Waspadai Jika Buah Hati Mengalami Tanda-Tanda Kesulitan Bicara Ini

Apakah anak Anda mengalami kondisi-kondisi berikut ini pada usia pertumbuhannya? Jika tidak, Anda harus mewaspadainya karena hal ini bisa menjadi tanda suatu perkembangan yang tidak wajar dalam kemampuan bicaranya.

Pada umur satu bulan, apakah bayi Anda memberikan reaksi terhadap bunyi lonceng? Sedangkan di bulan kedua, apakah mulai bersuara? Selanjutnya di umur 3 bulan, apakah sudah mampu tertawa dan berteriak? Lalu di bulan kelima, apakah sudah mampu menoleh ke sumber suara. Di bulan ke 11, apakah bisa mengucapkan kata mama dan papa? Pada umur 18 bulan, apakah buah hati sudah mampu mengucapkan beberapa kata? Dan pada usia 24 bulan atau 2 tahun, apakah anak sudah mampu berkomunikasi dengan tindakan dan suara?

Diah Prasetyawati, Amd. OT, SPd. terapis dari Bintaro Women & Children Clinic (BWCC) menyatakan, tahap tumbuh-kembang seorang anak terbagi menjadi beberapa fase. Pertama, usia anak 0 bulan sampai 2 tahun. Ini adalah fase paling membutuhkan stimulasi motorik, karena pada fase ini anak akan banyak melalui kemampuan-kemampuan motorik kasar, seperti tengkurap, duduk, merangkak dan berjalan.

Namun, selain stimulasi difokuskan pada perkembangan motorik anak, orang tua juga perlu memberikan stimulasi awal bahasa. Setelah 2 tahun, fase menuju fokus stimulus bahasa dengan tujuan interaksi dan komunikasi sebagai persiapan menuju usia 3 tahun, yaitu fase interaksi dan sosialisasi. Pada fase ini, anak sudah mengerti keberadaan teman.

Memasuki usia 4 tahun, anak berada dalam usia kemandirian. Di sini anak mulai diperkenalkan aturan kemandirian dan tanggung jawab, misalnya memakai sepatu dan makan sendiri. Sedangkan pada usia 5 tahun, anak dipersiapkan memasuki sekolah dasar, tetapi tidak bersifat memaksa.

Fase berikutnya adalah usia 6 tahun, yaitu usia anak mulai melakukan pendidikan formal. Pada usia ini sudah ada aturan yang jelas, yaitu belajar di dalam kelas dan tidak lagi banyak main-main walaupun masih ada sisi bermainnya.

Namun bagaimana bila buah hati Anda memilki tanda-tanda di atas, apakah buah hati positif mengalami perkembangan yang tidak wajar dalam kemampuan bicaranya? Belum tentu. Patut diingat bahwa pertumbuhan dan kemampuan seorang anak tidak (selalu) terjadi bersamaan dengan anak seusianya, karena perkembangan setiap anak berbeda-beda.

Namun bila anak sudah positif mengalami keterlambatan bicara, Anda harus memberikan terapi wicara pada anak. Jangan terlambat, karena keterlambatan memberikan terapi wicara akan membuat proses untuk rehabilitasinya menjadi semakin sulit. Di klinik BWCC yang ada di Bintaro Sektor 9 menyediakan terapi dan bimbel bagi anak berkebutuhan khusus yakni mereka yang kesulitan belajar, autisme, ADHD, Down sindrom, gangguan bicara dan celebral palsy.

Diah menjelaskan bahwa anak yang mengalami kesulitan bicara, idealnya menjalani terapi wicara sebanyak 2 kali seminggu, masing-masing selama 1 jam. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Diah pernah menangani pasien yang berusia 20 tahun. Hanya dalam waktu 6 bulan, dia dapat berbicara seperti manusia normal lainnya. Disinilah para orang tua diharapkan untuk terus memantau dan mengawasi perkembangan mereka setiap bulannya agar tumbuh kembang anak tercapai maksimal, Diah menutup penjelasannya.

Untuk info lebih lanjut, hubungi:
Bintaro Woman Children Clinic (BWCC)
Jl. Maleo Raya Blok JC 1 No. 6
Bintaro Sektor 9
Phone: (021) 7450873
Website: www.bwcc.web.id

 

(EGS)