Gaya Hidup Liputan Pendidikan

Wine Pairing di Kampus Atma Jaya

Salah satu prestasi membanggakan diraih oleh salah satu mahasiswa pariwisata Indonesia yakni Andre Gilitasha yang berhasil meraih medali perak pada Worldskills Competition ke-44 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 15-20 Oktober 2017. Andre meraih medali perak pada bidang lomba restaurant services. Restaurant services menjadi salah satu aspek yang patut diperhatikan bila Indonesia ingin meningkatkan kunjungan turis manca negara.

Target Pemerintah

Pada tanggal 26-27 September 2017 lalu Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengadakan Rakornas Pariwisata III tahun 2017. Di forum tiga bulanan ini, Kemenpar kembali menegaskan target 17 juta wistawan manca negara dan 270 juta wisatawan nusantara di tahun 2018.

Target pemerintah ini akan sulit dicapai apabila industri pariwisata Indonesia belum siap. Di antaranya ketrampilan yang memadai di bidang hospitality, khususnya Food & Beverage (F&B).

Padahal hospitality Indonesia telah dikenal luas secara internasional, dan sudah terbukti dari begitu banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Indonesia. Keramahan asli Indonesia juga ditemukan di luar negeri, di bidang perhotelan, banyak orang Indonesia menjalani pekerjaan tertentu dan berkarir yang melibatkan operasional serta jasa di bidang perhotelan.

Sebagai negara yang menjunjung tinggi kebaikan, Indonesia mewarisi sikap keramahtamahan (hospitality) kepada turunannya. Dengan beberapa program pendidikan yang mengembangkan integritas dan motivasi, banyak orang di Indonesia percaya bahwa kemajuan Pariwisata di Indonesia akan segera menjadi besar.

Pentingnya pendidikan hospitality di Indonesia dapat dilihat dengan banyaknya SMK Pariwisata, Akademi Pariwisata dan Sekolah Perhotelan di Indonesia. Salah satunya adalah program hospitality di  Unika Atma Jaya, kampus BSD.

Kampus ini kerap mengadakan pelatihan-pelatihan yang dilakukan untuk mempersiapkan tenaga kerja pariwisata Indonesia untuk melayani kunjungan turis manca negara yang akan datang ke negeri kita.

Bentuk Acara

Pada hari Sabtu, 4 November 2017 diadakan pelatihan di kampus Unika Atma Jaya yang berlokasi BSD, para peserta diperkenalkan sejarah wine dunia dan juga mencicipi langsung makanan tradisional Indonesia yang dikombinasikan dengan wine yakni lontong sayur, rujak pengantin dan kue ranggi. Menurut Astuti Kusumawicitra Laturiuw, M.Hum, Phd, Kaprodi Hospitality Unika Atma Jaya, acara ini merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya. Tahun lalu wine pairing dilakukan dengan memadukan wine dengan makanan ringan (snack)

Trainer

Hadir sebagai trainer pada acara ini adalah Gevin Indra, pendiri Oinos Project yang memberi pelatihan di bidang wine dan konsultan bidang hospitality. Lembaga yang berdiri pada bulan Desember 2015 memberikan layanan untuk memberikan konsultasi di bidang Food & Beverage. Di samping memberikan kursus tentang wine, Oinos Project juga memberikan pelatihan bagi hotel dan industri F& B. Saat ini Gevin Indra juga menjabat sebagai General Manager TSVC Establishment yang bertanggung jawab menjalankan empat outlet F&B ternama di Bandung (fabrik Eatery & Bar, General. Co, Sejiwa and Please Please Please).

Gevin mengungkapkan bahwa kurikulum pariwisata Indonesia lebih hebat daripada di luar negeri. Tinggal restaurant services skills yang perlu ditingkatkan. Maka akhir-akhir ini Pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud RI sering mengadakan pelatihan-pelatihan di setiap jurusan SMK Pariwisata. Termasuk wine services. Gevin Indra pun terlibat dalam persiapan para peserta lomba restaurant services pada ajang tahunan bergengsi di bidang pariwisata yakni Worldskills Competition ke-44 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada tanggal 15-20 Oktober 2017. Dan bersyukur Indonesia berhasil meraih medali perak dalam ajang tersebut.

Wine lokal

Dalam pelatihan di kampus Atma Jaya Sabtu selalu digunakan wine hasil karya negeri sendiri. Tahukah Anda bahwa Indonesia juga memiliki wine lokal yang bernama Hatten Wines? Ini merupakan satu-satunya wine buatan Indonesia yang dibuat dari anggur lokal adalah Hatten Wines dengan merk dagang TWOislands.

Meskipun ada anggapan umum bahwa nyaris mustahil menumbuhkan anggur dan memproduksi wine berkualitas di iklim tropis Asia, Hatten Wines berhasil mendirikan perusahaan wine yang sukses dan mendapat perhatian internasional. Pada tahun 1994, Bapak Ida Bagus Rai Budarsa mendirikan Hatten Wines, the first and only true Balinese winery, dan memperkenalkan cita rasa wine Bali ke meja-meja hotel dan restaurant di seluruh Indonesia.

BACA JUGA  Kuliah, Bimbingan Hingga Sidang Skripsi di UMN Lewat Online

Hatten Wines berkomitmen akan kualitas dan rasa standar internasional dan terpilih sebagai Top-10 Fastest Improving Producers in Asia. Perkebunan Hatten Wines terletak sepanjang pantai utara Bali (Kabupaten Buleleng) dan menggunakan anggur hitam lokal jenis Alphones-Lavalleé, French table grapes serta anggur putih lokal – Belgia dan Probolinggo Biru. Anggur-anggur ini memungkinkan Hatten Wines berproduksi sepanjang tahun karena tidak ada periode “tidur” di iklim tropis seperti halnya di Eropa. Dengan pengetahuan dan pengalamannya yang mendalam, seorang winemaker Australia turut mengelola pabrik Hatten Wines di Sanur. Kolaborasi solid antara winemaker Australia dengan owner Bali ini melahirkan dua brand wine yang ditangani secara cermat yakni HATTEN WINES  dan AGA.

Wine pairing

Dalam kesempatan pelatihan di kampus Atma Jaya Gevin Indra memberikan pemaparan mengenai ‘where East and West meet‘ yaitu cara menikmati wine yang tepat dengan makanan tertentu. “Semua menu makanan bisa dipadankan dengan wine. Jadi bukan hanya makanan luar negeri yang bisa disajikan dengan wine, tapi citarasa Indonesia juga bisa seperti kroket, asinan buah, gethuk,” ungkap dia.

Selain itu, Gevin juga mengatakan selama makanan tersebut tidak terlalu strong karakternya, maka makanan tersebut dapat dipadukan dengan wine, yang penting antara makanan dan wine rasanya tidak saling bertentangan.

Wine pairing itu pada dasarnya adalah suatu pengetahuan tentang wine apa yang cocok dengan makanan yang akan Anda santap. Karena itu untuk melakukan wine pairing, Anda harus mengetahui terlebih dahulu makanan apa yang akan Anda santap. Misalnya daging ayam cocok dipadukan dengan jenis wine pinot noir, sangiovese atau merlot. Menarik bukan?

Info lebih lanjut:
Program Studi Hospitality Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Kampus BSD
Jalan Raya Cisauk, BSD City, Tangerang, Banten 15345
Telp : 0812 8386 8204, 0877 7539 8770

 

(EGS)

 

 

Baca Juga

  • Asuransi Astra Siapkan 1 Triliun untuk Perlindungan Diri Pemudik

    Asuransi Astra Siapkan 1 Triliun untuk Perlindungan Diri Pemudik

    Dalam rangka memberikan ketenangan kepada masyarakat selama perjalanan mudik Lebaran 1439 H, Asuransi Astra telah menyiapkan sedikitnya 1 triliun rupiah untuk memberikan jaminan perlindungan kepada para pemudik di seluruh Indonesia. Program ini adalah wujud komitmen Perusahaan dalam memberikan peace of mind serta upaya membantu pemerintah meningkatkan angka literasi asuransi. Jaminan perlindungan diri atau personal protection […]
  • Shopback Catat Peningkatan Transaksi hingga 3 Kali Lipat Selama Ramadan

    Shopback Catat Peningkatan Transaksi hingga 3 Kali Lipat Selama Ramadan

    ShopBack, platform gaya hidup yang mendukung masyarakat belanja hemat dan cermat, mencatat peningkatan transaksi hampir 3 kali lipat sepanjang Ramadan tahun ini, dengan rata-rata belanja hingga Rp 1,2 juta rupiah. Sementara itu, berdasarkan data historis Shopback, jumlah pemesanan dan transaksi meningkat tajam di minggu kedua Ramadan. Hal ini disebabkan di minggu tersebut kebanyakan dari masyarakat […]
  • Tips Aman Mudik dari KNKT

    Tips Aman Mudik dari KNKT

    Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menerbitkan tips bagi pemudik untuk melakukan perjalanan yang aman dengan menjaga kondisi fisik selama berkendara jangan sampai mengalami kelelahan (fatigue). Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno mengatakan, data Kepolisian RI menunjukkan kecelakaan pada masa libur lebaran banyak disebabkan karena kelelahan (fatigue) pengemudi. Fatigue sendiri, menurut Djoko, merupakan kondisi penurunan kewaspadaan dan kemampuan […]
  • Rumah Lombok Nuansa Maldives di Pahawang Lampung

    Rumah Lombok Nuansa Maldives di Pahawang Lampung

    Bagi Anda yang gemar melakukan travelling menjelajah berbagai tempat-tempat menarik, ada satu pilihan tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi karena tempat wisata ini menawarkan keunikan yang tidak Anda temukan di tempat lain. Destinasi wisata yang dimaksud adalah Little Maldives di Pahawang, Lampung. Keunikan tempat ini karena menggabungkan berbagai keindahan tempat wisata yang sangat terkenal, […]
  • Corporate Communication Sinar Mas Land Meraih PR Indonesia Award 2018

    Corporate Communication Sinar Mas Land Meraih PR Indonesia Award 2018

    Sinar Mas Land diwakili Head of Corporate Communication Sinar Mas Land – Panji Himawan (kanan) menerima penghargaan dalam ajang PR Indonesia Award di Surabaya Jawa Timur (29/3/18). Corporate Communication Sinar Mas Land memenangkan penghargaan dalam kategori program PR terbaik dengan tema “PR Campaign for Digital Hub project at BSD City” karena berhasil mensosialisasikan proyek Digital […]
  • Modifikasi Twins Baru dari Royal Enfield

    Modifikasi Twins Baru dari Royal Enfield

    Royal Enfield, pemimpin pasar global untuk segmen motor mid-size, untuk pertama kalinya memperkenalkan kepada publik tiga motor kustom terbaru yang dibuat sebelum sepeda motor ini diluncurkan ke pasaran dengan platform twin-cylinder, di festival Wheels and Waves edisi ke-7. Wheels and Waves merupakan festival berselancar dan bermotor terkemuka di Eropa yang diadakan setiap tahun di kota […]
  • Kemeriahan Lomba Permainan Tradisional di Bintaro Xchange Mall

    Kemeriahan Lomba Permainan Tradisional di Bintaro Xchange Mall

    Untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-71, Bintaro Xchange Mall mengadakan berbagai acara yang dikemas dalam tema BXc Mall Berbagi MERDEKA. Acara pertama adalah Lomba Permainan Tradisional, yang bekerjasama dengan Komunitas Hong yang berlangsung tanggal 17 Agustus 2016. Acara berikutnya  adalah Donor Darah, yang sekaligus merupakan perayaan HUT ke-55 PT. Pembangunan Jaya. Rangkaian perayaan HUT […]
  • Samsung Galaxy A80 Terbaru: Diciptakan untuk Era of Live

    Samsung Galaxy A80 Terbaru: Diciptakan untuk Era of Live

    Samsung Electronics Co., Ltd. hari ini memperkenalkan produk terbaru Galaxy A80 – smartphone yang diciptakan untuk mendukung bagaimana orang saling terlibat pada Era Live. Kini, semakin banyak orang menggunakan smartphone untuk berbagi interaksi secara langsung – mengambil foto spontan, streaming live video dan saling terhubung dalam suatu peristiwa dan dibagikan pada saat itu juga. Kita […]
  • Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

    Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

    Harian Kompas tanggal 23 Juli 2018 menulis fenomena kecanduan gadget (gawai) ancam anak-anak. Gawai yang terhubung sistem daring dengan berbagai fitur, ibarat pisau bermata dua yang bisa bermanfaat tetapi juga bisa membahayakan kehidupan anak-anak.  Sejumlah anak mengalami “gangguan jiwa” akibat kecanduan gawai. Selain menjadi alat komunikasi dan sumber informasi, gawai yang dilengkapi berbagai fitur juga  […]
  • Nikmati Nuansa 90-an di Rame Rame Jajan Kuliner “Rindu Rasa Lama”Sambil Berbagi Bersama Anak-anak Pejuang Kanker

    Nikmati Nuansa 90-an di Rame Rame Jajan Kuliner “Rindu Rasa Lama”Sambil Berbagi Bersama Anak-anak Pejuang Kanker

    Event kuliner tahunan Rame Rame Jajan Kuliner (RJK) kembali hadir di Tangcity Mall, dengan menyuguhkan pengalaman wisata kuliner dan rekreasi yang berbeda sejak 19 September hingga 13 Oktober 2019. Bertajuk Rame Rame Jajan Kuliner “Rindu Rasa Lama”, RJK diresmikan lewat Opening Ceremony pada Sabtu (21/9/2018). Sejumlah pengisi acara memeriahkan Opening Ceremony yang dimulai pada pukul […]
  • Foto : Melatih Percaya Diri Anak, Shinkenjuku Bintaro Sektor 9 Mengadakan Lomba Kemampuan Berpikir Matematika

    Foto : Melatih Percaya Diri Anak, Shinkenjuku Bintaro Sektor 9 Mengadakan Lomba Kemampuan Berpikir Matematika

    Untuk melatih kepercayaan diri anak menghadapi perlombaan, Shinkenjuku Bintaro Sektor 9, sebuah lembaga bimbingan belajar dari Jepang dengan penekanan belajar itu menyenangkan mengadakan Lomba Kemampuan Berpikir Matematika pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017. Lomba yang mengambil tempat di Shinkenjuku Bintaro 9, Jl. Maleo I Blok JA 1 No. 1, Bintaro Sektor 9 ini diikuti oleh […]
  • Royal Enfield Mendukung Budaya Kustom di Kustomfest 2018

    Royal Enfield Mendukung Budaya Kustom di Kustomfest 2018

    Perusahaan sepeda motor tertua di dunia yang masih beroperasi, Royal Enfield memproduksi sepeda motor dengan desain yang sederhana dan mesin yang tangguh untuk memberikan pengalaman berkendara yang sesungguhnya. Karena sifatnya yang sederhana, sepeda motor Royal Enfield mudah untuk dikustom dan dapat mewujudkan ekspresi diri. Royal Enfield terus mendukung para builders dan pemilik sepeda motor untuk […]
  • Pentingnya Pelatihan dan Pendidikan Kewirausahaan

    Pentingnya Pelatihan dan Pendidikan Kewirausahaan

    Di tengah himpitan ekonomi yang semakin besar dan lapangan pekerjaan yang semakin sempit, kewirausahaan dirasakan sebagai jalan yang paling efektif untuk membangkitkan kembali kehidupan perekonomian masyarakat. Mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menjelaskan bahwa jumlah wirausaha Indonesia baru mencapai 3,1 persen dari jumlah penduduk. Rasio ini masih […]
  • Test Drive Mercedes Benz PRO Motor BSD di Puri Bintaro

    Test Drive Mercedes Benz PRO Motor BSD di Puri Bintaro

    Untuk mendekatkan diri dengan calon-calon pelanggannya, PRO Motor BSD, sebuah dealer mobil kelas atas, Mercedes Benz di BSD, mengadakan test drive di wilayah Puri Bintaro, Bintaro Sektor 9, pada Sabtu dan Minggu, 15 & 16 April 2017. Test drive yang berlangsung di sisi danau (poulder) Puri Bintaro berlangsung dari pukul 6 pagi sampai dengan 17.30. […]
  • Program Sensus PBB dan Pertanahan di Tangsel

    Program Sensus PBB dan Pertanahan di Tangsel

    Program Sensus PBB dan Pertanahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 2018 terus berjalan. Saat ini, progresnya masuk dalam tahap pemetaan dan pendataan yang dilaksanakan serentak di empat kecamatan, yakni Serpong, Serpong Utara, Pondok Aren dan Kecamatan Pamulang. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel, Dadang Sofyan mengatakan pemetaan secara serentak sudah dilaksanakan di empat kecamatan. […]
  • Lion Air Akan Terbang ke Destinasi Baru: Banyuwangi

    Lion Air Akan Terbang ke Destinasi Baru: Banyuwangi

    Jakarta sebagai megapolitan selalu memiliki banyak cerita dari sisi kebutuhan liburan dan bisnis. Khusus tujuan wisata telah menyuguhkan beragam objek popular yang menarik perhatian antara lain Taman Wisata Alam Mangrove, Monumen Nasional, Taman Mini Indonesia Indah, Kepulauan Seribu dan lain-lain. Bagi pehobi sejarah dan sosial budaya sangat ideal menjelajahi Kawasan Wisata Kota Tua serta beberapa […]
  • Citilink Indonesia Mulai Berlakukan Kebijakan Biaya Bagasi Penerbangan Domestik

    Citilink Indonesia Mulai Berlakukan Kebijakan Biaya Bagasi Penerbangan Domestik

    Maskapai Berbiaya Hemat (LCC) Citilink Indonesia akan segera memberlakukan kebijakan baru terkait dengan penambahan biaya bagasi pada setiap penerbangan domestik mulai Jumat, 8 Februari 2019. “Dalam rangka memberikan kualitas layanan yang prima kepada pelanggan setia Citilink ditengah ketatnya persaingan di industri transportasi udara, maka Citilink sebagai maskapai dengan standar layanan no frills akan memberlakukan ketentuan […]
  • AirAsia Beroperasi di Lokasi Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Mulai 6 Juni 2018

    AirAsia Beroperasi di Lokasi Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Mulai 6 Juni 2018

    AirAsia memindahkan operasionalnya ke lokasi baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, pada 6 Juni 2018. Terminal baru berjarak 6 Km dari terminal lama atau sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Sehubungan dengan perpindahan ini, jadwal penerbangan AirAsia tidak mengalami perubahan, namun AirAsia mengimbau penumpang yang akan berangkat dari Semarang untuk melakukan online check-in melalui aplikasi […]
  • EKTIZO Coding, Pelopor Kursus Coding Jarak Jauh di Indonesia

    EKTIZO Coding, Pelopor Kursus Coding Jarak Jauh di Indonesia

    Berkat internet, sistem pembelajaran jarak jauh tidak menjadi masalah lagi. Hal ini dibuktikan oleh EKTIZO Coding yang merupakan sebuah perusahaan rintisan (start-up company) yang bergerak dalam bidang coding tutorial. Didirikan pada tahun 2015 oleh Budi Chang, seorang akademisi dan praktisi teknologi dan pendidikan, yang terpanggil untuk mendidik generasi muda Indonesia terutama anak-anak dan remaja dalam […]
  • THR Sudah Habis Hari ini?

    THR Sudah Habis Hari ini?

    Rasanya belum lama THR turun, namun di antara kita sudah ada yang merasa bokek karena uangnya menipis. Ke mana larinya gaji dan THR? Mungkin ke gaya hidup konsumtif Gaji kita pasti cukup untuk biaya hidup. Saat mengajukan penawaran upah kepada perusahaan, kita sudah memperkirakan berapa besar pengeluaran bulanan, investasi, cicilan, tabungan dan sebagainya. Sementara perusahaan […]