Berita Utama

WanaArtha Life Telah Merealisasikan Program Akta Kelahiran untuk 1.000 Warga, Akta Nikah untuk 100 Pasangan, dan Mobil Pintar untuk Masyarakat di Provinsi Banten

Sebagai pionir asuransi lokal, WanaArtha Life terus berupaya merealisasikan komitmennya untuk menjadi perusahaan yang terkemuka, baik di Indonesia namun juga di regional dan global. Sebagai perusahaan anggota dari World Economic Forum, WanaArtha Life mendukung terwujudnya pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan dimana tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat.

Untuk menyukseskan semua kegiatan ini, WanaArtha mengintegrasikan antara pengembangan ekonomi bisnis dengan kepentingan sosial melalui berbagai kegiatan tanggung jawab sosial dengan melibatkan seluruh stakeholder, baik pemerintah, lembaga, hingga masyarakat, dalam bentuk Public-Private Partnership (PPP) atau Kemitraan Pemerintah-Swasta. WanaArtha Life berkomitmen mewujudkannya dengan melakukan investasi yang terintegrasi dengan pendekatan Triple Bottom Line, yang diterapkan melalui pembangungan ekonomi pada investasi infrastruktur serta implementasi program sosial yang memiliki manfaat langsung bagi lingkungan sekitar.

Dalam kesempatan, WanaArtha fokus pada integrasi kemitraan di provinsi Banten, melalui investasi ekonomi dan program tanggung jawab sosial di bidang kependudukan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Selain mengembangkan proyek investasi infrastruktur di bidang properti, Maja Raya, sebesar 4,3 persen, WanaArtha juga berkontribusi investasi pada PT. Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk, dengan kepemilikan saham lebih dari 9 persen. Di sisi lain, manajemen WanaArtha melihat masalah kependudukan di Pemprov Banten menjadi masalah perlu yang segera dituntaskan.

Evelina Pietrushcka, Presiden Komisaris WanaArtha Life, mengatakan, “Kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan mendukung pembangunan negeri. Karena itu, kami selalu mengedepankan model PPP. Tujuanya agar investasi yang telah kami tanamkan bisa mendukung pembangunan berkelanjutan yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Yanes Matulatuwa, Presiden Direktur WanaArtha Life, mengatakan, “Sebagai perusahaan asuransi jiwa, tanggung jawab sosial kami tidak hanya terbatas pada upaya menjaga kualitas hidup masyarakat melalui proteksi dari produk kami. Program tanggung jawab sosial di bidang kependudukan berupa Akta Kelahiran, Akta Nikah, serta Mobil Pintar ini diharapkan akan mampu menambah kualitas hidup para warga secara langsung sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat. Kami juga berkomitmen mendorong lahirnya calon pemimpin bangsa yang cerdas yang mendukung pembangunan berkelanjutan di masa depan.”

Ada tiga kegiatan yang menjadi fokus sosial WanaArtha di Banten, yakni merealisasikan Akta Kelahiran bagi 1000 anak usia 0 sampai 18 tahun, Akta Nikah untuk 100 pasangan serta Mobil Pintar untuk meningkatkan kualitas Pendidikan bagi anak-anak usia sekolah.

Fokus WanaArtha ini sejalan dengan Laporan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri memaparkan bahwa pencapaian kepemilikan Akta Kelahiran telah berkembang dengan sangat memuaskan. Pada tahun 2017, cakupan kepemilikan Akta Kelahiran untuk anak usia 0 sampai 18 tahun telah melampaui target target RPJMN 2015-2019 sebesar 85 persen pada tahun 2019. Jumlah anak Indonesia usia 0 sampai 18 tahun yang telah memiliki Akta Kelahiran sebesar 88,26 persen atau 68,4 juta jiwa, menyisakan jutaan anak yang belum memiliki Akta Kelahiran. Sedangkan di Pemprov Banten, kepemilikan Akta Kelahiran ini mencapai 78,24 persen. Itu artinya, masih ada sekitar 21,76 persen anak usia 0 sampai 18 tahun di Banten yang belum memiliki Akta Kelahiran. WanaArtha Life berkomitmen untuk merealisasikan seluruh anak usia 0 sampai 18 tahun memiliki Akta Kelahiran.

Akta Kelahiran ini menjadi sarana penting bagi seorang anak. Selain identitas anak menjadi jelas secara hukum, Akta Kelahiran ini juga menjadi komponen penting bagi Anak untuk mendaftar sekolah, proses pembuatan paspor, proses pendaftaran agar bisa menikmati layanan kesehatan melalui BPJS, hingga pembuatan KTP ketika sang anak berusia 17 tahun.

Dengan tren kepemilikan Akta Kelahiran yang meningkat dari 31,25 persen dari tahun 2014, beberapa kendala pencatatan kelahiran anak salah satunya juga karena terbatasnya pelayanan keliling dan Unit Pelaksana Teknis (UPT), konsistensi prosedur dan praktik pelayanan pencatatan kelahiran dan dokumen identitas hukum lainnya di berbagai daerah, sosialisasi perubahan peraturan kepada petugas setempat, hingga tidak adanya Akta Nikah Orang Tua dan dokumen persyaratan lainnya. Sehingga, adanya Akta Nikah juga berpengaruh dalam melahirkan calon pemimpin bangsa baru.

Rezananta Pietruschka, Ketua WanaArtha Foundation mengatakan, “Setelah beroperasi selama lebih dari 10 tahun, WanaArtha Foundation terus melaksanakan program sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, serta menjalin kerjasama dengan institusi yang juga memiliki tujuan sosial. Dalam kesempatan ini, kami bekerja sama dengan Yayasan Pondok Kasih yang diketuain oleh Ibu Hana Amalia Vandayani Ananda atau Mama Hana, seorang humanitarian yang telah tulus selama hampir 30 tahun menyebarkan kebaikan dan kebahagiaan bagi seluruh umat. Bersama dengan Mama Hana dan Pondok Kasih dan jaringannya yang memadai, kami bersama dapat mewujudkan target Kementerian Dalam Negeri dimana 95 persen warga –khususnya anak usia 0 sampai 18 tahun—harus memiliki Akta Kelahiran pada tahun 2019. Hal ini akan memudahkan sang anak untuk memperoleh hak pendidikan, kesehatan, dan keamanan sebagai warga Indonesia.”

BACA JUGA  17 Pendiri Startup Indonesia Selesaikan Program eFounders Fellowship dari Alibaba Business School dan UNTAD

Dalam program kependudukan ini, WanaArtha juga fokus untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak usia sekolah. Program ini direalisasikan melalui Mobil Pintar, sebuah Mobil Perpustakaan Keliling. Program ini akan menjadi sumber informasi bagi anak anak dalam belajar, bermain, berkreasi, yang berisi buku-buku, media elektronik serta mendukung tumbuh kembang anak dalam lingkungan tempat tinggal mereka. Keberadaan

Mobil Pintar ini diadakan untuk membantu anak dan masyarakat agar dapat mendapatkan pelayanan pendidikan diluar sekolah, buku dan juga Fasilitas Pendidikan yang bisa diakses oleh anak dan Keluarga. Tujuan lainnya untuk mendorong minat baca bagi anak yang didukung oleh Keluarga, serta memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya hal sipil, sebagai bagian dari perlindungan kepada anak

Acara pengumuman realisasi program kependudukan ini bertetapan dengan perayaan 44 tahun berdirinya perusahaan serta acara Buka Puasa bersama di hari pertama bulan Ramadhan tahun 1439 Hijriah.

Sebelumnya, perusahaan juga telah memaparkan hasil laporan keuangan kuartal I tahun 2018 dengan aset mendekati 10 triliun rupiah dan pendapatan premi asuransi jiwa WanaArtha Life mencapai 10,4 triliun rupiah, serta investasi pada perusahaan energi terbarukan, JSky Energy, sebagai salah satu.

Untuk itu, Evelina mengajak masyarakat dan perusahaan lainnya untuk dapat berkontribusi dan berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan warga melalui program Kemitraan Pemerintah-Swasta dalam berbagai bidang. “Kami mengajak seluruh warga negara untuk turut berpartisipasi dan berkontribusi demi kemajuan negara dan kesejahteran seluruh masyarakat Indonesia. Marilah sama-sama bertekad untuk bangun dan bergerak dengan tujuan memberikan perubahan positif bagi orang banyak,” pungkas Evelina.

(EGA)

 

Baca Juga

  • Kepingin Bakmi Jawa? Datang Saja ke Bakmi Djowo Mbah Bedjo di Culture Kitchen

    Kepingin Bakmi Jawa? Datang Saja ke Bakmi Djowo Mbah Bedjo di Culture Kitchen

    Bagi Anda yang berasal dari Yogyakarta atau Jawa Tengah, tentunya sangat akrab dengan bakmi Jawa. Bakmi Jawa merupakan salah satu makanan khas asal Yogyakarta dan sekitarnya, termasuk di Jawa Tengah. Bakmi Jawa atau mie Jawa dahulu dikenal dengan istilah bakmi rebus atau dalam bahasa jawa disebut dengan bakmi godhog yang dimasak dengan bumbu dan rempah yang khas. Sebenarnya […]
  • Konser Amal Di Rumah Aja #BersamaMandiri

    Konser Amal Di Rumah Aja #BersamaMandiri

    Sebuah aksi sosial di tengah masa pandemi yang menggunakan media musik dan teknologi digital bertajuk “Konser Amal Bersama Mandiri”, yang bisa disaksikan #darirumahsaja. Sejumlah musisi papan atas yang tergabung untuk mendukung kegiatan ini adalah Iwan Fals, Raisa Adriana, Maliq & D’Essentials dan Kahitna. Acara ini diselenggarakan oleh Bank Mandiri melalui Mandiri Grup Cinta Indonesia, Mandiri Amal Insani sebagai yayasan penyaluran donasi dan […]
  • BCA Gandeng Singapore Airlines Luncurkan Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Krisflyer Infinite

    BCA Gandeng Singapore Airlines Luncurkan Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Krisflyer Infinite

    Pesatnya pertumbuhan bidang perjalanan atau travel di Indonesia, didukung dengan perkembangan ekonomi saat ini, turut mendorong PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk hadir menawarkan kemudahan bertransaksi bagi seluruh nasabahnya di penjuru Tanah Air dalam melakukan travelling. Kali ini, BCA menggandeng salah satu maskapai terbaik dunia, Singapore Airlines dalam meluncurkan Kartu Kredit BCA Singapore Airlines […]
  • Trafi, Sekarang Naik Angkutan Umum Jadi Lebih Mudah

    Trafi, Sekarang Naik Angkutan Umum Jadi Lebih Mudah

    Permasalahan kemacetan di Jakarta dan sekitarnya, pada waktu belakangan ini semakin menjadi-jadi. Bila dulu kemacetan lalu lintas terjadi pada jam-jam sibuk tertentu, saat ini kemacetan bisa terjadi bahkan pada tengah malam. Bila kita cermati, sumber kemacetan bersumber dari semakin banyaknya kendaraan bermotor baik mobil mau pun sepeda motor. Di sisi lain, buruknya sarana transportasi umum […]
  • Huawei Resmikan High-End Experience Store di Summarecon Mall Serpong

    Huawei Resmikan High-End Experience Store di Summarecon Mall Serpong

    Untuk menambah jaringan tempat pelayanan bagi konsumennya, Huawei menghadirkan Huawei High-end Experience Store (HES) di Summarecon Mall Serpong. Tidak hanya dapat mencoba secara langsung produk ekosistem dari Huawei, konsumen juga sudah dapat menikmati berbagai macam program promo yang akan diadakan mulai tanggal 19 Juni 2020. Dalam memasuki New Normal pun konsumen tidak perlu khawatir karena HES […]
  • Agen Pos RIDI, Pengiriman Barang Tanpa Repot

    Agen Pos RIDI, Pengiriman Barang Tanpa Repot

    Bagi usaha-usaha yang memerlukan pengiriman barang atau dokumen dengan frekuensi yang cukup tinggi, proses pengiriman ini cukup menyita waktu. Apalagi kalau pengirimannya ke berbagai kota di Indonesia. Kebanyakan jasa pengiriman barang hanya menerima barang yang diantar ke kantornya untuk dilakukan proses pengiriman. Namun, untuk mengantarkan barang atau dokumen mungkin Anda terkendala dengan waktu. Mengapa tidak mencoba […]
  • Sinar Mas Land Meraih Penghargaan Tingkat Internasional di Asia Sustainability Reporting Awards Singapura

    Sinar Mas Land Meraih Penghargaan Tingkat Internasional di Asia Sustainability Reporting Awards Singapura

    Sinar Mas Land diwakili oleh Chief Risk Officer, Reza Abdulmajid menerima Asia’s Best First Time Sustainability Report pada Asia Sustainability Reporting Awards (ASRA) yang ke – empat di Singapura (6/03). ASRA adalah penghargaan tertinggi dalam corporate report di Asia Tenggara. Penghargaan diberikan oleh Tamu Kehormatan Jessica Cheam, managing director of Eco-Business, The British High Commissioner […]
  • Pengalaman Perdana “Terus Nyambung di Ketinggian 35.000 Kaki” di Pesawat Citilink Indonesia

    Pengalaman Perdana “Terus Nyambung di Ketinggian 35.000 Kaki” di Pesawat Citilink Indonesia

    Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia mulai hari ini melayani pengalaman “terus nyambung di ketinggian 35.000 kaki” dalam penerbangan Jakarta-Denpasar QG 684 dengan memberikan fasilitas wifi gratis untuk penumpangnya. “Didalam penerbangan QG 684 dengan nomor registrasi PK-GQR yang merupakan pesawat pertama kami dengan fasilitas koneksi wifi, penumpang akan dapat menikmati secara perdana sambungan wifi secara […]
  • Tempat Nongkrong Asyik dan Makan Enak di Bintaro: Subhause Bintaro

    Tempat Nongkrong Asyik dan Makan Enak di Bintaro: Subhause Bintaro

    Bintaro memang gudangnya tempat-tempat nongkrong dengan makan enak. Lihat saja dari mulai Jl. RC Veteran sampai Graha Raya begitu banyak tempat-tempat makan yang dijadikan tempat nongkrong untuk mengisi waktu dengan sahabat atau keluarga. Tidak semuanya betul-betul nyaman untuk nongkrong. Sebagian mungkin menawarkan menu-menu yang enak, sebagian lagi menawarkan suasana yang nyaman. Tapi tidak banyak yang menawarkan keduanya, […]
  • Bantu Penuhi Kebutuhan Aktivitas Kenormalan Baru dari Rumah, Shopee Hadirkan 8.8 Mid Year Sale

    Bantu Penuhi Kebutuhan Aktivitas Kenormalan Baru dari Rumah, Shopee Hadirkan 8.8 Mid Year Sale

    Menyikapi diberlakukannya perpanjangan masa PSBB Transisi hingga pertengahan Juli mendatang, dengan meningkatnya kecenderungan masyarakat Indonesia dalam memilih alternatif berbelanja online, Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, menghadirkan kampanye Shopee 8.8 Mid Year Sale, guna memberikan kemudahan belanja berbagai kebutuhan atas aktivitas kenormalan baru dari rumah secara aman dan efektif, dengan Cashback s/d […]
  • Perhatikan Pertumbuhan Anak Anda Sejak Dini

    Perhatikan Pertumbuhan Anak Anda Sejak Dini

    Pada hari Minggu, 13 Agustus lalu Bintaro Woman Children Clinic (BWCC), sebuah klinik bagi ibu dan anak di Bintaro Sektor 9 menggelar seminar setengah hari yang bertajuk SMART PARENTS, SMART KIDS “How to Optimize Your Child’s Growth dan Development” di Griya CIMB Niaga, Bintaro Sektor 7. Ada sekitar 40 peserta yang hadir, terdiri dari pasangan suami […]
  • Proyektor 4k BenQ Raih Peringkat No. 1 Tiga Kuarter Berturut-turut di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika

    Proyektor 4k BenQ Raih Peringkat No. 1 Tiga Kuarter Berturut-turut di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika

    Sebagai merek proyektor DLP No. 1 di dunia, proyektor 4K BenQ meraih peringkat No. 1 di Asia Pasifik dan Timur Tengah selama tiga kuarter berturut-turut di tahun 2018, dengan pangsa pasar sebesar 36% yang mencangkup wilayah Jepang, India, Thailand, Uni Emirates Arab, Arab Saudi dan Indonesia dalam kurun waktu bersamaan. Berkat kualitas produk BenQ yang […]
  • Waroeng Delapan, Tempat Bersantap dan Nongkrong Yang Pas Dengan Kantong di Culture Kitchen

    Waroeng Delapan, Tempat Bersantap dan Nongkrong Yang Pas Dengan Kantong di Culture Kitchen

    Tanggal kelahiran adalah tanggal yang memiliki arti tersendiri bagi setiap orang. Betapa tidak,dari semua momen dalam hidup seseorang, tanggal kelahiran adalah tanggal yang paling diingat setiap orang. Seringkali tanggal kelahiran digunakan sebagai pengingat atau penanda dari hal-hal penting yang dimiliki seseorang. Hal inilah yang dilakukan oleh seorang Irene Susanti, atau yang akrab dipanggil Santi untuk […]
  • Hadirkan Program “Harga Teman”Giant Tawarkan Harga Lebih Murah dan Lebih Hemat Setiap Hari!

    Hadirkan Program “Harga Teman”Giant Tawarkan Harga Lebih Murah dan Lebih Hemat Setiap Hari!

    Giant secara resmi meluncurkan program HARGA TEMAN sebagai upaya untuk menyediakan produk-produk dengan harga yang lebih murah kepada pelanggan. Lebih dari 600 produk favorit pelanggan ditawarkan dengan harga lebih murah. Direktur Operasional Giant Stefanus Mulianto mengatakan, “Kami selalu mendengarkan kebutuhan pelanggan yang menginginkan harga yang lebih murah dan lebih stabil untuk produk-produk yang sering mereka […]
  • Memahami Obesitas dan Cara Mengatasinya – Seminar Awam RS Omni Alam Sutera

    Memahami Obesitas dan Cara Mengatasinya – Seminar Awam RS Omni Alam Sutera

    Saat ini semakin baik kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan diri. Hal ini ditandai dengan banyaknya para ibu yang hadir di seminar obesitas yang diselenggarakan RS Omni Alam Sutera pada hari Sabtu, 9 September 2017. Sekilas Tentang Obesitas Obesitas atau penumpakan lemak berlebih merupakan sebuah kondisi kronis di mana terjadinya penumpukan lemak berlebih di dalam […]
  • Ramadhan Semakin Berkah, Shopee Siapkan Kurasi Kebutuhan Muslim Terlengkap lewat Shopee Barokah

    Ramadhan Semakin Berkah, Shopee Siapkan Kurasi Kebutuhan Muslim Terlengkap lewat Shopee Barokah

    Bulan Ramadhan merupakan momentum yang ditunggu oleh hampir setiap umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Namun terdapat perbedaan di tahun ini dengan adanya pandemi COVID-19 yang membatasi pergerakan masyarakat. Dalam situasi ini, masyarakat akan banyak menggunakan perangkat mobile untuk melaksanakan kegiatan ibadah dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia […]
  • BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    Berlibur merupakan kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk menghilangkan penat dan mengisi kembali energi setelah menghadapi aktivitas sehari-hari. Tidak hanya destinasi luar negeri, destinasi lokal juga sangat menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman ataupun untuk bepergian sendiri. Keindahan alam, wisata serta ragam budaya yang ditawarkan oleh setiap daerah di Indonesia sudah menjadi daya tarik bagi […]
  • Generasi Milenial, Hindari Belanja Kompulsif (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Generasi Milenial, Hindari Belanja Kompulsif (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Pada momen pemilu kemarin terdapat pesta diskon yang  menanti para pemilih setelah pemungutan suara Pemilu Legislatif dan Presiden 2019. Sebanyak 250 brand menyiapkan potongan harga sebesar 10%—50%. Pesta diskon ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan hak suaranya. Dampaknya pusat perbelanjaan pun penuh setelah jam makan siang. Memang saat ini berbelanja tak lagi sebatas membeli kebutuhan […]
  • Aneka Minuman Segar di Fortune Cafe

    Aneka Minuman Segar di Fortune Cafe

    Saat siang yang panas paling enak minum minuman yang dingin dan segar. Apalagi saat kita baru menghadapi kemacetan di jalan. Segelas minuman segar bisa menurunkan ketegangan pikiran dan memberikan kesejukan, apalagi jika minuman segar itu dinikmati di tempat yang nyaman. Rasanya segala kesumpekan yang dihadapi menjadi sirna. Memang minuman segar bisa kita temukan di berbagai […]
  • Gojek Akuisisi Moka untuk Mempercepat Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia

    Gojek Akuisisi Moka untuk Mempercepat Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia

    Gojek,  perusahaan teknologi on-demand dan platform pembayaran terdepan di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan akuisisi terhadap Moka, perusahaan teknologi penyedia layanan aplikasi sistem kasir digital di Indonesia. Aksi korporasi ini membuat Gojek dan Moka menggabungkan layanan untuk memberikan solusi yang terintegrasi bagi mitra usaha (merchant), terdiri dari pembayaran, pengantaran makanan, dan sistem Point Of Sale […]