Gaya Hidup Liputan Pendidikan

Wine Pairing di Kampus Atma Jaya

Salah satu prestasi membanggakan diraih oleh salah satu mahasiswa pariwisata Indonesia yakni Andre Gilitasha yang berhasil meraih medali perak pada Worldskills Competition ke-44 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 15-20 Oktober 2017. Andre meraih medali perak pada bidang lomba restaurant services. Restaurant services menjadi salah satu aspek yang patut diperhatikan bila Indonesia ingin meningkatkan kunjungan turis manca negara.

Target Pemerintah

Pada tanggal 26-27 September 2017 lalu Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengadakan Rakornas Pariwisata III tahun 2017. Di forum tiga bulanan ini, Kemenpar kembali menegaskan target 17 juta wistawan manca negara dan 270 juta wisatawan nusantara di tahun 2018.

Target pemerintah ini akan sulit dicapai apabila industri pariwisata Indonesia belum siap. Di antaranya ketrampilan yang memadai di bidang hospitality, khususnya Food & Beverage (F&B).

Padahal hospitality Indonesia telah dikenal luas secara internasional, dan sudah terbukti dari begitu banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Indonesia. Keramahan asli Indonesia juga ditemukan di luar negeri, di bidang perhotelan, banyak orang Indonesia menjalani pekerjaan tertentu dan berkarir yang melibatkan operasional serta jasa di bidang perhotelan.

Sebagai negara yang menjunjung tinggi kebaikan, Indonesia mewarisi sikap keramahtamahan (hospitality) kepada turunannya. Dengan beberapa program pendidikan yang mengembangkan integritas dan motivasi, banyak orang di Indonesia percaya bahwa kemajuan Pariwisata di Indonesia akan segera menjadi besar.

Pentingnya pendidikan hospitality di Indonesia dapat dilihat dengan banyaknya SMK Pariwisata, Akademi Pariwisata dan Sekolah Perhotelan di Indonesia. Salah satunya adalah program hospitality di  Unika Atma Jaya, kampus BSD.

Kampus ini kerap mengadakan pelatihan-pelatihan yang dilakukan untuk mempersiapkan tenaga kerja pariwisata Indonesia untuk melayani kunjungan turis manca negara yang akan datang ke negeri kita.

Bentuk Acara

Pada hari Sabtu, 4 November 2017 diadakan pelatihan di kampus Unika Atma Jaya yang berlokasi BSD, para peserta diperkenalkan sejarah wine dunia dan juga mencicipi langsung makanan tradisional Indonesia yang dikombinasikan dengan wine yakni lontong sayur, rujak pengantin dan kue ranggi. Menurut Astuti Kusumawicitra Laturiuw, M.Hum, Phd, Kaprodi Hospitality Unika Atma Jaya, acara ini merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya. Tahun lalu wine pairing dilakukan dengan memadukan wine dengan makanan ringan (snack)

Trainer

Hadir sebagai trainer pada acara ini adalah Gevin Indra, pendiri Oinos Project yang memberi pelatihan di bidang wine dan konsultan bidang hospitality. Lembaga yang berdiri pada bulan Desember 2015 memberikan layanan untuk memberikan konsultasi di bidang Food & Beverage. Di samping memberikan kursus tentang wine, Oinos Project juga memberikan pelatihan bagi hotel dan industri F& B. Saat ini Gevin Indra juga menjabat sebagai General Manager TSVC Establishment yang bertanggung jawab menjalankan empat outlet F&B ternama di Bandung (fabrik Eatery & Bar, General. Co, Sejiwa and Please Please Please).

Gevin mengungkapkan bahwa kurikulum pariwisata Indonesia lebih hebat daripada di luar negeri. Tinggal restaurant services skills yang perlu ditingkatkan. Maka akhir-akhir ini Pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud RI sering mengadakan pelatihan-pelatihan di setiap jurusan SMK Pariwisata. Termasuk wine services. Gevin Indra pun terlibat dalam persiapan para peserta lomba restaurant services pada ajang tahunan bergengsi di bidang pariwisata yakni Worldskills Competition ke-44 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada tanggal 15-20 Oktober 2017. Dan bersyukur Indonesia berhasil meraih medali perak dalam ajang tersebut.

Wine lokal

Dalam pelatihan di kampus Atma Jaya Sabtu selalu digunakan wine hasil karya negeri sendiri. Tahukah Anda bahwa Indonesia juga memiliki wine lokal yang bernama Hatten Wines? Ini merupakan satu-satunya wine buatan Indonesia yang dibuat dari anggur lokal adalah Hatten Wines dengan merk dagang TWOislands.

Meskipun ada anggapan umum bahwa nyaris mustahil menumbuhkan anggur dan memproduksi wine berkualitas di iklim tropis Asia, Hatten Wines berhasil mendirikan perusahaan wine yang sukses dan mendapat perhatian internasional. Pada tahun 1994, Bapak Ida Bagus Rai Budarsa mendirikan Hatten Wines, the first and only true Balinese winery, dan memperkenalkan cita rasa wine Bali ke meja-meja hotel dan restaurant di seluruh Indonesia.

BACA JUGA  CIMB Niaga Resmikan Digital Lounge @Campus di Bandung

Hatten Wines berkomitmen akan kualitas dan rasa standar internasional dan terpilih sebagai Top-10 Fastest Improving Producers in Asia. Perkebunan Hatten Wines terletak sepanjang pantai utara Bali (Kabupaten Buleleng) dan menggunakan anggur hitam lokal jenis Alphones-Lavalleé, French table grapes serta anggur putih lokal – Belgia dan Probolinggo Biru. Anggur-anggur ini memungkinkan Hatten Wines berproduksi sepanjang tahun karena tidak ada periode “tidur” di iklim tropis seperti halnya di Eropa. Dengan pengetahuan dan pengalamannya yang mendalam, seorang winemaker Australia turut mengelola pabrik Hatten Wines di Sanur. Kolaborasi solid antara winemaker Australia dengan owner Bali ini melahirkan dua brand wine yang ditangani secara cermat yakni HATTEN WINES  dan AGA.

Wine pairing

Dalam kesempatan pelatihan di kampus Atma Jaya Gevin Indra memberikan pemaparan mengenai ‘where East and West meet‘ yaitu cara menikmati wine yang tepat dengan makanan tertentu. “Semua menu makanan bisa dipadankan dengan wine. Jadi bukan hanya makanan luar negeri yang bisa disajikan dengan wine, tapi citarasa Indonesia juga bisa seperti kroket, asinan buah, gethuk,” ungkap dia.

Selain itu, Gevin juga mengatakan selama makanan tersebut tidak terlalu strong karakternya, maka makanan tersebut dapat dipadukan dengan wine, yang penting antara makanan dan wine rasanya tidak saling bertentangan.

Wine pairing itu pada dasarnya adalah suatu pengetahuan tentang wine apa yang cocok dengan makanan yang akan Anda santap. Karena itu untuk melakukan wine pairing, Anda harus mengetahui terlebih dahulu makanan apa yang akan Anda santap. Misalnya daging ayam cocok dipadukan dengan jenis wine pinot noir, sangiovese atau merlot. Menarik bukan?

Info lebih lanjut:
Program Studi Hospitality Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Kampus BSD
Jalan Raya Cisauk, BSD City, Tangerang, Banten 15345
Telp : 0812 8386 8204, 0877 7539 8770

 

(EGS)

 

 

Baca Juga

  • CIAYO Comics Hadirkan Kompetisi Komik Terbesar di Indonesia, Menarik Hingga 600 Komikus Lokal

    CIAYO Comics Hadirkan Kompetisi Komik Terbesar di Indonesia, Menarik Hingga 600 Komikus Lokal

    CIAYO Comics Challenge, kompetisi komik terbesar CIAYO Comics menutup pendaftaran pada tanggal 8 November 2018. Submisi komik telah dibuka tanggal 8 April 2018 dan telah resmi ditutup pada 8 November 2018. CIAYO Comics Challenge Vol. 3 berhasil mengumpulkan pendaftaran komik lokal sebanyak 600 judul komik dalam kurun waktu 8 bulan. CIAYO Comics Challenge telah diselenggarakan […]
  • Positive People, Positive Mind

    Positive People, Positive Mind

    Siapa sih yang tidak kenal dengan kata stres? Pasti semua orang yang hidup di dunia ini sudah pernah mengalaminya. Mulai dari usia muda hingga dewasa pasti pernah mengalami suatu kejadian di dalam hidup mereka yang dapat memicu terjadinya stres. Apalagi jika kita tinggal di lingkungan perkotaan yang memiliki banyak tuntutan mengenai gaya hidup, tentu saja […]
  • Nissan dan Datsun Iringi Peresmian Tol Trans Jawa

    Nissan dan Datsun Iringi Peresmian Tol Trans Jawa

    Nissan Terra dan Datsun CROSS ikut serta pada peresmian tol Trans Jawa yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Desember lalu. Selain dua model itu, Nissan Navara dan New Datsun GO menjadi kendaraan pertama yang menempuh jarak 300 kilometer dengan rute Surabaya menuju jembatan Kalikuto, Jawa Tengah. Rombongan Nissan Indonesia turut serta bersama […]
  • SemuanyaAdaDisini, Kemenperin Kampanyekan IKM Masuk e-Commerce

    SemuanyaAdaDisini, Kemenperin Kampanyekan IKM Masuk e-Commerce

    Kementerian Perindustrian semakin serius memacu pengembangan industri kecil dan menengah (IKM). Salah satu langkah strategis yang dijalankan adalah mengoptimalkan pemasaran produk IKM melalui platform e-commerce untuk menggantikan cara penjualan offline yang sulit dilakukan di masa pandemi Covid-19. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk mempercepat transformasi digital. Sebab, transaksi […]
  • Serba Spesial di Indobuildtech Jakarta 2019 2nd Phase : Dari Promo Diskon Building Material & Interior, Sampai Architecture Installation Festival

    Serba Spesial di Indobuildtech Jakarta 2019 2nd Phase : Dari Promo Diskon Building Material & Interior, Sampai Architecture Installation Festival

    Bertepatan dengan momentum bulan kemerdekaan yang senantiasa sarat dengan kegiatan selebrasi, maka pameran IndoBuildTech Jakarta The 2nd Phase di Jakarta Convention Center (JCC) menghadirkan ragam produk dan acara yang serba spesial, mulai dari promo diskon besar-besaran untuk produk-produk building material, perlengkapan interior bangunan, hingga festival mahakarya instalasi arsitek terkemuka, Jakarta Architecture Installation Festival (JAIF) 2019. […]
  • 5 Hal Ini Bikin Kopdar Komunitas Pecinta Roda Dua di Sore Hore Vol IV Makin Ramai

    5 Hal Ini Bikin Kopdar Komunitas Pecinta Roda Dua di Sore Hore Vol IV Makin Ramai

    KASKUS telah menggelar SORE HORE Vol IV bertemakan Pesta Pora Roda Dua pada akhir pekan lalu, 30 – 31 Maret 2019 di Arkadia Green Park, Jakarta. Dilaksanakan selama 2 (dua) hari, event ini menjadi ajang kopi darat bagi puluhan komunitas pecinta motor yang berdomisili di Jabodetabek hingga luar kota. Para pecinta roda dua yang hadir […]
  • Persyaratan Wajib Penumpang pada Perjalanan Udara Lion Air Group

    Persyaratan Wajib Penumpang pada Perjalanan Udara Lion Air Group

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terbaru, mengenai persyaratan wajib penumpang pada perjalanan udara Lion Air Group. Telah diterbitkan dan diedarkan Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 9 Tahun 2020 tentang perubahan atas Surat Edaran […]
  • BSD City Menjadi Tuan Rumah Apple Developer Academy dalam Mencetak Talenta Berstandar Global

    BSD City Menjadi Tuan Rumah Apple Developer Academy dalam Mencetak Talenta Berstandar Global

    Sinar Mas Land melalui BSD City memfasilitasi Binus University dan Apple Developer Academy untuk menggelar Apple Graduation dari para peserta didik Apple Developer Academy yang pertama kali di Indonsia. Di tahun pertamanya, Apple Developer Academy meluluskan 200 wisudawan yang telah mengikuti program beasiswa selama sembilan bulan dari Juni 2018 hingga Maret 2019. Melalui program beasiswa […]
  • Edisi Spesial Sumpah Pemuda : Sumpah Pemuda Generasi Millennial Jaman Now

    Edisi Spesial Sumpah Pemuda : Sumpah Pemuda Generasi Millennial Jaman Now

    Sembilan puluh tahun lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, sejumlah pemuda Indonesia mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Di secarik kertas yang ditulis Moehammad Yamin termuat cita-cita bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu: Indonesia. Saat itulah imajinasi bangsa (national imaginary) pertama kali dideklarasikan. Baca juga: Mengenal Museum Sumpah Pemuda Hari itu, pemuda berbagai etnis menomorduakan keinginan jadi nomor satu sendiri […]
  • Vivo S1 Pro New Version Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

    Vivo S1 Pro New Version Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

    vivo S1 Pro New Version telah resmi tersedia di pasar Indonesia. Hadir dengan ROM 256GB yang lebih besar, konsumen bisa mendapatkan smartphone versi terbaru dari vivo S1 Pro ini dapat mengunjungi vivo Official Store dan retail partner resmi vivo di beberapa kota di Indonesia atau di vivo Official Online Store di e-commerce partner Lazada. Hadir […]
  • Workshop Melukis di Atas Media Tekstil

    Workshop Melukis di Atas Media Tekstil

    Melukis atau menggambar bisa dikerjakan pada berbagai media. Salah satunya adalah kain atau tekstil yang biasa dipakai untuk membuat busana dan perlengkapan interior. Berbeda dengan melukis di atas kanvas yang umumnya sebagai hiasan dinding, melukis di atas berbagai jenis kain lebih santai dan tidak memerlukan keahlian atau bakat yang besar. Kecuali Anda ingin mendalaminya sebagai […]
  • Belajar Fotografi dengan Kamera HP Bersama Dik Doank

    Belajar Fotografi dengan Kamera HP Bersama Dik Doank

    Pada hari Minggu, 11 September 2016, Kandank Jurank Doank mengadakan acara yang bertajuk Belajar Fotografi Menggunakan Kamera Hp. Acara yang menampilkan Dik Doank sebagai pembicara sekaligus pengarah acara ini bertujuan untuk membuka wawasan bahwa kita bisa membuat foto-foto yang berkualitas walaupun menggunakan kamera Hp. Acara ini juga diisi oleh penampilan dari grup band asal Tasikmalaya yang […]
  • Eksplorasi Desain Unik dan Stylish pada Diamond-Shaped Camera Vivo S1 Pro

    Eksplorasi Desain Unik dan Stylish pada Diamond-Shaped Camera Vivo S1 Pro

    vivo S1 Pro sebagai varian terbaru S-Series dari vivo, hadir dengan membawa desain kamera belakang yang unik berbentuk Diamond. Desain yang inovatif ini merupakan sebuah terobosan dari vivo memberikan tampilan sesuai dengan karakteristik vivo S1 Pro yaitu generasi muda yang selalu tampil dinamis, stylish dan update dengan tren terkini. “vivo selalu menghadirkan inovasi di setiap […]
  • AMSI Menyatakan Perang Terhadap Berita Hoax dan Hate-Speech

    AMSI Menyatakan Perang Terhadap Berita Hoax dan Hate-Speech

    Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menyatakan perang terhadap berita hoax. Hal ini merupakan pernyataan bersama dari para anggota yang terdiri dari perwakilan media-media siber dari berbagai propinsi pada kongres 1 AMSI yang berlangsung pada Selasa, 22 Agustus 2017 di The Akmani Hotel, Jakarta Pusat. Kongres 1 AMSI yang mengambil tema Menuju Media Siber Profesional, Kredible […]
  • Pemenang Good Design Indonesia 2019 Siap Bersaing pada Ajang G-Mark di Jepang

    Pemenang Good Design Indonesia 2019 Siap Bersaing pada Ajang G-Mark di Jepang

    Para pemenang ajang Good Design Indonesia (GDI) 2019 siap melaju pada kompetisi desain internasional G-Mark pada 30 Juli?1 Agustus 2019 di Tokyo, Jepang. Pemenang GDI terbagi dalam tiga predikat, yaitu GDI of the Year, GDI Best, dan GDI. Trofi dan sertifikat untuk para pemenang tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda, atas […]
  • Berbagai Aktivitas Program Aku Dokter Cilik, RS Omni Hospitals Alam Sutera

    Berbagai Aktivitas Program Aku Dokter Cilik, RS Omni Hospitals Alam Sutera

    Untuk memberikan pemahaman kepada para siswa sekolah mengenai pekerjaan seorang dokter dan bidan serta pekerjaan medis lainnya, RS Omni Hospitals Alam Sutera memiliki program Aku Dokter Cilik. Sehingga setelah mengikuti program ini, anak tidak perlu takut lagi ke dokter. Berikut adalah berbagai aktivitas pada program ini. Lihatlah betapa anak-anak ini bersemangat belajar menjadi seorang dokter. […]
  • Garuda Indonesia Luncurkan Video Keselamatan Terbaru Bertajuk Keindahan Indonesia

    Garuda Indonesia Luncurkan Video Keselamatan Terbaru Bertajuk Keindahan Indonesia

    Maskapai nasional Garuda Indonesia resmi memperkenalkan video demo keselamatan terbarunya yang akan ditayangkan pada Audio Video on Demand (AVOD) di seluruh armada pesawat Garuda Indonesia mulai tanggal 1 Agustus 2019. Peluncuran video keselamatan tersebut ditandai dengan penyelenggaraan acara “Garuda Indonesia New Safety Video Launch” bertempat di Grand Hyatt Hotel Jakarta, Rabu (31/07). Direktur Utama Garuda […]
  • Allianz Indonesia Bersama Halodoc Sediakan Rapid Test Gratis untuk Warga Zona Merah DKI Jakarta

    Allianz Indonesia Bersama Halodoc Sediakan Rapid Test Gratis untuk Warga Zona Merah DKI Jakarta

    Pandemi COVID-19 yang saat ini melanda Indonesia membuat rapid test semakin mendesak diperlukan sebagai penyaringan awal terhadap infeksi COVID-19. Menanggapi hal tersebut, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli berkolaborasi dengan Halodoc menggelar drive thru rapid test gratis untuk COVID-19 di DKI Halodoc merupakan platform layanan kesehatan digital terdepan yang telah ditunjuk secara resmi oleh Kementerian […]
  • HP Dukung UKM Beradaptasi dengan Inovasi Perangkat yang Aman, Terhubung, dan Kolaboratif

    HP Dukung UKM Beradaptasi dengan Inovasi Perangkat yang Aman, Terhubung, dan Kolaboratif

    HP meluncurkankan seri HP ProBook 405 terbaru untuk meningkatkan produktivitas pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) melalui inovasi teknologi yang powerful, aman, dan tahan lama. Sebagai bagian dari portofolio HP for Business, HP bertujuan untuk mendukung transformasi digital pelaku UKM beradaptasi dengan new normal, baik yang bekerja dari rumah atau bersiap untuk kembali ke kantor. […]
  • IM3 Ooredoo Sambut Ramadan dengan Kampanye Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi

    IM3 Ooredoo Sambut Ramadan dengan Kampanye Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi

    Untuk pertama kalinya, masyarakat Indonesia akan menyambut dan menjalani bulan Ramadan dalam suasana berbeda seiring dengan pandemi Covid-19. Melihat kondisi saat ini, momen Ramadan yang biasanya akan diisi dengan kegiatan “ngabuburit”, buka puasa bersama, hingga perjalanan mudik saat Lebaran dihimbau agar tidak dilakukan, guna untuk mendukung kebijakan physical distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 […]