Warung Prospera, Tempat Mencari Makanan Khas Tanagu Kaili – Sulawesi Tengah

Ragam kuliner asal Sulawesi Tengah belum populer di masyarakat kita. Namun bukan berarti Sulawesi Tengah tidak memiliki menu-menu khas yang lezat. Ternyata menu-menu asal Sulawesi Tengah tidak kalah dibandingkan berbagai menu tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Di Warung Prospera Anda bisa mencicipi lezatnya menu-menu khas Tananggu Kaili, Sulawesi Tengah tanpa harus jauh-jauh ke Sulawesi.

Suku Kaili adalah suku bangsa di Indonesia yang secara turun-temurun tersebar mendiami sebagian besar dari Provinsi Sulawesi Tengah. Sedangkan Tananggu sendiri berarti tanahku.

Warung Prospera terletak di Culture Kitchen, Bintaro Sektor 9. Bila kebanyakan tenant-tenant di Culture Kitchen merupakan pendatang baru, tidak demikian dengan Warung Prospera. Warung Prospera telah menempati lokasi yang sama mulai dari Januari 2015, sejak lokasi ini masih bernama Teras 9. Warung Prospera buka setiap hari dari pukul 10.00-22.00, tidak ada hari libur seperti pada umumnya gerai-gerai kuliner yang lain di Culture Kitchen.

warung_prospera_info_bintaro
Mie Goreng Cakalang Fufu

Kuliner Sulawesi Tengah mendapat banyak pengaruh dari daerah-daerah di sekitarnya. Posisi Propinsi Sulawesi Tengah yang diapit Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara menyebabkan kuliner-kuliner yang ada merupakan perpaduan dari kedua daerah ini ditambah dengan keunikan khas Sulawesi Tengah.

Ambil contoh seperti menu Nasi Goreng Cakalang Fufu dan Mie Goreng Cakalang Fufu. Cakalang fufu adalah hidangan ikan cakalang olahan yang dibumbui, diasap dan dijepit dengan kerangka bambu. Makanan ini adalah hidangan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Di Sulawesi Tengah cakalang fufu dijadikan bahancampuran untuk nasi goreng dan mie goreng. Walaupun di Sulawesi Utara juga mengenal Nasi Goreng Cakalang Fufu, namun ada perbedaan rasa dengan Nasi Goreng Cakalang Fufu di Sulawesi Tengah.

Contoh lain, menu Sop Saudara. Sop saudara merupakan masakan khas dari Sulawesi Selatan berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang, jeroan sapi (misalnya, paru goreng), dan telur rebus. Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bolu (bandeng) bakar. Perbedaannya dengan Sop Saudara yang ada di Sulawesi Selatan, Sop Saudara asal Sulawesi Tengah memiliki rasa yang lebih ‘tajam’ perpaduan pedas dan asin dari cabe dan asam.

warung_prospera_info_bintaro_1
Sop Saudara

Menu-menu lainnya yang tersedia di Warung Prospera seperti Soto Ayam Bening Kaili. Sedang minumannya tidak kalah unik, sebut saja Es Tomat Gejrot Jeniper yang merupakan perpaduan tomat dan jeruk nipis, atau Es Timun Serut  Jeniper, berupa timun dan jeruk nipis.

Nah, bagi Anda yangberasal dari Sulawesi Tengah atau kepin mencoba keunikan menu-menu asal Sulawesi Tengah, kunjungi saja Warung Prospera. Jika ingin memesan, dapat  menghubungi 0813 1444 0550 (Telp/sms, WA).

 

(EGA)

Leave a Comment