Wisata Kuliner Nusantara di Festival Kuliner Serpong 2017

Kabar gembira bagi warga Bintaro, untuk wisata kuliner nusantara tidak perlu jauh-jauh, cukup singgah ke Festival Kuliner Serpong 2017 (FKS) yang digelar di Summarecon Mal Serpong. Summarecon Mall Serpong atau yang biasa disebut dengan SMS adalah salah satu pusat perbelanjaan yang berlokasi di Summarecon Serpong, kota mandiri yang terletak di Kelapa Dua, Tangerang, Banten.

Warga Serpong terlihat sangat antusias menghadiri event ini. Pada saat Info Bintaro meliput ke sana suasana  FKS sangat ramai. Seluruh meja dipenuhi pengunjung yang ingin bersantap bersama keluarga masing-masing. Agak sulit untuk mencari meja yang kosong walaupun saat itu masih pukul 18.30.

Pengunjung Memadati Area Festival Kuliner Serpong

Dari wilayah Bintaro Anda cukup naik tol Serpong dengan membayar Rp. 6.000 menuju mal tersebut. Acara yang digelar dari tanggal 10 Agustus hingga 10 September 2017 ini memiliki jam buka yang berbeda-beda. Hari Senin sampai Kamis jam 16.00 hingga jam 22.00 sedangkan hari Jumat jam 14.00-23.00, hari Sabtu jam 11.00-23.00. Pada hari Minggu dan hari libur jam 11.00-22.00.

Aneka Kuliner

Setibanya di lokasi kuliner, dijamin Anda pasti bingung memilih menu mana yang akan disantap. Beragam menu nusantara ada di FKS. Anda yang berasal dari Bandung bisa bernostalgia mencicipi Es Goyobod Bandung, Batagor Riri Bandung, Kupat Tahu Gempol, serta “BOLBI” Bola Ubi Bandung. Sedangkan pencinta kuliner Cirebon dapat menyantap Pangestu Oleh-oleh Cirebon, Saestu Batik Trusmi Cirebon, juga Bakso Plekenut Dewaruci Cicemplung Cirebon.

Bila Anda gemar sate, di sini Anda dapat menjumpai sate padang petak IX, sate kambing dan kuliner istimewa 1 sate 7 tusuk “sate taican”. Lalu buat Anda yang ngefans dengan nasi goreng kambing kebon sirih pun ada di sini. Pernah dengar nasi otokowok? Ini merupakan nasi goreng ala pecinan yang dicampur dengan mie goreng. Sayangnya pas Info Bintaro ke sana, stoknya telah habis. Menu-menu nusantara ini dikemas dalam bentuk foodcourt yang berada di luar mall (outdoor). Masing-masing tenant memiliki saung yang merupakan khas rumah Sunda.

Alat Pembayaran

Mekanisme pembayaran menu kuliner dilakukan dengan menggunakan kartu, di mana pengisian kartu dapat dilakukan di booth kasir yang ada di lokasi FKS. Asyiknya pengisian kartu pun dapat dilakukan dengan pembayaran melalui kartu kredit, uang tunai, kartu debet BCA dan FLAZZ.

Pengunjung Antri Melakukan Pembelian Kartu Pembayaran

Patut diperhatikan bahwa pengisian kartu dengan kartu kredit, tidak dapat diuangkan kembali (non refundable). Di samping itu pengisian kartu baik dengan kartu debet atau kartu kredit dapat dilakukan dengan nilai minimum Rp. 100.000,-

Acara Hiburan

Berbagai acara hiburan ada di sana seperti Arumba Mang Udjo, penampilan penyanyi terkenal Dewi Yull pada tanggal 31 Agustus lalu dan pengamen angklung yang berkeliling dari satu meja pengunjung ke meja pengunjung lainnya. Benar-benar terasa suasana Jawa Barat  di FKS.

Pertunjukan Sisingaan

Saat Info Bintaro tiba di lokasi, di panggung sedang ada pertunjukan Sisingaan yang ditampilkan oleh Sanggar Tari Maya Pasundan. Sanggar tari yang berlokasi di Tebet ini menampilkan 2 barong yang masing-masing ditandu oleh 4 orang pemuda.

Sisingaan atau Gotong Singa (sebutan lainnya Odong-odong dan Sisingan Reog) merupakan salah satu jenis seni pertunjukan rakyat khas SubangJawa Barat, yang menggunakan media tandu sebagai sarana kreasi seni.

Sisingaan diciptakan sekitar tahun 1975 oleh para seniman sunda, karena mengingat datangnya kesenian reog Ponorogo ke kota tersebut yang dibawa oleh kaum urban dari Ponorogo.

Mas Joko Santoso dari Sanggar Maya Pasundan mengungkapkan bahwa  pertunjukan ini biasanya ramai pada saat libur sekolah di mana anak-anak menjalani upacara sunat. Pertunjukan sisingaan merupakan makna ucapan syukur bagi sang pengantin sunat. Di saat pertunjukan ada momen di mana sang pengantin sunat naik ke atas sisingaan, yang merupakan boneka berbentuk singa ditandu 4 orang.

Baca juga :
Penari Istana Yang Tampil di Festival Kuliner Serpong

Jangan lewatkan penampilan dari seorang penyanyi pria  terkenal yakni Hedi Yunus pada hari Kamis, 7 September 2017 jam 20.00. Hedi Suleiman (lahir di Bandung, Jawa Barat, 24 Agustus 1968; umur 49 tahun) dikenal sebagai penyanyi Indonesia dari grup musik Kahitna. Tak hanya di Kahitna, pria yang lebih dikenal sebagai Hedi Yunus ini juga bernyanyi solo.

Hedi memulai kariernya sejak menjadi juara Festival Suara Remaja Vinolia tahun 1987. Mulai dikenal luas saat membawakan single ” Kristal-kristal Cinta” berduet dengan Irma June, juara Festival Suara Remaja Vinolia tahun 1989. Lagu tersebut akhirnya dijadikan lagu tema film layar lebar yang dibintangi Onky Alexander dan Anna Valianna. Sebelumnya, Hedi pernah muncul dengan single “Adakah Dia” (1989). Setelah itu, Hedi mengeluarkan single “Apa Maumu” (1990), single “Berikanlah” (1991), single “Abadilah Cinta” (1991), album Haruskah (1991), album Emosi Diri (1994), dan album Suratku (1996). Serta 2 album religi dan album the best of. Salah satu lagu di album “Suratku” (1995), Hedi berduet dengan penyanyi Malaysia, Ning Baizura.

Pertunjukan Jaipongan

Saran Untuk Pengunjung

Bagi Anda yang tertarik untuk mampir ke Summarecon Mal Serpong, disarankan tidak membawa mobil pribadi. Agak sulit mencari parkir di saat akhir pekan atau hari libur. Anda bisa naik taxi online menuju Summarecon Mal Serpong. Mudah, bukan?

Info lebih lanjut

Summarecon Mal Serpong
Jl. Boulevard Gading Serpong, Sentra Gading Serpong
Pakulonan Barat, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810
Telp. 021 – 5460 888

 

(EGS)