Rab. Okt 16th, 2019

Waspadai Modus Kejahatan Jalanan Terhadap Pengendara Mobil Berikut Ini

Kejahatan dapat terjadi di mana saja dan kepada siapa saja. Begitu pun untuk wilyah Bintaro dan sekitarnya yang dikenal sebagai wilayah yang cukup aman. Terima kasih kepada Polres Tangsel, yang dengan kehadirannya di wilayah Bintaro Jaya sekali pun bersifat sementara, ternayata menimbulkan ketenangan kepada masyarakat. Namun masalah keamanan bukan hanya berada di tangan aparat kepolisian. Kewaspadaan perlu dijadikan pola hidup sehari-hari. Begitu banyak kasus kejahatan terjadi dikarenakan kurangnya kewaspadaan. Kewaspadaan merupakan satu hal, hal lain yang tidak kalah penting adalah mengetahui berbagai modus yang digunakan para penjahat, sekali pun kita mengetahui modus kejahatan berkembang terus mengikuti kondisi dan keadaan. Namun, ada beberapa pola kejahatan yang bisa kita amati cenderung berulang. Info Bintaro kali ini akan mengulas beberapa modus kejahatan yang pernah beberapa kali terjadi di jalan.

Modus 1, Pengendara Motor Yang Berpura-Pura Mengatakan/Menunjuk Mobil Mengalami Masalah

Modus ini beberapa kali terjadi di wilayah Bintaro, salah satunya yang cukup ramai dibicarakan di sosmed adalah kejadian di sekitar Lotte Mart, Bintaro Sektor 7, sekali pun modus ini termasuk modus yang umum terjadi di berbagai wilayah Jakarta atau wilayah lainnya. Dalam modus ini, ada pengendara motor yang mendekati suatu mobil dan memberi isyarat bahkan ketokan pada kaca mobil kepada pengemudi bahwa mobilnya mengalami masalah. Umumnya yang ditunjuk menjadi masalah adalah ban. Mengapa ban? Karena masalah ban membutuhkan pengemudi untuk menghentikan kendaraannya dan mengecek, disaat itulah pelaku kejahatan yang biasanya beberapa orang yang menggunakan beberapa motor akan melakukan aksinya. Umumnya yang dilakukan adalah salah satu pelaku membuka pintu mobil pada salah satu sisi yang tidak terjangkau pengemudi dan mengambil barang berharga yang ada di dalam mobil, kemudian melarikan diri.

Untuk menghadapi situasi ini cukup dengan ketenangan. Jangan panik bila dikatakan ada bagian mobil anda yang mengalami masalah. Contohnya masalah ban, umumnya masalah yang sering menjadi alasan adalah ban goyang. Jika kondisi jalan hanya memungkinkan lalu lintas berjalan perlahan, anda tidak perlu kuatir, karena kita masih memiliki waktu cukup untuk mencari tempat aman dan memeriksa ban. Seandainya ban tersebut mengalami problem, tidak menjadi masalah jika kita memaksakan mobil untuk berjalan sampai mencapai tempat yang aman yang terdekat. Bagaimanapun keamanan lebih penting dari kemungkinan kerusakan ban yang dipaksakan berjalan bukan?

BACA JUGA  HERO Group Warnai Bulan Suci dengan Program Ramadan Berbagi

Modus 2, Pengendara Mobil Yang Ditembak  atau Dilempar Kaca Mobilnya

Peristiwa dengan modus ini pernah terjadi di Bintaro Sektor 5. Dimana seorang pengemudi wanita mengalami kaca mobilnya ditembak oleh pelaku yang tidak dikenal. Untungnya pada kejadian ini pengemudi tetap tenang dan meneruskan perjalanannya. Tujuan dari modus ini sebetulnya mirip dengan modus pertama, dimana pelaku berusaha memancing perhatian pengemudi untuk menghentikan kendaraannya di lokasi yang berdekatan dengan pelaku dan pelaku dapat melakukan aksinya dengan leluasa. Teruskan perjalanan sampai mencapai lokasi yang aman, kemudian lakukan pemeriksaan atau melaporkan kepada aparat keamanan terdekat.

12742343_10153556689977054_401510278998798914_n
(Sumber : http://warungkopi.okezone.com)

Modus 3, Pelaku Menggedor Kaca Mobil atau Memukul Bodi Mobil Dengan Memaksa Berhenti

Pada modus ini, beberapa pelaku yang berboncengan dengan beberapa sepeda motor mengejar suatu mobil dan menyuruh berhenti dengan kasar. Alasan yang sering dipakai adalah mobil sudah menyerempet salah satu sepeda motor. Jika anda tidak merasa telah menyerempet sepeda motor, jangan panik teruskan perjalanan. Jika memungkinkan larikan kendaraan tanpa menabarak atau menyerempet gerombolan pengendara sepeda motor yang umumnya menutupi mobil supaya tidak dapat bergerak.

Modus 4, Pelaku Memasang Suata Benda Yang Jika Terlindas Ban Mobil, Ban Akan Kempes atau Pecah

Modus ini baru-baru ini terjadi  di lampu merah sektor 7, di depan Herritage, dimana sebuah kunci pas menusuk dan tertancap pada sebuah ban mobil. Walaupun hal ini sangat mengherankan karena bagaimana kunci pas yang ukurannya cukup besar itu dapat tertancap pada ban mobil yang tebal. Jika anda mengalami kejadian seperti, tetap tenang dan teruskan perjalanan walaupun mungkin anda merasa tidak aman dan lakukan pengecekan di lokasi yang aman.

(Sumber Grup WA)
(Sumber Grup WA)

 

Masih banyak modus-modus kejahatan yang bisa terjadi, mungkin anda memiliki pengalaman pribadi atau menyaksikan suatu modus kejahatan terhadap pengendara mobil, silahkan anda share peristiwa itu.

BACA JUGA  Ekosistem Go-Jek Bantu Majukan Cibadak Culinary Night

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan