hingga modern khas Lampung, di Pasar Tahura ini juga disediakan berbagai macam kuliner yang lezat. Ada 12 booth makanan yang siap memenuhi selera pengunjung setelah lelah berjalan-jalan dan bermain di sini, 10 booth menjual makanan nusantara dan 2 booth lagi menjual makanan khas Lampung. Tidak hanya menu-menu untuk sekedar pengisi perut, booth-booth kuliner disini juga menyakikan keunikan tersendiri. Ambil contoh seperti Umah Bone resto yang menyajikan nasi liwet yang disajikan dengan menggunakan kendil.

Salah satu gerai yang menyajikan makanan khas Lampung adalah Cikwo Resto. Pengunjung yang ingin mencicipi kuliner khas Lampung bisa mampir disini. Ada berbagai pilihan menu tradisional Lampung disini, seperti Pandap yang berbahan dasar daun talas dan ikan samba atau tongkol. Atau Seruit, menu yang cukup populer ini terbuat dari olahan ikan yang digoreng atau dibakar dan dicampur sambal terasi. Sensasi rasanya semakin nancap di lidah dengan hadirnya tempoyak (olahan durian) atau mangga yang asam. Selain itu tersedia juga bakso ikan tuhuk (blue marlin), segubal, dan lainnya.

Tidak hanya menikmati santapan di bawah kerindangan pohon, pengunjung juga bisa bersantap di tengah aliran sungai kecil. Beberapa meja dan kursi kayu berada di tengah sebuah sungai yang membelah kawasan Pasar Tahura. Sambil menikmati pilihan menu, pengunjung bisa merasakan kesejukan air yang mengalir dengan sensasi batu-batu kerikil yang menusuk kaki.

Menariknya, transaksi di Pasar Tahura tidak menggunakan uang tunai. Untuk berbelanja pengunjung harus menukarkan uangnya lebih dulu di Bank Tahura. Pengunjung akan mendapatkan ‘alat tukar resmi’ di Pasar Tahura berupa stick kayu es krim yang bisa digunakan untuk menikmati aneka kuliner, atau buat beli cinderamata. dengan nominal mulai dari 2500, 5000, dan 10000. Harga makanan dan minuman pun kelipatan dari nilai di atas. Jangan kuatir kelebihan menukar uang dengan stick, karena jika stick tidak habis, masih bisa ditukar dengan uang kembali.

Nah, dengan berbagai hal menarik di Pasar Tahura ini, jangan ketinggalan datang ke sini. Suasana alam yang asri, aktivitas-aktivitas yang beragam dan berbagai pilihan kuliner dengan harga terjangkau, rugi kalau belum kesini…

(ES)

 

Tags

 

Baca Juga

  • Resolusi 2018 : Apakah Anda Mau Pindah Jalur Karir?

    Resolusi 2018 : Apakah Anda Mau Pindah Jalur Karir?

    Biasanya di awal tahun, kita melakukan evaluasi dan penetapan resolusi. Salah satu resolusi yang biasa Anda buat adalah terkait pekerjaan Anda. Bisa saja kenaikan gaji, berganti pekerjaan, kenaikan jenjang karir atau bahkan pindah jalur karir. Untuk kenaikan gaji, berganti pekerjaan dan kenaikan jenjang karir biasanya akan ditetapkan berdasarkan atas prestasi pekerjaan yang dibuat pada tahun-tahun […]
  • Kekerasan Anak dan Peran Tenaga Kesehatan untuk Menanganinya

    Kekerasan Anak dan Peran Tenaga Kesehatan untuk Menanganinya

    Kasus kekerasan pada anak akhir-akhir ini makin marak terdengar. Menurut data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terjadi kasus kekerasan anak sebanyak 22.109 kasus yang terjadi antara tahun 20112016. Dengan latar belakang inilah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IMC Bintaro mengadakan seminar kesehatan “Peran Orang Tua dan Tenaga Kesehatan untuk Menghindari Kekerasan Pada Anak” pada hari […]
  • Mercedes-Benz Meluncurkan Tiga Model Baru di Pameran Virtual Pertama, Mercedes-Benz Virtual Expo

    Mercedes-Benz Meluncurkan Tiga Model Baru di Pameran Virtual Pertama, Mercedes-Benz Virtual Expo

    Mercedes-Benz memperkenalkan tiga model terbaru kepada publik melalui pameran virtual pertamanya, Mercedes-Benz Virtual Expo 2020. Dalam merayakan ulang tahunnya yang ke-50 di Indonesia, Mercedes-Benz meluncurkan dua model baru edisi peringatan 50 tahun secara khusus – New S 450 AMG Edition 50 dan New Mercedes-AMG G 63 Edition 50, serta model yang dirakit secara lokal – […]
  • Yang Tersisa dari Festival Budaya Nusantara UMN 2017: Sutra Mandar dari Sulawesi Barat

    Yang Tersisa dari Festival Budaya Nusantara UMN 2017: Sutra Mandar dari Sulawesi Barat

    Pada saat event Festival Budaya Nusantara UMN 2017 tanggal 11-15 September 2017 terdapat beberapa stand anjungan daerah. Di antaranya adalah stand Sulawesi Barat. Di stand tersebut beragam kain yang indah berwarna warni dan cerah digelar di sana yang ternyata adalah sutra mandar. Info Bintaro mencoba menanyakan keberadaan Sutra Mandar. Di sana stand ada sutra mandar […]
  • Semangat Merah Putih Hotel Santika Premiere Bintaro

    Semangat Merah Putih Hotel Santika Premiere Bintaro

    Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia, selalu disambut meriah oleh seluruh masyarakat Indonesia. Untuk menyambut semarak Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71, Hotel Santika Premiere Bintaro menghadirkan paket spesial menginap mulai dari Rp. 710,000,-. Paket yang berlaku tanggal 17 – 20 Agustus 2016 ini, sudah termasuk welcome drink dan breakfast untuk 2 orang, diskon 15% untuk Food […]
  • Garda Oto Menjalin Sinergi Dengan Komunitas Mobil

    Garda Oto Menjalin Sinergi Dengan Komunitas Mobil

    Sudah 12 tahun lamanya Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra mengadakan kampanye keselamatan berkendara Always Drive Safely. Selama 12 tahun itu pula kampanye yang juga merupakan bagian dari kampanye keselamatan berkendara Grup Astra, Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas ini dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan, mulai dari kompetisi pembuatan video, pelatihan untuk pengemudi angkutan […]
  • Perjalanan 120 Tahun Mercedes dari Brand Mobil Premium Menjadi Holistic Luxury Brand

    Perjalanan 120 Tahun Mercedes dari Brand Mobil Premium Menjadi Holistic Luxury Brand

    Pada bulan April 1900, Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) dan pengusaha Emil Jellinek membangun fondasi untuk salah satu brand premium paling bernilai di dunia. Emil Jellinek, seorang penggemar mobil yang tinggal di Nice, adalah diler kendaraan Daimler terbesar pada saat itu dan telah mendaftarkan mobil-mobil tersebut untuk ajang balap. Sejak saat itu, semua kendaraan DMG diberi nama sama […]
  • Pilkada Serentak Di Banten Akan Dipantau Sejumlah Negara

    Pilkada Serentak Di Banten Akan Dipantau Sejumlah Negara

    Sudah ada sekitar 12 negara yang menyatakan kesiapannya akan mengirimkan delegasinya untuk memantau proses Pilkada serentak di sejumlah daerah Banten pada 27 Juni mendatang. Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi di Serang, Sabtu mengatakan, Pilkada serentak di Banten akan menjadi salah satu objek pemantauan lembaga Internasional. Seperti Tahun 2015 lalu, pilkada serentak di Banten juga […]
  • Buka Puasa Bersama & Donasi Ramadhan PT. Tozy Sentosa dengan Petugas Kebersihan Kawasan Bintaro Jaya

    Buka Puasa Bersama & Donasi Ramadhan PT. Tozy Sentosa dengan Petugas Kebersihan Kawasan Bintaro Jaya

    Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, rahmat, dan keampunan. Bulan Ramadhan juga adalah bulan ibadah yang sangat dianjurkan kepada umat Islam untuk berbuat amal kebajikan sebanyak-banyaknya, karena pada bulan Ramadhan akan dilipatgandakan nilai pahala ibadah. Oleh karena itu, pada bulan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk berbagi dan bersedekah, karena setiap amal yang dilakukan di […]
  • Hankook Tire Jadi Mitra Ban Resmi Mobil Sport Audi RS Terbaru, Buktikan Konsistensi Bidik Segmen Mobil Premium

    Hankook Tire Jadi Mitra Ban Resmi Mobil Sport Audi RS Terbaru, Buktikan Konsistensi Bidik Segmen Mobil Premium

    Produsen ban global Hankook melanjutkan komitmennya membidik segmen mobil premium. Baru-baru ini, Hankook resmi terpilih menjadi mitra ban original equipment (OEM) untuk mobil sport Audi keluaran terbaru yaitu Audi RS 6 Avant dan Audi RS 7 Sportback. Ban performa tinggi atau ultra-high performance (UHP) Hankook akan digunakan pada kedua Audi tersebut. Dengan mesin bertenaga 441 […]
  • Agar Tetap Produktif #Dirumahaja, Kominfo Buka Online Academy DTS

    Agar Tetap Produktif #Dirumahaja, Kominfo Buka Online Academy DTS

    Untuk meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia yang sedang #dirumahaja dalam situasi darurat wabah virus korona atau Covid-19, Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyelenggarakan Online Academy dalam Program Digital Talent Scholarship (DTS) 2020. “Beasiswa ini merupakan upaya Kominfo untuk mendukung arahan Presiden mengenai physical distancing. Sekaligus untuk meningkatkan keterampilan di bidang IT yang bisa dilaksanakan dari rumah,” […]
  • Ini Bukan Perpisahan: Kru Emirates Berikan Salam Perpisahan Emosional untuk Penerbangan Terakhir

    Ini Bukan Perpisahan: Kru Emirates Berikan Salam Perpisahan Emosional untuk Penerbangan Terakhir

    Kru Emirates di seluruh dunia telah mengucapkan sampai jumpa pada penerbangan terakhir yang beroperasi kembali ke Dubai. EK 005 ke London Heathrow, yang berangkat pada pukul 16.05 pada 24 Maret adalah penerbangan terakhir untuk lepas landas dari Dubai. EK 262 dari Sao Paulo, yang mendarat pada pukul 22.35 (waktu setempat) adalah penerbangan terakhir yang tiba […]
  • Telkomsel Hadir di BXC

    Telkomsel Hadir di BXC

    Handphone dan internet sudah merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan ada orang yang rela kembali pulang ke rumah karena dia lupa membawa handphonenya. Minggu ini ada kabar gembira bagi para pengguna sim card Telkomsel. Sekarang bisa ke mal sekalian urus masalah handphone. Ya, Telkomsel telah memindahkan gerainya dari Bintaro Sektor 3 […]
  • 4 Hal Ini Harus Menjadi Perhatian Bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

    4 Hal Ini Harus Menjadi Perhatian Bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

    Anak adalah anugerah dari Sang Pencipta kepada setiap orang tua. Setiap orang tua memiliki harapan besar buah hatinya tumbuh sehat dan menjadi pribadi yang unggul nantinya. Namun bagaimana jika orang tua menghadapi kenyataan anaknya termasuk pada kategori Anak Berkebutuhan Khusus? Sedih sudah pasti, namun yang terpenting adalah penanganan yang harus diperhatikan sehingga anak-anak bisa tumbuh […]
  • Pennyworth Mulai Tayang di Asia 29 Juni, Eksklusif di Warner TV

    Pennyworth Mulai Tayang di Asia 29 Juni, Eksklusif di Warner TV

    Season pertama kisah asli DC yang bercerita tentang kepala pelayan Bruce Wayne yang legendaris, Alfred Pennyworth, mulai tayang di Warner TV pada 29 Juni jam 20.00 WIB. Episode selanjutnya tayang setiap Senin jam 20.00 WIB. Pennyworth bercerita tentang Alfred Pennyworth (Jack Bannon – The Imitation Game), seorang mantan prajurit British SAS di usia 20-an, yang mendirikan sebuah […]
  • DFSK Banjir SPK dan Penghargaan di Telkomsel IIMS 2019

    DFSK Banjir SPK dan Penghargaan di Telkomsel IIMS 2019

    Telkomsel Indonesia International Motor Show (TIIMS) 2019 telah berlangsung dengan lancar dan sukses sejak 25 April – 5 Mei 2019. DFSK yang menjadi salah satu peserta pameran juga mengakui bahwa pameran ini memberikan banyak keuntungan, dan menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan teknologi terbaru yang ditawarkan kepada masyarakat Indonesia. Selama 11 hari pameran, DFSK sukses […]
  • Manfaat Edukasi Dalam Permainan Lego

    Manfaat Edukasi Dalam Permainan Lego

    Lego – kita semua tahu itu. Sebagian besar dari kita tumbuh dengan itu. Ini adalah salah satu merek terbesar di dunia, langsung dikenali dan memiliki basis penggemar yang sangat besar. Pernahkah Anda memikirkan manfaat pendidikan Lego?  Telah banyak guru dan pakar pendidikan yang membawa lego ke dalam proses pendidikan di kelas. Simak video berikut. [embedyt] […]
  • Semesta Cerita Kita di Ulang Tahun ke-45 Gramedia Pustaka Utama

    Semesta Cerita Kita di Ulang Tahun ke-45 Gramedia Pustaka Utama

    Penerbit Gramedia Pustaka Utama merayakan ulang tahun ke-45, pada hari ini (25/3). Momen istimewa ini ditandai dengan diluncurkannya buku kumpulan cerpen berjudul Semesta Cerita Kita, yang seluruh cerita di dalamnya ditulis oleh tim redaksi GPU. “Ada dua belas editor yang ikut berpartisipasi menyumbangkan tulisannya dalam buku Semesta Cerita Kita. Cerita-cerita di dalamnya tentu akan menarik […]
  • Zenius Luncurkan Zenius untuk Guru, Sebuah Sistem Manajemen Pembelajaran Gratis, dari Guru, untuk Guru

    Zenius Luncurkan Zenius untuk Guru, Sebuah Sistem Manajemen Pembelajaran Gratis, dari Guru, untuk Guru

    Bertepatan dengan Hari Guru Nasional 2020, Zenius mengumumkan peluncuran “Zenius untuk Guru” (ZuG), sebuah Sistem Manajemen Pembelajaran gratis yang dibuat oleh guru, untuk guru. Platform ini sudah bisa digunakan oleh guru se-Indonesia secara gratis, oleh guru segala mata pelajaran, pada segala jenjang pendidikan untuk memudahkan pengelolaan aktivitas pembelajaran. Pengembangan ZuG berangkat dari misi Zenius sebagai […]
  • CREATIFEST 2016 Capai 13 ribu Pengunjung

    CREATIFEST 2016 Capai 13 ribu Pengunjung

    Pada tanggal 22 hingga 24 Juli 2016 lalu telah berlangsung Creatifest 2016 di lantai 3 dan 4 Kuningan City Mall, Jakarta. Di ajang Creatifest 2016 tahun ini, ide kreatif, tenant yang kompeten dan bintang tamu yang menarik mampu mendatangkan lebih dari 13 ribu pengunjung selama 3 hari penyelanggaraannya, naik tiga ribu pengunjung dibandingkan Creatifest tahun […]