Kuliner

Warung Pringga : Masakan Jepang dan Eropa Bercitarasa Nusantara

Masakan mancanegara mudah ditemukan di berbagai tempat. Berbagai resto dan gerai kuliner yang menyajikan menu mancanegara seolah berlomba-lomba menggoda lidah para konsumen lokal. Namun, dari berbagai interaksi yang Info Bintaro pernah lakukan di berbagai kesempatan, ada fenomena yang cukup mengejutkan, ternyata mayoritas masyarakat masih lebih menyukai masakan lokal, minimal bercitarasa lokal, ketimbang masakan yang betul-betul bercitarasa ‘luar’. Kami pun mengamini satu ungkapan “Memang lidah tidak bisa bohong”. Untuk urusan perut, ternyata masyarakat kita sangat realistis dengan lebih memilih masakan-masakan yang rasanya sudah akrab bagi lidahnya.

Alm. Encu Sunarsa

Hal inilah yang secara jeli diamati oleh almarhum Bapak Encu Sunarsa, saat mengembangkan Warung Pringga, sebuah gerai kuliner yang menyajikan berbagai menu masakan Jepang dan Eropa bercitarasa nusantara. Kepada Info Bintaro, Vina, anak dari Bapak Encu Sunarsa, sekaligus pemilik dan pengelola Warung Pringga bercerita, almarhum ayahnya memang berlatar belakang chef masakan Jepang di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta.

Berbekal skill dan pengalamannya sebagai chef, Bapak Encu Sunarsa memberanikan diri membuka sebuah gerai kuliner. Nama Warung Pringga pun dipilih sebagai nama gerainya. Nama ‘Pringga’ sendiri merupakan nama sebuah jalan tempat tinggal semasa kecilnya di Kota Kuningan, Jawa Barat.

Menu masakan Jepang pun dipilih sebagai menu-menu di gerainya. Namun, Bapak Encu Sunarsa tidak menyajikan menu-menu masakan Jepang asli layaknya di negara asalnya, ia mengkombinasikan bumbu-bumbunya dengan bumbu-bumbu lokal. Gerai pertamanya dibuka tahun 1995 di Jl. Veteran Raya,Bintaro. Gerai pertama Warung Pringga ini baru berupa warung tenda sederhana. Dengan berjalannya waktu pelanggan-pelanggan Warung Pringga bertambah. Sempat membuka beberapa gerai di Kafe Tenda Semanggi, Karawaci dan beberapa wilayah lainnya, namun sayang karena sulitnya pengontrolannya, gerai-gerai ini harus ditutup. Tinggallah yang mampu bertahan gerai pertamanya di Jl. Veteran.

Gerai ini kemudian pindah ke lokasi yang sekarang dinamakan Bintaro 9 Walk. Saat itu Bintaro 9 Walk baru berupa deretan ruko-ruko, belum menjadi Bintaro 9 Walk yang dikenal warga Bintaro sebagai pusat jajanan malam.

Tahun 2012, Bapak Encu Sunarsa jatuh sakit dan meninggal dunia. Masih menurut Vina, Bapak Encu Sunarsa tiba-tiba terjatuh saat sedang melayani pelanggannya. “Bapak kelelahan karena bekerja terlalu keras menjalankan Warung Pringga,” jelas Vina dengan wajah sendu. Sepeninggal Bapak Encu Sunarsa, Warung Pringga tetap berjalan seperti biasa. “Kami bersyukur sekali, karyawan-karyawan Warung Pringga adalah karyawan-karyawan yang loyal, mereka tetap bersama kami bahkan sampai dengan saat ini, chef-chef-nya adalah chef-chef yang sudah bekerja di Warung Pringga sejak buka pertama kali,” lanjut Vina.

Dengan ditutupnya Bintaro 9 Walk dan pindah ke Taman Jajan Bintaro pada awal 2016 yang lalu, Warung Pringga pun ikut pindah dan mulai menempati lokasi baru yang cukup luas di Taman Jajan Bintaro. Lokasinya berada di seberang mushola Taman Jajan Bintaro, pelanggan-pelanggan Warung Pringga yang sekarang dikelola Vina dan adiknya pun terus bertambah. Saat Info Bintaro mampir ke gerainya baru-baru ini, tidak terlihat satu pun meja yang kosong. Bila ada meja yang kosong, tidak lama kemudian meja itu terisi kembali. Padahal gerai ini bisa menampung pengunjung sampai dengan 160 orang.

Karena tingginya animo dari pelanggan-pelanggannya, Vina dan adiknya kemudian memikirkan rencana membuka gerai satu lagi. “Pengunjung-pengunjung kami sering menanyakan mengapa Warung Pringga tidak buka dari siang hari, padahal banyak pelanggan-pelanggannya adalah karyawan kantoran di seputar Bintaro yang ingin bersantap siang di Warung Pringga, sementara gerai di Taman Jajan Bintaro tidak memungkinkan untuk buka dari siang hari.

Akhirnya setelah mencari lokasi yang pas, Vina kemudian memutuskan untuk membuka gerai keduanya di Jl. Kesehatan Raya No. 5C, Bintaro Sektor 1. Berada di seberang Restoran Padang Sari Indah, gerai kedua Warung Pringga menempati bangunan ruko yang sudah dimodifikasi. Berbeda dengan gerainya di Taman Jajan Bintaro, gerai di Jl Kesehatan ini lebih nyaman karena berpendingin udara, jam bukanya pun lebih siang, dari pukul 11.00-22.00 setiap hari, tanpa hari libur. Gerai ini bisa menampung pengunjung maksimum 60 orang.

“Menu-menu di gerai Jl. Kesehatan ini kurang lebih sama dengan gerai di Taman Jajan, ada sedikit perbedaan dari lengkapnya menu. Menu-menu di gerai Jl. Kesehatan ini tidak sebanyak menu-menu di Taman Jajan. Selain itu, kami juga menambahkan 2 menu minuman baru yang belum ada di gerai Taman Jajan, yaitu Lychee Tea dan Ocha (Teh Jepang),” jelas Vina.

Seperti di gerai Taman Jajan, menu favorit pengunjung di gerai Jl. Kesehatan adalah menu-menu Chicken Teriyaki, Teppanyaki, Beef Picata, Salmon Sashimi dan Fushion Sushi. Untuk Teppanyaki ada 3 varian, Beef Teppanyaki, Combinasi Teppanyaki dan Seafood Teppanyaki, yang semuanya menjadi favorit, Sedang untuk Fushion Sushi, menu-menu favorit adalah Bintaro 9, The Real Salmon dan Salmon Baked Roll. Semua menu-menu ini sudah mengadopsi cita rasa nusantara.

Yang unik dari menu-menu ini, adalah Combinasi Teppanyaki. Selain porsinya yang cukup besar, isinya juga komplit, cumi, daging, daging sapi. Sayurannya ada 2 jenis, salad campur dan sayur tauge. Isi dari salad campurnya terdiri dari timun, wortel, bawang bombay, tomat, selada air dan irisan kol. Sayuran ini disiram (dressing) dengan thousand island (mayonnaise) yang diproduksi Warung Pringga sendiri. Sementara sayur taugenya tidak hanya berisi sayur tauge, tapi dilengkapi juga dengan wortel, sawi hijau, bawang bombay dan potongan daging.

“Banyak dari pengunjung yang cuma ingin menyantap salad atau sayur taugenya. Pengunjung bisa memesan salad atau sayur tauge terpisah dari Kombinasi Teppanyaki,” jelas Vina.

Saat ini, berbagai menu Warung Pringga bisa diorder melalui layanan GoMart atau melalui nomor 0858 8600 9007. Untuk pemesanan berbagai acara, minimum pesanan adalah 50 porsi dan diorder 1 hari sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa membooking ruangan di gerai Jl Kesehatan untuk acara-acara seperti arisan, buka bersama, dll dengan waktu maksimum 2 jam.

 

(ES)

Tags

 

Baca Juga

  • Natifest 2016, Ajang Kreativitas Seni dan Teknologi SMK Bina Informatika Bintaro

    Natifest 2016, Ajang Kreativitas Seni dan Teknologi SMK Bina Informatika Bintaro

    Untuk merayakan 10 tahun berdirinya SMK Bina Informatika, sebuah sekolah kejuruan berbasis Information Technology (IT), mengadakan rangkaian acara yang dinamakan Natifest 2016. Natifest yang merupakan singkatan dari Bina Informatika Festival mengambil tema Between Art and Technology, ditujukan bukan hanya bagi siswa SMK Bina Informatika, melainkan juga bagi masyarakat umum. Natifest 2016 bertujuan untuk memberikan informasi kepada […]
  • Promo Ramadhan Best Denki BXC

    Promo Ramadhan Best Denki BXC

    THR sudah turun. Apakah Anda mau mengganti TV di rumah dengan yang baru? Best Denki bisa jadi pilihannya. Mungkin belum banyak warga Bintaro yang tahu bahwa Best Denki juga ada di wilayah Bintaro. Peritel elektronika Jepang ini telah merambah bisnisnya keluar Jepang seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Taiwan dan Kuwait. Di Indonesia Best Denki telah berada […]
  • Grab Gandeng Sejasa.com Luncurkan Layanan ‘Clean & Fix’

    Grab Gandeng Sejasa.com Luncurkan Layanan ‘Clean & Fix’

    Di akhir hari yang panjang, kita pulang kerja dan berharap untuk bersantai bersama keluarga di rumah yang sejuk, bersih, dan nyaman. Tetapi bagaimana jika AC panas, mesin cuci rusak dan rumah pun kotor? Soal perawatan rumah, mungkin sulit untuk memesan penyedia jasa layanan yang baik ketika Anda membutuhkannya. Melalui fitur Clean & Fix, pengguna Grab […]
  • Lazada Luncurkan Kampanye 11.11 sebagai Bentuk Dukungan Terhadap Kemajuan Pelaku UKM dan Brands di Indonesia

    Lazada Luncurkan Kampanye 11.11 sebagai Bentuk Dukungan Terhadap Kemajuan Pelaku UKM dan Brands di Indonesia

    Lazada mengumumkan tujuan mereka untuk membantu jutaan pelaku usaha dan pembisnis dalam mendapatkan manfaat dari pertumbuhan eCommerce di Indonesia. Hal ini diumumkan pada pertemuan para pelaku industri yang ahli dibidangnya, termasuk pemerintah Indonesia, yang diselenggarakan oleh Lazada dengan topik diskusi “Pandangan bisnis dan lanskap eCommerce di Indonesia” di Jakarta, Indonesia. Panelis pada acara ini terdiri […]
  • Martabak Erwin Bintaro, Martabak Enak Tidak Perlu Mahal

    Martabak Erwin Bintaro, Martabak Enak Tidak Perlu Mahal

    INFOBINTARO (IB) – Cari cemilan di kawasan Bintaro ada banyak banget. Sebelumnya, coba, deh, tentukan menu yang kamu mau, lalu cari tempat yang paling enak. Misalkan, kamu pingin martabak telur atau martabak manis yang terenak di Bintaro. Nah,Martabak Erwin Bintaro. Bisa menjadi pilihanmu! Malah harus banget jadi pilihan kamu dan sahabat. Ini Rahasia Kelezatan Martabak […]
  • Citilink Kembali Layani Penerbangan Domestik Mulai 8 Mei 2020

    Citilink Kembali Layani Penerbangan Domestik Mulai 8 Mei 2020

    Maskapai Citilink Indonesia kembali akan melayani penerbangan domestik mulai pukul 00.00 WIB tanggal 8 Mei 2020. Layanan penerbangan domestik yang dimaksud, diperuntukkan bagi pelanggan yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di antaranya adalah pelanggan yang melakukan perjalanan kedinasan, repatriasi WNI/pelajar/pekerja migran/pemulangan orang dengan alasan khusus, pasien yang membutuhkan pelayanan […]
  • Multidaya Dinamika Gandeng ShopeePay Hadirkan Promo Cashback Isi Ulang dan Pembelian Kartu Prepaid melalui Kios Digital

    Multidaya Dinamika Gandeng ShopeePay Hadirkan Promo Cashback Isi Ulang dan Pembelian Kartu Prepaid melalui Kios Digital

      Selain guna menghadirkan penawaran menarik bagi para pelanggan MDD serta ShopeePay, program promo ini juga merupakan bentuk komitmen MDD dan ShopeePay untuk mendukung Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT). Selain itu, promo diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk beralih ke opsi transaksi non-tunai guna mengikuti standar keamanan dan kesehatan yang telah digaungkan oleh pemerintah dalam menghadapi pandemi […]
  • Perayaan Ulang Tahun ke-1 Komunitas Pecinta Anjing Bintaro : Dog Summer Pawty

    Perayaan Ulang Tahun ke-1 Komunitas Pecinta Anjing Bintaro : Dog Summer Pawty

    Komunitas pecinta anjing Bintaro Dog Lover merayakan hari jadinya yang pertama pada hari Minggu, 24 Juli 2016. Acara yang mengambil tempat di Zoom Pet City, Kemang ini bertajuk “Dog Summer Pawty”. Acara dimulai pada pukul 09.00. Para peserta telah mulai berdatangan pada pukul 08.00, walaupun acaranya sendiri baru dimulai pada pukul 09.00. Setiap peserta yang […]
  • Penampilan Duel Otak Siswa Student Memory Course Di Gramedia Emerald

    Penampilan Duel Otak Siswa Student Memory Course Di Gramedia Emerald

    Kemampuan mengingat seseorang merupakan hal yang sangat penting, namun kemampuan mengingat ini seringkali terabaikan. Padahal kemampuan mengingat sesorang merupakan salah satu kunci untuk menyerap berbagai pengetahuan mau pun bersosialisasi dalam kehidupannya. Contoh-contoh yang sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari yang menunjukkan betapa kurangnya kita melatih daya ingat seperti kita mencari-cari kacamata yang sedang kita gunakan, atau […]
  • Halodoc Gandeng BCL Luncurkan Kampanye Tanyadokterasli

    Halodoc Gandeng BCL Luncurkan Kampanye Tanyadokterasli

    Bertepatan dengan momentum Hari Kesehatan Nasional, Halodoc sebagai platform layanan kesehatan digital karya anak bangsa, meluncurkan kampanye #TanyaDokterAsli dengan menggandeng BCL (Bunga Citra Lestari), sosok pekerja seni sekaligus ibu dengan mobilitas tinggi namun tetap memprioritaskan kualitas kesehatan keluarga. Kampanye ini diluncurkan guna mengajak sekaligus mengedukasi masyarakat akan pentingnya berkomunikasi langsung dengan dokter tepercaya untuk mendapatkan […]
  • Manfaat Detox Bagi Tubuh Anda

    Manfaat Detox Bagi Tubuh Anda

    Banyaknya racun dalam tubuh dipengaruhi oleh konsumsi makanan, minuman, hingga obat-obat kimia. Sering kali racun mengendap dan tidak dikeluarkan secara maksimal dari tubuh. Dokter Narutopathy dan Yogic Science asal India Purushothaman Munirathinam berpendapat, cara alami untuk memaksimalkan pembuangan racun dalam tubuh, yaitu dengan melakukan program detoks. Kapan waktu yang tepat untuk menjalani diet ini? Menurut […]
  • Kuliah Dengan Tas Kekinian, Tidak Menguras Kantong

    Kuliah Dengan Tas Kekinian, Tidak Menguras Kantong

    Pada bulan September ini mayoritas kampus baru memulai tahun ajaran baru. Seringkali para mahasiswa semester satu masih bingung memilih tas kuliah yang ideal. Apa saja yang harus diperhatikan ya? Simak tips berikut ini. Be Different Ada beberapa jenis tas yang bisa Anda pilih untuk digunakan ke kampus. Biasanya, disesuaikan pula dengan gaya Anda. Beberapa jenis […]
  • Mercedes-Benz di IAA Frankfurt International Motor Show 2019: “Diidamkan, Sebuah Kemewahan Kontemporer Harus Berkelanjutan

    Mercedes-Benz di IAA Frankfurt International Motor Show 2019: “Diidamkan, Sebuah Kemewahan Kontemporer Harus Berkelanjutan

    Konferensi pers Mercedes-Benz di IAA 2019 di Frankfurt, Jerman, berfokus pada solusi berkelanjutan untuk masa depan mobilitas, yang tercermin dalam produk dan strategi bisnis, di mana Mercedes-Benz mempertahankan posisi sebagai produsen mobil mewah terkemuka. Inisiatif kemewahan berkelanjutan ini diwujudkan pada premier global show car Mercedes-Benz VISION EQS, di mana Mercedes-Benz juga menghadirkan 19 kendaraan lain […]
  • Di Mata Kopi, Para Penikmat Kopi Sejati Bertemu

    Di Mata Kopi, Para Penikmat Kopi Sejati Bertemu

    Minum kopi telah menjadi bagian keseharian masyarakat kita. Walaupun tidak semua orang menggemari kopi, namun kopi tetap merupakan salah satu minuman terpopuler. Banyak orang menjadi pecandu kopi, namun tidak semua pecandu kopi adalah penikmat kopi. Bagi seorang penikmat kopi, minum kopi bukan hanya sekedar kebutuhan atau bagian dari gaya hidup, melainkan ada sisi yang lebih dalam […]
  • Banjir Generasi Milenial, Industri Kreatif Bisa Fenomenal

    Banjir Generasi Milenial, Industri Kreatif Bisa Fenomenal

    Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) bertekad untuk terus menumbuhkan sektor industri kreatif di dalam negeri. Sebab, selain mendorong peningkatan jumlah wirausaha baru, industri kreatif juga berperan penting dalam memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional. “Kami secara rutin telah melaksanakan berbagai event untuk memberi ruang bagi pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. […]
  • Bukalapak Raih The Best Contact Center Indonesia 2018

    Bukalapak Raih The Best Contact Center Indonesia 2018

    Bukalapak sebagai salah satu perusahaan teknologi yang bergerak di bidang online marketplace, selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penggunanya. Hal ini terbukti dengan keberhasilan Bukalapak meraih dua medali pada ajang The Best Contact Center Indonesia 2018 masing-masing pada Kategori Individu dan Kategori Program Korporat. Bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Bukalapak menerima penghargaan […]
  • Permudah Belanja Bulanan, Ini 4 Keuntungan Belanja Online

    Permudah Belanja Bulanan, Ini 4 Keuntungan Belanja Online

    Kewajiban belanja bulanan yang dilakukan setiap akhir atau awal bulan biasanya dapat memakan waktu dan energi yang cukup besar. Dengan peningkatan tren belanja online, kini kita dapat dengan mudah mencari rangkaian produk kebutuhan sehari – hari yang dibutuhkan dalam rumah tangga dan tidak perlu khawatir menghabiskan waktu di jalan atau kesulitan membawa banyak barang. Shopee, […]
  • Peran Sains Dalam Membantu Produktivitas dan Kreativitas Selama Beraktivitas di Rumah

    Peran Sains Dalam Membantu Produktivitas dan Kreativitas Selama Beraktivitas di Rumah

    Selama masa pandemi ini banyak sekali hal-hal yang perlu diadaptasikan agar tetap produktif untuk keluarga, baik bekerja maupun belajar. Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh pekerja ataupun orangtua yakni pembagian waktu untuk menciptakan aktivitas yang efektif di rumah. Untuk menjawab tantangan tersebut, 3M Indonesia menghadirkan pilihan aktivitas bagi para orangtua dan anak agar tetap […]
  • Soft Launching Apartemen Bintaro Mansion

    Soft Launching Apartemen Bintaro Mansion

    Pada Minggu, 9 Oktober 2016, bertempat di Santika Premiere Bintaro dilakukan soft launching Apartemen Bintaro Mansion. Soft launching ini menandai dimulainya penjualan unit-unit apartemen yang dipasarkan oleh PT. Gaharu 88, sebagai pengelola Apartemen Bintaro Mansion. Apartemen Bintaro Mansion yang berlokasi di Jl. Raya Jombang merupakan apartemen strata title yang terdiri dari 2 tower, 15 lantai […]
  • Dapur Ni Huta, Tempat Memuaskan Rasa Rindu Dengan Masakan Ompung di Kampung

    Dapur Ni Huta, Tempat Memuaskan Rasa Rindu Dengan Masakan Ompung di Kampung

    Bagi orang-orang yang sudah lama merantau, tidak ada yang bisa mengalahkan masakan asal kampung halaman. Betapa pun lezatnya masakan-masakan di perantauan, namun tetap tidak bisa mengalahkan masakan tradisional daerahnya. Kerinduan ini sering ditunjukkan dengan mencari tempat-tempat makan yang menyediakan menu-menu khas daerah asalnya betapa pun jauhnya. Bagi kaum perantau asal Tapanuli, ada kabar gembira, telah […]

Tinggalkan Balasan