Kuliner

Warung Pringga : Masakan Jepang dan Eropa Bercitarasa Nusantara

Masakan mancanegara mudah ditemukan di berbagai tempat. Berbagai resto dan gerai kuliner yang menyajikan menu mancanegara seolah berlomba-lomba menggoda lidah para konsumen lokal. Namun, dari berbagai interaksi yang Info Bintaro pernah lakukan di berbagai kesempatan, ada fenomena yang cukup mengejutkan, ternyata mayoritas masyarakat masih lebih menyukai masakan lokal, minimal bercitarasa lokal, ketimbang masakan yang betul-betul bercitarasa ‘luar’. Kami pun mengamini satu ungkapan “Memang lidah tidak bisa bohong”. Untuk urusan perut, ternyata masyarakat kita sangat realistis dengan lebih memilih masakan-masakan yang rasanya sudah akrab bagi lidahnya.

Alm. Encu Sunarsa

Hal inilah yang secara jeli diamati oleh almarhum Bapak Encu Sunarsa, saat mengembangkan Warung Pringga, sebuah gerai kuliner yang menyajikan berbagai menu masakan Jepang dan Eropa bercitarasa nusantara. Kepada Info Bintaro, Vina, anak dari Bapak Encu Sunarsa, sekaligus pemilik dan pengelola Warung Pringga bercerita, almarhum ayahnya memang berlatar belakang chef masakan Jepang di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta.

Berbekal skill dan pengalamannya sebagai chef, Bapak Encu Sunarsa memberanikan diri membuka sebuah gerai kuliner. Nama Warung Pringga pun dipilih sebagai nama gerainya. Nama ‘Pringga’ sendiri merupakan nama sebuah jalan tempat tinggal semasa kecilnya di Kota Kuningan, Jawa Barat.

Menu masakan Jepang pun dipilih sebagai menu-menu di gerainya. Namun, Bapak Encu Sunarsa tidak menyajikan menu-menu masakan Jepang asli layaknya di negara asalnya, ia mengkombinasikan bumbu-bumbunya dengan bumbu-bumbu lokal. Gerai pertamanya dibuka tahun 1995 di Jl. Veteran Raya,Bintaro. Gerai pertama Warung Pringga ini baru berupa warung tenda sederhana. Dengan berjalannya waktu pelanggan-pelanggan Warung Pringga bertambah. Sempat membuka beberapa gerai di Kafe Tenda Semanggi, Karawaci dan beberapa wilayah lainnya, namun sayang karena sulitnya pengontrolannya, gerai-gerai ini harus ditutup. Tinggallah yang mampu bertahan gerai pertamanya di Jl. Veteran.

Gerai ini kemudian pindah ke lokasi yang sekarang dinamakan Bintaro 9 Walk. Saat itu Bintaro 9 Walk baru berupa deretan ruko-ruko, belum menjadi Bintaro 9 Walk yang dikenal warga Bintaro sebagai pusat jajanan malam.

Tahun 2012, Bapak Encu Sunarsa jatuh sakit dan meninggal dunia. Masih menurut Vina, Bapak Encu Sunarsa tiba-tiba terjatuh saat sedang melayani pelanggannya. “Bapak kelelahan karena bekerja terlalu keras menjalankan Warung Pringga,” jelas Vina dengan wajah sendu. Sepeninggal Bapak Encu Sunarsa, Warung Pringga tetap berjalan seperti biasa. “Kami bersyukur sekali, karyawan-karyawan Warung Pringga adalah karyawan-karyawan yang loyal, mereka tetap bersama kami bahkan sampai dengan saat ini, chef-chef-nya adalah chef-chef yang sudah bekerja di Warung Pringga sejak buka pertama kali,” lanjut Vina.

Dengan ditutupnya Bintaro 9 Walk dan pindah ke Taman Jajan Bintaro pada awal 2016 yang lalu, Warung Pringga pun ikut pindah dan mulai menempati lokasi baru yang cukup luas di Taman Jajan Bintaro. Lokasinya berada di seberang mushola Taman Jajan Bintaro, pelanggan-pelanggan Warung Pringga yang sekarang dikelola Vina dan adiknya pun terus bertambah. Saat Info Bintaro mampir ke gerainya baru-baru ini, tidak terlihat satu pun meja yang kosong. Bila ada meja yang kosong, tidak lama kemudian meja itu terisi kembali. Padahal gerai ini bisa menampung pengunjung sampai dengan 160 orang.

Karena tingginya animo dari pelanggan-pelanggannya, Vina dan adiknya kemudian memikirkan rencana membuka gerai satu lagi. “Pengunjung-pengunjung kami sering menanyakan mengapa Warung Pringga tidak buka dari siang hari, padahal banyak pelanggan-pelanggannya adalah karyawan kantoran di seputar Bintaro yang ingin bersantap siang di Warung Pringga, sementara gerai di Taman Jajan Bintaro tidak memungkinkan untuk buka dari siang hari.

Akhirnya setelah mencari lokasi yang pas, Vina kemudian memutuskan untuk membuka gerai keduanya di Jl. Kesehatan Raya No. 5C, Bintaro Sektor 1. Berada di seberang Restoran Padang Sari Indah, gerai kedua Warung Pringga menempati bangunan ruko yang sudah dimodifikasi. Berbeda dengan gerainya di Taman Jajan Bintaro, gerai di Jl Kesehatan ini lebih nyaman karena berpendingin udara, jam bukanya pun lebih siang, dari pukul 11.00-22.00 setiap hari, tanpa hari libur. Gerai ini bisa menampung pengunjung maksimum 60 orang.

BACA JUGA  Berbagai Pilihan Menu Nasi Bali di Ayam Sere Pasar Modern Bintaro

“Menu-menu di gerai Jl. Kesehatan ini kurang lebih sama dengan gerai di Taman Jajan, ada sedikit perbedaan dari lengkapnya menu. Menu-menu di gerai Jl. Kesehatan ini tidak sebanyak menu-menu di Taman Jajan. Selain itu, kami juga menambahkan 2 menu minuman baru yang belum ada di gerai Taman Jajan, yaitu Lychee Tea dan Ocha (Teh Jepang),” jelas Vina.

Seperti di gerai Taman Jajan, menu favorit pengunjung di gerai Jl. Kesehatan adalah menu-menu Chicken Teriyaki, Teppanyaki, Beef Picata, Salmon Sashimi dan Fushion Sushi. Untuk Teppanyaki ada 3 varian, Beef Teppanyaki, Combinasi Teppanyaki dan Seafood Teppanyaki, yang semuanya menjadi favorit, Sedang untuk Fushion Sushi, menu-menu favorit adalah Bintaro 9, The Real Salmon dan Salmon Baked Roll. Semua menu-menu ini sudah mengadopsi cita rasa nusantara.

Yang unik dari menu-menu ini, adalah Combinasi Teppanyaki. Selain porsinya yang cukup besar, isinya juga komplit, cumi, daging, daging sapi. Sayurannya ada 2 jenis, salad campur dan sayur tauge. Isi dari salad campurnya terdiri dari timun, wortel, bawang bombay, tomat, selada air dan irisan kol. Sayuran ini disiram (dressing) dengan thousand island (mayonnaise) yang diproduksi Warung Pringga sendiri. Sementara sayur taugenya tidak hanya berisi sayur tauge, tapi dilengkapi juga dengan wortel, sawi hijau, bawang bombay dan potongan daging.

“Banyak dari pengunjung yang cuma ingin menyantap salad atau sayur taugenya. Pengunjung bisa memesan salad atau sayur tauge terpisah dari Kombinasi Teppanyaki,” jelas Vina.

Saat ini, berbagai menu Warung Pringga bisa diorder melalui layanan GoMart atau melalui nomor 0858 8600 9007. Untuk pemesanan berbagai acara, minimum pesanan adalah 50 porsi dan diorder 1 hari sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa membooking ruangan di gerai Jl Kesehatan untuk acara-acara seperti arisan, buka bersama, dll dengan waktu maksimum 2 jam.

 

(ES)

 

Baca Juga

  • Camping Bareng Keluarga di Maxi Yamaha Day Sulawesi

    Camping Bareng Keluarga di Maxi Yamaha Day Sulawesi

    Puncak Tinambung dipenuhi ratusan konsumen skutik MAXI Yamaha yang mengikuti event besar di tempat wisata di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan itu. Digelar selama dua hari, 27-28 Juli 2019, MAXI Yamaha Day berlangsung meriah dan penuh kebersamaan. Sudah tiga kali MAXI Yamaha diadakan di Sulawesi khususnya di Sulawesi Selatan. Area ini memiliki perkembangan MAXI Yamaha yang […]
  • Libur Lebaran: Tips Mengatur Barang di Dalam Mobil Agar Rapi

    Libur Lebaran: Tips Mengatur Barang di Dalam Mobil Agar Rapi

    Di saat libur Lebaran ini Anda akan bersilahturahim ke sanak saudara yang ada di beberapa kota. Perjalanan pun akan banyak ditempuh dengan mobil pribadi. Bagi Anda yang membawa keluarga besar pasti akan membawa banyak barang oleh-oleh bagi keluarga yang akan dikunjungi. Nah, terkadang saking banyaknya barang bawaan, mobil pun jadi berantakan. Siapa pun tidak akan […]
  • Firefox untuk iOS Perbarui Mode Penjelajahan Pribadi dan Fitur-Fitur Lainnya

    Firefox untuk iOS Perbarui Mode Penjelajahan Pribadi dan Fitur-Fitur Lainnya

    Firefox, yang dikembangkan oleh Mozilla, meluncurkan fitur terkini untuk pengguna iPhone dan iPad, termasuk tata letak baru pada menu dan mode pengaturan, tab Penjelajahan Pribadi (Private Browsing) yang piawai, serta opsi pengelolaan baru dalam fitur Tab Baru (New Tabs). Sederet pembaruan ini berasal dari sejumlah permintaan yang langsung diterima Firefox dari para pengguna, serta menghimpun masukan agar kinerja versi iOS tersebut lebih […]
  • Acara Wajib Bagi Penggemar Musik Jepang : Japan Music Expression

    Acara Wajib Bagi Penggemar Musik Jepang : Japan Music Expression

    Seiring berkembangnya teknologi di era globalisasi, kini masyarakat Indonesia bisa mendengar hampir semua lagu milik musisi mancanegara manapun, tak terkecuali hasil karya para musisi Jepang yang sempat dianggap barang langka. Menengok kembali lebih dari satu dekade lalu, ada beberapa lagu Jepang yang sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Berbeda dengan lagu-lagu tema anime yang diterjemahkan, […]
  • Di Ceger Ada Oleh-Oleh Bogor

    Di Ceger Ada Oleh-Oleh Bogor

    Talas merupakan tanaman pangan berupa herba menahun. Talas termasuk dalam suku talas-talasan (Araceae), berperawakan tegak, tingginya 1 cm atau lebih dan merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun. Talas mempunyai beberapa nama umum yaitu Taro, Old cocoyam, ‘Dash(e)en’ dan ‘Eddo (e)’. Di beberapa negara dikenal dengan nama lain, seperti: Abalong (Philipina), Taioba (Brazil), Arvi (India), Keladi […]
  • Satu Lagi Jamu Modern Hadir di Bintaro

    Satu Lagi Jamu Modern Hadir di Bintaro

    Seperti ramai diberitakan di media massa beberapa waktu lalu, obat virus korona sudah ditemukan pada curcumin yang ada pada jahe, kunyit, sereh dan temulawak yang biasa dibuat bumbu masak serta minuman segar alias jamu.Seorang peneliti Surabaya bernama Chaerul Anwar Nidom menegaskan, untuk menghadapi virus corona sebenarnya cukup mudah. Nidom yang merupakan Guru Besar Biokimia dan […]
  • Anniversari ke-7 Bintaro Bimmers Community

    Anniversari ke-7 Bintaro Bimmers Community

    Untuk merayakan 7 tahun berdirinya, Bintaro Bimmers Community (BBC), sebuah komunitas pecinta mobil BMW mengadakan event yang dinamakan Bimmers Night. Acara ini berlangsung bertepatan dengan hari jadinya yang jatuh setiap tanggal 24 Maret. Berlangsung di Bitoz, Bintaro Sektor 7, pada Jumat, 24 Maret 2017 yang lalu, acara yang dimulai pada pukul 20.00, ini dihadiri tidak […]
  • Sambut Ramadhan, MAXstream, Melon dan E-Motion Luncurkan Serial “Negeri 5 Menara”

    Sambut Ramadhan, MAXstream, Melon dan E-Motion Luncurkan Serial “Negeri 5 Menara”

    Menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1440H, Telkomsel melalui aplikasi video streaming MAXstream berkolaborasi dengan Melon dan rumah produksi E-Motion meluncurkan serial drama religi berjudul “Negeri 5 Menara” untuk menemani para pelanggan. Serial yang dikemas dalam 30 episode mulai tayang perdana per episode nya setiap hari selama bulan Ramadhan pada pukul 17:00 WIB. Diangkat dari kisah […]
  • Kalbe Edukasi Hidup Sehat Bagi Wanita Indonesia “Anda Berharga – Anda Berhak Merasa Bahagia”

    Kalbe Edukasi Hidup Sehat Bagi Wanita Indonesia “Anda Berharga – Anda Berhak Merasa Bahagia”

    PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui salah satu produknya H2 Health & Happiness pada Minggu, 19 November 2017 menyelenggarakan kegiatan Zumback to the Future sebagai rangkaian kampanye H2 yaitu “Anda Berharga – Anda Berhak Merasa Bahagia”. Acara yang diselenggarakan di Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang ini menghadirkan Cantika dan Minati Atmanegara dalam olahraga Zumba. Selain […]
  • Lowongan CPNS 2018 Siap Dibuka Bulan Ini! Sudah Siap Untuk Daftar?

    Lowongan CPNS 2018 Siap Dibuka Bulan Ini! Sudah Siap Untuk Daftar?

    Pembukaan lowongan CPNS untuk tahun 2018 sudah siap diselenggarakan pada bulan September ini. Keterangan ini sudah resmi dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Kementrian Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hal apa saja yang hal yang harus diperhatikan untuk lowongan ini? Cek di artikel ini ya! Jumlah lowongan CPNS yang tersedia untuk pembukaan tahun 2018 adalah sebesar […]
  • Blibli Ajak Pelanggan Kumpulkan Donasi Untuk Alat Perlindungan Diri (APD) bagi Tenaga Medis

    Blibli Ajak Pelanggan Kumpulkan Donasi Untuk Alat Perlindungan Diri (APD) bagi Tenaga Medis

    Blibli meluncurkan inisiatif “Donasi Peduli COVID-19″ dengan berkolaborasi bersama lembaga crowd funding Kitabisa dan Benihbaik yang bertujuan untuk mengajak para pelanggan menggalang dana lawan COVID-19. Dana yang terkumpul akan disalurkan ke penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi garda depan penangkalan COVID-19, terutama tim medis dan relawan. Pelanggan dapat melakukan donasi dengan dua cara yang mudah […]
  • Bantu Tingkatkan Wisatawan Mancanegara, Telkomsel Hadirkan Kartu Perdana ‘Simpati Tourist Wonderful Indonesia’

    Bantu Tingkatkan Wisatawan Mancanegara, Telkomsel Hadirkan Kartu Perdana ‘Simpati Tourist Wonderful Indonesia’

    Dalam rangka mewujudkan kerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar) sebagai official partner ‘Wonderful Indonesia’, Telkomsel kini mewujudkan dukungannya bagi sektor pariwisata Indonesia dengan meluncurkan kartu perdana khusus ‘simPATI Tourist Wonderful Indonesia’. Kartu perdana ini memiliki desain khusus dan memiliki spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan mancanegara. ‘SimPATI Tourist Wonderful Indonesia’ memiliki 11 desain […]
  • Perluas Akses Transaksi Pembelian BBM Secara Non Tunai, Pertamina Gandeng MasterCard

    Perluas Akses Transaksi Pembelian BBM Secara Non Tunai, Pertamina Gandeng MasterCard

    PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Mastercard guna menunjang sistem pembayaran elektronik untuk transaksi di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina di Indonesia. Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya kedua belah pihak dalam mendorong transaksi non tunai atau cashless di SPBU, sekaligus memperluas akses konsumen dalam bertransaksi dengan menggunakan kartu yang dikeluarkan […]
  • MONSTER 2017 Marvelous Night of Super-Massive Taxer di kampus PKN STAN

    MONSTER 2017 Marvelous Night of Super-Massive Taxer di kampus PKN STAN

    Apakah ada monster di kampus STAN? Bukan monster dalam cerita hantu lho. Monster ini adalah singkatan dari “Marvelous Night of Supermassive Taxer”. Yes, memang acara ini merupakan acara tahunan mahasiswa PKN STAN jurusan Pajak dan Penilai yang dinamai OLYMPUS  (singkatan dari Originally Memorable Experience Upon Last). Tahun ini temanya adalah “Revolution Beyond Limit” yang memiliki […]
  • Tempat Makan di Bintaro Yang Menyajikan Suasana Hawai

    Tempat Makan di Bintaro Yang Menyajikan Suasana Hawai

    INFOBINTARO (IB) – Bosan Dengan Tempat Makan di Bintaro Yang Biasa Saja? Ayo Mampir ke Aloha Terrace yang satu ini terbilang unik dan jarang ada karena apa? Karena mereka menyediakan makanan dan suasana yang khas. Mereka adalah Aloha Terrace! Bosan Dengan Tempat Makan di Bintaro Yang Biasa Saja? Ayo Mampir ke Aloha Terrace Tempat makan […]
  • Konsistensi Telkomsel Perkuat Ekosistem eSports untuk Akselerasikan Gaya Hidup Digital di Indonesia

    Konsistensi Telkomsel Perkuat Ekosistem eSports untuk Akselerasikan Gaya Hidup Digital di Indonesia

    Melanjutkan kosistensi untuk bertransformasi menjadi digital telco company terdepan di Indonesia, Telkomsel selalu berupaya menghadirkan ragam solusi inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan perlanggan, termasuk dalam mengakomodir perkembangan ekosistem esports secara menyeluruh dan berkelanjutan. Salah satu komitmen yang diwujudkan Telkomsel melalui partisipasi dalam gelaran IDByte Esports 2019 yang diselenggarakan di Tengerang Selatan, Banten. Bertindak sebagai salah […]
  • Mendorong Berkembangnya Koperasi di Tangerang Selatan

    Mendorong Berkembangnya Koperasi di Tangerang Selatan

    Sebagai stakeholder yang berperan besar mendorong perkembangan koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional, pemerintah memiliki fungsi terbesar sebagai inisiator, fasilitator sekaligus regulator bagi terciptanya iklim yang kondusif bagi  masyarakat untuk berpartisipasi pada badan usaha yang berbasis kerakyatan ini. Untuk itu, Pemkot Tangsel terus mendorong berdirinya berbagai koperasi di wilayah Tangserang Selatan melalui berbagai upaya. Untuk […]
  • Kuliah di Mana Ya Setelah Lulus SMU? Jangan Lewatkan Yang Satu Ini…

    Kuliah di Mana Ya Setelah Lulus SMU? Jangan Lewatkan Yang Satu Ini…

    Kalian yang sebentar lagi menjadi mahasiswa/i, tentunya saat ini sedang sibuk mempersiapkan diri dengan mendaftarkan diri di berbagai tes masuk perguruan tinggi, mengikuti bimbingan belajar, try out sampai dengan belajar mandiri di rumah. Namun, sudah mantapkah kalian dengan pilihan kuliah nantinya? Banyak pengalaman yang membuktikan, pilihan kuliah di mana dan mengambil jurusan apa, seringkali bukan […]
  • Jalin Kerjasama dengan M-Tix, Digibank Permudah Beli Tiket Nonton Bioskop

    Jalin Kerjasama dengan M-Tix, Digibank Permudah Beli Tiket Nonton Bioskop

    Perkembangan teknologi digital kini sudah semakin memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. Beragam inovasi layanan digital yang praktis dan efisien dihadirkan guna memenuhi kebutuhan mereka. digibank sebagai produk perbankan digital dari Bank DBS Indonesia pun turut berinovasi dengan mengumumkan kerjasama dengan M-Tix, platform digital untuk pembelian tiket nonton bioskop. Melalui layanan top-up M-Tix di dalam aplikasi digibank, […]
  • Bepergian Tanpa Batas dengan AirAsia Debit Card & AirAsia Platinum Credit Card dari PermataBank

    Bepergian Tanpa Batas dengan AirAsia Debit Card & AirAsia Platinum Credit Card dari PermataBank

    AirAsia meluncurkan kartu terbaru yang dipersembahkan untuk traveler Indonesia yaitu AirAsia Platinum Credit Card, dan untuk pertama kalinya memperkenalkan AirAsia Debit Card, hasil kerjasama dengan bank lokal terkemuka, PermataBank. Bertempat di KAUM Jakarta, kolaborasi antara PermataBank dan AirAsia ini diluncurkan bersamaan dengan kampanye #PulangPergiHappy yang bertujuan untuk menginspirasi traveler Indonesia agar bisa bepergian lebih jauh […]

Tinggalkan Balasan