Berita Utama

WanaArtha Life Telah Merealisasikan Program Akta Kelahiran untuk 1.000 Warga, Akta Nikah untuk 100 Pasangan, dan Mobil Pintar untuk Masyarakat di Provinsi Banten

Sebagai pionir asuransi lokal, WanaArtha Life terus berupaya merealisasikan komitmennya untuk menjadi perusahaan yang terkemuka, baik di Indonesia namun juga di regional dan global. Sebagai perusahaan anggota dari World Economic Forum, WanaArtha Life mendukung terwujudnya pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan dimana tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat.

Untuk menyukseskan semua kegiatan ini, WanaArtha mengintegrasikan antara pengembangan ekonomi bisnis dengan kepentingan sosial melalui berbagai kegiatan tanggung jawab sosial dengan melibatkan seluruh stakeholder, baik pemerintah, lembaga, hingga masyarakat, dalam bentuk Public-Private Partnership (PPP) atau Kemitraan Pemerintah-Swasta. WanaArtha Life berkomitmen mewujudkannya dengan melakukan investasi yang terintegrasi dengan pendekatan Triple Bottom Line, yang diterapkan melalui pembangungan ekonomi pada investasi infrastruktur serta implementasi program sosial yang memiliki manfaat langsung bagi lingkungan sekitar.

Dalam kesempatan, WanaArtha fokus pada integrasi kemitraan di provinsi Banten, melalui investasi ekonomi dan program tanggung jawab sosial di bidang kependudukan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Selain mengembangkan proyek investasi infrastruktur di bidang properti, Maja Raya, sebesar 4,3 persen, WanaArtha juga berkontribusi investasi pada PT. Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk, dengan kepemilikan saham lebih dari 9 persen. Di sisi lain, manajemen WanaArtha melihat masalah kependudukan di Pemprov Banten menjadi masalah perlu yang segera dituntaskan.

Evelina Pietrushcka, Presiden Komisaris WanaArtha Life, mengatakan, “Kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan mendukung pembangunan negeri. Karena itu, kami selalu mengedepankan model PPP. Tujuanya agar investasi yang telah kami tanamkan bisa mendukung pembangunan berkelanjutan yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Yanes Matulatuwa, Presiden Direktur WanaArtha Life, mengatakan, “Sebagai perusahaan asuransi jiwa, tanggung jawab sosial kami tidak hanya terbatas pada upaya menjaga kualitas hidup masyarakat melalui proteksi dari produk kami. Program tanggung jawab sosial di bidang kependudukan berupa Akta Kelahiran, Akta Nikah, serta Mobil Pintar ini diharapkan akan mampu menambah kualitas hidup para warga secara langsung sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat. Kami juga berkomitmen mendorong lahirnya calon pemimpin bangsa yang cerdas yang mendukung pembangunan berkelanjutan di masa depan.”

Ada tiga kegiatan yang menjadi fokus sosial WanaArtha di Banten, yakni merealisasikan Akta Kelahiran bagi 1000 anak usia 0 sampai 18 tahun, Akta Nikah untuk 100 pasangan serta Mobil Pintar untuk meningkatkan kualitas Pendidikan bagi anak-anak usia sekolah.

Fokus WanaArtha ini sejalan dengan Laporan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri memaparkan bahwa pencapaian kepemilikan Akta Kelahiran telah berkembang dengan sangat memuaskan. Pada tahun 2017, cakupan kepemilikan Akta Kelahiran untuk anak usia 0 sampai 18 tahun telah melampaui target target RPJMN 2015-2019 sebesar 85 persen pada tahun 2019. Jumlah anak Indonesia usia 0 sampai 18 tahun yang telah memiliki Akta Kelahiran sebesar 88,26 persen atau 68,4 juta jiwa, menyisakan jutaan anak yang belum memiliki Akta Kelahiran. Sedangkan di Pemprov Banten, kepemilikan Akta Kelahiran ini mencapai 78,24 persen. Itu artinya, masih ada sekitar 21,76 persen anak usia 0 sampai 18 tahun di Banten yang belum memiliki Akta Kelahiran. WanaArtha Life berkomitmen untuk merealisasikan seluruh anak usia 0 sampai 18 tahun memiliki Akta Kelahiran.

Akta Kelahiran ini menjadi sarana penting bagi seorang anak. Selain identitas anak menjadi jelas secara hukum, Akta Kelahiran ini juga menjadi komponen penting bagi Anak untuk mendaftar sekolah, proses pembuatan paspor, proses pendaftaran agar bisa menikmati layanan kesehatan melalui BPJS, hingga pembuatan KTP ketika sang anak berusia 17 tahun.

Dengan tren kepemilikan Akta Kelahiran yang meningkat dari 31,25 persen dari tahun 2014, beberapa kendala pencatatan kelahiran anak salah satunya juga karena terbatasnya pelayanan keliling dan Unit Pelaksana Teknis (UPT), konsistensi prosedur dan praktik pelayanan pencatatan kelahiran dan dokumen identitas hukum lainnya di berbagai daerah, sosialisasi perubahan peraturan kepada petugas setempat, hingga tidak adanya Akta Nikah Orang Tua dan dokumen persyaratan lainnya. Sehingga, adanya Akta Nikah juga berpengaruh dalam melahirkan calon pemimpin bangsa baru.

Rezananta Pietruschka, Ketua WanaArtha Foundation mengatakan, “Setelah beroperasi selama lebih dari 10 tahun, WanaArtha Foundation terus melaksanakan program sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, serta menjalin kerjasama dengan institusi yang juga memiliki tujuan sosial. Dalam kesempatan ini, kami bekerja sama dengan Yayasan Pondok Kasih yang diketuain oleh Ibu Hana Amalia Vandayani Ananda atau Mama Hana, seorang humanitarian yang telah tulus selama hampir 30 tahun menyebarkan kebaikan dan kebahagiaan bagi seluruh umat. Bersama dengan Mama Hana dan Pondok Kasih dan jaringannya yang memadai, kami bersama dapat mewujudkan target Kementerian Dalam Negeri dimana 95 persen warga –khususnya anak usia 0 sampai 18 tahun—harus memiliki Akta Kelahiran pada tahun 2019. Hal ini akan memudahkan sang anak untuk memperoleh hak pendidikan, kesehatan, dan keamanan sebagai warga Indonesia.”

Dalam program kependudukan ini, WanaArtha juga fokus untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak usia sekolah. Program ini direalisasikan melalui Mobil Pintar, sebuah Mobil Perpustakaan Keliling. Program ini akan menjadi sumber informasi bagi anak anak dalam belajar, bermain, berkreasi, yang berisi buku-buku, media elektronik serta mendukung tumbuh kembang anak dalam lingkungan tempat tinggal mereka. Keberadaan

Mobil Pintar ini diadakan untuk membantu anak dan masyarakat agar dapat mendapatkan pelayanan pendidikan diluar sekolah, buku dan juga Fasilitas Pendidikan yang bisa diakses oleh anak dan Keluarga. Tujuan lainnya untuk mendorong minat baca bagi anak yang didukung oleh Keluarga, serta memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya hal sipil, sebagai bagian dari perlindungan kepada anak

Acara pengumuman realisasi program kependudukan ini bertetapan dengan perayaan 44 tahun berdirinya perusahaan serta acara Buka Puasa bersama di hari pertama bulan Ramadhan tahun 1439 Hijriah.

Sebelumnya, perusahaan juga telah memaparkan hasil laporan keuangan kuartal I tahun 2018 dengan aset mendekati 10 triliun rupiah dan pendapatan premi asuransi jiwa WanaArtha Life mencapai 10,4 triliun rupiah, serta investasi pada perusahaan energi terbarukan, JSky Energy, sebagai salah satu.

Untuk itu, Evelina mengajak masyarakat dan perusahaan lainnya untuk dapat berkontribusi dan berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan warga melalui program Kemitraan Pemerintah-Swasta dalam berbagai bidang. “Kami mengajak seluruh warga negara untuk turut berpartisipasi dan berkontribusi demi kemajuan negara dan kesejahteran seluruh masyarakat Indonesia. Marilah sama-sama bertekad untuk bangun dan bergerak dengan tujuan memberikan perubahan positif bagi orang banyak,” pungkas Evelina.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Sensasi Berkendara All New Aerox 155 Connected Bersama Awak Media

    Sensasi Berkendara All New Aerox 155 Connected Bersama Awak Media

    Pasca meluncurkan produk terbaru All New Aerox 155 Connected melalui Virtual Launching (2/11), PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. menyelenggarakan aktivitas Media Test Ride bertema “Aerox Ultimate Racy Experience” pada 10 – 11 November 2020, di Sentul Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat. Dengan digelarnya kegiatan ini, para awak media berkesempatan secara langsung untuk menjajal keunggulan All […]
  • Manjakan Wanita Indonesia, Gogobli Gelar Promo “Brand Day”

    Manjakan Wanita Indonesia, Gogobli Gelar Promo “Brand Day”

    Menurut sebuah survey oleh A.T. Kearney, kehadiran e-commerce di era digital ini telah mentransformasi kebiasaan masyarakat dalam berbelanja, termasuk dalam hal kecantikan. Dalam survey yang dilakukan terhadap 800 perempuan, ditemukan bahwa 55% merasa sangat nyaman berbelanja online untuk kebutuhan beauty dan personal care. Hal ini disebabkan oleh kemampuan untuk membandingkan harga, memanfaatkan promosi khusus, dan menemukan […]
  • The Best Tom Yam in Town ada di Phuket Bintaro, Yuk Cobain

    The Best Tom Yam in Town ada di Phuket Bintaro, Yuk Cobain

    Popularitas Tom Yam sebagai kuliner khas asal Thailand yang digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia khususnya di kota-kota besar semakin meningkat. Kita dengan mudah menemukan berbagai restoran baik di mall-mall maupun di hotel berbintang sampai dengan gerai-gerai kuliner di tenda-tenda yang menyajikan Tom Yam. Tom Yam yang kadang-kadang disebut dengan Dom Yam atau Tom Jam […]
  • JEC Perkenalkan Teknologi Semi-Robotic Surgery & Ophthalmic Trauma Service

    JEC Perkenalkan Teknologi Semi-Robotic Surgery & Ophthalmic Trauma Service

    JEC, Rumah Sakit spesialis mata dengan standar layanan internasional, kembali menggelar ajang tahunan berkelas internasional JECIM (JEC International Meeting) ke-4 dan World Congress of Ophthalmic of Anesthesia ke-5, mengambil tema besar ‘Vision Of Perfection.’ Gelaran yang menjadi bagian dari perayaan hari jadi JEC ke-36 ini menghadirkan narasumber dari berbagai negara dan peserta yang terdiri dari […]
  • Tingkatkan Layanan, Angkasa Pura Kargo Luncurkan Baggage Solutions & Aplikasi Terka

    Tingkatkan Layanan, Angkasa Pura Kargo Luncurkan Baggage Solutions & Aplikasi Terka

    Guna memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa bandara, Angkasa Pura Kargo (APK) meluncurkan layanan bagasi bernama Baggage Solutions . Terdiri dari layanan Left Baggage dan Excess Baggage , layanan Baggage Solutions diharapkan dapat menjadi solusi atas sejumlah masalah bagasi yang kerap dialami oleh para penumpang. Layanan ini berlokasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan bertujuan […]
  • Digital Creative Millennials Dorong Creativepreneur untuk Bertransformasi Digital

    Digital Creative Millennials Dorong Creativepreneur untuk Bertransformasi Digital

    Digital Creative Millennials, salah satu program corporate social responsibility (CSR) unggulan dari Telkomsel, memperkuat perannya dalam mendorong kemajuan industri kreatif dan mendukung generasi muda di Indonesia untuk berani berbisnis menggunakan saluran digital. Peran tersebut kini diupayakan dengan menyelenggarakan workshop secara virtual pada 19 November 2020. Workshop tersebut memberikan insight bermanfaat untuk mendorong transformasi digital di […]
  • Permudah Belanja Bulanan, Ini 4 Keuntungan Belanja Online

    Permudah Belanja Bulanan, Ini 4 Keuntungan Belanja Online

    Kewajiban belanja bulanan yang dilakukan setiap akhir atau awal bulan biasanya dapat memakan waktu dan energi yang cukup besar. Dengan peningkatan tren belanja online, kini kita dapat dengan mudah mencari rangkaian produk kebutuhan sehari – hari yang dibutuhkan dalam rumah tangga dan tidak perlu khawatir menghabiskan waktu di jalan atau kesulitan membawa banyak barang. Shopee, […]
  • Cinépolis Bermitra dengan Lippo Group untuk Mengembangkan Jaringan Bioskop Cinemaxx

    Cinépolis Bermitra dengan Lippo Group untuk Mengembangkan Jaringan Bioskop Cinemaxx

    Lippo Group, grup perusahaan layanan konsumen terkemuka di Indonesia, dan anak perusahaannya, PT Cinemaxx Global Pasifik (“Cinemaxx”), secara resmi bermitra dengan Cinépolis, operator bioskop terbesar kedua di dunia dari segi jumlah penonton bioskop. Melalui investasi strategis ini, Cinépolis akan memiliki saham minoritas Cinemaxx dalam jumlah yang signifikan. Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mendorong pertumbuhan […]
  • Ayam Bakar Tanpa Kecap? Ada, di Kedai Dago Gado

    Ayam Bakar Tanpa Kecap? Ada, di Kedai Dago Gado

    Ayam bakar selalu selalu disajikan dengan sambal yang dicampur kecap. Adanya kecap sudah dianggap sebuah keharusan dalam menyantap ayam bakar, karena pedasnya sambal dinetralisir dengan manisnya kecap. Bercampurnya aroma kecap dengan sambal juga diyakini akan semakin menaikkan selera makan. Tapi ada hal yang berbeda dengan ayam bakar di Kedai Dago Gado, kecap sama sekali tidak digunakan […]
  • Belanja untuk Menghadiahi Diri Sendiri (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Belanja untuk Menghadiahi Diri Sendiri (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Jujur, setiap orang ingin diapresiasi dan dihargai atas usaha dan kerja kerasnya. Penghargaan dalam bentuk pujian sederhana dapat membuat diri sendiri merasa dihargai. Namun, kekecewaan kerap muncul karena mengharapkan apresiasi dari orang lain, pengharapan seperti itu berpotensi menjatuhkan rasa percaya diri yang selanjutnya menimbulkanperasaan negatif. Harga diri mencakup dua aspek: pertama, perasaan terhadap kompetensi pribadi […]
  • Lingkungan Aman dan Nyaman Semakin Ditingkatkan di Tangerang

    Lingkungan Aman dan Nyaman Semakin Ditingkatkan di Tangerang

    Sebagai kota satelit terdepan yang mendampingi ibukota, Tangerang telah banyak mengembangkan diri. Mulai dari infrastruktur seperti pembangunan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran yang merupakan bagian dari Tol JORR 2 yang menghubungkan Bandara Soekarno Hatta hingga Cibitung, ditargetkan akan selesai pada 2020. Tol ini juga akan terhubung dengan Tol Jakarta – Tangerang, Tol Kunciran – […]
  • Pepsodent Ajak Masyarakat Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut Sembari Berbagi melalui Peluncuran Pepsodent Siwak

    Pepsodent Ajak Masyarakat Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut Sembari Berbagi melalui Peluncuran Pepsodent Siwak

    Mengawali tahun baru dengan kebaikan, Pepsodent, brand dari Unilever Indonesia, meluncurkan inovasi terbarunya, Pepsodent Siwak. Bahan ekstrak kayu siwak dalam produk ini mengandung begitu banyak kebaikan untuk kesehatan gigi dan mulut, dan sudah dikenal oleh umat Muslim sejak dahulu kala. Lebih dari itu, peluncuran Pepsodent Siwak juga mengajak masyarakat untuk berbagi melalui program donasi yang […]
  • Ajak Konsumen Peduli Kualitas Udara, Pertamina Uji Emisi Gratis

    Ajak Konsumen Peduli Kualitas Udara, Pertamina Uji Emisi Gratis

    Udara  bersih menjadi cerminan lingkungan yang sehat. Untuk mendukung kualitas udara bersih, Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) III, mengajak konsumen  berkontribusi menciptakan udara bersih dengan memberikan uji emisi gratis bagi pelanggan SPBU. Uji emisi gratis, diadakan di SPBU 3110701, di Jalan Industri Raya Kemayoran, Jakarta Pusat hari Sabtu (4/7) pada pukul 09.00 – 13.00 […]
  • Konsisten Berinovasi, by.U Dipercaya Generasi Z Sebagai Brand Digital Pilihan

    Konsisten Berinovasi, by.U Dipercaya Generasi Z Sebagai Brand Digital Pilihan

    by.U sukses mendapat predikat sebagai brand (merek) pilihan Generasi Z di Indonesia dalam acara Marketeers Youth Choice Brands of the Year 2020. Pada ajang penghargaan yang pertama kali digelar oleh Marketeers tersebut, by.U menjadi pemenang dalam kategori Digital Operator. Selain by.U, Telkomsel sebagai operator telekomunikasi digital terdepan di Indonesia sebagai penggagas brand by.U turut mendapatkan […]
  • Berbagai Pernak-Pernik K-Fish Festival

    Berbagai Pernak-Pernik K-Fish Festival

    Untuk mempromosikan produk-produk laut olahan Korea Selatan ke pasar Indonesia, Korea International Trade Association (KITA) bekerjasama dengan Lottemart mengadakan K-Fish Festival, pada tanggal 30 September dan 1 Oktober 2017 di Lotte Mall Bintaro. Diikuti 10 perusahaan Korea yang bergerak di bidang kelautan yang memamerkan sekitar 30 jenis produk laut, acara ini memberikan kesempatan kepada masyarakat […]
  • Tingkatkan Kualitas SDM di Bidang Kehutanan, APP Sinar Mas Berikan Ribuan Beasiswa dan Kesempatan Kerja

    Tingkatkan Kualitas SDM di Bidang Kehutanan, APP Sinar Mas Berikan Ribuan Beasiswa dan Kesempatan Kerja

    Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memberikan lebih dari 10.000 beasiswa bagi pelajar tingkat dasar hingga Perguruan Tinggi, serta menerima lebih dari 1.000 orang tenaga kerja baru untuk menempati berbagai unit dan mitra usahanya. Hal ini merupakan bagian dari partisipasi APP Sinar Mas di Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tingkat Nasional dan Pameran Usaha […]
  • Aplikasi Video Streaming Telkomsel, Maxstream Luncurkan Techstorm

    Aplikasi Video Streaming Telkomsel, Maxstream Luncurkan Techstorm

    Telkomsel meluncurkan saluran televisi TechStorm HD yang menghadirkan tayangan-tayangan populer seputar gadget yang sedang diminati, kewirausahaan dan eSports Asia. Crispin Tristram, Head of Digital Lifestyle Telkomsel mengatakan, “Sebagai sebuah perusahaan telekomunikasi digital, Telkomsel sangat berkomitmen menjadikan MAXstream sebagai layanan portal video lengkap dan berkualitas, dimana pelanggan kami dapat menikmati hiburan video digital yang sesuai dengan […]
  • Foto : Suasana Pembukaan Pameran Lukisan Kemerdekaan di Griya CIMB Niaga Bintaro

    Foto : Suasana Pembukaan Pameran Lukisan Kemerdekaan di Griya CIMB Niaga Bintaro

    Untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72, PT. Niaga Manajemen Citra bersama Artidentity, sebuah kelompok seni rupa di Tangerang Selatan menggelar Pameran Lukisan Kemerdekaan. Event yang berlangsung di area lobby Griya CIMB Niaga 2, Bintaro Sektor 7 ini berlangsung dari tanggal 14-25 Agustus 2017 dengan diikuti oleh 17 pelukis Tangerang Selatan yang akan menampilkan berbagai hasil […]
  • Telkomsel Hadirkan Aplikasi T-Perpus untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Muda Indonesia

    Telkomsel Hadirkan Aplikasi T-Perpus untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Muda Indonesia

    Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat literasi paling rendah di dunia. Minat baca masyarakat Indonesia juga tergolong rendah, yang menyebabkan kemampuan membaca, berhitung dan pengetahuan ilmiah anak-anak Indonesia masih di bawah negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Sebagai digital telco company, Telkomsel bekerjasama dengan Gramedia Digital Nusantara (GDN) berupaya untuk memberikan solusi […]
  • IM3 Ooredoo Sambut Ramadan dengan Kampanye Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi

    IM3 Ooredoo Sambut Ramadan dengan Kampanye Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi

    Untuk pertama kalinya, masyarakat Indonesia akan menyambut dan menjalani bulan Ramadan dalam suasana berbeda seiring dengan pandemi Covid-19. Melihat kondisi saat ini, momen Ramadan yang biasanya akan diisi dengan kegiatan “ngabuburit”, buka puasa bersama, hingga perjalanan mudik saat Lebaran dihimbau agar tidak dilakukan, guna untuk mendukung kebijakan physical distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 […]